Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9976 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Schulz, Erich J.
New York: McGraw-Hill, 1982
629.225 SCH d I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schulz, Erich J.
New York: McGraw-Hill, 1982
629.225 SCH d II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schulz, Erich J.
New York : McGraw-Hill , 1983
621.436 SCH d (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Jati
"Dalam waktu dekat ini, daerah Ibu Kota Negara kita akan menghadapi sebuah masalah yang cukup besar, yakni masalah banjir dibeberapa lokasi di DKI Jakarta. Permasalahan banjir adalah permasalahan yang dekat dengan keseharian kita dimusin hujan. Bahkan banjir terjadi tidak hanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, namun disebabkan juga oleh rendahnya nilai kebersihan dan letak daerah yang lebih rendah dari ketinggian air sungai. Untuk memfasilitasi kegiatan penyelamatan banjir untuk masyarakat yang memiliki keterbatasan untuk berpindah tempat, maka penulis melakukan perancangan dan pembuatan kendaraan amphibi prototype I. Dalam proses ini penulis lebih menitikberatkan pada analisa hambatan ketika berada di air. Tahanan kendaraan merupakan hal yang sangat penting dalam perancangan suatu kendaraan. Tahanan ini lah yang akan menjadi tema dan bahan perhitungan penulis. Percobaan uji tarik kendaraan amphibi akan dilakukan dalam beberapa variasi. Percobaan akan dilakukan pada 3 draft (sarat) yang berbeda, tiap sarat akan dilakukan dalam 3 kecepatan yang berbeda.

In the near future, the biggest problem our metropolitan will be facing is flood in almost every part of the city. Flood is a problem we all have to endure all through the rainy season and it?s caused not only by heavy rainshowers but bad sanitation and low lying areas as well. To facilitate efforts in helping people evacuate flooded areas, I planned and programmed a 1st prototype amphibian vehicle. In this process I foccused on the resistance calculation on water. Ship resistance is most important and has become the subject of my analysis. Pulling power test of this boat will be done in several variations and 3 different drafts in which each is done in 3 different speeds."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38069
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wong, J.Y.
New York: John Wiley & Sons, 1978
629.22 WON t (1);629.22 WON t (2);629.22 WON t (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam kurun waktu belakangan ini, permasalahan banjir adalah permasalahan yang dekat dengan keseharian kita dimusim hujan. Bahkan banjir terjadi tidak hanya di sebabkan oleh curah hujan yang tinggi, namun disebabkan juga oleh rendahnya nilai kebersihan dan letak daerah yang lebih rendah dari ketinggian air sungai. Faktor keselamatan jiwa adalah faktor yang utama di setiap terjadinya bencana alam. Ada beberapa kendala yang pada umumnya kita hadapi tatkala evakuasi korban banjir terutama di pemukiman padat penduduk dan sempit. Diantaranya adalah lokasi pemukiman yang berdekatan, gang-gang sempit, pemukiman kumuh yang nilai kebersihan di daerah tersebut sangat rendah. Maka di perlukan sebuah alat transportasi yang dapat memfasilitasi kegiatan penyelamatan banjir dengan beberapa perlakuan yang berbeda. Keberadaan alat transportasi untuk penyelamatan banjir sangat diharapkan dapat mengurangi jatuhnya korban akibat bencana alam banjir. Untuk memfasilitasi kegiatan penyelamatan banjir untuk para manula, wanita hamil, orang sakit dan mereka yang memiliki keterbatasan untuk berpindah tempat, maka penulis melakukan perancangan dan pembuatan kendaraan amphibi prototype I. Dalam proses perancangan ini penults lebih menitikberatkan pada stabilitas kendaraan amphibi ketika berada di air. Hasil analisa yang di peroleh nantinya akan dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan dan rekomendasi untuk pembuatan prototype kendaraan amphibi selanjutnya."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38064
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book gathers the best articles presented by researchers and industrial experts at the International Conference on Innovative Design and Development Practices in Aerospace and Automotive Engineering (I-DAD 2018). The papers discuss new design concepts, analysis and manufacturing technologies, with an emphasis on achieving improved performance by downsizing; improving the weight-to-strength ratio, fuel efficiency, and operational capability at room and elevated temperatures; reducing wear and tear; and addressing NVH aspects, while balancing the challenges of Euro IV/Barat Stage IV emission norms and beyond, greenhouse effects, and recyclable materials. The innovative methods discussed here offer valuable reference material for educational and research organizations, as well as industry, encouraging them to pursue challenging projects of mutual interest. "
Singapore: Springer Nature, 2019
e20509053
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rubin Hotman
"ABSTRAK
PT. Mitsubishi Krama Yudha Motor and Manufacturing adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, khususnya dalam memproduksi kendaraan bennotor dengan merk dagang Milsibishi. Salah satu hasil produknya adalah engine untuk kendaraan Mitsubishi Kud tipe diesel 2.500 cc.
Untuk mengetahui karakteristik dari engine yang dipakai sebelum produk yang dihasilkan dijual di pasaran, maka pihak perusahaan perlu mengadal-can pengujian dengan parameter yang sesuai dengan ketentuan pabrik.
Untuk itu, maka dilakukan pengujian kinerja mesin khususnya Mitsubishi kuda diesel 2.500 cc. Adapun caranya dengan menganalisa pengaruh perubahan penyetelan Injection Timing yaitu pada 8°, 9° dan 10° ATDC Serta pada berbagai putaran poros yaitu 1.000, 1.500, 2.500, 3.000, 3.500, 4.000, 4.200 dan 4.500 rpm terhadap daya yang dihasilkan pada poros (P,), konsumsi bahan bakar (Q), dan tekanan efektif rata-rata (P,m.m,,).
Dengan demikian diharapkan dapat memberikan informasi bagaimana mengoperasikan atau menjalankan mesin dengan baik, sehingga efektif terhadap daya yang diperoleh dan efisien terhadap pemakaian bahan bakar.

"
2000
S37654
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vita Andrianty
"Besamya jumlah pemakaian .kendaraan bermesin diesel di Indonesia dan bahayanya emisi jelaga yang dikeluarl-ran menuntut kendaraan bennesin diesel untuk menggunakan katalitik konverter. Penentuan dimensi katalitik konverter yang optimal membntuhkan pemodelan yang dapat menggambarkan profil berat jelaga, suhu dan tekanan di sepanjang reaktor- Pcmodclan dilakukan untuk reaktor jenis packed bed yang diasumsikan bekerja pada kondisi tunak dan adiabatis. Reaksi yang diamati adalah realisi oksidasi jclaga mcnjadi kurbon dioksidn. Persamaan yang dipcroleh merupakan persamaan diferensial biasa orde sam yang saling terkait. Untuk menyelesaikan persamaan yang saling terkait ini digunakan solver Polymalh 5.X dengan metode Range Kuna Fehlberg.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa profil berat jelaga di sepanjang reaktor turun, profil suhu naik dan profil tekanan turun_ Kenaikan jumlali jelaga yang masuk mengakibalkan panjang reaklor yang dibutuhkan lebih panjang, profil suhu di sepanjang reaktor lebih linggi dan penurunan tekanan yang lebih besar.
Sedangkan kenail-can diameter partikel katalis tidak berpengaruh pada profil berat jelaga dan suhu, letapi mcngakibalkan penurunan lekanan yang lebih kecil.
Desain katalitik konverter packed bed untuk kendaraan bermesin diesel dcngan pcnampang berbcnluk ellips yang bcrdiagonal panjang l4,5 cm dan diagonal pendek 7,5 cm menghasilkan di mensi katalitik konverter dengan panjang 4,1267 cm dan diameter partikel katalis 0,8 cm. Ukuran katalitik konverter yang cliperoleh lebih pendek dari pada katalitik konvener yang ada di pasaran, karena katalitik konverter yang sudah komersial tersebut dirancang untuk mengkonversi beberapa gas buang seperti karbon monoksida (COUD), hidrokarbon (HC) dan oksida nitrogen (NOx®)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S49366
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Bonitha
"Indonesia terus melakukan pembangunan di berbagai sektor termasuk sektor jasa konstruksi, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta daya saing bangsa global. Hal ini meningkatkan kecelakaan kerja konstruksi karena kurangnya penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Salah satu aspek penting pendukung SMKK yaitu pengadaan Alat Pelindung Kerja (APK). Pemerintah telah mengeluarkan Permen PUPR No. 8 Tahun 2023 yang di dalamnya telah mengatur tentang biaya penerapan SMKK, tetapi masih terbilang kurang terhadap pendetailan perhitungan jumlah dari setiap APK yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun suatu metode perhitungan efektif yang akan dijadikan pedoman untuk menentukan jumlah kebutuhan APK pada proyek konstruksi. Pendekatan ini dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner dan teknik Delphi untuk memperoleh pandangan para ahli di bidang keselamatan konstruksi. Hasil penelitian ini berupa susunan tabel pedoman dalam menghitung kebutuhan APK pada proyek konstruksi yang tersusun dari jenis, komponen, fungsi, indikator memengaruhi, dan metode perhitungan jumlah kebutuhan APK pada proyek konstruksi. Hasil tersebut diharapkan dapat memberikan landasan yang kokoh bagi para profesional dan praktisi proyek dalam mengestimasi kebutuhan APK dengan presisi, sehingga dapat meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi.

The Indonesian government continues to carry out development in various sectors, including construction sector, in order to improve people's welfare and encourage economic growth and global national competitiveness. This causes an increase in construction work accidents due to the lack of implementation of the Construction Safety Management System (SMKK). One important aspect supporting SMKK is the procurement of Work Protective Equipment (WPE). The government has issued PUPR Ministerial Regulation No. 8 of 2023 which regulates the costs of implementing SMKK, but is still lacking in detailed calculations of quantity of each WPE required. This research aims to develop an effective calculation method that will be used as a guideline for determining the amount of WPE required on construction projects. This approach was carried out with questionnaires and Delphi technique to obtain views from experts in the field of construction safety. The result of this research is a guideline table for calculating WPE required on construction projects which consists of types, components, functions, indicators that affects, and methods for calculating the quantitiy of WPE required on construction projects. These results are expected to provide a solid foundation for project professionals and practitioners in estimating WPE needs with more precision, so as to improve construction safety performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>