Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24367 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
"Discourse analysis and language teaching; proceedings of a seminar"
Yogyakarta: Kanisius, 1993
410 PEL VI
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta : Kanisius, 1989
410 PEL II (2);410 PEL II (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Anton Moeliono
Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000
410.1 KAJ
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Huck, Geoffrey J., 1944-
London and New York: Routledge , 1996
401 HUC i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
R. Sonnya Heliantina Dewi
"Penelitian ini adalah berkenaan dengan identitas dan penggunaan bahasa. Subjek penelitian adalah sebuah keluarga Indonesia yang tinggal di Jawa Barat. Keluarga ini terdiri atas ayah, ibu, dan seorang anak usia 3 tahun 7 bulan. Di dalam keluarga ini, ayah berbicara dalam bahasa Jepang secara konsisten kepada anak, sedangkan ibu menggunakan bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan input yang dapat mempengaruhi proses identitas anak berdasarkan penggunaan bahasa dalam interaksi mereka.Data dari penelitian ini berasal dari rekaman percakapan anak dan orang tuanya pada saat makan malam bersama. Perekaman dilakukan selama tujuh hari secara acak. Selain data rekaman, penelitian ini juga didukung oleh wawancara kepada kedua orang tua dan pengamatan peneliti terhadap keluarga ini selama berada di tempat mereka.Berdasarkan pengamatan, anak menerima input mengenai budaya Jepang berupa bahasa dan tindak-tanduk. Input diperoleh melalui interaksi sehari-hari dan tayangan berbahasa Jepang dari televisi.Dari analisis penggunaan bahasa, ditemukan bahwa bahasa yang dominan digunakan adalah bahasa Indonesia. Anak secara konsisten menggunakan bahasa Indonesia di dalam percakapan, tetapi tindak-tanduknya dipengaruhi oleh budaya Jepang yang dipelajarinya melalui kehidupan sehari-hari dan televisi. Ditemukan pula sejumlah bentuk akomodasi dan campur-kode dari bahasa Indonesia, Jepang, dan Inggris, yang muncul dalam kondisi tertentu.

The research is regarding the identity formation and language use. The research subject is an Indonesian family who live in West Java. This family consists of father, mother, and a child, whose age is 3 years and 7 months old. The father spoke Japanese consistently to the child, while the mother spoke Indonesian. The purpose is to explain the inputs that can affect the child 39 s identity based on the language use in their interactions.The data is derived from recordings of conversations of the child and their parents at dinner time. Recording was conducted about seven day, which randomly recorded. In addition to recording data, this research is also supported by interviews with both parents and observation of this family while I went to their place.Based on the observations, the child received input about Japanese culture such as language and behavior. Input obtained through daily interactions and acquired from the Japanese television programs.From the analysis of the language use, I found that the dominant language is Indonesian. The child consistently using Indonesian in conversations, but her behavior is influenced by Japanese culture which learned through daily life and television. Further, I found some form of language accommodation and code mixing of the Indonesian, Japanese, and English, which appears under certain conditions.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Detia Rini
"Usia dini merupakan masa emas tumbuh kembang anak yang sangat perlu diperhatikan, terutama oleh ibu sebagai orang tua. Salah satu aspek perkembangan yang dimaksud adalah perkembangan bicara dan bahasa anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan bicara dan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini berjumlah 106 orang dari wilayah RW 09 Kelurahan Tugu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Insrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari 43 pertanyaan seputar perkembangan bicara dan bahasa anak. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebanyak 67% responden (71 orang) memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi tentang perkembangan bicara dan bahasa anak usia dini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk penyusunan materi dalam pendidikan kesehatan tentang perkembangan bicara dan bahasa anak sehingga diharapkan kejadian gangguan bicara pada anak dapat diminimalkan dan dideteksi lebih dini.

Early childhood is golden period for child development which need full attention, especially from mother as parents. One aspect of child development mentioned here is speak and language development. Because of that, this research is doing exploration mother?s knowledge about speak and language development of early childhood. There were 106 respondents participate this research from RW 09 Kelurahan Tugu. Sampling technique used was purposive sampling. Questionare with 43 questions about speak and language development of early childhood was used as instrument of this research. Result of univariat analys showed that 67% respondent has gained high level of knowledge about speak and language development of early childhood. The result of this research can be used as reference to arrange curriculum for health education programm about speak and language development of early childhood, so parents especially mother can detect the problem earlier and decrease amount of speak and language disorder."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S1653
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Dwi Lestari
"ABSTRAK
Resep masakan yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki perbedaan
ragam bahasa yang digunakan karena faktor usia yang berbeda. Penelitian ini akan
membandingkan jenis kalimat dan tampilan resep bekal makan siang anak yang ditujukan
untuk anak www.ah.nl/allerhandekids/ dan dewasa www.leukerecepten.nl/ . Penelitian
ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori jenis kalimat
menurut Geerts, dkk. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
jenis kalimat yang dipergunakan serta bagaimanakah tampilan resep bekal makan siang
anak yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa di dalam kedua situs web.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis kalimat dan struktur kalimat yang
terdapat dalam langkah-langkah memasak, serta memaparkan ciri-ciri tampilan resep
masakan di dalam resep digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa resep bekal
makan siang untuk anak menggunakan tiga jenis kalimat yaitu kalimat pernyataan,
pertanyaan dan imperatif, sedangkan untuk dewasa dipergunakan kalimat pernyataan dan
imperatif. Kalimat majemuk pada resep anak jarang ditemukan dibandingkan pada resep
bekal makan siang orang dewasa. Pada resep anak ditemukan adanya diminutif.
Perbedaan dan persamaan pada tampilan resep masakan dalam situs web, terlihat pada
bentuk laman; tema latar laman; warna tulisan dan animasi.

ABSTRACT
Food recipes for children and adults have several differences in the use of language
variety because of the age factor. This study compares the types of sentences and the
visualization of the digital children lunchs recipes, written for children
www.ah.nl/allerhandekids/ and adults www.leukerecepten.nl/. This research uses the
qualitative-descriptive method and Geerts, et.al theory of sentence types. The research
questions focus on how the childrens lunch box recipes are being presented in types of
sentences and visualized in the two websites. This study aims to describe the types and
structure of sentences, written in the cooking steps, and also the characteristics of the
visualization of the digital recipes. The results show that digital lunch box recipes for
children are using three types of sentences: statements, questions, and imperative
sentences, and for adults, the statements and imperative sentences. Compound sentences
are rarely found in the digital childrens lunch box recipes, compared to adults lunch box
recipes. In the digital recipes for children, diminutives are also to be found. The differences and similarities visualization of the digital recipes, are based on the web."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Singgih Dirga Gunarsa
Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006
155 SIN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>