Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185509 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizkiansyah
"Kota kota besar di Australia sedang mengahadapi masalah ledakan penduduk yang tidak dapat terbendung. Hal ini dikarenakan oleh angka kelahiran dan jumlah pendatang yg tidak terkontrol. Ledakan penduduk tersebut menyebabkan hilangnya ruang hijau di kota besar untuk menyesuaikan kebutuhan akan ruang hidup. Masalah yang terjadi menjadi isu regional. Daerah Woodford yang terletak di tengah Queensland berpotensi untuk menguji ide dan nilai untuk menghubungkan kembali alam dan manusia. Observasi dan riset membuahkan hasil kepada terciptanya solusi untuk ide master plan dan arsitektur di tahun 2050. Gaya hidup produktif adalah hasil dari proses perancangan master plan dan arsitektur yang terukur melalui interaksi mutualisme antara pendatang dan orang lokal dalam beraktivitas di Woodford.

Big cities in Australia are facing an undeniable urban sprawl that is caused by the uncontrollable birth and high number of incoming immigrants. The urban sprawl results on the absence of greenspace in big cities, adjusting spaces to people to live inside the cities. Moreover, architects are important to vision the condition of the city and analyze how the city will be livable or not. Communicating future scenario will be essential as the trigger to create potential solution for living in big cities. Architecture rise radically in the future, creating a severe condition of neighborhood. Big cities of Australia offer modern lifestyle yet destroying its heritage, nature and identity.
As the issue becomes regionally concerned, the Woodford site in central Queensland becomes the potential experiment whether the values to reconnect the nature and identity will be successful or not. Observation and research for masterplanning covers up solution that is needed for the region and applicable for 2050. Keeping the site to preserve its natural context becomes an important point for promoting 2050 Woodford site. Further observation leads to ideas of how to create feasible masterplan and vibrant society. Woodford Festival which happens annually becomes the promotional event to adjust the values in the site to the visitors. Expected change of habits of visitors that come to the site will be the answer to achieve contrasts outcome.
Productive lifestyle that occurs from the design is the result of thoughtful masterplanning that shifts into architecture. Interactions between locals and visitors which are mutually shaped in the site will bring back the idea of reconnecting with the nature. The design derives from the spirit of sustain food production as well as creating boundaries for privacy level. Thus, concept can be experimented and tested from this exclusive design for the people at Woodford.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53442
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Adhitya Putra
"Laporan tugas akhir ini membahas desain yang menyambut alam dan upaya menciptakan embrio yang menumbuhkan perkembangan budaya beserta ekonomi di daerah Woodford Berlokasi di daerah pertanian Queensland lokasi ini memiliki sebuah event yang cukup bergengsi dan telah menjadi ritual tahunan yang bernama Woodfordia Festival Event ini menjadi basis langkah awal untuk memahami konteks dan data lokasi desain Analisa dilakukan melalui berbagai lapisan dan skala social dengan tujuan memahami dan mengembangkan proposal desain Urbanisasi adalah bentuk modernisasi kota yang memberikan degradasi moral dan lingkungan alam Leluhur Woodford dikenal dengan orang orang Jinbara mendedikasikan tanah mereka untuk kebudayaan dan alam Andil Arsitektur disini adalah sebagai alat manipulasi ruang menjadi tugasnya untuk menanamkan sosial dan budaya di Woodford Proposal desain menekankan perlunya menjaga eksistensi event yang telah berjalan 27 tahun dan mengekspresikan keinginian penduduk lokal untuk berkembang Resolusi yang tercipta dari desain akan dijabarkan bertahap melalui laporan tugas akhir ini Desain yang tercipta tidaklah mendekati kesempurnaan akan tetapi desain ini mentargetkan desain yang mampu dieksekusi dan memberikan resolusi kepada kebutuhan Woodfood di masa depan.

The final design report consist a design embracing nature and culture in a remote place and creating an ldquo embryo rdquo that will create a new development of Woodford Located in a remote space in Queensland Australia this space consist a great cultural event called Woodfordia Festival This become the first step of design process which consist understanding the basic issue and contextual of the site Analysis on different layer of society and scale conducted to understand and develop the next step of design proposal Urbanization is a form of city modernization which results in degrading of moral and environment Woodford rsquo s ancestor ndash Jinbara rsquo s people dedicated their land for environment and culture Architecture as the tool of space manipulation stands to embed the social and cultural layer of Woodford The proposal of design meant to preserve a 27 years culture event and express the urge of local society to develop The resolve of the design will be shown within the design report and explain the step by step process until it form the final design The design might be far from perfect yet it a design that aim to be executed and a resolution of what Woodford need in the future."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53424
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Port Melbourne: Architecture Media Australia , 1993
720 ARC
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Octiviani
"Fotografi adalah sebuah alat komunikasi yang dapat menangkap gambar secara objektif, fotografi merepresentasikan sesuatu yang nyata secara cepat. Arsitek kemudian memanfaatkan fotografi untuk merekam karya mereka yang nantinya dapat digunakan untuk beberapa tujuan, seperti dokumentasi, materi pameran, dan juga sebagai pengganti interaksi langsung dengan bangunan. Arsitektur mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi melalui wujud dan ruang bangunannya, dimana manusia dapat mengalami dan berinteraksi dengan ruang arsitektur melalui raga dan indra mereka. Sejak ditemukannya fotografi, arsitek telah memanfaatkan fotografi untuk mengkomunikasikan ide, konsep dan tujuan dari karya sang arsitek. Fotografer diharapkan dapat membantu arsitek untuk menciptakan sebuah ilusi pada fotografi, ilusi yang kemudian dapat membantu manusia dalam memvisualisasikan bangunan arsitektur melalui media dua dimensi atau bahkan merasakan pengalaman ruang tiga dimensi. Keberhasilan ilusi ini bergantung kepada bagaimana manusia mempersepsikan informasi yang telah diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor konsep fotografi arsitektur dan bagaimana persepsi manusia dapat mempengaruhi cara manusia mencerna informasi. Dengan memahami cara kerja persepsi manusia, diyakini bahwa manusia dapat berinteraksi dengan ruang arsitektur melalui foto sebagaimana manusia berinteraksi dengan ruang arsitektur secara langsung. Untuk mendukung dan menanggapi isu yang muncul, beberapa responden telah diwawancari dengan beberapa pertanyaan. Dengan menganalisa hasil dari wawancara dari responden dan teori-teori yang ada, penelitian ini akan menuntun kepada sebuah kesimpulan tentang bagaimana manusia mempersepsikan informasi yang didapat dari sebuah fotografi arsitektur.

Photography is a communication tool that can capture an image objectively, it represents what exists with its brief moment. Afterwards Architects utilize it to record their works that can later be used for other purposes such as documentation, exhibition material, and also as a substitute of direct interaction with the building. Architecture has the ability to communicate through its form and space where people can experience and interact in it with their body and senses. Since the discovery of photography, architects have been taking advantage of the device with the intention of communicating their ideas, concepts, and purposes of their works. Photographers can hopefully aid the architects by using their skill to create an illusion in photography, which can helps people visualize the building in two-dimensional form or even offering the experience in three dimensional form. Such illusion can work depending on how the human percepts the information given.
This study will explore the concept of photography in architecture and how human perception can affect the way people perceived information. With understanding of the human’s working method in perception, it is believed that humans can interact with an architectural space through a photograph similar to the experience they would get in threedimensional form. Several people are interviewed to support and validate the issue that has been raised. Analyzing the informant’s point of view and several theories, this study will lead to a conclusion on how human percepts information from an architectural photography.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59948
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alver Giandri Melvern Poernomo
"[ABSTRAK
Global komuter di Australia sedang dalam masa puncaknya, iklim kering lokal mendorong arsitek untuk melahirkan inovasi baru yang dapat mengatasi isu tersebut. Pengertian dari hidup secara pusar regeneratif memberikan sebuah solusi untuk mengurangi kebutuhan pegawai untuk pulang-pergi dengan menyediakan akomodasi dan sebuah pusat responsif lingkungan di tempat mereka bekerja. Menyadarkan pentingnya suatu desain arsitektur yang dapat mempengaruhi dan mengoptimalkan kinerja manusia dengan mengatur variabel Pencahayaan, Akustik, dan kenyamanan Termal.

ABSTRACT
Australia global commuters are at an all time high. The local arid climate calls for architects to bring forth new sustainable innovation to counter this issue. A living concept of a Regenerative Hub suggests a solution to lessen the need for employees commuting by providing on-site accommodation and a responsive center for the environment. Sustainable housing that caters to on site occupants, realizes the importance of design to optimize human performance through architecture by altering the variables of Lighting, Acoustics and Thermal Comfort., Australia global commuters are at an all time high. The local arid climate calls for
architects to bring forth new sustainable innovation to counter this issue. A living
concept of a Regenerative Hub suggests a solution to lessen the need for employees
commuting by providing on-site accommodation and a responsive center for the
environment. Sustainable housing that caters to on site occupants, realizes the
importance of design to optimize human performance through architecture by altering
the variables of Lighting, Acoustics and Thermal Comfort.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrul Helen
"Komik merupakan medium unik yang menggabungkan dua jenis representasi yaitu gambar dan teks untuk menyampaikan informasi dengan harapan dapat menghasilkan respon tertentu dari pembaca. Arsitektur di dalam komik tidak hanya digunakan sebagai background untuk menginformasikan kepada pembaca dimana suatu adegan terjadi (sense of place) dan untuk membangun emosi tertentu (sense of depth), namun arsitektur juga dapat digunakan sebagai elemen pembangun cerita di dalam komik. Studi kasus yang digunakan adalah komik "Yes is More, An Archicomic of Architectural Evolution" oleh BIG dan komik "Durarara" oleh Ryohgo Narita, Suzuhito Yasuda dan Akiyo Satorigi.

Comic book is a unique medium which combines two kinds of representations, images and words, to convey informations in hope to gain response from the readers. Architecture in comic book is not only used as background to establish sense of place and sense of depth to the readers, but also can be used as the constructor elements of the story in the comic book. The cases study for this topic are "Yes is More, An Archicomic of Architectural Evolution", a comic book by BIG and "Durarara", a comic book by Ryohgo Narita, Suzuhito Yasuda and Akiyo Satorigi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kemas Ridwan Kurniawan
"ABSTRAK
Arsitektur Jengki merupakan salah satu langgam arsitektur yang memperkaya khazanah arsitektur modern di Indonesia. Era perkembangannya terjadi pada tahun 7950-an dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Medan dan Surabaya.
Keberadaan arsitektur Jengki tidak terlepas dari pengaruh langgam-langgam yang berkembang sebelumnya. Bentuknya yang khas dan unik telah meninggalkan ciri tersendiri dan merupakan tahap lanjutan dari periode arsitektur Hindia Belanda yang menandai era peralihan dari kolonial ke langgam Indonesia modern."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Fitri Ridayanti
"Arsitektur dan film di era modern ini tidak dapat dipisahkan dari segi generasi persepsi ruang Arsitektur dibangun di dan mengitari suatu ruang yang dapat menjadi setting untuk film sedangkan film adalah sebuah medium dua dimensi untuk mengeksplorasi dan menyajikan arsitektur sebagai kerangka sebuah narasi Arsitektur adalah komponen fundamental dalam rangka film dapat memberikan narasi Skripsi ini membahas bagaimana representasi arsitektur disampaikan sebagai kerangka narasi spasial film dan peran penting yang mereka pegang dalam menyampaikan pesan narasi yang mendasari dan pengalaman spasial dalam sebuah film.
Skripsi ini membahas pengerjaan dari real ke reel meminjam istilah Nezar AlSayyad yang merujuk realitas dan sinema menggunakan arsitektur modern di film Playtime Jacques Tati 1967 sebagai studi kasus Real dan reel adalah sebagai fokus utama skripsi ini Akhirnya skripsi ini mengamati konsep reel ke real bagaimana arsitektur dan film yang dapat mempengaruhi perspektif kita dalam hidup dan digunakan sebagai parameter untuk desain.

Architecture and film in this modern era are inseparable concerning the generation of perceptual spaces. Architecture is built in and around spaces, which may provide the setting for a film, whereas film stands as a two-dimensional medium to explore and present architecture as a narrative framework. Architecture is a fundamental component in order that film can deliver its narrative.
This thesis discusses how architectural representation is conveyed to encase the spatial narrative of a film and the important role they hold in conveying messages, underlying narratives, and the spatial experiences in a film. It discusses the workings of real to reel, borrowing Nezar AlSayyad's term in reference to the reality and the cinema, using the modern architecture in Jacques Tati's Playtime (1967) as a case in point. The real and reel stand as the main focuses of this thesis. Finally, it observes the concept of reel to real, how the architecture and film can affect our perspectives in life and be used as parameters for design.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Elmasyafiqa
"Masalah identitas selalu menjadi diskusi yang berlanjut di sejarah Arsitektur Indonesia. Untuk waktu yang lama, ide identitas selalu berubah dari satu periode ke periode lainnya, dan arsitektur tumbuh sesuai dengan masyarakat dan kejadian disekitarnya. Skripsi ini adalah penulisan yang deskriptif membahas identitas Arsitektur Indonesia; menemukan pola penentu selagi melihat sejarah Arsitektur Indonesia. Skripsi ini bertujuan untuk memahami lebih jauh tentang apa identitas Arsitektur Indonesia di era kontemporer, dan bagaimana identitas Arsitektur Indonesia diwakili di era saat ini dengan melihat beberapa bangunan yang baru saja direnovasi di Gelora Bung Karno sebagai contoh.

The matter of identity has always been an on-going discussion through out the history of Indonesian Architecture. For a long time now, the idea of identity changes from one period to the other, and architecture grows in accordance to its society and recent happenings. This thesis is a descriptive writing discussing the identity of Indonesian Architecture; finding a common denominator as we look through the history of Indonesian Architecture. This thesis aims to understand further on what identity of Indonesian Architecture is in the contemporary era, and how the identity of Indonesian Architecture is represented in the current era by looking at some of the newly renovated buildings in Gelora Bung Karno as examples."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku ini membahas tentang ilmu arsitektur dalam mengurus segala yang berkaitan dengan perancangan dan pembangunan."
Malang: UB Press, 2017
729 PRA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>