Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132895 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erika Elifiani
"Tesis ini berusaha untuk membuktikan bahwa dukungan otonomi orang tua dan motivasi otonom memiliki pengaruh yang positif pada prestasi akademis siswa yang memiliki construal diri interdependen. Hal ini sebagaimana pengaruh positif yang ditemukan pada populasi di Barat (Deci & ryan,2008). siswa siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa siswa SMA yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis regresi berganda. hasil penelitian memperlihatkan bahwa dukungan otonomi orang tua dan motivasi otonom memiliki pengaruh yang positif pada prestasi akademis siswa siswa SMA yang memiliki construal diri interdependen."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2010
T38355
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rose Feri
"Latar belakang: Pergeseran teori motivasi kuantitas menjadi kualitas, yaitu self-determination theory (SDT) telah merubah paradigma staf pengajar pendidikan kedokteran tentang motivasi. Menurut SDT, motivasi otonomi (MO) merupakan variabel penting dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa kedokteran dan MO sangat berpotensi untuk ditingkatkan atau dilemahkan oleh hubungan interpersonal antara tutor dengan mahasiswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk merumuskan hubungan motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor dengan prestasi akademik mahasiswa kedokteran.
Metode: Penelitian cross-sectional dilaksanakan di FK-UPH pada bulan Januari-Maret 2016 dan melibatkan seluruh angkatan 2015 (total sampling) yang mengikuti diskusi tutorial problem-based learning Blok Fundamental Medical Science (FMS). Data motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor diperoleh dari Learning Self-Regulation Questionnaire dan Learning Climate Questionnaire. Data prestasi akademik mahasiswa didapat dari nilai ujian FMS (multiple choice questions).
Hasil: Data yang diperoleh secara lengkap sejumlah 199 orang. Penelitian menunjukkan 79,4% mahasiswa memiliki MO dan mendapat dukungan otonomi tutor yang tinggi, yaitu sebesar 5,22 dari total skor 7. Hasil analisis regresi linier multipel menunjukkan peningkatan MO mahasiswa sejalan dengan peningkatan prestasi akademik mahasiswa. Kedua, prestasi akademik mahasiswa akan menurun jika mendapat peningkatan dukungan otonomi tutor. Ketiga, terdapat hubungan MO dan dukungan otonomi tutor secara bersamaan terhadap prestasi akademik.
Kesimpulan: Motivasi otonomi dan dukungan otonomi tutor berperan menentukan prestasi akademik mahasiswa. Namun, dukungan otonomi tutor tanpa disertai structure kepada mahasiswa dengan latar belakang pendidikan teacher-centered dan keterampilan belajar mandiri yang rendah dapat menurunkan prestasi akademik mahasiswa.

Background: A transformation in motivation theory from quantity to quality, such as self-determination theory (SDT) has changed the paradigm of medical educators. In accordance with SDT, autonomous motivation (AM) is an important variable in improving medical students? academic achievement and AM has a possibility to be augmented or diminished by interpersonal relationships between tutors and students during learning activities. This study is aimed to assess the relationship between AM and tutors? autonomy support with students? academic achievement.
Methods: This study was conducted between January 2016 and March 2016 at the UPH medical school; and all medical students from 2015 class (total sampling) participated in problem-based learning tutorial discussion for Fundamental Medical Science (FMS) Block. Learning Self-Regulation Questionnaire and Learning Climate Questionnaire were distributed to assess students? AM and tutors? autonomy support. Students? academic achievement data was obtained from the score of FMS assessment (multiple choice questions).
Results: The final data was completed by 199 students. About 79,4% of the students were autonomously motivated and the score of perceived tutors? autonomy support was high (5.22 out of 7). The results of multiple regression analysis indicated that first, AM was consistent with students? academic achievement. Second, the augmentation of tutors? autonomy support resulted in the diminished students? academic achievement. Third, there was a concurrent association between AM and tutors? autonomy support with academic achievement.
Conclusion: Students? autonomous motivation and tutors? autonomy support are necessary for academic achievement. However, tutors? autonomy support itself without structure will diminish students? academic achievement especially in students with teacher-centered educational background and poor self-regulated learning skills.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Intan Raihanah
"Metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di Indonesia memunculkan berbagai kendala bagi siswa. Seperti beban tugas, kejenuhan, rasa malas dan kurang peduli pada sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan motivasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran dukungan sosial dari orang tua yang dipersepsikan oleh siswa dan self-regulated learning secara bersamaan terhadap motivasi akademik. Partisipan penelitian ini adalah siswa SMA di Indonesia yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (N=223). Terdapat tiga alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yakni Academic Motivation Scale Short Indonesian Version untuk mengukur motivasi akademik, Social Provisions Scale untuk mengukur dukungan sosial dari orang tua yang dipersepsikan oleh siswa, dan Self-Regulated Online Learning untuk mengukur self-regulated learning. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan teknik statistik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dari orang tua yang dipersepsikan oleh siswa dan self-regulated learning secara bersamaan berperan terhadap motivasi akademik sebesar 18,2% (R2=0,182, p<0,05), dimana self-regulated learning memberikan sumbangan terbesar yakni 18,9% dan -0,7% sisanya merupakan sumbangan dari dukungan sosial dari orang tua yang dipersepsikan oleh siswa. Oleh karena itu, self-regulated learning dapat dikatakan sebagai faktor yang penting dimiliki oleh siswa untuk menjaga dan meningkatkan motivasi akademiknya.

The distance learning method applied in Indonesia raises various difficulties for students. These include workload, boredom, feeling lazy, and lacking in attentiveness about school, which in turn has an impact on the declining of academic motivation. This study aims to determine whether there is a role of a perceived social support from parents and self-regulated learning simultaneously toward academic motivation. The participants of this study are high school students in Indonesia who are undergoing distance learning (N=233). There are three measuring tools that are used in this study, namely Academic Motivation Scale Short Indonesian Version to measure academic motivation, Social Provisions Scale to measure perceived social support, and Self-Regulated Online Learning to measure self-regulated learning. The data collected is processed using multiple regression statistical techniques. The result of the study showed that there is a role of perceived social support from parents and self-regulated learning simultaneously toward academic motivation by 18,2% (R2=0,182, p<0,05), where self-regulated learning gave the largest contribution, namely 18.9% and the remaining -0.7% is a contribution from perceived social support from parents. Therefore, self-regulated learning is said to be an important factor for students to maintain and improve their academic motivation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinn, George
Jakarta: Interaksara, 2003
153.8 SHI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Tandya
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S2038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
MMJA 7(1-2)2009
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Harvey, Christine
Jakarta: Megapoin, 1996
658.314 Har m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sri Suyatni
"Penelitian ini didasari pada suatu anggapan bahwa setiap individu yang bekerja dalam suatu organisasi baik perusahaan, lembaga maupun departemen, mereka mempunyai harapan bahwa apa yang dikerjakan akan membuahkan hasil yang berupa imbalan, baik yang bersifat ekonomi maupun non ekonomi. Ada tidaknya imbalan ini sedikit banyak akan mempengaruhi kepuasan kerja mereka yang pada akhirnya akan mempengaruhi motivasi kerjanya. Setiap perusahaan, lembaga ataupun departemen baik swasta maupun pemerintah, profit maupun non profit perlu memelihara motivasi kerja, terutama dengan adanya persaingan pasar bebas, dimana banyak tenaga kerja yang sering berpindah-pindah tempat disebabkab perasaan tidak puas atas imbalan yang diterima.
Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan antara iklim komunikasi dengan motivasi kerja. Menurut Dennis dan Redding bahwa dalam iklim komunikasi terdapat 5 unsur utama, yaitu kepercayaan, dorongan, partisipasi dalam pengambilan keputusan, keterbukaan komunikasi dan tujuan kinerja tinggi. Kelima faktor ini oleh Herzberg disebut faktor pemelihara Lebih jauh ingin melihat dari kelima faktor iklim komunikasi tersebut, faktor mans yang mempunyai pengaruh secara dominan terhadap motivasi kerja.
Dalam pengumpulan data, penulis mewawancarai semua pegawai lembaga penelitian yang jumlahnya 82 orang yang saat ini bekerja sebagai tenaga tetap. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisi regresi berganda inetode stepwise.
Dari hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa terdapat sedikit perbedaan persepsi entara peneliti dan tenaga administrasi terhadap iklim komunikasi seperti yang diperlihatkan pada tabel 8 dan 9. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan secara bersamaan kelima variabel iklim komunikasi memiliki hubungan yang cukup signifikan terhadap motivasi kerja. Namun bila dilihat dari masingnasing variabel, maka dari kelima variabel iklim komunikasi ternyata hanya dua diantaranya yang memiliki hubungan yang signifikan yaitu variabel dorongan dan keterbukaan komunikasi. Sementara itu ketiga variabel lainnya mempunyai hubungan yang negatif. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor komunikasi cukup penting peranannya dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai. Ini dibuktikan bahwa sebesar 44 % dari motivasi kerja dipengaruhi oleh iklim komunikasi, sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain yang diduga faktor ekonomi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Bramantyo
"Dunia modern tidak lepas dari internet. Salah satu fenomena yang berperan penting di internet adalah situs jejaring sosial dan tingkah laku berbagi. Penelitian ini berusaha mencari tahu alasan di balik tingkah laku berbagi konten informasi berupa artikel berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan empat jenis motivasi prososial berdasarkan teori Batson dan intensi berbagi konten berita pada situs jejaring sosial. Partisipan dari penelitian ini adalah 70 mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang memiliki akun di situs jejaring sosial. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi berganda menggunakan metode stepwise. Hasil menunjukkan bahwa motivasi egoisme dan motivasi altruisme memiliki hubungan yang signifikan dengan intensi berbagi. Sedangkan motivasi kolektivisme dan prinsipilisme tidak ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan intensi berbagi.

The modern world can`t be separated from the internet. One of the phenomenon that plays an important role on the internet is social networking sites and sharing behavior. This research is trying to look for the reasons behind online sharing behavior of informational content in the form of news article. The purpose of this research is to discover the relationship between Batson`s four kind of prosocial motivation and sharing intention of news article on social networking sites. The participants of this research are 70 undergraduate students from Faculty of Psychology Universitas Indonesia that have account on social networking site. The research use multiple regression with stepwise method. The results shows that egoistic motivation and altruistic motivation have significant relationship with sharing intention. On the other hand, there is no correlation between sharing intention and both collectivistic motivation and principlistic motivation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S60541
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>