Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8659 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nina Fidyastuti Pratiwi
"Analisis Situasi: Tayangan olahraga di media saat ini didominasi oleh sepak bola dan bulu tangkis. Pada kenyataanya banyak cabang olahraga lain di Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa dan berpotensi untuk dikembangkan. Minimnya sorotan media membuat masyarakat kurang mengapresiasi cabang olahraga tersebut.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype: Manfaat kepada khalayak : Memberi pemahaman serta membuka wawasan khalayak mengenai berbagai cabang olahraga secara menyeluruh.
Tujuan: Secara sosial mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan mengapresiasi berbagai prestasi yang telah diraih cabang olahraga tanah air.
Prototype yang dikembangkan: Program ini berjudul "Zona Olahraga" dengan format TV Magazine. Program ini mengangkat berbagai cabang olahraga di Indonesia. Rencana ditayangkan di ANTV setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB. Durasi program 30 menit. Target khalayak usia 20-40 tahun dengan SES A, B, C. Program ini akan diisi beragam rubrik, mulai dari profil mengenai suatu cabang olahraga, tokohtokoh inspiratif, aturan dan pola permainan, serta sisi unikya.
Evaluasi:
- Pre-Test media yang dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 50 responden. guna kritik dan saran dari penonton
- Evaluasi yang melibatkan tim produksi inti (internal) dilakukan dengan melakukan rapat redaksi. Evaluasi Eksternal yang melibatkan khalayak penonton dilakukan dengan metode survey dan Riset Nielsen (eksternal).
Anggaran"
- Anggaran pembuatan prototype Rp. 900.000
- Rencana anggaran produksi program (Jabodetabek) Rp. 6.580.000
- Rencana anggaran produksi program (luar Jabodetabek)
- Rp. 20.220.000
- Perkiraan laba maksimal Rp. 185.420.000 (Jabodetabek)
- Perkiraan laba maksimal Rp. 171.780.000 (Luar Jabodetabek)
- Rencana anggaran evaluasi Rp. 6.260.000

Situation Analysis: Nowadays, most of sports programs are dominated by news about football and badminton. In reality, there are a lot of different kinds of sports in Indonesia which make terrific achievements and have big potential to grow bigger. The minimum exposure of such kinds of sports contributes to low appreciation of the sports.
Advantages and purposes of prototype development: Advantages to society: Give better understanding about sports and open people’s minds of sport’s wide variety.
Purposes: Socially makes people love and appreciate every achievements contributed by other kinds of sports in Indonesia other than football and badminton.
Developing Prototype: This program's title is "Zona Olahraga". It is a TV Magazine. This program talks about every kinds of sports in Indonesia. It is planned to air on ANTV every Saturday at 10 AM. In each episode, this program runs for 30 minutes. This program's target audience is adult of 20-40 years old who comes from SES A, B, and C. The program will have various rubrics, such as sports profile, inspirational figures, sports rules, and a unique side of every sport.
Evaluation:
- Pre-Test is conducted with questionnaire to 50 respondents in order to draw insights, absorb critics and take suggestions.
- Evaluation is conducted by core production team (internal) through editorial staff meeting. External evaluation which involves audience is conducted with surveys and Nielsen research results (external).
Budgeting:
- Prototype development Rp. 900.000
- Program production (Jabodetabek) Rp. 6.580.000
- Program production (outside Jabodetabek) Rp. 20.220.000
- Estimated total income Rp. 185.420.000 (Jabodetabek)
- Estimated total income Rp. 171.780.000 (Luar Jabodetabek)
- Budget of evaluation Rp. 6.260.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Reno Dalu Maharso
"Analisis Situasi: Kreativitas adalah hal yang penting dewasa ini. Anak-anak yang kreatif memiliki kualitas yang lebih baik. Pendidikan kreativitas adalah hal yang harus dilakukan sekarang ini. Salah satu caranya adalah dengan kreativitas seni. Program "Kreasi Anak Kreatif" akan mengajak anak-anak melihat berbagai jenis kreasi seni yang memiliki nilai kreativitas. Dengan begitu, program ini mampu menumbuhkan kreativitas anak-anak.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype: Manfaat bagi khalayak: memancing kreativitas anak melalui berbagai kreasi seni yang dimunculkan dalam program ini. Manfaat bagi pengelola: mendatangkan keuntungan finansial.
Tujuan: secara sosial membangkitkan minat anak terhadap kreasi seni dan memancing kreativitas anak. Secara ekonomis mendatangkan keuntungan finansial bagi stasiun televisi.
Prototype yang Dikembangkan: Program ini berjudul "Kreasi Anak Kreatif", formatnya adalah TV Magazine. Program ini mengangkat kreasi seni yang memiliki nilai kreativitas. Rencana tayang di Trans 7 setiap hari Jumat pukul 15.00 WIB. Durasi program 30 menit. Target khalayak primer anak-anak usia 9-12 tahun, target khalayak sekunder anak usia 6-8 tahun, di atas 12 tahun, dan orang tua dari keluarga SES A, B, C.
Evaluasi: Pre-Test dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 60 siswasiswi sekolah dasar sesuai dengan kriteria responden riset khalayak. Evaluasi dilakukan setelah penayangan program. Metode yang digunakan antara lain evaluasi internal (tim produksi) dan evaluasi eksternal (khalayak).
Anggaran:
a. Jumlah total anggaran pembuatan prototype: Rp 547.000,00
b. Jumlah total anggaran pembuatan program: Rp 4.370.000,00 (Jabodetabek) dan Rp 13.655.000,00 (luar Jabodetabek)
c. Jumlah perkiraan pendapatan (slot iklan): Rp 2.283.190.000,00 (Jabodetabek) dan Rp 2.162.485.000,00 (luar Jabodetabek)
d. Jumlah anggaran evaluasi: Rp 700.000,00

SITUATION ANALYSIS: Creativity is the most important thing these days. Creative children tend to have better quality among children their age. Thus, creative education is a concern of today?s education. One of the ways that can be done is to engage children into art. As a TV program, "Kreasi Anak Kreatif" will take children to see many types of art creation which have elements of creativity. Therefore, this program is able to develop and nurture children?s creativity.
Advantages and Purposes of Prototype Development: Advantages for society: to take out children?s creative potential through various art creation show in this program. Benefit for developer: to obtain profit for the station.
Purposes: socially to rise children?s interest for art creation and take out their creative potential. Economically to give financial profit for the TV station.
Developing Prototype: This program is called "Kreasi Anak Kreatif", a TV Magazine. It talks about art creation which have crative value. Planned to be broadcasted on Trans 7 TV station every Friday at 03.00PM. The program runs for 30 minutes. The primary target audience is children of 9-12 years-old. Secondary target audience is children of 6-8 yearsold, above 12 years-old, and parents from family of SES A, B, C.
Evaluation: Pre-Test is conducted by questionnaire to 60 elementary school students. The criteria is the same as respondents for audience research. Evaluation is conducted after the program is aired. The method is internal evaluation (production team) and external evaluation (audience).
Budgeting:
Budget for prototype development: Rp 547.000,00
Budget for program production: Rp 4.370.000,00 (Jabodetabek) and Rp Rp 13.655.000,00 (outside Jabodetabek)
Estimated total income (TVC): Rp 2.283.190.000,00 (Jabodetabek)
and Rp 2.162.485.000,00 (outside Jabodetabek)
Budget of evaluation: Rp 700.000,00
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Puri Handoko
"Analisis Situasi: Pendidikan di Indonesia masih cukup jauh tertinggal dengan negaranegara maju. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi. Tidak ada salahnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diangkat ke layar televisi. Apalagi diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype: Manfaat dari pengembangan prototype ini adalah untuk memberi pemahaman secara mendalam mengenai seputar Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuannya adalah untuk memberikan alternatif acara dan memenuhi kebutuhan seputar Ilmu Pengetahuan Alam untuk anak-anak.
Prototype yang Dikembangkan: Program ini berjudul "Sahabat Alam", berformat TV magazine, secara spesifik mengangkat Ilmu Pengetahuan Alam, direncanakan untuk ditayangkan di Trans7 tiap hari Jumat pukul 15.30 WIB selama 30 menit, dan ditargetkan untuk khalayak anak-anak usia 6-12 tahun dari keluarga dengan SES A,B, dan C.
Evaluasi:
- Pre-test akan dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 16 anak usia 6-12 tahun; menggunakan instrumen berupa Panduan FGD; dan dilakukan setelah prototype selesai dibuat.
- Evaluasi akan dilakukan setiap minggunya berdasarkan rating dari AGB Nielsen, Metode yang akan digunakan adalah Evaluasi Internal (antar tim produksi & pasca produksi) dan Evaluasi Eksternal (melibatkan pemirsa).
Anggaran:
- Jumlah total anggaran pembuatan prototype : Rp 1.028.000,00
- Jumlah total anggaran pembuatan program : Rp 2.880.000,00 (Jabodetabek) dan Rp 12.390.000,00 (Luar Jabodetabek)
- Prakiraan laba maksimal Rp 2.319.840.000,00 (Jabodetabek)
- Prakiraan laba maksimal Rp 2.265.660.000,00 (Luar Jabodetabek)
- Jumlah Anggaran Evaluasi : Rp 2.120.000,00

Situation Analysis: Education in Indonesia is still left behind other developed countries. Studying about science plays an important role for the process of education and the development of technology. It is better if science is broadcasted on television. Even, it is best to be introduced to children since early age.
Benefits and Goals of The Developing Prototype: The benefits of the developing prototype are to give a whole comprehension about science. The Goals are to give an alternative program and to fulfill the need of science information for children.
The Developing Prototype: The title of program is ?Sahabat Alam?, formatted as TV Magazine, especially to give an information about science as a big theme, planned to be broadcasted on Trans7 every Friday, at 15.30 WIB for 30 minutes, targetted at 6-12 years old kids audience who come from the families with Social Economic Situation A, B, and C.
Evaluation:
- Pre-test will be held by using Focus Group Discussion (FGD) method in which the group consists of 16 kids in their 6-12 years of age. The instrument that will be used is FGD Guide; and will be done after the prototype is made.
- The evaluation will be held every week referring to the rate of AGB Nielsen. The method that will be used is Internal Evaluation (involves production team and post-production team) and External Evaluation (involves the audience).
Budget:
- Total budget of prototype production process : 1.028.000 IDR
- Total budget of program production process : 2.880.000 IDR (In Jabodetabek) and 12.390.000 (Outside Jabodetabek)
- Maximum profit estimation is 2.319.840.000 IDR (in Jabodetabek)
- Maximum profit estimation is 2.265.660.000 IDR (outside Jabodetabek)
- Total budget of evaluation : 2.120.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Iqbal
"Analisis Situasi: Kepedulian terhadap tumbuh kembang anak semakin meningkat di kalangan ibu saat ini. Mereka semakin peduli dengan informasi tumbuh kembang anak dan juga tidak lagi langsung percaya dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Sayangnya, meski memiliki potensi yang besar, permintaan informasi ini belum dapat dipenuhi oleh siaran televisi yang ada saat ini.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype: Manfaat dari pengembangan prototype ini adalah memberi pengetahuan seputar tumbuh kembang anak baik perkembangan dunia tumbuh kembang anak, penanganan masalah tumbuh kembang anak, dan pemahaman mengenai mitos-mitos tumbuh kembang anak. Tujuannya adalah untuk memberikan alternatif acara dan memenuhi kebutuhan informasi tumbuh kembang anak bagi khalayaknya.
Prototype yang Dikembangkan: Disajikan secara ringan, menghibur, serta informatif, Smart Mom Smart Kid akan hadir dengan tayangan visual yang dinamis serta dekat dengan khalayaknya yaitu wanita berusia 22-40 tahun. Program ini akan diisi berbagai rubrik, mulai dari pengenalan masalah, solusi, hingga tips-tips praktis tumbuh kembang anak.
Evaluasi: Pre-test media menggunakan kuisioner yang disebarkan ke 50 khalayak terbatas untuk memperoleh kritik dan saran dari penonton. Evaluasi internal berupa rapat redaksi tim produksi inti, sedangkan evaluasi eksternal menggunakan hasil rating Lembaga Riset AGB Nielsen dan penyebaran kuisioner pada khalayak terbatas.
Anggaran:
- Anggaran pembuatan prorotype Rp 315.000,00
- Rencana anggaran produksi program di Jabodetabek Rp 3.000.000,00
- Rencana anggaran produksi program di luar Jabodetabek Rp 13.260.000,00
- Perkiraan laba maksimal di Jabodetabek Rp 397.000.000,00
- Perkiraan laba maksimal di luar Jabodetabek Rp 386.740.000,00
- Rencana anggaran evaluasi Rp 6.280.000,00

Situation Analysis: The awareness of mothers upon their children?s growth and development increases these days. They put more attention on information about childhood growth and development, and also putting aside myths given by the society. Unfortunately, despite this huge potential of information needs, tv station rarely accommodates such demands in their current programs.
Benefit and Goals of The Developing Prototype: The benefit from developing prototype is to give a knowledge of child growth and development, including newest information of child growth and development, solution to child growth and development problem, and clarification to child growth and development myth. The goals are to give alternate program and to fulfill the need for child growth and development information for its audiences.
The Developing Prototype: Presented in a light, entertaining, yet informative way, Smart Mom Smart Kid will give a dynamic picture and familiar visual setting for its audiences, which are female at the age of 22-40 years. This program will also present various rubrics, such as problem introduction, problem solution, and also a practical tips.
Evaluation: Pre-test media will use questionnaires which spread to 50 limited audiences. Internal evaluation which is a weekly production meeting with the core production team and external evaluation by discussing the rating result from AGB Nielsen Media Research and also by spreading 50 questionnaires to limited audiences.
Budget Plan:
- Prototype production budget is Rp 315.000,00
- Budget plan for program production in Jabodetabek is Rp 3.000.000,00
- Budget plan for program production outside Jabodetabek is Rp 13.260.000,00
- Maximum profit estimation for inside Jabodetabek production is Rp 397.000.000,00
- Maximum profit estimation for outside Jabodetabek production is Rp 386.740.000,00
- Budget plan for evaluation is Rp 6.280.000,00
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ester Sugiarti
"Budaya Indonesia semakin dikembangkan saat ini. Berbagai kampanye sosial atau gerakan untuk mengajak belajar mengenal dan mencintai budaya lokal saat ini marak dilakukan. Begitu halnya dengan dunia fashion tanah air, saat ini berkembang ditandai dengan munculnya berbagai pagelaran fashion produk desainer dalam negeri. Meningkatnya perkembangan kedua bidang tersebut, memunculkan ide untuk mengkombinasikan keduanya.
Manfaat dari pengembangan prototype adalah memberi pengenalan kepada khalayak mengenai keragaman budaya Indonesia dalam kemasan yang kreatif, yakni fashion. Selain itu, pengembangan prototype program ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagi pecinta mode tanah air untuk berkreasi.
Prototype yang dikembangkan : Corak Khatulistiwa, judul dari program yang akan dikembangkan prototype-nya akan menghadirkan program fashion yang unik karena dikombinasikan dengan wisata. Variasi gambar dan musik akan membuat program ini lebih dinamis dan atraktif. Corak Khatulistiwa akan terdiri dari beberapa rubrik, mulai dari rubrik wisata, rubrik inspirasi, rubrik informasi, dan rubrik gaya.
Evaluasi :
- Pre-Test media yang dilakukan dengan metode survey dengan menyebar kuisioner kepada 50 responden. Evaluasi ini ditujukan untuk memperoleh kritik dan saran dari penonton mengenai program Corak Khatulistiwa.
- Evaluasi Internal dan Eksternal yang dilakukan secara berkala. Evaluasi yang melibatkan tim produksi inti (internal) dilakukan dengan melakukan rapat redaksi. Evaluasi Eksternal yang melibatkan khalayak penonton akan menggunakan metode survey dan Riset oleh Lembaga Riset AGB Nielsen (Eksternal).
Anggaran :
- Anggaran pembuatan prototype Rp. 971.000,00
- Rencana anggaran produksi program (JABODETABEK) Rp 4.800.000,00
- Rencana anggaran produksi program (di luar JABODETABEK) Rp 13.660.000,00
- Perkiraan laba maksimal (JABODETABEK) Rp 187.200.000,00
- Prakiraan laba maksimal (di luar JABODETABEK) Rp 178.340.000,00
- Perkiraan laba maksimal (LUAR JABODETABEK 12 episode) Rp 2.332.080.000,00
- Rencana anggaran Evaluasi Rp 6.260.000,00

Indonesian Culture are developed at this time. Various culture social campaign and movement now exist to inform society about indonesian culture. Likewise indonesian fashion world which is currently developing marked by the emergence of designer fashion products in its country. Since development of that two fields increased, an idea comes to combine both.
The Benefits from developing this prototype is to give an introduction to the audience about the cultural diversity of Indonesia in the creative packaging, namely fashion. In addition, prototype development program is expected to provide inspiration for fashion lovers of Indonesia to be more creative.
The developing prototype of Corak Khatulistiwa, will present a different fashion program because it will combined with the travelling theme. Variation images and music will make this program more dynamic and attractive. Corak Khatulistiwa will consist of several sections, ranging from travelling rubrics, inspiration rubrics, information rubrics, and style rubrics.
Evaluation :
- Media Pre-Test is conducted with survey method by spreading questionnaire to 50 respondents. The evaluation is intended to obtain criticism and suggestions from the audience about Corak Khatulistiwa.
- Internal and external evaluation conducted periodically. Evaluation involving the core production team (internal) is done by making editorial meeting. External evaluation involving the audience-will use the survey method and research by AGB Nielsen Research Institute (External).
Budget :
- Prototype budget is Rp 971.000,00
- Program Production (JABODETABEK) budget plan is Rp 4.800.000,00
- Program production (Outside JABODETABEK) budget plan is Rp 13.660.000,00
- Maximum profit estimation (JABODETABEK) is Rp 187.200.000,00
- Maximum profit estimation (Outside JABODETABEK) is Rp 178.340.000,00
- Maximum profit estimation (JABODETABEK 13 episodes) is Rp 2.332.080.000,00
- Budget plan for evaluation is Rp 6.260.000,00
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ursula Vinessa Dwitayoasta
"Analisis Situasi: Salah satu hak dasar anak adalah berwisata. Wisata penting bagi perkembangan anak-anak, terutama wisata yang mengandung unsur edukasi. Alternatif tempat wisata serta cara berwisata sangat diperlukan agar anak tertarik untuk belajar lewat berwisata. Di sisi lain, anak-anak juga perlu membiasakan gaya hidup sehat dan cinta lingkungan. Salah satu hal praktis yang mencakup keduanya adalah bersepeda. Program edutainment di televisi mendapat respon yang positif bagi anak-anak dan keluarga. Oleh karena itu, program feature ?Gowes Wisata? diharapkan dapat memberikan suguhan berkualitas bagi anak-anak.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaat bagi khalayak : memberikan wisata edukasi dengan bersepeda bagi anak-anak yang sehat dan ramah lingkungan. Manfaat bagi pengelola : membangun citra positif dan dapat menguntungkan secara finansial. Tujuan : menyuguhkan alternatif cara belajar baru kepada anak-anak dengan cara berkeliling di tempat wisata menggunakan sepeda dan secara ekonomis mampu memberikan keuntungan finansial pada stasiun TV yang menayangkan.
Prototipe yang Dikembangkan: Program ini berjudul "Gowes Wisata" berformat feature edutainment, secara spesifik mengangkat wisata edukasi dengan bersepeda sebagai kemasannya, direncanakan untuk ditayangkan di Trans 7 tiap hari Kamis pukul 15.00 WIB selama 30 menit, dan ditargetkan untuk khalayak anakanak usia 6-12 tahun dari keluarga dengan SES A, B, dan C.
Evaluasi:
- Pre-test akan dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 12 anak laki-laki usia 6-12 tahun ; menggunakan instrumen berupa Panduan FGD ; dan dilakukan setelah prototipe selesai dibuat.
- Evaluasi akan dilakukan setelah program disiarkan. Metode yang akan digunakan adalah Evaluasi Internal (antar tim produksi & pasca produksi) dan Evaluasi Eksternal (melibatkan pemirsa).
Anggaran:
- Jumlah total anggaran pembuatan prototipe : Rp 1.891.000,-
- Jumlah total anggaran pembuatan program : Rp 3.350.000,- (Jabodetabek) dan Rp 12.260.000,- (Luar Jabodetabek)
- Jumlah prakiraan pendapatan (slot iklan) : Rp 2.234.080.000,-
- Jumlah Anggaran Evaluasi : Rp 1.640.000,-

Situation Analysis: One of the fundamental rights of the child is traveling. Tourism is important for children's development, especially tourism which contains elements of education. Alternative tourist attractions and ways to travel are necessary for children interested in learning through travel. Meanwhile, children also need to get a healthy lifestyle and love the environment. One of the practical things that includes both is cycling. Edutainment programs on television gets a positive response for children and families. Therefore, the program features "Gowes Wisata" is expected to provide quality treats for children.
The Advantages & Purposes of Prototype Development: Advantages for society : gives educational tours by bicycle for children who are healthy and evironmentally friendly. Advantages for the TV company : helps to build company?s positive image & hopefully could financially profit the company itself. Purposes : presents an alternative way of learning to children in way round the sights on a bike and economically, to financially profit the involved TV station that broadcast.
The Developed Prototype: This program is titled ?Gowes Wisata? formatted as feature edutainment, specifically brings educational tour with cycling as a packaging, planned to be broadcasted on Trans 7 every Thursday at 15.00 WIB for 30 minutes long, and targeted for 6 - 12 years old kids audience who come from families with SES A, B, and C.
The Evaluation:
- Pre-test will be held using Focus Group Discussion (FGD) method in which the group consists of 12 boys and girls in their 6 - 12 years old age ; the instrument that will be used is FGD Guide; and will be done after the prototype is made.
- The Evaluation will be done after the program is broadcasted. The method that will be used is Internal Evaluation (involves production team and post-production team) and External Evaluation (involves the audience).
Budget:
- Total budget of prototype production process : 1.891.000,- IDR
- Total budget of program production process : 3.350.000,- IDR (In Jabodetabek) and 12.260.000,- IDR (Outside Jabodetabek)
- Estimated total income (advertisement slot) : 2.234.080.000,- IDR
- Total budget of evaluation : 1.640.000,- IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Praditha A.
"[Bagian 1 Analisis Situasi
Kelompok usia dewasa muda (17-25 tahun) dituntut untuk mengisi perannya di masyarakat dengan menentukan dan mempersiapkan karirnya. Informasi yang terbatas mengenai ragam profesi menjadi penghambat bagi dewasa muda di Indonesia untuk mempersiapkan karirnya. Program televisi edutainment "DUA SISI" hadir memberikan informasi, referensi, motivasi dan inspirasi bagi dewasa muda mengenai ragam profesi yang ada, agar dapat menentukan dan mempersiapkan masa depannya sedini mungkin.
Bagian 2 Manfaat dan Tujuan Pengembangan Pilot
Manfaat bagi khalayak: Memberikan referensi mengenai beragam profesi yang di masyarakat pada dewasa muda. Manfaat bagi pengelola: Memberikan citra positif bagi stasiun televisi karena menyajikan tayangan televisi bermutu dan mengedukasi dewasa muda untuk dapat meraih profesi yang diharapkan.
Tujuan sosial: Mengajak dewasa muda untuk lebih peduli dengan masa depannya selepas bangku kuliah
Tujuan ekonomi: Program televisi "DUA SISI" bertujuan untuk memberikan keuntungan finansial kepada stasiun televisi yang menayangkan program ini, yakni NET.
Bagian 3 Pilot yang Dikembangkan
Program ini berjudul "DUA SISI" dengan format TV Dokumenter Cinema Verite. Program ini mengangkat seputar profesi yang ada di masyarakat. Rencana tayang di NET setiap hari Minggu pukul 16.00 WIB. Durasi program 30 menit. Target khalayak adalah dewasa muda usia 17-25 tahun dari keluarga SES A-B.
Bagian 4 Evaluasi
Pre-Test dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD)
Evaluasi dilakukan setelah penayangan program. Metode yang digunakan antara lain, evaluasi internal (tim produksi) dan evaluasi eksternal (khalayak).
Bagian 5 Anggaran
Jumlah total anggaran pembuatan pilot Rp 6.200.000,-
Jumlah total anggaran pembuatan program
Jabodetabek Rp 2.550.000,-
Luar Jabodetabek Rp 15.500.000,-
Jumlah perkiraan pendapatan (slot iklan) per episode Rp 237.000.000,- (Jabodetabek) 224.500.000,- (luar Jabodetabek)
Jumlah anggaran evaluasi Rp 1.160.000,-

Part 1 Situation Analysis
Young adult age group (17-25 years) are required to fill their role in society to determine and prepare his career. Limited information about professions become a barrier for young adults in Indonesia to prepare their career path.
"DUA SISI" edutainment program will talk about information, set an example, motivate and inspire teenagers about several types of professions. This program will help teenagers to discover and learn about valuable information regarding their profession of choice as early as possible.
Part 2 Advantages and Purposes of Pilot Development
Advantage for society : to give example about different profession.
Benefit for developer : to build a positive image for this TV station.
Social purpose : to make students more aware and interested to discover what they want to do and achieve in the future.
Economic objective : to provide more benefits for TV station.
Part 3 Developing Pilot
This program is called "DUA SISI", an edutainment TV program. It talks about different professions. Planned to be broadcasted on NET every Sunday at 04.00 PM. The program runs for 30 minutes. The target audience are teenager between 17-25 years old.
Part 4 Evaluation
Pre-test is conducted by the Focus Group Discussion (FGD)
Evaluation is conducted after the proram is aired. The methods is internal evaluation (production team) and external evaluation (audience).
Part 5 Budgeting
Budget for pilot development : Rp 6.200.000,-
Budget for production cost
Jabodetabek Rp 2.550.000,-
Outside Jabodetabek Rp 15.500.000,-
Estimated total income per episode (TVC) Rp 237.000.000,- (Jabodetabek) 224.500.000,- (outside Jabodetabek)
Budget of evaluation Rp 1.160.000,-;, Part 1Situation Analysis Young adult age group 17 25 years are required to fill their role in society to determine and prepare his career Limited information about professions become a barrier for young adults in Indonesia to prepare their career path ldquo DUA SISI rdquo edutainment program will talk about information set an example motivate and inspire teenagers about several types of professions This program will help teenagers to discover and learn about valuable information regarding their profession of choice as early as possible Part 2Advantages and Purposes of Pilot DevelopmentAdvantage for society to give example about different profession Benefit for developer to build a positive image for this TV station Social purpose to make students more aware and interested to discover what they want to do and achieve in the future Economic objective to provide more benefits for TV station Part 3Developing PilotThis program is called ldquo DUA SISI rdquo an edutainment TV program It talks about different professions Planned to be broadcasted on NET every Sunday at 04 00 PM The program runs for 30 minutes The target audience are teenager between 17 25 years old Part 4EvaluationPre test is conducted by the Focus Group Discussion FGD Evaluation is conducted after the proram is aired The methods is internal evaluation production team and external evaluation audience Part 5BudgetingBudget for pilot development Rp 6 200 000 Budget for production costJabodetabek Rp 2 550 000 Outside Jabodetabek Rp 15 500 000 Estimated total income per episode TVC Rp 237 000 000 Jabodetabek 224 500 000 outside Jabodetabek Budget of evaluation Rp 1 160 000 ]"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Permata Leona
"Analisis Situasi: Musik merupakan Salah satu media komunikasi untuk mengekspresikan diri dan hampir setiap kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari musik Selama ini khalayak lebih banyak disuguhi oleh program musik yang isinya hanya mengedepankan unsur hiburan Belum ada program mus1k yang sarat akan informasi sehingga dapat menambah Wawasan khalayak Oleh karena 1tu program TV Magazine Music Zone diharapkan dapat memberikan suguhan berkualitas bagi anak muda Indonesia.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe: Manfaat bagi khalayak Memperkenalkan dan memberl pemahaman seputar dunia musik secara menyeluruh Manfaat bag1 pengelola membangun citra positif dan dapat menguntungkan secara finansial. Tujuan Memberikan inovasi baru dalam menyampaikan informasi seputar dunia musik dengan lebih menghibur ringan dan edukatif Serta secara ekonomis mampu memberikan keuntungan finansial pada stasiun TV yang menayangkan.
Prototype yang Dikembangkan: Program ini berjudul Music Zone berformat TV Magazine edutainment secara spesifik mengangkat tema musik edukasi direncanakan untuk ditayangkan di Trans7 Setiap hari Sabtu pukul 16 00 WIB selama 30 menit dan ditargetkan untuk khalayak remaja dan dewasa muda USia 15-24 tahun dar1 keluarga SES A B dan C.
Evaluasi: Pre test akan dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang terdiri dari 12 peserta laki laki dan perempuan menggunakan lnstrumen berupa Panduan FGD dan dilakukan setelah prototype selesai dibuat Evaluasi akan dilakukan setelah program disiarkan Metode yang akan digunakan adalah Evaluasi Internal (antar tim produksi & pascaproduksl) dan Evaluasi Ekstemal (melibatkan pemirsa).
Anggaran:
Jumlah total anggaran pembuatan prototype Rp 2 370 000
Jumlah total anggaran pembuatan program Rp 8 068 000
(Jabodetabek) dan Rp 8 698 000 (Luar Jabodetabek)
Jumlah perkiraan pendapatan (slot ikan) Rp 3 013 856 O00
Jumlah Anggaran Evaluasl Rp 890 000.

Situation Analysis: Music is one medium of communication for human beings to express themselves and almost every human life can t be separated from the music So far audiences were treated to the music program which only emphasizes the element of entertainment There IS no music program will be full of information so as to increase knowledge for the audience Therefore the Magazine TV program Music Zone is expected to provide quality treats for young adult Indonesia.
The Advantages & Purposes of Prototype Development: Advantages for society To introduce and provide understanding about the Whole World of music Advantages for the TV company To build positive image of the company and hopefully could financially profit the company itself. Purposes: To provide new innovations in conveying information about music more entertaining light and educational and also to financially profit the involved TV station that broadcast.
The Prototype Development: This program is titled Muszc Zone formatted as Magazzne T V edutainment specially brings educational music planned to be broadcasted on Trans7 every Saturday at 4 PM (WIB) for 30 minutes long and targeted for 15-24 years old young adult audience who come from families with SES A B and C.
The Evaluation: Pre test Will be held using Focus Group Discussion (FGD) method in which the group consists of 12 boys and girls in their 15-24 years old age the instrument that will be used 1S FGD Guide and will be done after the prototype is made The Evaluation Will be done after the program is broadcasted The method that will be used is Internal Evaluation (involves production team and post production team) and External Evaluation (involves the audience).
Budget: Total budget of prototype production process 2 370 000 IDR
Total budget of program production process 8 068 000 IDR (In Jabodetabek) and 8 698 000 IDR (Outside Jabodetabek)
Estimated total income (advertisement slot) 3 013 856 000 IDR
Total budget of evaluation 890 000 IDR.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vincentia Dety Abrita
"Studi ini mengeksplor mengenai anteseden dan keefektifan penerapan Ambidextrous Strategy (AS) sebagai prediktor sustainabilitas perusahaan (FS). Dalam model penelitian, AS dihipotesiskan dipengaruhi oleh Kompleksitas Kognisi Organisasional (OCC), Environmental Dynamism (ED), dan moderasi ED terhadap OCC. Studi ini mengangkat Industri Penyiaran Televisi FTA sebagai obyek penelitian dengan tren konvergensi media dan digital TV sebagai konteks ED. Pengolahan dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square-Path Modelling (PLS-PM). Metode ini dipilih karena (1) Minimnya jumlah sampel penelitian (2) Model yang relatif kompleks dengan adanya higher-order latent, dan, (3) Kesesuaian dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini mendukung hipotesis bahwa OCC dan ED berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Ambidextrous Strategy. Namun, ED ternyata melemahkan hubungan antara OCC dengan AS dan pengaruhnya tidak terbukti signifikan. Penerapan Ambidextrous Strategy terbukti efektif memprediksi sustainability stasiun televisi dalam tren konvergensi media dan digital TV.

This study aims to explore the antecedents of Ambidextrous Strategy (AS) and its practices as the predictor of firm sustainability. Organizational Cognitive Complexity (OCC) and Environmental Dynamism (ED) are hypothesized as the antecedents of AS. Furthermore, relationship between OCC and AS is also tested using ED as moderator variable. The study covers only Free To Air TV Broadcating Industry and explores the issues of media convergence and digital TV as the context of ED. Data are processed using Partial Least Square-Path Modelling (PLS-PM). PLS-PM is chosen because of : (1) small sample size (2) relatively complex model with higher order latents, and, (3) appropriate with the objectives of the study. The results of the study partially support all the hypothesises, which, OCC and ED has positive significant effects on Ambidextrous Strategy practices. ED as moderator is surprisingly weaken the relationship between OCC and AS but the moderating effect is not statistically significant. The practice of AS is statistically significant affecting FS, therefore, AS is a good predictor of FS."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waskito Wikantyasa
"Perkembangan DVB sebagai standard global untuk penyiaran televisi digital melalui satelit telah menghasilkan aplikasi Direct To Home (DTH). Aplikasi DTH yang bersifat open system ini, dengan ditunjang oleh kemampuan interoperability, fleksibilitas dan aspek komersial telah membawa dampak penggunaan bandwidth secara lebih efisien dan dapat memberikan layanan siaran multi program ke pelanggan dengan murah dan mudah. Fenomena ini harus disikapi oleh para operator Pay TV yang saat ini sedang menghadapi dampak gbobalisasi dan era liberalisasi yang penuh persaingan.
PT. Broadband Multimedia sebagai market leader dalam bisnis Pay TV di Indonesia haruslah merumuskan strategi perusahaan yang tepat dan bersikap adaptif terhadap perkembangan aplikasi DTH ini untuk mempertahankan dan memenuhi keinginan, harapan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu dalam tesis ini dilakukan kajian formulasi strategi perusahaan dan analisis perencanaan bisnis DTH Pay TV dengan melihat aspek pasar, aspek teknik, aspek organisasi dan menajemen serta aspek keuangan yang bertujuan memberikan masukan kepada manajemen PT. Broadband Multimedia dalam menetapkan strategi pengembangannya.
Dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal (dengan metode matrik IE dan matrik QSP) diperoleh kesimpulan : PT. Broadband Multimedia harus menetapkan strategi intensif pengembangan pasar dengan cara mengembangkan bisnis DTH Pay TV. Dari analisis aspek pasar didapatkan jumlah pelanggan Pay TV saat ini hanyalah sekitar 4,3 % dari jumlah keluarga kelas A di Indonesia, dan proyeksi jumlah pelanggan yang akan dicapai unit bisnis dalam 10 tahun adalah 347.465 pelanggan. Untuk kriteria desain teknik, sistem DTH akan mengacu pada standar DVB-S dengan menggunakan satelit Palapa C-2. Dalam menjalankan bisnis DTH ini, akan dibentuk suatu unit bisnis Baru yang terbagi atas 5 divisi yaitu Top Management, Technical & Operation Division, Accounting and Finance Division, Sales & Marketing Division dan HRD, Legal & General Affairs Division. Sedangkan berdasarkan perhitungan kriteria investasi, didapatkan hash : NPV : Rp 28. 527.499.701; IRR 23,08%; PI : 23,08%; ARR : 125,44%; dan PP : 6 tahun 2 bulan. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa bisnis DTH Pay TV ini sanget layak untuk dikembangkan oleh PT. Broadband Multimedia. Dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perubahan saldo dan arus kas, berturut-turut dari faktor yang paling sensitive adalah jumlah pelanggan pada tahun pertama, perubahan nilai tukar US Dollar terhadap rupiah, tarif langganan Paket 2 dan Paket 3, pertambahan jumlah pelanggan per tahun, tarif langganan Paket 1, pajak pendapatan, komisi penjualan, marketing budget dan initial charge.

The improvement of DVB as a global standard for digital television broadcasting via satellite has resulted the Direct To Home application. The DTH application is an open system which is supported by capabilities of interoperability, flexibility and commercial aspect, has had effect of the using bandwidth efficiently, and given multi channel broadcast services to end user cheaper and easier. Pay TV operators, who are at this moment facing the effect of globalization and liberalism era which full of competition, have to react against this phenomenon.
PT. Broadband Multimedia Tbk. as the market leader in the Pay TV business in Indonesia should formulate the exact company strategy and adaptive to DTH application improvement in' order to survive and achieve the wants, the hopes and the needs of the consumers. With regard to previous idea stated, this thesis' will observe company's strategy formulation and analyze the DTH Pay TV business plan by observing the market aspect, the technical aspect, the organization and management aspect, and also the financial aspect which purpose to give input to PT. Broadband Multimedia management to come to a decision of their development strategy.
By analyzing the internal and external environment (using IE 8 QSP Matrix Methods) the conclusion is PT Broadband Multimedia has to implement the market development strategy intensively by developing the DTH Pay TV business. From market aspect view, the number of Pay TV subscribers in Indonesia in 2003 is approximately only 4.3% of the number of class A family in Indonesia, and the projection of the subscriber number will be reached in ten years is 347,465 subscribers. For the technical design criteria, the DTH system will refer to DVB-S standard by using Palapa C-2 Satellite. For running this DTH Pay business, a new business unit will be performed which consist of five divisions : Top Management, Technical and Operation Division, Accounting and Financial Division, Sales and Marketing Division, and HRD, Legal & General Affairs Division. Based on the investment criteria calculation, the results are the NPV : Rp 28. 527.499.701; the IRR : 23,08%; the PI : 23,08%; the ARR : 125,44%; and the PP : 6 years & 2 months. The results indicate that the DTH Pay TV business is very feasible to be developed by PT. Broadband Multimedia. The factors which influent to the changes of the cash flow- the sequence from the most sensitive factor- among others: the subscriber number in the first year, the exchange rate of USD to Rupiah, the monthly fee of Package 2 and 3, the increasing of subscriber number per year, the monthly fee of Package 1, income tax, selling commission, marketing budget and initial charge.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14597
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>