Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26687 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andrew Mardanugraha
"Tugas akhir ini disusun untuk mengatasi permasalahan yang teijadi di PT. XYZ yang mengalami penurunan pendapatan hingga mencapai hampir 40%. Penurunan pendapatan juga dibarengi dengan peningkatan keluhan dari customer mengenai kualitas penerjemahan dan tidak adanya loyalitas customer.
Untuk mendapatkan akar permasalahan di perusahaan ini, penulis melakukan penelitian yang terdiri dari aktifitas wawancara dengan pegawai, pengumpulan dan analisis dokumen tertulis, analisis proses dan aktifitas bisnis perusahaan, dan analisis lingkungan keija. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa akar permasalahan penurunan pendapatan perusahaan ini disebabkan oleh kompetensi pegawai yang tidak memadai karena kurangnya proses belajar untuk memperbarui pengetahuan. Karena itu penulis mengembangkan alternatif solusi yang difokuskan pada upaya meningkatkan motivasi belajar para pegawai dengan menggunakan dasar teori pengharapan (Expectancy Theory) dari Victor Vroom.
Alternatif solusi peningkatan motivasi belajar dilakukan melalui 3 pendekatan intervensi yaitu inisiatif knowledge management untuk meningkatkan persepsi expectancy, pemberdayaan pemimpin untuk meningkatkan persepsi expectancy!instrumentality, dan optimalisasi sistem reward untuk meningkatkan persepsi instrumentality/valence. Agar seluruh intervensi ini memberikan hasil yang optimal, maka perlu dibarengi dengan upaya pembentukan lingkungan keija yang mendukung proses belajar. Dari berbagai alternatif solusi yang dikembangkan, penulis kemudian memberikan rekomendasi berupa solusi yang paling sesuai dengan kondisi PT. XYZ."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T38117
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Mardanugraha
"ABSTRAK
Tugas akhir ini disusun untuk mengatasi permasalahan yang texjadi di PT. XYZ
yang mengalami penurunan pendapatan hingga mencapai hampir 40%. Penurunan
pendapatan juga diharengi dengan pcningkatan keluhan dari customer mcngcnai
kualitas penemjemahan dan tidak adanya loyalitas customer.
Untuk mcndapatkan aka: permasalahan di perusahaan ini, penulis melakukan
penelitian yang terdiri dari aktifitas wawanoara dengan pegawai, pengumpulan
dan analisis dokumen tertulis, analisis proses dan alctiiitas bisnis perusahaan, dan
analisis lingkungan kenja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka
disimpulkan bahwa aka: permasalahan penunman pendapatan perusahaan ini
disebabkan oleh kompetensi pegawai yang tidak mcmndai lcarena kurangnya
proses belajar untuk memperbarui pengetahuan. Karena itu penulis
mengembangkan altcmatif solusi yang ditbkuskan pada upaya meningkatkan
motivasi bclajar para pegawai dengan menggunakan dasar teori pengharapan
(Expectancy Theory) dari Victor Vroom.
Altematif solusi peningkatan motivasi belajar dilakukan melalui 3 pendekatan
intervensi yaitu inisiatif knowledge management untuk meningkatkan persepsi
expectancy, pemberdayaan pemimpin untuk meningkalkan persepsi
expectancjv/instrumentality, dan optimalisasi Sistem reward untuk meningkatkan
persepsi instrumentality/valence. Agar seluruh intervensi ini memberikan hasil
yang optimal, maka pcrlu dibarcngi dcngan upaya pembcntukan lingkungan kclja
yang mendukung proses belajar. Dari berbagai altematif solusi yang
dikembangkan, penulis kernudian memberikan rekomendasi berupa solusi yang
paling sesuai dengan kondisi PT. XYZ.

ABSTRACT
This paper is written to attempts for solving problem faced by PT. XYZ with their
loses close to 40% in their revenue. Decreasing in revenue is also accompanied by
increasing customers complaints and lack of loyalty. To discover the core
problems of this company, writer is researching a lot of areas that would be
aifected most. This investigation includes interviewing the employees, gathering
and analyzing all necessary data on the business process activities and also
analyzing the working environment.
Based on completed research, writer concluded that the main core for this
company is poor employee performance because ofthe lack of learning process to
update their knowledge. This issue gave the writer an idea to develop solution
alternatives which focuses on the effort on leverage the motive of learning among
the employees. The basic Theory for these alternatives is called EXPECT AN CY
THEORY by Victor Vroom.
The solution alternatives to increase the learning motivation will be implemented
in 3 approaches: knowledge management to increase expectancy perception,
leadership to increase expectancy/instrumentality perception and reward system to
increase instrumentality/valence perception. In order to gain best result, all these
interventions should be implemented with eH`ort to create supporting working
environment. At the end, writer will give his recommendation about which
alternative is the most suitable for condition happened in PT. XYZ.

"
2007
T34147
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Suhaenah Suparno
Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2000
371.301 81 SUP m (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Sari Arianna
"Reis & McCoach (2000) menggunakan istilah underachiever pada anak-anak yang memiliki kesenjangan antara kapasitas yang dimiliki dengan basil yang ditunjukan di sekoldengan kata lain anak yang mengalami underachievement tidak belajar dengan optimal. Salah satu penyebab dari munculnya underachievement berasal dari faktor individu yang bersangkutan, yaitu karena kurangnya motivasi belajar dan kebiasaan belajar yang buruk (Sirohi, 2004). Oleh karena itu, diperlukan satu program untuk meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan belajar anak agar prestasi yang dicapai optimal. Menurut Peter (2000), diperlukan motivasi eksternal untuk mulai menumbuhkan motivasi anak underachiever untuk belajar.
Secara umum, program modiftkasi perilaku yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan belajar anak underachiever dilandaskan pada penerapan sistem token ekonomi. Dalam pelaksanaannya, program ini mengarahkan anak underachiever untuk mulai membentuk kedisiplinan diri belajar melalui pelaksanaan kegiatan belajar sehari-hari di rumah dan penerapan token ekonomi merupakan motivator eksternal agar anak mulai termotivasi untuk belajar.
Di satu sisi, program ini mampu mengarahkan Z dalam melakukan kegiatan belajar harian di rumah yang belum pemah dilakukan oleh Z sebelumnya. Akan tetapi, pelaksanaan program tampaknya belum dapat dikatak:an efektifuntuk mampu meningkatkan motivasi serta kedisiplinan belajar Z. Program ini masih memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki dalam penerapan modifikasi perilaku menggunakan pendekatan sistem token ekonomi selanjutnya. Selain itu, dibutuhkan pula waktu, bimbingan, pengawasan, dan pengarahan yang lebih intensif agar Z terbiasa untuk melakukan kegiatan belajar."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T38447
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ella Andalusia
"Tesis ini membahas pembelajaran di tempat kerja sebagai metode untuk meningkatkan kompetensi dengan motivasi belajar dan persepsi dukungan organisasi sebagai faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melibatkan 228 karyawan instansi pemerintah yaitu Badan PPSDM Kesehatan sebagai responden. Hasil analisa data menggunakan model persamaan struktural menunjukkan bahwa kompetensi karyawan dipengaruhi oleh pembelajaran di tempat kerja, dan hanya persepsi dukungan organisasi sebagai faktor yang mempengaruhinya. Motivasi belajar karyawan walaupun dipengaruhi oleh persepsi dukungan organisasi namun tidak mempengaruhi pembelajaran di tempat kerja secara signifikan. Hasil penelitian menyarankan bahwa komponen pembelajaran di tempat kerja (formal, informal dan insidental) jika dipadukan akan berdampak pada kompetensi karyawan namun pelaksanaannya perlu mendapat dukungan dari organisasi.

The focus of this study is workplace learning as a method for improving competencies with motivation to learn and perceived organizational support as factors that influence it. This research is a quantitative study involving 228 employees of the Agency for Development and Empowerment Human Resources of Health as respondents. Results of the data analysis using structural equation modeling (SEM) showed that the competence of employees affected by workplace learning and perceived organizational support only as factors that influence it. Employees motivation to learn although influenced by perceived organizational support but does not affect workplace learning significantly Results of the study suggest that the components of workplace learning (formal, informal and incidental) if combined would have an impact on employee competence but need the support from the organization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43564
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rica Yanuarti
"Abstrak
Kajian ini didasarkan pada kenyataan bahwa guru dituntut harus memiliki kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai dengan perkembangan pendidikan di Indonesia dan bahwa telah dikembangkannya portal Rumah Belajar oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) sejak tahun 2011. Tuntutan bahwa guru harus memiliki kompetensi TIK juga berlaku bagi guru guru di daerah tertinggal. Permasalahannya adalah bagaimana guru daerah tertinggal tersebut memanfaatkan portal Rumah Belajar untuk meningkatkan kompetensi TIK mereka. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengeksplorasi pemanfaatan portal Rumah Belajar di daerah tertinggal; 2) memotret kondisi kompetensi TIK guru daerah tertinggal; dan 3) menganalisis hubungan pemanfaatan portal Rumah Belajar dengan peningkatan kompetensi TIK guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data survei terhadap guru daerah tertinggal. Penetapan guru sebagai sumber data dilakukan dengan menggunakan teknik purposif. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemanfaatan portal Rumah Belajar dengan peningkatan kompetensi TIK guru daerah tertinggal. Koefisien korelasi hasil survei adalah 0.67, dan ini termasuk dalam kategori korelasi tinggi.
This study is based on the fact that teachers are required to have competency on Information and Communication Technology (ICT) in accordance with Indonesian education development and that Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) has been developing a portal of Rumah Belajar since 2011. Teachers in left areas are also required to have competency on ICT. The problem is how teachers in left areas utilize the portal of Rumah Belajar to enhance their competence on ICT. The objectives of this study are 1) to explore the utilization of Rumah Belajar portal in left areas; 2) to picture the teachers ICT competency in left areas; and 3) to analyize the relationship between te utilization of Rumah Belajar portal and teachers ICT competency enhancement. This study applies the survey data collecting technique from the teachers in left areas. The pointing of teachers to be the respondents is done with the purposive technique. Based on the analysis result, it can be summarized that there is positive correlation between the utilization of Rumah Belajar portal and teachers ICT competency improvement in left areas. Correlation coefficient of this study is 0.67, which is categorized as high correlation category."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2019
371 TEKNODIK 23:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ekawarna
"Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan "Buku Ajar Permodalan Koperasi" serta mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menerapkan empat tahap pengembangan (Four-D model) dari Thiagarajan dkk, 1974. Penelitian ini juga menerapkan ide-ide penelitian tindakan kelas. Model bahan ajar yang dirancang terdiri dari enam bab untuk enam kali pertemuan tatap muka, dimana penyusunannya mengacu pada model Atwi Suparman (dalam Panen dan Purwanto, 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berhasil dikembangkan dan hasil ujicoba bahan ajar meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa.

The objective of this study is to develop "Buku Ajar Permodalan Koperasi" and describe the effectivity of that textbook in student learning motivation and student learning achievement. The textbook has been developed using the Four-D model of Thiagarajan et al, 1974, that include phase of define, design, develop, and disseminate. The textbook consist of six chapter based on Atwi Suparman model (Panen and Purwanto, 2001). Result from this classroom action research shows that the textbook can develop student learning motivation and also student academic achievement."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2007
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"During the past three years, the achievement of non regular educations offering BB in animal development course relatively low, with average gain of C(57,5 - 67,5) because the learning method used could not activity students well...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Inti Nusaida Awaningrum
2010
T37946
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ekawarna
"Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan “Buku Ajar Permodalan Koperasi” serta mendeskripsikan peningkatan
motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menerapkan empat tahap pengembangan
(Four-D model) dari Thiagarajan dkk, 1974. Penelitian ini juga menerapkan ide-ide penelitian tindakan kelas. Model
bahan ajar yang dirancang terdiri dari enam bab untuk enam kali pertemuan tatap muka, dimana penyusunannya
mengacu pada model Atwi Suparman (dalam Panen dan Purwanto, 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan
ajar berhasil dikembangkan dan hasil ujicoba bahan ajar meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa.
The objective of this study is to develop ‘Buku Ajar Permodalan Koperasi” and describe the effectivity of that textbook
in student learning motivation and student learning achievement. The textbook has been developed using the Four-D
model of Thiagarajan et al, 1974, that include phase of define, design, develop, and disseminate. The textbook consist
of six chapter based on Atwi Suparman model (Panen and Purwanto, 2001). Result from this classroom action research
shows that the textbook can develop student learning motivation and also student academic achievement."
Universitas Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2007
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>