Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20634 dokumen yang sesuai dengan query
cover
923.5 RAM b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhan Karta Hadimadja, 1927-2006
Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1995
923.2 RAM b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhan Karta Hadimadja, 1927-2006
"Memoir of Ali Sadikin, b. 1927, former Governor of the Special District of Jakarta, 1966-1977."
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1993
352.232 13 RAM b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhan Karta Hadimadja, 1927-2006
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1993
923.2 RAM b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Husmiati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tindakan-tindakan Gubernur Ali Sadikin dalam merealisasikan arah kebijakan Pembangunan Jakarta untuk membangun Jakarta menjadi kota yang representatif sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Selain itu peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh pemikiran-pemikiran Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto terhadap kebijakan Ali Sadikin dalam membangun Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan strukturis oleh Christopher Lloyd, dan teori collective action dari Charles Tilly, serta teori kepemimpinan kharismatik oleh Weber. Penelitian ini menggunakan metode historis memakai langkah-langkah Marc Bloch. Selain itu vnelitian ini tergolong ke dalam penelitian sejarah kontemporer yang mengadakan wawancara (oral history). Adapun teinuan basil penelitian ini membuktikan bahwa Jakarta telah inenjadi PelabuhanTransito dan Pusat Perdagangan pada abad ke-17 dan 18, kemudian menjadi Pusat Administrasi Pemerintahan, dan Perusahaan Hindia Belanda pada abad ke - 19 dan awal abad ke - 20. Jakarta juga menjadi kota tempat diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia. Di awal pemerintahan Gubernur Ali Sadikin Jakarta dalam kondisi yang memprihatinkan. Oleh karena itu Ali Sadikin ingin membangun Jakarta menjadi kota yang representatif sebagai lbu Kota Negara Republik Indonesia. Dalam membangun Jakarta Ali Sadikin menggunakan Rencana Induk Jakarta (1965 - 1985) untuk menjadikan Jakarta sebagai kota Pusat Perdagangan, Pusat Pemerintahan, Pusat Industri, dan Pusat Kebudayaan. Konsep pembangunan Jakarta telah ada sejak Jakarta dipimpin oleh Walikota Soediro, kemudian direalisasikan pelaksanaannya oleh Gubernur Ali Sadikin. Untuk memobilisasi dana Ali sadikin membuat kebijakan legalisasi perjudian agar dapat menarik pajak judi untuk membangun Jakarta dengan Surat Keputusan Gubernur."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T37516-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Budianto
"Akibat urbanisasi, pada awal tahun 1960 jumlah penduduk Jakarta yang termasuk ke dalam kelompok usia produktif tumbuh secara signifikan. Selain itu, berkembangnya daerah-daerah penyangga Jakarta juga turut mendorong timbulnya masalah transportasi umum di Jakarta. Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat tidak memiliki kendaraan sendiri, dan membutuhkan kendaraan/transportasi umum untuk melakukan mobilitas mereka sehari-hari.
Kebutuhan akan transportasi umum ini tidak bisa diimbangi oleh penyediaan transportasi umum yang memadai. Salah satu transportasi umum yang paling memprihatinkan pada saat itu ialah bus kota. Beruntungnya, Ali Sadikin sebagai gubernur baru Jakarta cukup sigap dalam menangani hal ini.
Skripsi ini membahas mengenai latar belakang, langkah-langkah pembenahan, serta reaksi masyarakat atas bus kota di Jakarta pada masa pemerintahan Ali Sadikin tahun 1966 - 1977.

As a result of urbanization, in the early of 1960's the population of Jakarta which belong to the productive age group is growing significantly. In addition, the development of Jakarta's buffering areas also encouraged the emergence of public transportation problems in Jakarta. This is because most people do not have their own vehicle, and need public transportation for their day-to-day mobilities.
The need for public transportation cannot be offseted by the provision of adequate public transport. One of the most alarming public transportation at that time was a city bus. Fortunately, Ali Sadikin as a new governor of Jakarta was quite eager to deal with this.
This thesis discusses the background, the policies, and public reaction about city bus in Jakarta during the reign of Ali Sadikin's 1966 - 1977.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52965
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulkifli
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang masalah kependudukan yang merupakan persoalan penting bagi Jakarta karena sebagai beban berat bagi pemerintah Jakarta terkait dengan sarana dan prasarana kota. Dari penelitian ini ditemukan tentang bagaimana Pemerintah DKI Jakarta dapat menekan laju pertumbuhan penduduk Jakarta melalui program KB. Kemudian Jakarta dijadikan sebagai kota tertutup serta pencanangan dari pembangunan kota satelit di sekitar wilayah kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah dengan menggunakan metode sejarah yang terdiri dari proses heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai kondisi demografi Jakarta pada masa Gubernur Ali Sadikin dan untuk memberikan pemahaman tentang permasalahan kota Jakarta.

ABSTRACT
This thesis discusses the problem of population which is an important issue for Jakarta because as a heavy burden for Jakarta rsquo s Government related to city infrastructure and facilities. From this research found about how Jakarta rsquo s Government can suppress population growth rate of Jakarta through family planning program. Then Jakarta became a closed city as well as the declaration of the development of satellite city in the vicinity of the city of Jakarta. The method used in this thesis research is by using historical method consisting of heuristic process, criticism, interpretation and historiography. The purpose of this study is to provide an overview of the demographic conditions of Jakarta during the time of Governor Ali Sadikin and to provide an understanding of the problem of the city of Jakarta."
2017
S69886
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1977
352.091 GIT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Pustaka Jaya, 1995
352 PER
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Zhafir Ar Rasyad
"Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran skuter Vespa dan Lambretta di Jakarta dari tahun 1966 hingga 1977. Skuter Vespa dan Lambretta memiliki peranan penting dalam dunia otomotif roda dua Jakarta, khususnya pada periode 1960-an. Indonesia pada dekade 1960-an mengalami periode transisi pemerintahan yang mengakibatkan terjadinya perubahan secara signifikan di bidang sosial dan ekonomi. Dunia otomotif roda dua Indonesia yang dinamis mengikuti pergeseran zaman dan permintaan konsumen juga dituntut mampu menarik animo masyarakat terhadap produk yang mereka tawarkan. Di tengah situasi inilah skuter Vespa dan Lambretta hadir dan menjadi opsi bagi masyarakat yang melihat kendaraan asal Eropa sebagai simbol status sosial mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan menggunakan sumber primer seperti surat kabar sezaman, dokumen pemerintah, arsip-arsip klub skuter Vespa maupun Lambretta, serta sumber sekunder berupa buku, artikel, dan penelitian terdahulu yang memiliki aspek kajian serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skuter Vespa dan Lambretta di Jakarta menggunakan berbagai strategi pemasaran melaui dealer, iklan, jenis model, serta pemasaran melalui acara pekan raya Jakarta untuk menargetkan suatu kelas masyarakat yang memilih skuter Vespa dan Lambretta asal Italia dibandingkan sepeda motor pabrikan negara lain. Sejak tahun 1966, ketika Indonesia mengalami transisi pemerintahan dan terjadi pergantian regulasi mengenai masuknya industri kendaraan asal luar negeri, sektor industri roda dua Jakarta didominasi oleh sepeda motor pabrikan Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Namun suatu kelas masyarakat baru yang muncul dalam periode ini melihat skuter Italia sebagai simbol dari status sosial mereka diantara masyarakat lainnya. Kebaruan dalam penelitian ini memberikan gambaran strategi pemasaran brand skuter Vespa dan Lambretta di Jakarta yang terjadi di rentang tahun 1966-1977.

This study examines the marketing strategy of Vespa and Lambretta scooters in Jakarta from 1966 to 1977. Vespa and Lambretta scooters have an important role in the Jakartan two-wheeled automotive world, especially in the 1960s. Indonesia in the 1960s experienced a period of government transition that resulted in significant changes in the social and economic fields. The dynamic Indonesia two-wheeled automotive world followed the shifting times and consumer demand and was also required to be able to attract public interest in the products they offered. In the midst of this situation, Vespa and Lambretta scooters appeared and became an option for people who saw European vehicles as a symbol of their social status. The method used in this study is the historical method using primary sources such as contemporary newspapers, government documents, archives of Vespa and Lambretta scooter clubs, as well as secondary sources in the form of books, articles, and previous research that have similar aspects of study. The results of the study show that Vespa and Lambretta scooters in Jakarta use various marketing strategies through dealers, advertisements, model types, and marketing through the Jakarta fair to target a class of people who choose Italian scooters over motorcycles made in other countries. Since 1966, when Indonesia experienced a transition of government and there was a change in regulations regarding the entry of foreign vehicle industries, the Jakartan two-wheeled industry sector has been dominated by Japanese motorcycle manufacturers such as Honda, Yamaha, and Suzuki. However, a new class of people who emerged during this period saw Italian scooters as a symbol of their social status among other people. The novelty in this study provides an overview of the marketing strategies of the Vespa and Lambretta scooter brands in Jakarta that occurred in the period 1966-1977."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>