Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84517 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
TA2663
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ihtiar Nur
"Skripsi ini menguji coba penerapan video streaming dengan menggunakan aplikasi VideoLAN Client (VLC) dan Helix Streaming Server pada jaringan testbed. Konfigurasi topologi jaringan yang diterapkan adalah jaringan Ipv6, jaringan IPv4, jaringan menggunakan metode tunneling 6to4. Jaringan lokal yang digunakan menggunakan perangkat dua buah mobile computer, router cisco 3800 dan 3700 series, dan sebuah layer 2 switch. Parameter ukur yang diamati dibatasi pada variabel yang mempengaruhi kualitas video streaming seperti bit rate dan frame rate.
Uji coba VLC dilakukan dengan melakukan streaming file berformat .mpg dan .mp4 yang masing-masing berdurasi 60 detik. Streaming dilakukan 10 kali untuk masing-masing file pada tiap konfigurasi jaringan. Dari hasil uji coba didapatkan bahwa terjadi penurunan bit rate pada sisi client jika dibandingkan dengan bit rate asli pada server. Penurunan bit rate di mana VLC berperan sebagai server adalah sebagai berikut: jaringan IPv4 (11.5%), jaringan IPv6 (9.98%), dan jaringan tunneling 6to4 (11.43%). Sementara frame rate file asli dan hasil streaming tidak mingindikasikan adanya penurunan di mana aslinya memiliki frame rate 29.97 fps dan hasil streaming rata-rata memiliki frame rate 30 fps.
Sementara streaming dengan menggunakan Helix Streaming Server dan Real Player pada client dengan file-file berformat .mp4 dan .rm yang divariasikan besar bit rate dan frame rate-nya. Hasilnya adalah tetap terjadi penurunan bit rate sebesar untuk file .rm (0.29 %) untuk tiap topologi, namun bit rate tetap stabil untuk file .mp4. Sementara untuk frame rate terjadi penurunan pada hasil streaming sebagai berikut: jaringan IPv4 (3%), jaringan IPv6 (4%), dan jaringan tunneling 6to4 (4%)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40581
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Murdianto
"Tuntutan akan kemudahan dan kepraktisan pengguna akan keberadaan sistem data dan informasi, khususnya media digital, yang dapat diakses secara mobile setiap saat memacu terus berlangsungnya pengembangan teknologi. Hal ini tampak dengan semakin mudahnya ditemui berbagai perangkat mobile, seperti telepon selular, PDA (Personal Digital Assistant), tablet PC notebook, pada kehidupan sehari-hari.
Aplikasi video streaming melalui teknologi Bluetooth adalah sebuah alternatif yang menarik untuk dikembangkan. Teknologi Bluetooth menawarkan fitur wireless mobile yang cukup baik dan efisien, baik dari sisi biaya maupun konsumsi daya, serta dapat menyediakan koneksi secara real time pada jarak jangkauan layanan hingga 100 meter. Teknologi ini beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz. Teknologi ini telah banyak dijumpai di sebagian besar perangkat mobile.
Pada skripsi ini, dilakukan perbandingan kinerja obex dan RFCOMM untuk rancang bangun aplikasi dan sistem pada sisi PC server. Aplikasi dibangun berbasiskan Java dengan menggunakan J2SE (Java Standar Edition) dan IDE Netbeans 5.5.1. Protokol yang dipakai menggunakan RFCOMM dan Obex. Uji coba membandingkan kinerja kedua protokol tersebut berdasarkan kemampuan menemukan divais bluetooth lain disekitarnya dan kinerja keduanya dalam hal melakukan transfer file. Hasil kinerja ini menunjukan protokol RFCOMM lebih baik daripada protokol Obex diukur berdasarkan waktu pencarian divais bluetooth lainnya. Sedangkan untuk transfer file kinerja Obex lebih baik ketimbang RFCOMM.

The high increasing of computer's computing power supports the usage of very efficient video compression technologies therefore can be transmitted into network via several methode, including wireless streaming. Video streaming is a video access services which has been transmitted real-time and continuously, without must download a whole file before. Video encode, compression, and fragmentation are principal process that should be through.
Bluetooth is the promising wireless technology for electronic and mobile devices. Speed data rate up to 732 kbps allow not only transmission of the web and e-mail, but also audio/video conferencing dan streaming of live shows.There are not many research yet have been done about video streaming over Bluetooth, and for the further this is an opportunity and challenge for the researcher to develop it.
This final project focuses on implementation and communication systems of video streaming application using Bluetooth connection on client side, especially user interface at smartphone. This service is given by computer server to client (smartphone). Application is designed dan developed using Java 2 Micro Edition (J2ME) platform and Netbeans Mobility 5.5.1 as Integrated Development Environment (IDE). The protocol that is use for this project is RFCOMM and Obex. The comparison for the two protocol is based by their perfomance on service discovery and file transfer. The performance show that the RFCOMM is better than Obex on service discovery. But for transfer file data the Obex is much better that RFCOMM.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40477
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Afianto
"Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa dan membandingkan kualitas jaringan IPv4 murni, IPv6 murni dan tunneling 6to4 pada jaringan dengan media wired dan wireless untuk aplikasi video streaming. Dari data yang diperoleh dan dianalisa menunjukan bahwa delay yang terbaik adalah pada kondisi bit rate 256/64 kbps, pada jaringan IPv4, dengan media wireless, dan format file MP4 dengan delay 0,213 detik atau 16,14% lebih rendah dari delay pada streaming file AVI dengan kondisi bit rate 512/128 kbps, jaringan IPv4 dan dengan media wireless yang bernilai 0,254 detik. Pada parameter packet loss secara keseluruhan kedua tipe media (wired dan wireless) memiliki bagian dimana packet loss bernilai 0 namun karena pertimbangkan fleksibilitas koneksi wireless maka yang terbaik adalah packet loss pada bit rate 512/128 kbps, jaringan IPv4 dengan media wireless, serta dengan format file streaming menggunakan format AVI.

This thesis aims to analyze and compare the quality of IPv4, IPv6 and 6to4 tunneling on a network with wired and wireless media for streaming video applications. From the data obtained and analyzed showed that the best delay is the bit rate condition at 256/64 kbps, IPv4 networks, wireless media, MP4 file format that is worth 0.213 seconds or 16.14% lower than the bit rate conditions at 512/128 kbps, IPv4 network and the wireless media that is worth 0.254 seconds. Packet loss on the overall parameters of both types of media (wired and wireless) has a section where the packet loss is worth 0, but due to consider the flexibility of a wireless connection then the best bit rate is 512/128, with a wireless media, IPv4 networks, as well as a streaming file format using AVI format."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51343
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nji Raden Poespawati
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamat Sudiantoro
"Perkembangan teknologi saat ini mendorong segala sesuatu diolah dan diproses secara digital. Siaran televisi analog pertama dilakukan pada tahun 1941 (NTSC, B/W), colour NTSC pada tahun 1953 dan sistim PAL dan SECAM diperkenalkan pada tahun 1960. Pada tahun 1982, insinyur broadcast berhasil membuat video digital. Standart HDTV diluncurkan pada tahun 1990, MPEG-1 pada tahun 1991, JPEG pada tahun 1992, DBV dan MPEG-2 pada tahun 1994 dan terus berkembang hingga saat ini. Di Indonesia saat ini, hampir semua stasiun TV yang beroperasi merekam gambar analog yang dilihat pada alam bebas dan memrosesnya ke dalam bentuk digital, walaupun pada akhirnya disiarkan dalam bentuk analog. Penyiaran analog ini erat kaitannya dengan perangkat penerima yang dimiliki oleh pemirsa di Indonesia. Lensa kamera menangkap pantulan cahaya dari obyek kemudian menterjemahkan intensitas cahaya yang masuk kedalam sinyal listrik analog. Pada fase proses analog, sinyal listrik tersebut kemudian disimpan kedalam pita magnetik dan selanjutnya mengalami proses editing sebelum ditayangkan. Dalam fase ini, pita magnetik menjadi titik lemah utama. Untuk mengatasi hal ini, proses pengolahan sinyal analog digantikan proses pengolahan data digital. Sinyal analog dikonversi menjadi data digital dan dikompresi dengan format MPEG 2. Media penyimpan tidak lagi menggunakan pita magnetik, melainkan hardisk. Pengolahan sinyal audio dan video dalam bentuk data digital ini merupakan langkah awal dari perubahan perubahan besar lainnya seperti streaming video, video on demand dan digital terestrial. Tugas Akhir ini akan membahas penerapan sistim siaran tanpa pita magnetik di RCTI dan menganalisa gangguan-gangguan terhadap kualitas audio dan video on air. Analisa dilakukan dengan menempatkan diri sebagai penonton dirumah kemudian melakukan penelusuran terhadap titik-titik yang dapat menyebabkan gangguan tersebut.

Nowadays, the evolution of technologi makes everythings being process in digital ways. The first analog TV broadcast done in 1941 (NTSC, B/W), colour NTSC in 1953 and PAL system and SECAM introduced in 1960. In 1982, broadcast engineers found digital video. HDTV Standard have launched in 1990, MPEG-1 in 1991, JPEG in 1992, DBV and MPEG-2 in 1994. In Indonesia, almost every TV station capture the anolog image and process the analog image in digital way even tough they broadcast it in analog ways. They broadcast in in analog analog ways because Indonesian people only have analog TV receiver. Camera lens capture some lights from the object then translate it to electrical signal. In analog phase, the signal saved in magnetic tape and done some editing process before it broadcasted. In this phase, the magnetic tape is the main weakness. To avercome this weakness, they repleace the analog signal process with digital video process. The analog signal convert to digital video MPEG2. Then the storage media is not only magnetic tape, we can use an harddisc to save digital video. This phase is the fisrt step to digital video broadcast. This final project tell us about the aplication of tapeless on air system in PT. RCTI and analys the on air disturbance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40325
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanny Fauzi
"Layanan web streaming sekarang ini merupakan salah satu layanan yang banyak diminati oleh pengguna Internet, hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyak bermunculan berbagai situs yang menyediakan layanan tersebut seperti contohnya Youtube http://www.youtube.com) dan Metacafe http://www.metacafe.com). Adapun teknik untuk mengatur kuota alokasi bandwidth untuk setiap pengguna yang terkoneksi dengan server masih manual. Dan bahkan alokasi untuk setiap pengguna tidak terlintas dipikiran kita, padahal dengan melakukan pengaturan/ reservasi untuk setiap pengguna, selain dapat menghemat uplink bandwidth juga dapat meredam terjadinya fluktuasi trafik bandwidth yang tidak teratur.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatur alokasi bandwidth secara otomatis disisi web streaming server terhadap setiap pengguna yang terkoneksi dengannya. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh harga alokasi bandwidth adalah logika fuzzy. Sebagai deteksi awal (event trigger), server akan melakukan sniffing melalui Ethernet untuk memperoleh data berupa IP Address, MAC Addrress beserta port pengguna. Dari data tersebut, server kemudian melakukan polling (query) melalui traceroute terhadap setiap IP Address yang terkoneksi untuk memperoleh parameter input logika fuzzy yaitu round-trip time, jumlah hop dan loss ratio, dan selanjutnya melakukan traffic shaping.
Ujicoba yang dihasilkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kekurangan TCP/IP yang best effort dapat diminimalkan dengan melibatkan traffic shaping. Hal tersebut dikarenakan salah satu parameter kinerja jaringan terpenting yaitu bandwidth dapat diatur melalui pemberian reservasi koneksi untuk pengguna dari sisi server. Fluktuasi sendiri sangat berpotensi terhadap kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan layanan multimedia. Program Fuzzy Traffic Shaper (FTS) yang melibatkan logika fuzzy dan traffic shaping merupakan media untuk mengalokasikan bandwidth berdasarkan polling (atau query) untuk mengetahui packet delay dan jauh dekat pengguna berada. Dengan mengalokasikan bandwidth untuk pengguna berdasarkan packet delay trafik icmp, maka diharapkan dapat memberikan solusi keterbatasan uplink bandwidth untuk provider layanan streaming dan memberikan kepuasan layanan untuk pengunjung streaming server. Selain itu logika fuzzy sendiri adalah fleksibel. Jika terdapat upgrade bandwidth pada sisi server, maka tidak perlu merubah keseluruhan data input output program aplikasi FTS yang dibuat. Hal tersebut mengurangi maintenan cost untuk provider layanan streaming.

Streaming web services today is one of service by Interner users, It is proved by the increasing numbers of visitors various sites that provide such services like Youtube (http://www.youtube.com) and Metacafe (http://www.metacafe.com). The technology to manage bandwidth allocation for each user is performed manually. In many cases, bandwidth allocation is beyond our thinking, eventhough it is one way to save bandwidth uplink and to shape bandwidth fluctuation.
The goal of this research is to manage bandwidth allocation automatically on the web streaming server side. The method of fuzzy logic approach is used to allocate the bandwidth. First, as early detection (event trigger), the server performs Ethernet sniffing to obtain some data such as IP Address, MAC Address and port of connected users. Second, server performs polling (or query) by tracerouting to obtain round-trip time, numbers of hop and loss ratio that will be data input for fuzzy logic, the result of the fuzzy processing is weight of bandwidth. Lastly, the system perform traffic shaping.
Our test show that traffic shaping is capable to minimalizing fluctuation of bandwidth. Fluctuation negatively affect user?s convenience to enjoy multimedia services. Fuzzy Traffic Shaper (FTS) which involve fuzzy logic and traffic shaping is media to allocate bandwidth, based on polling (or query). Polling is performed to obtain delay of packet and information of distance users location. By appropriating bandwidth allocation for users in limited bandwidth capacity, it can improve the convenience of users to enjoy multimedia streaming services. Furthermore, implementing dynamic fuzzy logic method makes sysadmin easier and reduce maintenance cost.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26662
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fanny Fauzi
"Layanan web streaming sekarang ini merupakan salah satu layanan yang banyak diminati oleh pengguna Internet, hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyak bermunculan berbagai situs yang menyediakan layanan tersebut seperti contohnya Youtube (http://www.youtube.com) dan Metacafe (http://www.metacafe.com). Adapun teknik untuk mengatur kuota alokasi bandwidth untuk setiap pengguna yang terkoneksi dengan server masih manual. Dan bahkan alokasi untuk setiap pengguna tidak terlintas dipikiran kita, padahal dengan melakukan pengaturan/ reservasi untuk setiap pengguna, selain dapat menghemat uplink bandwidth juga dapat meredam terjadinya fluktuasi trafik bandwidth yang tidak teratur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatur alokasi bandwidth secara otomatis disisi web streaming server terhadap setiap pengguna yang terkoneksi dengannya. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh harga alokasi bandwidth adalah logika fuzzy. Sebagai deteksi awal (event trigger), server akan melakukan sniffing melalui Ethernet untuk memperoleh data berupa IP Address, MAC Addrress beserta port pengguna. Dari data tersebut, server kemudian melakukan polling (query) melalui traceroute terhadap setiap IP Address yang terkoneksi untuk memperoleh parameter input logika fuzzy yaitu round-trip time, jumlah hop dan loss ratio, dan selanjutnya melakukan traffic shaping. Ujicoba yang dihasilkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kekurangan TCP/IP yang best effort dapat diminimalkan dengan melibatkan traffic shaping. Hal tersebut dikarenakan salah satu parameter kinerja jaringan terpenting yaitu bandwidth dapat diatur melalui pemberian reservasi koneksi untuk pengguna dari sisi server. Fluktuasi sendiri sangat berpotensi terhadap kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan layanan multimedia. Program Fuzzy Traffic Shaper (FTS) yang melibatkan logika fuzzy dan traffic shaping merupakan media untuk mengalokasikan bandwidth berdasarkan polling (atau query) untuk mengetahui packet delay dan jauh dekat pengguna berada. Dengan mengalokasikan bandwidth untuk pengguna berdasarkan packet delay trafik icmp, maka diharapkan dapat memberikan solusi keterbatasan uplink bandwidth untuk provider layanan streaming dan memberikan kepuasan layanan untuk pengunjung streaming server. Selain itu logika fuzzy sendiri adalah fleksibel. Jika terdapat upgrade bandwidth pada sisi server, maka tidak perlu merubah keseluruhan data input output program aplikasi FTS yang dibuat. Hal tersebut mengurangi maintenan cost untuk provider layanan streaming.

Streaming web services today is one of service by Interner users, It is proved by the increasing numbers of visitors various sites that provide such services like Youtube (http://www.youtube.com) and Metacafe (http://www.metacafe.com). The technology to manage bandwidth allocation for each user is performed manually. In many cases, bandwidth allocation is beyond our thinking, eventhough it is one way to save bandwidth uplink and to shape bandwidth fluctuation. The goal of this research is to manage bandwidth allocation automatically on the web streaming server side. The method of fuzzy logic approach is used to allocate the bandwidth. First, as early detection (event trigger), the server performs Ethernet sniffing to obtain some data such as IP Address, MAC Address and port of connected users. Second, server performs polling (or query) by tracerouting to obtain round-trip time, numbers of hop and loss ratio that will be data input for fuzzy logic, the result of the fuzzy processing is weight of bandwidth. Lastly, the system perform traffic shaping. Our test show that traffic shaping is capable to minimalizing fluctuation of bandwidth. Fluctuation negatively affect user?s convenience to enjoy multimedia services. Fuzzy Traffic Shaper (FTS) which involve fuzzy logic and traffic shaping is media to allocate bandwidth, based on polling (or query). Polling is performed to obtain delay of packet and information of distance users location. By appropriating bandwidth allocation for users in limited bandwidth capacity, it can improve the convenience of users to enjoy multimedia streaming services. Furthermore, implementing dynamic fuzzy logic method makes sysadmin easier and reduce maintenance cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T40886
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ilham Maulana Sidik
"Live streaming merupakan salah satu metode transmisi data yang digunakan untuk menonton sebuah video. Transmisi live streaming akan mengirimkan file video secara sedikit demi sedikit kepada penonton secara langsung sehingga penonton dapat menyaksikan video yang ditransmisikan secara langsung atau disebut dengan real-time tanpa perlu mengunduh video sehingga video dapat disiarkan secara langsung. Pada saat ini live streaming merupakan salah satu bentuk konten video yang banyak diminati pada semua kalangan dan bentuk seperti siaran TV, streaming video game, video media sosial, hingga pengiklanan produk penjualan. Pada penelitian ini sistem pendeteksi komponen komputer sebagai produk penjualan video live streaming dilakukan dengan metode Object Detection dengan menggunakan model YOLOv7 yang merupakan model dari computer vision untuk dapat melakukan object detection secara real-time. Penelitian akan membandingkan variasi model dari YOLOv7 untuk menemukan varian yang paling sesuai untuk digunakan sebagai model pendeteksian pada video live streaming. Penelitian ini juga akan mencaritahu pengaruh dari resolusi dan juga jarak perekaman video terhadap tingkat akurasi model dengan melakukan ujicoba model terhadap video simulasi live streaming. Hasil percobaan membuktikan bahwa varian YOLOv7-Tiny menjadi yang paling sesuai untuk diimplementasikan kedalam video live streaming dikarenakan kecepatan pendeteksian yang lebih cepat dengan kecepatan 4.5 kali lebih cepat dari varian YOLOv7 dan sekitar 21.7 kali lebih cepat dari varian YOLOv7-X. Pengaruh jarak juga terbukti dengan menurunnya nilai mAP 0.5 yang dihasilkan model ketika jarak yang digunakan semakin besar dan perubahan resolusi juga terbukti berpengaruh terhadap viii kemampuan deteksi model dengan jumlah objek dan juga beban yang dihasilkan semakin besar seiring dengan meningkatnya resolusi yang digunakan.

Live Streaming is one of the data transmission methods used to watch a video. Live Streaming transmission will send video files bit by bit to the viewer directly so that the viewer can watch videos that are transmitted directly or referred to as real time without the need to download the video so that the video can be broadcast live. At this time Live Streaming is a form of video content transmission method that is in great demand among all groups and forms such as TV broadcasts, video game streaming, social media videos, and also product advertising. In this study, the detection system for computer component as selling product on video live streaming was carried out with Object Detection method using YOLOv7 model, which is an computer vision model capable for object detection on real-time video. This study will also find out the effect of resolution and video recording distance on the accuracy of the model by testing the model on live streaming video simulations. The experimental results prove that the YOLOv7-Tiny variant is the most suitable to be implemented into live streaming video due to faster detection speed with a speed 4.5 times faster than the YOLOv7 variant and around 21.7 times faster than the YOLOv7-X variant. The effect of distance is also evident by the decreasing of mAP 0.5 value which is produced by the model when the distance used is greater and changes in resolution are also proven to affect the detection ability of the model with the number of objects and also the resulting load is greater as the resolution used increases."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vamik Heriawan
"Saat ini telah dikembangkan baik melalui riset maupun implementasi jaringan wireless yang tidak bergantung pada suatu infrastruktur yang dikenal dengan mobile ad hoc network (Mamet). Manet mempakan jaringan yang memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengorganisasi secara mandiri, yang terbentuk dari sekumpulan node yang menggunakan wireless interface mereka untuk melakukan komunikasi antara satu node dengan node yang lain. Setiap node bisa menjadi host ataupun router, sehingga node mampu memforward paket ke node berikutnya.
Video streaming merupakan metoda untuk mentransmisikan video dengan sifatnya yang real time, yang artinya pada sisi penerima bisa menyajikan video yang diterima tanpa harus menunggu data keseluruhan secara lengkap. Karakteristik dari video itu sendiri merupakan data yang berukuran besar sehingga dalam pentramisiannya membutuhkan bandwidih yang cukup besar pula. Pada dasarnya, untuk mengatasi keperluan akan jumlah bit yang tinggi ini ada dua cara, Pertama, dengan memperbesar bandwidth pada jaringan, sehingga dapat menyalurkan laju bit tinggi, Kedua, dengan melakukan kompresi atau pemampatan data, yaitu data yang akam ditransmisiskan dikompresi dengan metode tertentu, sehingga membutuhkan jumlah bit yang lebih sedikit. Mengingat keterbatasan bandwidth yang umumnya terjadi pada wireless network, maka untuk pentransmisian video bisa menggunakan cara kedua, yakni menggunakan teknik kompresi, yang salah satunya adalah MPEG.
Dari basil pengujian menunjukkan bahwa end-to-end delay dan jitter, baik total maupun rata-rata, untuk MPEG-4 lebih kecil dari MPEG-1 dan MPEG-2, sebelum dan sesudah implementasi TCP SACK_ Packer loss hanya tetjadi pada MPEG-1 transfer rate 236 Kbps, sebelum implemenatsi TCP SACK, yakni sebesar 0.03 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16123
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>