Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33506 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelinda Arum Widyasari
"Pada skripsi ini dirancang sistem lampu jalan pintar nirkabel berbasis ZigBee (Smart Wireless Street Lighting, SWSL) yang menggunakan sumber tenaga surya dan jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara sebagai sumber daya cadangan. SWSL menggunakan sistem embedded dengan kontroler yang dilengkapi sensor cahaya dan sensor gerak untuk mengaktifkan lampu sesuai kondisi lingkungan. SWSL beroperasi secara otomatis sehingga memerlukan sistem monitoring agar diketahui kondisi dan kerusakan lampu berdasarkan data sensor arus dan tegangan. Untuk memudahkan pengawas, terdapat fitur pengendalian jarak jauh dan penghitungan konsumsi energi SWSL. ZigBee merupakan protokol teknologi nirkabel IEEE 802.15.4 yang bersifat terbuka pada frekuensi 2.4 GHz. Aplikasinya memungkinkan untuk proses monitoring dan kontrol, sehingga dapat dikombinasikan dengan sensor dan kontroler.
Dari hasil pengujian didapatkan bahwa ZigBee dapat terintegrasi dengan SWSL dan aplikasi monitoring sehingga data dapat dikirimkan sejauh 60 m dengan persentase paket terkirim utuh sebesar 21.4% pada kondisi lingkungan LOS pada RSSI sebesar -89 dBm. Ukuran maksimum paket data untuk sekali transmisi adalah 150 karakter atau 9.6 kilo byte. Pada kondisi NLOS jarak maksimum pengiriman hanya sampai pada 10 meter dengan maksimum RSSI -89 dBm. Kapasitas baterai memiliki daya tahan hingga 3 hari dan kesalahan pada sistem dapat terdeteksi dengan parameter terkirimnya email otomatis dan berubahnya indikator pada aplikasi.

This paper designed a wireless smart street lighting system based on ZigBee (Smart Wireless Street Lighting, SWSL) which uses solar power source and the power grid state electricity company as a backup power. SWSL used embedded system controller with a light sensor and motion sensor to activate the lights in accordance with the different occasions. SWSL is operates automatically so , SWSL expected to have monitoring system in order to know the conditions and failure based on data current and voltage sensors. To facilitate supervisors, there is a remote control features and energy consumption calculation. ZigBee is an IEEE 802.15.4 wireless protocol technology that is open at a frequency of 2.4 GHz. Its application allows for process monitoring and control, so it can be combined with sensors and controllers.
From the test results showed that ZigBee can be integrated with SWSL and monitoring applications so the data can be transmitted as far as 60 m with the percentage of packets sent intact by 21.4% in the LOS environment on the RSSI of -89 dBm. The maximum size for a single data packet transmission is 150 characters or 9.6 kilo bytes. In NLOS conditions of delivery are only up to a maximum distance of 10 meters with a maximum at -89 dBm RSSI. The capacity of the battery has a durability of up to 3 days and errors in the system parameters can be detected by automatic email deliveries and changes in indicators on the application.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Bayhaki
"Dalam penelitian ini, dirancang sistem lampu jalan pintar berbasiskan komunikasi nirkabel menggunakan ZigBee 2.4 GHz yang dilengkapi dengan sensor (sensor cahaya, sensor gerak, sensor arus dan tegangan), pembaca waktu dan mikrokontroler sehingga sistem mampu mengatur fungsi kerjanya secara otomatis sesuai dengan waktu dan kondisi lingkungan sekitar. Sistem komunikasi lampu jalan pintar ini menggunakan konfigurasi jaringan ad-hoc untuk mengirimkan informasi data dari setiap titik lampu (node) menuju server. Konfigurasi jaringan ad-hoc membuat sistem lebih fleksibel karena setiap node dapat saling berkomunikasi secara langsung tanpa harus melalui access point. Selain itu, sistem ini juga menggunakan lampu LED serta menerapkan teknologi on-grid yang menggunakan tenaga cahaya matahari sebagai sumber daya utamanya, sehingga mampu menghemat konsumsi energi.
Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa sistem telah dapat bekerja sesuai dengan algoritma yang dirancang (algoritma pemilih sumber daya, algoritma fungsi kerja sensor dan lampu serta algoritma komunikasi data). Pada pengujian komunikasi data dari node router ke node coordinator, diperoleh tingkat keberhasilan penerimaan data sebesar 82.085%. Kemudian dari hasil simulasi perhitungan efisiensi sistem didapatkan total penggunaan daya lampu jalan pintar per tahun hanya sebesar 59.09 KWh / lampu. Sehingga sistem lampu jalan pintar jauh lebih efisien dalam konsumsi energi dibandingkan dengan sistem lampu jalan eksisting lainnya.

In this study, the authors designed a smart street lighting system based on wireless communication using ZigBee 2.4 GHz which is equipped with sensors (light sensor, motion sensor, current and voltage sensor), time readers and the microcontroller so that the system is able to regulate its function automatically according to the time and environmental conditions. Smart street lights communication system using Ad-hoc network configuration to transmit the data information of each point of light to the server. Ad-hoc network configuration makes the system more flexible because each node can communicate with each other directly without having to go through an access point. In addition, this system also uses LED lights and apply on-grid technology that uses the energy of sunlight as its primary power source, so it is able to save on energy consumption.
From the test results can be seen that the system has been able to work in accordance with an algorithm that is designed (resources switching algorithms, work function of light and sensor algorithms and data communication algorithms). On data communications testing for transmitting data from router node to coordinator node, obtained data reception success rate of 82.085%. Then from the results of the calculation simulation of the efficiency of the system obtained the total power usage of smart street lights per year only amounted to 59.09 KWh / lamp. So the smart street lighting system is much more efficient in terms of energy consumption compared to other existing street lighting system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44382
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Listyo Putranto
"ABSTRAK
Teknologi M2M diimplementasikan pada sistem node lampu jalan pintar yang berbasiskan komunikasi serial RS 485 dengan konfigurasi jaringan bus serta menggunakan sumber daya hybrid. Node sistem ini menggunakan device pengendali berupa mikrokontroler Arduino Nano 328p untuk mengatur kinerja lampu LED 18 Watt dengan sumber daya 12 VDC. Sistem dilengkapi sensor-sensor yang berfungsi mendeteksi kerusakan dan memilih sumber daya. Komunikasi serial RS 485 digunakan sebagai sistem komunikasi antara koordinator dan node lampu. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa sistem node lampu jalan pintar dapat bekerja sesuai algoritma yang dirancang (algoritma pemilihan sumber daya dan pendeteksian kerusakan). Pada pengujian komunikasi dari node ke koordinator diperoleh tingkat keberhasilan penerimaan data sebesar 97,14 % dan berdasarkan hasil pengujian didapatkan total penggunaan daya node lampu jalan pintar per tahun sebesar 65,87 KWh. Sehingga sistem node lampu jalan pintar dapat melakukan efesiensi dalam fungsi pengawasan, pengendalian dan penyimpanan data.

ABSTRACT
M2M technology is implemented on a smart street lights system based on RS 485 serial communication with bus network configuration and using a hybrid power source. This system use Arduino Nano 328p to control 18 Watt LED lights which has the power source of 12 VDC. The system is also equipped with sensors that detect and capture parameters around street lights. RS 485 serial communication is used as a communication system between the coordinator and node lights. From the test results can be seen that the system node smart street lights can work as designed algorithms (resources switching algorithms and damage system detection algorithms). On data communication testing for trasmitting data from node to coordinator obtained data reception success rate of 97.14%. Then from efficiency results obtained total power usage of smart street lights per year amounted to 65.87 KWh. So smart streetlight system node can make more efficient in the process of operation, monitoring and maintenance."
2016
S63248
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susetyo Romadhoni
"ABSTRAK
Penerangan Lampu Jalan Umum (PLJU) yang dikelola secara cerdas mampu secara signifikan mengurangi penggunaan energi listrik untuk penerangan. Sehingga perlu dibangun suatu teknologi untuk monitoring dan controlling ribuan lampu jalan secara efektif. Penelitian ini merancang sebuah sistem lengkap yang terdiri dari node embedded system pada lampu sebagai device pengontrol dan pengirim data lampu serta node coordinator yang berfungsi mengumpulkan data serta mengirimkannya ke web server. Pada penelitian ini Device yang dikontrol ialah lampu LED 18 watt dengan power source 12 VDC, kemudian device yang mengontrol ialah Board Arduino Uno dengan Mikrokontroler ATMega 328. Sistem juga dilengkapi sensor-sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi perubahan-perubahan parameter yang terjadi disekitar lampu jalan. Hasil pembacaan sensor kemudian dikirimkan ke Thingspeak API dengan memanfaatkan API Thingspeak kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik di dashboard. Selain itu terdapat fitur pemberitahuan melalui SMS dan juga twitter apabila terjadi kerusakan lampu ataupun baterai. Hasil data logging pemakaian daya lampu menunjukkan bahwa sistem ini lebih terjangkau dalam hal pemakaian energi dibandingkan lampu konvensional.

ABSTRACT
Public Street Lighting Lamps (PJU) managed intelligently able to significantly reduce the use of electricity for lighting. So it is necessary to build a technology for monitoring and controlling thousands of street lights effectively. This research is to design a complete system consisting of nodes embedded systems in the light as a device controller and the data sender light and coordinator node which serves to collect data and send it to the web server. In this study controlled device is 18 watt LED lamp with a power source 12 VDC, then device control board is the Arduino Uno with Microcontroller ATMega 328. The system is also equipped with sensors that function as detection parameter changes that occur around the street lights. Results of sensor readings is then sent to Thingspeak API by using the API Thingspeak then displayed in graphical form on the dashboard. In addition there is an SMS notification feature and also twitter the event of damage the lamp or batteries. Data logging results show that the lamp power consumption of the system is more affordable in terms of energy consumption than conventional lighting.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62742
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ubay Muhammad Noor
"ABSTRAK
Dalam penelitian ini, dirancang dan diimplementasikan teknologi komunikasi M2M pada koordinator sistem lampu jalan pintar menggunakan topologi bus dengan 4 node end-device dan 1 koordinator berbasiskan komunikasi kabel menggunakan standar komunikasi serial RS485 dan algoritma schedulling yang dilengkapi dengan sensor cahaya dan Raspberry Pi 2 sehingga sistem mampu mengatur fungsi kerjanya secara otomatis sesuai dengan waktu dan kondisi lingkungan sekitar. Sistem ini menggunakan lampu LED serta menerapkan teknologi hybrid yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber daya utamanya, sehingga lebih hemat energi. Seluruh data hasil pembacaan sensor dan status node end-device dikirim ke web server via internet dan ditampilkan via halaman web. Dari hasil pengujian diketahui bahwa sistem bekerja sesuai dengan algoritma yang dirancang (algoritma fungsi kerja sensor serta algoritma komunikasi data). Pada pengujian komunikasi data dari node end-device ke web server, diperoleh tingkat keberhasilan penerimaan data sebesar 95.96% yang berarti sistem ini secara valid dapat digunakan untuk proses monitoring. Dari hasil simulasi perhitungan efisiensi sistem didapatkan total efisiensi penggunaan daya lampu jalan pintar per tahun sebesar 93.05% dari lampu jalan konvensional dan 22.8% dari lampu jalan LED. Sehingga sistem lampu jalan pintar jauh lebih efisien dalam konsumsi energi dibandingkan dengan sistem lampu jalan eksisting lainnya.

ABSTRACT
In this study, the authors designed and implement M2M communication technology on smart street lighting system coordinator using bus network configuration with 4 end-device node and 1 coordinator based on wired communication using RS485 serial communication standart and schedulling algorithm which is equipped with light sensor and Raspberry Pi so that the system is able to regulate its function automatically according to the time and environmental conditions. This system also uses LED lights and apply hybrid technology that uses the energy of sunlight as its primary power source, so it is able to save on energy consumption. All the datas from sensor and node end-device then sent to the web server via internet and showed on web page. From the test results can be seen that the system has been able to work in accordance with an algorithm that is designed (sensor reading algorithm, and data communication algorithms). On data communications testing for transmitting data from end-device node to web server, obtained data reception success rate of 95.96% which means this system is valid for monitoring process. The calculation simulation results of the system efficiency obtained the total power usage eficiency of smart street lights per year is 93.05% compared to conventional street lights and 22.8% compared to LED street lights. So the smart street lighting system is much more efficient in terms of energy consumption compared to other existing street lighting system."
2016
S63259
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agredo Mesakh Fajar
"Pada beberapa tahun terakhir ini, kebakaran hutan menjadi kejadian yang semakin parah dan menyebabkan korban serta merugikan banyak sekali masyarakat sekitar hutan yang terbakar. Penelitian ini mengimplementasikan sistem jaringan sensor nirkabel dengan menggunakan protokol 802.15.4 zigbee dengan perangkat Arduino Uno Nano. Dalam penelitian ini perangkat yang digunakan untuk mengimplementasian protokol 802.15.4 adalah perangkat XBee dengan versi series 2. Selain itu perangkat sensor yang digunakan adalah DHT-22 yang berfungsi sebagai sensor kelembapan dan suhu dan juga sensor MQ-2 yang berfungsi sebagai monitor pemantau konsentrasi asap di udara.
Penelitian ini akan memantau lingkungan dimana sensor diletakkan, kondisi lingkungan yang dipantau adalah suhu udara, tingkat kelembapan udara dan juga konsentrasi asap pada udara. Dalam penelitian ini akan dianalisis kualitas dari sistem ini. Dalam proses pengiriman data didapatkan sistem ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi jika diimplementasikan pada kondisi LOS Line of Sight dengan tingkat akurasi 90,40 dibanding NLOS Non Line of Sight yang sebesar 89,60 . Sistem ini lebih sedikit mengkonsumsi daya pada kondisi LOS Line of Sight dengan perbandingan perbedaan lama waktu baterai dapat bertahan yaitu 25 detik untuk interval 5 detik, 58 detik untuk interval 10 detik dan 77 detik untuk interval 20 detik.

n recent years, forest fires have become increasingly severe and cause casualties and harm many communities around burning forests. This research implements wireless sensor network system using 802.15.4 zigbee protocol with Arduino Uno Nano device. In this study the device used to implement the 802.15.4 protocol is the XBee device with the 2nd version of the series. In addition, the sensor device used is DHT 22 that serves as a humidity sensor and temperature and also MQ 2 sensor that serves as a smoke concentration monitoring monitor on the air.
This study will monitor the environment in which the sensors are laid, the monitored environmental conditions are air temperature, humidity level and also airborne smoke concentration. In this research will be analyzed the quality of this system. In the process of data transmission obtained this system has a higher level of accuracy if implemented in LOS Line of Sight with an accuracy of 90.40 compared to NLOS Non Line of Sight of 89.60 and also for power consumption. This system consumes less power under LOS Line of Sight conditions with comparison of the length of time the battery can last for 25 seconds for 5 seconds, 58 seconds for 10 second intervals and 77 seconds for 20 second intervals.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Kristiyanti
"Seringkali Penerangan Lampu Jalan Umum (PLJU) membawa dampak buruk kepada pemborosan energi dan uang jika tidak dikelola dengan baik. Ditambah fungsinya sebagai penerangan pun terkadang juga tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga perlu dibangun suatu teknologi untuk pengawasan dan pengendalian lampu jalan secara efektif. Sebenarnya, sudah banyak dilakukan penelitian sebelumnya mengenai lampu jalan pintar yang dilengkapi berbagai sensor untuk efektivitas penggunaannya dengan menggunakan komunikasi Zigbee. Namun zigbee memiliki keterbatasan jarak tempuh dan hanya mampu untuk jarak dekat, sementara kita membutuhkan komunikasi untuk jarak jauh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sebuah sistem node transisi antara Zigbee dan modul GSM/GPRS pada lampu jalan pintar sebagai fungsi pengiriman data lampu yang akan dikirim ke webserver. Setelah dilakukan perancangan, akhirnya sistem ini pun berhasil dibangun dan siap untuk diuji coba. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa tingkat keberhasilan pengiriman dengan waktu yang ditetapkan (per 1 menit dalam beberapa jam) dengan topologi jaringan Adhoc sebesar 71.34% dan jaringan Star sebesar 85.32%. Walaupun juga terdapat kelemahan dimana sistem ini sesekali mengalami hang up setelah beroperasi beberapa jam.

Sometimes public streetlight can have some bad impact in cost and also electricity consumption, unless it is maintained well. In addition sometimes we found that the streetlight doesn’t work as it is supposed to be. Therefore, there is a need to build a technology where we can monitor and control the condition of the streetlights effectively. Actually, there has been a research before to monitor and control streetlight system using some sensors and Zigbee as the communication module. But, we know that Zigbee is limited in range, it’s only for short-distance communication not for long-range communication. So, this paper intends to plan a technology about the transition node in smart streetlight system between Zigbee and GSM module communication for transmitting streetlight information to a webserver. After designing it, finally this system has successfully been built and ready to be tested. From the result of the test, it can be concluded that the the success of transmitting streetlight information to webserver (per 1 minute in couple of hours) in adhoc network is 71.34% and star network is 85.32%. Eventhough there is a limitation of the system that sometimes the system hangs up after operating in couple of hours."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59845
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ndaru Setyawan
"Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan prasarana publik yang dibutuhkan khususnya malam hari. Agar efisien dalam pengoperasian dan pengawasan, maka sistem lampu jalan pintar dirancang dapat menyesuaikan keadaan lingkungan sekitar dan terdapat sistem monitoring. Dalam penelitian ini penulis membuat sistem lampu jalan pintar berbasis mikrokontroler yang dapat menyala secara otomatis pada malam hari, keadaan gelap, dan dapat dikendalikan oleh server. Lampu pada sistem ini hanya menyala dengan terang apabila terdapat gerakan manusia di sekitar lampu jalan untuk menghemat energi. Selain tenaga surya, sistem memiliki sumber cadangan PLN. Sistem ini dapat memilih secara otomatis sumber daya mana yang harus digunakan berdasarkan level tegangan baterai. Dari hasil pengujian, sensor gerak dapat mendeteksi gerakan hingga jangkauan jarak 12 meter pada sudut 90°. Rata-rata kesalahan pada sensor arus sebesar 1,32 ± 2,75 % sedangkan pada sensor tegangan sebesar 4,73 ± 12,61 %. Sistem dapat mengirimkan data melalui komunikasi serial mengenai level tegangan baterai, arus dan tegangan pada lampu, status nyala lampu, waktu, tanggal, sumber daya yang sedang digunakan, serta peringatan apabila terjadi kerusakan pada lampu.
Street light is public infrastructure that needed in the evening. To reach efficiency of operation and monitoring, so street light system is designed to adapt with environment condition and monitoring system. This research design smart street light system based on microcontroller that can turn on automatically in the evening, in the dark, and controlled by server. The lamp only reach its maximum brightness if the motion detector sensing object to save energy. Except solar power, this system using back up power which is PLN. This system can choose automatically which resources should be used based on the level of battery voltages. By testing this system obtained motion detector can detect maximum range 12 meters at 90°. Error tolerance of current sensor is 1,32 ± 2,75 % and voltage sensor is 4,73 ± 12,61 %. The system can transmit data through the serial communication about the level of battery voltages, current and the voltage at the lamp, lamp state, time, date, resources are being used, and send a warning if the lamp is broken."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunus Maulana
"Salah satu permasalahan yang banyak terjadi di Indonesia adalah Banjir. Pemberitahuan dini terhadap bencana banjir diharapkan dapat mengurangi kerugian yang terjadi. Pemberitahuan dini terhadap banjir dapat dilakukan dengan membuat sistem tertanam yang melakukan monitoring terhadap kondisi sekitar yang memberi data secara berkala. Pada skripsi ini dibahas mengenai rancang bangun sistem tertanam untuk melakukan prediksi terhadap banjir. Sistem yang dibuat menggunakan 2 perangkat yaitu sensor node darat yang dibangun menggunakan mikrokontroller atmega328p yang dilengkapi dengan sensor suhu, kelembaban, tekanan, hujan, modul GSM, modul ZigBee dan sensor node sungai yang dibangun menggunakan mikrokontroller atmega328p yang dilengkapi dengan sensor ketinggian air, kecepatan air, modul ZigBee. Kedua perangkat tersebut dilengkapi power distribution dengan switch FET sehingga power pada seluruh modul dapat dimatikan dengan tujuan melakukan penghematan konsumsi daya. Kedua perangkat berhubungan secara local menggunakan perangkat ZigBee yang bernama MRF24J40MA. Salah satu perangkat dilengkapi dengan GSM Sim800L untuk berhubungan dengan webserver. Data yang dikumpulkan oleh perangkat tersebut dikumpulkan pada sebuah webserver yang kemudian diolah dan ditampilkan dalam bentuk Graphical Information System. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa performa dari switch FET pada power distribution tidak optimal pada sensor node darat dengan waktu aktif yang diprediksi adalah 14 jam dan pengiriman ke server yang tidak konsisten. Sedangkan pada sensor node sungai switch FET pada power distribution cukup optimal dengan prediksi waktu aktif 25 jam dengan pengiriman ke sensor node darat yang konsisten. Selain itu jarak antara sensor node darat dan sensor node sungai yang optimal adalah

One of the most common problems in Indonesia is the Flood. Early notice of the flood disaster is expected to reduce the losses incurred. Early flood notification can be done by creating an embedded system that monitors the surrounding conditions that provide data on a regular basis. In this thesis discussed the design of embedded systems to predict the flood. The system is built using 2 devices ground node sensors built using atmega328p microcontroller equipped with temperature sensor, humidity, pressure, rain, GSM module, ZigBee module and river node sensor built using atmega328p microcontroller equipped with water level sensor, water speed, ZigBee module. Both devices are equipped with a power distribution equipped with FET switches so that power on all modules can be turned off for the purpose of saving power consumption. Both devices are connected locally using a ZigBee device called MRF24J40MA. One device comes with GSM Sim800L to connect with the webserver. The data collected by these devices is sent to a webserver which is then processed and displayed in the form of a Graphical Information System. The results of this study indicate that the performance of FET switches on power distribution is not optimal on ground node sensors with the predicted active time is 14 hours with inconsistent delivery to servers. While at river node sensor, the FET switch on the power distribution is optimal with a prediction of 25 hours with consistent delivery to a ground node sensor. In addition, the optimal distance between the ground node sensor and the river node sensor and the river node sensor is <70m with a 90% delivery percentage."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panggalo, Indranata Utama
"Penelitian ini untuk membangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi kecepatan kendaraan, menghitung jumlah dan mengklasifikasikan kendaraan. Pendeteksian kendaraan menggunakan anisotropic magneto-resistive (AMR) sensor type HMC 1001 (Z-axis) dua buah. Pemrosesan dilakukan di mikrokontroler type ATmega 16, sedangkan hasil dari pemrosesan tersebut dikirimkan ke server/komputer menggunakan media komunikasi wireless (zigbee). Pada umumnya kendaraan dibuat dari bahan logam, maka saat kendaraan berjalan akan terjadi turbulensi terhadap medan magnet bumi. Besar-kecilnya turbulensi medan tersebut bergantung kepada besar-kecilnya kendaraan dan juga tinggi rendahnya kendaraan dari sensor.
Berdasarkan pengamatan terhadap karakteristik output sensor magnetic saat mendeteksi kendaraan, maka penulis dapat menentukan nilai-nilai threshold sistem bekerja. Pemberian ?durasi penahan? masing-masing pada kedua sensor 500 ms, berfungsi untuk menahan agar sistem tetap bekerja saat medan magnet berada pada daerah zero-offset. Jarak antara sensor 1,3 meter, saat kendaraan terdeteksi sensor_1, sistem mulai bekerja dan sensor melakukan scaning signature kemagnetan kendaraan. Ketika kendaraan meninggalkan sensor_2, sistem berhenti bekerja dan memberikan hasil.
Hasil klasifikasi kendaraan dibagi atas 3 group dan proses klasifikasi terdiri dari dua tahap. Pertama menggunakan parameter durasi empiris sensor mendeteksi kemagnetan kendaraan, yang dibandingkan dengan durasi secara matematis. Hasil klasifikasi tahap pertama, terdapat hasil yang merupakan hasil finish dan ada juga hasil yang perlu diklasifikasikan lagi karena terjadinya grup irisan. Grup irisan akan diklasifikasikan pada tahap kedua berdasarkan jumlah hill pattern.
Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, akurasi pendeteksian kecepatan kendaraan diatas 90%, sedangkan akurasi sistem counting jumlah kendaraan + 100%. Persentasi error klasifikasi kendaraan tahap pertama relatif antara +5% ? +10% dan persentasi error pada tahap kedua bagi kendaran yang masuk pada group irisan adalah + 36,4%. Pengiriman data menggunakan zigbee sangat baik sampai pada jarak + 150 meter.

This research is to build a system that can detect the speed of vehicles, calculate the number and classify vehicles. Vehicle detection using anisotropic magnetoresistive ( AMR ) sensor type of HMC 1001 ( Z-axis ), consists of two pieces. Processing is done in ATmega 16 microcontroller type, whereas the results of the processing will be sent to the server/computer using wireless communication media (ZigBee). Generally, the vehicles are made of metal, so while the vehicle is running, it will be turbulence the earth's magnetic field. The magnitude of turbulence magnetic field depends to the large-size vehicles and also distance/height of the vehicle to the sensor.
Based on observations of the magnetic characteristics of the sensor output when it detects a vehicle, the writer can determine the threshold values of the work system. Giving "barrier duration" to each sensor 500 ms, serves to hold to keep the system working when the magnetic field is in the region of zero-offset. The distance between the sensors is 1.3 meters, while the sensor_1 is detected, the system starts to work and scanning the signature of vehicle's magnetic. When the vehicle leaves sensor_2, the system will stop working and send the results.
The results of the classification of vehicles divided into 3 groups and the classification process consists of two stages. First use the empirical duration parameter, when the sensor detects the magnetism of vehicle, which is compared with the mathematically duration. The results of the first stage of classification, there are outcomes that as finish result, and there are also results that need to be classified again as the slice group. Slice group will be classified in the second stage based on the number of hill pattern.
Based on the results of testing and analysis, accuracy of vehicle speed detection above 90%, and the accuracy of vehicle counting systems + 100%. Error percentage of the vehicle classification at first stage, relative to +5 % - +10% and the error percentage in the second stage for the slice group was + 36.4%. Data transmission using Zigbee is very well until distance +150 meters.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T38935
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>