Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155994 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizki Fajar Jauhari
"ABSTRAK
Jembatan gantung (suspension bridge) telah banyak digunakan di seluruh dunia sejak jembatan gantung modern pertama dibuat pada awal abad ke-19. Teknologi perencanaan jembatan gantung pun terus berkembang seiring dengan ditemukannya kelemahan-kelemahan pada struktur jembatan gantung khususnya terhadap gaya-gaya dinamis. Hal serupa diduga terjadi pada jembatan gantung “X” yang mengalami kegagalan struktur dalam proses pemeliharaan. Penggantian kabel penggantung (hanger) pada sisi-sisi jembatan menyebabkan beban tambahan yang bersifat dinamis. Beban tambahan tersebut, ditambah dengan kondisi lalu lintas yang padat selama proses penggantian, diperkirakan sebagai penyebab terjadinya kegagalan struktur jembatan. Analisa masalah dilakukan dengan memodelkan struktur jembatan gantung “X” terhadap variasi pemutusan hanger pada satu sisi dan dua sisi, termasuk didalamnya variasi beban dinamis tambahan dan beban lalu lintas dengan menggunakan analisa elastis linier riwayat waktu. Hasil dari analisa perbandingan variasi pemutusan hanger dan beban lalu – lintas diperoleh nilai gaya dalam maksimum untuk kondisi pemutusan hanger dan beban lalu – lintas satu sisi. Akan tetapi analisa ini tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya karena beban aksi lingkungan, degradasi material dan elemen pendukung pada hanger dan hold clamp tidak diperhitungkan.

ABSTRACT
The suspension bridge has been used around the world since the first modern of its were made in the early 19th century . Technology planning of suspension bridge continues to grow along with the discovery of the weaknesses in the structure of the suspension bridge especially to dynamic forces . The same thing allegedly happened at suspension birdge " X " which suffered structural failure in the maintenance process . Replacement hanger on the sides of the bridge causes additional dynamic loads . The additional burden , coupled with the heavy traffic conditions during the replacement process , is suspected as the cause of the failure of the bridge structure . The analysis can be done by modeling the problem structure suspension bridge " X " to variations excision hanger on one side and two sides , including the additional dynamic load variations and traffic loads using linear elastic time history analysis . The results of the analysis obtained of the maximum internal forces for one side excision hanger condition. However, this analysis does not describe the actual conditions because of the burden of environmental action, degradation of materials and elements supporting the hanger and hold not be calculated."
2014
S53303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Satria
"Tugas akhir ml membahas tentang uji kehomogenan
marginal dengan model log linier pada tabel kontingensi 2 dan
3 dimensi yang mempunyal kategori dengan jumlah dan definisi
yang sama. Untuk menguji kehomogenan marginal dengan model
log linier mi diperlukan syarat bahwa tabel kontingensi
tidak simetri tapi simetri semu."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reyda Yusuf
"Dalam skripsi ini akan dianalisis hubungan antara beberapa karakteristik yang berhubungan dengan fertilitas ibu yaitu jumlah anak lahir hidup, umur ibu waktu disurvei, pendidikan tertinggi ibu, dan umur perkawinan pertama ibu. Untuk mendapatkan hubungan tersebut, digunakan pendekatan metode Log-linier. Dari model log-linier yang terbaik, kita dapat melihat hubungan antara pasangan variabel secara keseluruhan, maupun hubungan interaksi 3 faktor atau yang lebih tinggi. Data yang dipakai adalah data Survei Prevalensi Kontrasepsi di Indonesia tahun 1987."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1991
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1990
S27323
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Model loglinear adalah suatu metode statistik yang dapat digunakan dalam
menganalisis tabel kontingensi. Ketika variabel pada tabel kontingensi memiliki
sifat keterurutan (ordinal), hubungan antar variabel dalam tabel kontingensi
tersebut dapat dianalisis menggunakan model loglinear ordinal. Parameter pada
model loglinear biasanya ditaksir menggunakan Maximum Likelihood Estimation
(MLE). Penaksiran parameter pada model loglinear (terutama model loglinear
ordinal) menggunakan MLE terkadang membutuhkan iterasi. Iterasi akan
memakan waktu yang cukup lama apalagi jika variabel memiliki banyak kategori.
Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai penaksiran model loglinear ordinal
tanpa menggunakan iterasi (metode non iterative)."
Universitas Indonesia, 2010
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theodora Yuanita
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
S27850
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Thomasayu
"Dalam upaya pengentasan kaum miskin, ada beberapa karakteristik yang dianggap dominan. Sifat karakteristik-karakteristik tersebut saling berkaitan. Tugas akhir ini mempelajari keterkaitan sifat-sifat tersebut melalul interaksi, menggunakan metode analisis berdasarkan model Log-linier. Data yang digunakan adalah data hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional 1990 (Susenas'90) untuk wilayah Propinsi Jawa Barat. Hubungan antar beberapa karakteristik rumah tangga miskin dan tidak miskin di wilayah desa dan kota, yaitu sumber penghasilan utama rumah tangga, status pekerjaan, jumlah anggota rumah tangga, tingkat pendidikan tertinggi kepala rumah tangga dan jenis kelamin kepata rumah tangga, dianalisis berdasarkan beberapa model Log-Itnier. Hasil penelitian interaksi antar karakteristik-karakteristik yang diperoleh, menunjukkan adanya perbedaan antara rumah tangga miskin dan tidak miskin, baik di desa maupun di kota. Status kemiskinan hampir selalu nyata berinteraksi dengan sumber penghasilan utama, status pekerjaan dan tingkat pendidikan tertinggi, baik di desa maupun di kota. Pada rumah tangga di kota, tingkat pendidikan tampaknya confounded dengan status kemiskinan. Sifat-sifat yang tampak sebagai interaksi tersebut, diharapkan dapat membantu pemerintah maupun badan-badan lain dalam menetapkan kebijaksanaan di dalarn usaha-usaha pengentasan kaum miskin. Dalam pengertian bahwa perlunya diambil kebijaksanaan yang tepat, misalnya program wajib belajar 9 tahun sebagai salah satu usaha pengentasan kemiskinan harus memperhatikan sumber penghasilan keluarga, sebab ketidak ikut sertaan kaum miskin dalam program tersebut adalah karena tenaga mereka diperlukan untuk bekerja memenuhi kebutuhan hidupnya."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1994
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Knoke, David
London: Sage, 1980
001.422 5 KNO l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sastradinata
"Jembatan merupakan infrastruktur dari jaringan jalan dan bagian dari alat peningkatan aktivitas perekonomian baik dari skala daerah maupun nasional. Perawatan jembatan sangat diperlukan, untuk merawat jembatan diperlukan kemampuan manusia dalam penguasaan ilmu pengetahuan yang mendukungnya dan penguasaan teknologi. Tujuan penulisan karya ilmiah ini menganalisa kemungkinan penyebab keruntuhan jembatan gantung yaitu pertama pengaruh variasi gaya dinamik dengan tiga parameter tetap yaitu beban lalu lintas satu sisi (asimetris), lokasi penarikan kabel satu sisi (asimetris), dan efek kekakuan rangka 100%. Kedua menganalisa pengaruh variasi efek kekakuan rangka dengan tiga parameter tetap yaitu beban dinamik, lokasi penarikan kabel satu sisi (asimetris), dan beban lalu lintas satu sisi (asimetris).
Metode analisa dilakukan dengan memasukkan data material, properti penampang, geometri jembatan, modelisasi struktur dalam bentuk tiga dimensi, kemudian melakukan variasi gaya dinamik dan variasi kekakuan rangka menggunakan program komputer berbasis elemen hingga. Kesimpulan dari hasil analisa adalah pada durasi dua detik gaya dinamik yang diberikan berpengaruh besar terhadap gaya-gaya dalam hold clamp. Variasi nilai kekakuan rangka yang diberikan berbanding lurus dengan bertambah besarnya gaya-gaya yang dipikul oleh struktur rangka jembatan. Degradasi material dan elemen pendukung di sekitar hold clamp tidak ikut diperhitungkan dalam studi ini.

Bridge is an infrastructure of road networks economic means of increased activity from both local and national scale. Care is indispensable bridge, the bridge needed to treat human ability in mastering knowledge and mastery of technology that supports it. The purpose of writing this paper analyzes the possible causes of the collapse of a suspension bridge is the first effect of variations in dynamic style with three parameters fixed at one side of the traffic load (asymmetric), the location of the withdrawal cord one side (asymmetrical), and the effect of the stiffness of order 100 %. Both analyze the effect of variations in stiffness effects framework with three fixed parameters are dynamic loads, the location of the withdrawal cord one side (asymmetrical), and the traffic load one side (asymmetrical).
The method of analysis is done by inserting a material data, crosssectional properties, the geometry of the bridge, modelisasi structures in three dimensions, and then do a variety of styles and variations of the dynamic stiffness of the framework using a finite element based computer program. Conclusions from the analysis of the duration of two seconds is a dynamic force that is given a major effect on the forces in the clamp hold. Variations in the value of a given frame stiffness is proportional to the increased magnitude of the forces are carried by the frame structure of the bridge. Degradation of the material and the supporting elements around the clamp hold not taken into account in this study.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S54029
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fayyumi Mutawalli Rihhadatul 'Aisy Misbah
"Interaksi antara predator dan prey tidak luput dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dari suatu populasi, baik itu predator maupun prey itu sendiri. Pada skripsi ini, model interaksi predator-prey yang melibatkan faktor Allee effect, fear factor, dan anti predasi pada populasi prey serta perburuan pada populasi predator dianalisis secara analitik dan numerik. Model dikonstruksi menggunakan pendekatan persamaan beda hingga diskrit. Kajian analitik pada model juga di- lakukan, yaitu dengan menentukan syarat eksistensi dan kestabilan dari titik-titik keseimbangan model yang digunakan. Dari simulasi numerik, ditemukan kemung- kinan terjadinya fenomena chaos yang bergantung pada pemilihan nilai parameter tertentu. Lebih jauh, hasil simulasi numerik menunjukkan bagaimana kepunahan dapat terjadi jika ketakutan populasi prey akibat pemangsaan oleh populasi preda- tor tidak dapat terkontrol.

The interaction between predators and prey is inseparable from the factors that can affect the growth of both predators and prey population. In this thesis, the predatorprey interaction model involving the Allee effect, fear factor, and anti-predation factors in the prey population and hunting in the predator population is analyzed analytically and numerically. The model is constructed using a discrete finite difference equation approach. Analytical studies on the model were also carried out, namely by determining the conditions for the existence and stability of the equilibrium points of the model. From the numerical simulation, it is found that the possibility of chaos phenomena occurs which depends on the selection of certain parameter values. Furthermore, numerical simulation results show how extinction can arise if prey populations cannot control their fear due to predation by predator populations."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>