Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206502 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarah Ayu Putri
"Sistem informasi akuntansi sangat berperan penting dalam kelangsungan usaha sebagai penyedia informasi material bagi para pemangku kepentingan. Skripsi ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi penerimaan kas yang merupakan subsistem dari sistem informasi akuntansi pada koperasi dengan mengambil studi kasus pada koperasi nelayan Mina Misoyo Sari Pemalang dengan fokus pada siklus penerimaan kas dari penerimaan anggota, unit bisnis, dan dana sosial nelayan. Metode yang digunakan yaitu perancangan sistem berupa Framework Application of Sistem Thinking. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan proses dan prosedur yang terintegrasi dari kegiatan pada siklus penerimaan kas dari koperasi.

Accounting Information System has important role in the going concern of a business as material information provider for its stakeholders. The focus of this study is to analyze and design cash receipt information system which is subsystem of accounting information system for cooperatives by case study at Mina Misoyo Sari Fisheries Cooperative in Pemalang that focused on cash receipt cycle from member receipt, business units, and fisheries social fund. This study use information development method called Framework Application of System Thinking. The result of this study is integrated process and procedure program for cash receipt activities in cooperation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debrina Rosalyn
"Laporan magang ini membahas tentang implementasi sistem informasi akuntansi SIA beserta pengendalian internal di PT SAF Tbk. Ruang lingkup pembahasan difokuskan pada siklus pengeluaran untuk kegiatan perdagangan. Penyusunan laporan magang ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada laporan magang ini, implementasi SIA di PT SAF Tbk telah memenuhi tiga fungsi utama SIA melalui ketersediaan seluruh komponen SIA. Namun, penerapan SIA di PT SAF Tbk belum menghasilkan informasi yang berkualitas, ditunjukan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di setiap komponen SIA dan ketidakefektivan pengendalian internal. Penulis memberikan saran untuk improvisasi kepada PT SAF Tbk yang ditujukkan untuk setiap permasalahan yang muncul serta prinsip pengendalian internal yang belum terpenuhi.

This report examines implementation of Accounting Information System AIS and information system control in PT SAF Tbk. Analysis and discussion is narrowed to expenditure cycle in trading section. Data were collected by individual observation and user interview. Result of this report indicates that PT SAF Tbk conducts sufficient practice of AIS to satisfy its three main function by implementing full existence of AIS components. However, in further explanation, the implementation of AIS does not meet criterias to produce qualified information, evidenced by issuess in each of AIS rsquo components and ineffective internal control. Writer suggests recommendations for improvement to PT SAF Tbk in order to achieve the best practice of AIS and internal control for its business activities.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Doddy Rizky
"Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang.

Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Rentasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi (SIA) dan pengendalian internal dalam siklus pendapatan pada perusahaan skala UMKM, Takana Coffee, dengan penerapan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kompleksitas dan risiko sistem pembayaran akibat inovasi teknologi QRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Evaluasi dilakukan menggunakan kerangka kerja COSO ICIF 2013 untuk menilai efektivitas SIA dan pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS menciptakan prosedur yang berbeda dari pembayaran lainnya dan meningkatkan risiko kesalahan perangkat lunak, gangguan peralatan, serta tindakan kecurangan. Rekomendasi penelitian mencakup peningkatan aktivitas pengendalian, identifikasi risiko yang komprehensif, dan pemantauan keamanan sistem secara menyeluruh guna memitigasi risiko yang muncul akibat penggunaan QRIS dalam siklus pendapatan perusahaan. Implementasi rekomendasi dapat dilakukan melalui pemisahan tugas antara barista dan kasir, penggantian koneksi internet menjadi koneksi privat, serta pelatihan rutin dan evaluasi sistem secara berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang implementasi QRIS dalam konteks UMKM dan pengelolaan risiko yang terkait.

This study aims to evaluate the accounting information system (AIS) and internal control within the revenue cycle of a small to medium-sized enterprise (SME), Takana Coffee, with the implementation of the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) payment system. The background of this research is the increased complexity and risk in the payment system due to the innovation of QRIS technology. The research method used is a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and document studies. The evaluation was conducted using the COSO ICIF 2013 framework to assess the effectiveness of AIS and internal control. The results of the study indicate that the use of QRIS creates different procedures from other payment methods and increases the risk of software errors, equipment failures, and fraud. The research recommendations include enhancing control activities, comprehensive risk identification, and thorough system security monitoring to mitigate risks arising from the use of QRIS in the company's revenue cycle. Recommendations can be implemented by separating duties between baristas and cashiers, switching to private internet connections, and conducting regular training and system evaluations. This research is expected to contribute to the understanding of QRIS implementation in the context of SMEs and related risk management.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pascal Lahai Roy
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi yang digunakan dalam kegiatan yang ada pada siklus penerimaan dan pengeluaran Huria Kristen Batak Protestan Depok I. Metode yang digunakan dalam merancang sistem informasi akuntansi adalah metode Framework for the Application of Sistems Thinking (F.A.S.T.). Hasil penelitian berupa prosedur yang diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan kinerja pengelola HKBP Depok I maupun untuk penelitian selanjutnya.

This study aim to analyze and develop the accounting information system used in the activity within revenue and expenditure cycle of Huria Kristen Batak Protestan Depok I. The method used in developing the accounting information is the Framework for the Application of Sistems Thinking (F.A.S.T.) method. The result is a procedure which may increase performance of HKBP Depok I management as well as foundation for further studies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45785
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Willa Anindya Ramadina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit pengujian pengendalian yang dilaksanakan oleh KAP BDS atas penjualan dan pembelian PT SSB untuk periode yang berakhir di 31 Desember 2021. PT SSB merupakan perusahaan dagang yang menjual produk mesin, komponen, perawatan, dan reparasi otomotif. Prosedur pengujian pengendalian yang dilaksanakan adalah inspeksi four-way-match atas atribut pengendalian yang sudah diidentifikasi pada dokumen pendukung transaksi penjualan dan pembelian untuk menguji efektivitas operasi pengendalian. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian penjualan dan pembelian yang dilaksanakan sudah efektif dalam mencegah terjadinya salah saji di level asersi.

This internship report serves to evaluate the audit procedure of the test of control carried out by KAP BDS on the sale and purchase of PT SSB for the period ending on 31 December 2021. PT SSB is a trading company that provides automotive machine, components, maintenance, and reparation products. Test of control procedures aim to test the effectiveness of the identified control attributes in sales and purchasing activities in preventing and detecting misstatements at the assertion level. Based on the evaluation results, the sales and purchase control testing procedures are considered effective in preventing misstatements at the assertion level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purnaman
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17488
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridy Sudarma
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
S19307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Magdalena Setiawati
"Dewasa ini berbisnis melalui web - lebih dikenal sebagai cyberbusiness- sudah amat lazim dilakukan, talc terkecuali oleh StandGuide Online. Namun demikian bisnis melalui web ini tidak terlalu kuat bila tidak didukung oleh sistem back office yang baik, terutama bila menghadapi rencana pengembangan perusahaan dan persaingan dari perusahaan sejenis iainnya. Dengan demikian, dirasakan perlunya membangun sistem baru untuk StandGuide Online yang akan digunakan sebagai sistem back office mereka.
Beberapa teori digunakan untuk mengembangkan sistem back office StandGuide ini, yaitu teori Arsitektur Sistem Informasi yang membagi-bagi fokus pengembangan sistem informasi dalam blok data, proses dan interface guna memudahkan melihat tahapan pengembangan sistem informasi, teori mengenai metodologi FAST (Framework for the Application of System Techniques) System Analysis Strategies yang dikembangkan oleh Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman dalam bukunya "System Analysis and Design Methods" pads tahun 2000, Data Flow Diagram yang digunakan untuk melakukan pemodelan proses, Entity Relationship Diagram yang digunakan untuk pemodelan data, dan teori lainnya yang mendukung peraacangan sistem terutama database yaitu teori analisis dan perencanaan kapasitas.
StandGuide Online, sebagai subyek sekaligus pengguna sistem informasi baru ini, adalah sebuah standguide agency yang berada dibawah pengelolaan Jasta Eksibisindo. Selama ini StandGuide Online sudah melakukan bisnisnya melalui web dan memiliki sebuah database anggota standguide yang berkaitan dengan web tersebut Proses bisnis yang dilakukan oleh StandGuide Online adalah proses pembuatan proposal, pemilihan dan wawancara standguide, pembuatan kontrak, pembuatan invoice, pemeriksaan pembayaran kontrak dan pembayaran honor standguide. Prosedur atas proses tersebut digambarkan dalam bentuk flowchart untuk lebih memperj alas langkah-langkahnya.
Dalam melakukan analisa dan pengembangan sistem baru untuk StandGuide Online, beberapa Flowchart dibuat untuk menggambarkan prosedur baru mengenai rancangan proses bisnis yang merupakan penyempurnaan dari prosedur StandGuide Online saat ini. Pemodelan proses dibuat dalam bentuk Event Diagram untuk tiap-tiap proses, dan dibuat sebuah Context Data Flow Diagram untuk memperlihatkan seluruh interaksi antara sistem StandGuide Online dengan external agents yang berhubungan dengannya. Sebagai penggabungan seluruh event diagram secara rinci, dibuat Data Flow Diagram (DFA). Beberapa proses yang memilila sub proses, digambarkan pula t1alam bentuk Decomposition Diagram. Pemodelan data dilakukan dengan menggambarkan sebuah Entity-.Relationship Diagram (ERD) dan dirancang pula bentuk Label-Label database-nya dengan menggunakan MS Access. Sebagai pendukung, dibuat pula rancangan tampilan windows untuk input database dengan menggunakan. Visual Basic. Selain itu, dibuat pula analisa dan perencanaan kapasitas yang dibutuhkan untuk menampung database beserta seluruh program pendukungnya.
Sebagai kesimpulan, sebuah sistem informasi yang baru sampai pada tabap perancangan database ini tentu saja beium cukup untuk dapat Iangsung diimplementasikan dan dioperasikan. Dengan demikian disarankan agar perancangan dilanjutkan sedikit lagi hingga tuntas supaya dapat diimplementasikan sesegera mungkin. Kesimpulan lain adalah mengenai metodologi yang dipakai yaitu bahwa flowchart DFD, ERE) dapat memberikan informasi paling jelas mengenai seluruh sistem informasi dan menjembatani kommikasi antara perancang dan pembuat system dalam hal ini programmer komputer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T15578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Sugianto Ibrahim
"Sistem lnforrnasi Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting bagi manajemen suatu perusahaan, agar manajemen dapat memperoleh suatu informasi yang akurat dan tepat waktu, Pada saat ini sistem informasi yang ada pada PT "X" kurang memadai sehingga manajemen perusahaan mendapat informasi sangat terlambat dan bahkan kadang - kadang inforrnasi yang diperolehnya tersebut tidak akurat.
Hal ini disebabkan antara lain:
Sistem Akuntansi Biaya yang berjalan saat ini tidak baik dan dapat dikatakan menggunakan pendekatan yang disebut dengan traditional approach. Hal ini berakibat informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang kurang tepat atau salah. Proses akuntansi hanya menggunakan modul general ledger saja. sedangkan untuk yang lainnya masih dilakukan dengan manual. Struktur sistematika kode akun belum sistematis dan tidak dapat menghasilkan kebutuhan informasi manajemen perusahaan. Sehubungan dengan masalah tersebut diatas maka diberikan saran untuk memperbaiki sistem akuntansi yang berjalan saat ini.
Saran perbaikan tersebut adalah sebagal berikut :
Sistem akuntansi bìaya sebaiknya menggunakan pendekatan dengan metode "two stage process", sehingga alcan dapat dihasilkan informasi yang lebih akurat. Proses akuntansi disamping menggunakan modul general ledger, juga diusulkan untuk menggunakan modul account receivable (sales), modul account payable (purchasing), modul inventory sehingga informasi dapat dihasilkan dengan tepat waktu. Sistematika kode akun perlu dimodifikasi sedemikan rupa sehingga mencakup kebutuhan informasi manajemerl perusahaan.
Agar saran - saran tersebut dapat diimplementasikan dengan balk maka diperlukan staf yang mempunyai kemampuan yang cukup dibidang akuntasi serta mempunyai pengetahuan mengenai software akuntansi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>