Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88690 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Junaidi IB
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya prediksi skor Tes Seleksi Penerimaan Siswa Baru (TSPSB) MTSN Model Meulaboh I Kabupaten Aceh Barat tahun 2008 terhadap Tes Prestasi prestasi Belajar pada empat mata pelajaran yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah populasi dan sampel 212 siswa kelas VII angkatan 2008/2009 Data diperoleh dari dokumentasi lembar jawaban siswa yang telah mengikuti tes seleksi masuk dan lembar jawaban siswa pada empat mata pelajaran tersebut yang mengikuti Ujian Semester I. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasıl yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari kedua paket tes tersebut dapat dikategorikan baik serta daya prediktif naskah soal tes seleksi penerimaan siswa baru MTSN Model Meulaboh - tahun 2008 untuk meramalkan prestasi belajar juga termasuk baik (hubungan signifikan) pada taraf signifikansi 0,05.

ABSTRACT
This research investigates the predictive validity of the entrance selection test of MTSN Model Meulaboh - I West Aceh in 2008 toward the achievement tes on four subject which are Math, Sains, Indonesian and English language. The population and sample consists of 212 seventh grade students in 2008 academic year. Data were taken from the official documents. It was in the form of the answer sheet student that has followed the tes, both the entrance selection and achievement tes. All the data processed by linear regression analysis. The result shows that the characteristic items of the two tes are good and the predictive validity of the test is good (the correlation is significant)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38356
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
R.B. Suryama Majanasastra
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1989
S2100
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Serebriakoff, Victor
Semarang: Dahara Prize, 2000
153.9 SER ht
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Crocker, Linda M.
New York : Holt, Rinehart, and Winston, 1986
150.287 CRO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Davido, Roseline D.
Jakarta: Salemba Humanika, 2016
150.287 DAV t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gagan Hartana Tupah Brama
"Mendifferensiasi merupakan satu tujuan penggunaan alat ukur. Angka pengukuran sebagai basil mengukur diharapkan memberikan representasi yang menggambarkan hal yang diukur. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan differensiasi alat ukur melalui pendekatan scoring. Dengan memahami bahwa alat ukur kemampuan memiliki parameter derajat kesulitan butir soal dan pada pendekatan klasik tidak digunakan sebagai bagian dari scoring. Di pihak lain, pendekatan teori modem membutuhkan pendekatan yang memerlukan kompetensi khusus dan belum dimiliki oleh sebagian besar pengguna alat ukur. Dengan mengasimilasikan pendekatan teori klasik dengan pendekatan items response theory peneliti berupaya untuk memperoleh kemungkinan tersebut.
Sampel ini berupa basil Achievement Test basil belajar pada mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara tahun Akademik 2001-2002 Fakultas Psikologi Uiniversitas Indonesia, dan basil Aptitude Test dari Raven's Standard Progressive Matrices dari sejumlah klien yang memerlukan jasa pelayanan warid belajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan differensiasi kemampuan, namun perlu dipertimbangkan scoring yang merupakan gabungan pendekatan probabilistik dan data nominal."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38339
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aji Winata
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi alat ukur Teacher Caring Scale TCS pada guru sekolah menengah. Penelitian ini dilakukan kepada guru sekolah menengah di daerah Jabodetabek n=291. Hasil pengujian psikometri cronbach alpha menunjukkan bahwa alat ukur TCS memiliki tingkat konsistensi internal yang baik ?=0,916. Pengujian validitas konstruk menunjukkan korelasi yang signifikan dengan alat ukur agreeableness r=0,371.

This study aims to construct a Teacher Caring Scale TCS measurement for secondary school teachers. This research was conducted to secondary school teachers in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi n 291. The results of psychometric test with cronbach alpha indicates that TCS measurement has a good internal consistency level 0.916. Construct validity shows significant correlation with agreeableness r 0,371.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Zahriadi
"Ujian Nasional (UN) berfungsi untuk mengukur sejauhmana system pendidikan telah mencapai standar mutu lulusan yang telah ditetapkan secara nasional dan mendorong peserta didik, guru dan pengelola pendidikan untuk meningkatkan kinerjanya. Hal ini berkaitan dengan skor batas lulus/batas kelulusan yang harus ditetapkan untuk memisahkan siswa yang lulus dan tidak Iulus UN. Batas kelulusan menjadi penting untuk menetapkan siswa yang berhak lulus dengan kompetensi yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa, pengaruh batas kelulusan sesuai dengan ketetapan pemerintah dan Metode Angoff (1971) serta penentuan kelulusan siswa. Analisis terhadap kemampuan siswa menggunakan Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern (IRT, khusus Rasch Model). Penerapan Metode Angoff dimaksudkan untuk mengetahui judgement guru terhadap kompetensi minimal yang harus dimiliki siswa untuk dapat lulus UN. Selanjutnya, tingkat kesukaran soal klasikal akan dikorelasikan dengan judgement guru dan tingkat kesukaran soal dalam IRT model 1, 2 dan 3 parameter logistik.
Analisis dilakukan terhadap data UN Matematika SMP/MTs tahun 2005 Kabupaten BeIitung, judgement dan perkiraan guru. Jumlah siswa sebanyak 1.718 orang dari 24 sekolah yang ada di Kabupaten Belitung. Sedangkan jumlah guru dari seluruh sekolah tersebut sebanyak 47 orang. Untuk mendukung pembahasan dan penarikan kesimpulan dianalisis juga data pendukung berupa informasi latar belakang guru, persiapan mengajar, kesesuaian antara materi yang diajarkan dan diujikan dan pembelajaran yang dilakukan.
Hasil analisis secara klasikal dan IRT menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempunyai kemampuan yang rendah. Sebagian besar soallmateri ujian belum dikuasai siswa. Soal-soal yang diujikan tersebut sedikit lebih sulit dari rata-rata kemampuan siswa. Namun demikian Paket 2 UN relatif cocok diujikan di Kabupaten Befitting karena hanya ada dua orang siswa yang kemampuannya tidak bisa diestimasi. Hasil judgement guru menunjukkan angka yang lebih besar dari 4,25 yang berarti masih terjangkau oleh siswa dengan kemampuan minimal. Pertimbangan terhadap kemampuan minimal siswa bisa lebih tinggi bila didasarkan pada kesesuaian antara mated yang diajarkan dan diujikan. Namur judgement guru tersebut tidak diikuti oleh kenyataan bahwa batas kelulusan sebesar 4,25 menyebabkan separuh dari keseluruhan siswa tidak lulus. Karenanya, batas kelulusan tersebut masih tinggi dari kemampuan siswa-siswa yang tidak lulus. Untuk itu, dalam pembelajaran di sekolah, guru perlu memaksimalkan kemampuan siswa (belajar tuntas) sehingga siswa tidak kesulitan dalam menjawab soal UN.
Sebagian besar judgement guru pada kunci jawaban ataupun pada pengeeoh, kurang menunjukkan adanya korelasi, bahkan ada yang bemilai nol atau negatif (-). Hal tersebut bisa berarti guru tidak memahami atau tidak serius dalam melakukan judgement. Nilai judgement yang dibarapkan menurut Metode Angoff adalah bersesuaian dengan tingkat kesukaran soal klasikal, sehingga batas kelulusan yang dimaksudkan adalah 4,42.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>