Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181183 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kemal Rahadian
"ABSTRAK
Solar Thermal Cooling System with its absorption cycle is expected to
replace the conventional air conditioning system with vapor compression cycle
because it is more efficient in terms of cost and energy. However, due to the heat
of the sun is not always stable, the system needs to be equipped with a backup
energy source, one of which is CNG. In the Manufacturing Research Center
building, the lack of facilities that support availability of CNG causes large
operating costs. Therefore, Optimization efforts with the aim to reduce operating
costs are needed. Simulation and optimization performed with EnergyPlus and
GenOpt. The conclusion is that the installation of 100 kW electric heater tankless
hot water storage tank is able to reduce total operating costs by 34.95% compared
to the use of a combination of solar thermal and CNG and 49.92% compared with
the full use of CNG.

ABSTRACT
Solar Thermal Cooling System with its absorption cycle is expected to
replace the conventional air conditioning system with vapor compression cycle
because it is more efficient in terms of cost and energy. However, due to the heat
of the sun is not always stable, the system needs to be equipped with a backup
energy source, one of which is CNG. In the Manufacturing Research Center
building, the lack of facilities that support availability of CNG causes large
operating costs. Therefore, Optimization efforts with the aim to reduce operating
costs are needed. Simulation and optimization performed with EnergyPlus and
GenOpt. The conclusion is that the installation of 100 kW electric heater tankless
hot water storage tank is able to reduce total operating costs by 34.95% compared
to the use of a combination of solar thermal and CNG and 49.92% compared with
the full use of CNG."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Suyana
"Solar thermal cooling system yang diharapkan mampu menggantikan pemakaian cooling system konvensional berupa vapor compresion system karena lebih hemat dalam pemakaian listrik, ramah lingkungan dan juga dapat memanfaatkan energi matahari yang potensinya sangat besar. Namun, perlu dilakukan simulasi dan juga optimasi pada solar thermal cooling system supaya kenerjanya lebih optimal. Untuk itu, pada tugas akhir ini penulis akan berfokus terhadap tahapan simulasi pemakaian solar thermal cooling systempada gedung MRC FTUI beserta optimasi solar collector menggunakan software EnergyPlus dan GenOpt. Posisi dan kemiringan solar collector menjadi objek optimasi untuk meningkatkan penyerapan energi matahari yang berefek terhadap kenaikan temperatur solar hot water dari solar collector yang akan digunakan sebagai sumber energi pada chiller.Efek dari optimasi tersebut adalah memaksimalkan pengunaan hot water sebagai energi untuk chiller.

Solar thermal cooling system that is expected to replace the use of conventional cooling system in the form of vapor compresion system because it is more efficient in the use of electricity,environmentally friendly and also can utilizing potential solar energy. However, the simulation needs to be done and also optimization of solar thermal cooling system in order to more optimally performance. Therefor, in this paper the authors will focus to the simulation stage on the use of solar thermal simulation cooling system at the MRC building FTUI along with optimization of solar collector using EnergyPlus software and GenOpt. Position and tilt the solar collector to be the object of optimization to increase the absorption of solar energy that affect the temperature rise solar hot water from the solar collector to be used as an energy source in the chiller. The effect of the optimization is to maximize the use of hot water as the energy for the chiller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosep Sasada
"Penghematan energi pada gedung merupakan satu potensi yang besar mengingat konsumsi energi pada gedung dapat mencapai 37 dari total konsumsi energi di dunia. Cooling load sendiri atau space conditioning berperan penting di dalam konsumsi energi secara keseluruhan di dalam gedung, yaitu antara 40 - 70. Penelitian kali ini adalah membandingkan besar cooling load pada suatu gedung lembaga pendidikan antara tipe Baseline dan tipe Design dengan menggunakan perhitungan EEC GBCI serta dengan menggunakan software EnergyPlus dan OpenStudio. Pada tipe Design terdapat pengurangan nilai lighting power density, pengubahan material kaca dari yang awalnya memilik nilai SC sebesar 0,73 menjadi 0,4, serta penambahan shading aluminium extrusion sepanjang satu meter. Hasil yang didapatkan adalah terjadinya pengurangan cooling load sebesar 187,2 kW EEC GBCI dan 225,2 kW simulasi.

Energy savings on a building is a huge potential since it could be 37 of the world total energy consumption. Cooling load or space conditioning is major part of energy consumption in a building, roughly 40 ndash 70 of the total building consumption. This research aims to compare cooling load of the school, between Baseline type and Design type using EEC GBCI worksheet and using EnergyPlus and OpenStudio softwares. For the Design type there are reductions of lighting power density, glazing window material change from the initial that has 0.73 SC to 0.4 SC, and an addition of 1 meter aluminum extrusion shading. The result shows there are 187,2 kW EEC GBCI and 225,2 kW simulation reductions of the cooling load."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68027
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Luthfi Setyana
"Penilitian ini membahas tentang retrofit sistem pendingin mesin untuk kapal coaster 1200GT dengan menggunakan sistem keel cooler. Dimana proses untuk mengganti suatu sistem yang sudah ada yang disebut retrofiting. Kapal coaster 1200GT merupakan kapal pengangkut barang untuk pelayaran pantai. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang keseluruhan ( ), panjang diantara garis tegak lurus ( ), lebar kapal ( ), tinggi kapal ( ), sarat kapal ( ), tenaga mesin utama ( ), kecepatan maksimum kapal ( ) dan dapat menampung penumpang sebanyak 400 orang. Tujuan penelitian ini adalah merancang kebutuhan keel cooler untuk kapal coaster 1200GT. Langkah-langkah kegiatan perancangan dan perhitungan keel cooler ini adalah sebagai berikut: menghitung kebutuhan keel cooler dengan variasi diameter ½ - 2 ½ inch untuk mengetahui berapa panjang (L) minimal dan nilai optimal dari nilai pelepasan panas (q). Variasi diameter menghasilkan beberapa nilai panjang dan nilai koefisien perpindahan panas yang bervariasi. Pada diameter 2½ inch memiliki nilai panjang minimal dan nilai pelepasan panas yang optimal.

This research discusses about retrofit of the engine cooling system for coaster ship 1200GT with a keel cooler system. Where the process to replace an existing system called Retrofitting. 1200GT coaster ship is a freighter ship to cruise the beach. This ship has the following specifications: length overall specification ( ), the length between perpendiculars ( ), the breadth ( ), height ( ), draft ( ), the main engine power ( ), the maximum speed of the ship ( ) and can accommodate as many as 400 passengers. The purpose of this research is to design requirements for ship's keel cooler coaster 1200GT. Step-by-step activities keel cooler design and calculation are as follows: calculate the keel cooler needs to variation in diameter ½ - 2 ½ inch to know how long ( ) minimum and the optimal value of the heat release ( ). Variations in diameter produced some length value and the value of heat transfer coefficient varies. At a diameter of 2½ inch has a minimum long value and optimal value of the heat release.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57716
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damora Rhakasywi
"Perkembangan industri elektronik untuk produk berkinerja tinggi yang ditandai dengan munculnya piranti elektronika berukuran minimalis serta menggunakan daya yang rendah memerlukan sebuah sistem pendinginan yang handal dan efisien sehingga mampu beroperasi secara optimum. Pada penelitian ini teknologi yang digunakan untuk mendinginkan komponen piranti elektronika tersebut menggunakan jet sintetik yang memanfaatkan gerakan membran secara kontinyu dengan menghasilkan cincin vortex untuk mempercepat proses perpindahan panas.
Penelitian yang dilakukan pada study ini bertujuan untuk mencari nilai frekuensi, jenis gelombang eksitasi, serta bentuk orifis jet sintetik yang menghasilkan performa pendinginan yang baik untuk model jet sintetik impinging, mencari pengaruh jarak tumbukan (impact) jet sintetik impinging terhadap laju perpindahan panas konveksi untuk proses pendinginan, mencari model cavity jet sintetik impinging dan jet sintetik cross flow yang memiliki kehandalan dalam proses pendinginan.
Penelitian ini dikerjakan menggunakan pendekatan komputasional dan eksperimental. Pada pendekatan komputasional digunakan software CFD (computational fluid dynamics) yang mendefinisikan kondisi batas jet sintetik dengan asumsi dinding bergerak (moving wall) dan model turbulensi k-omega SST (Shear Stress Transport). Kemudian model uji eksperimental menggunakan model jet sintetik tipe impinging dan model jet sintetik tipe cross flow. Model-model tersebut memiliki perbedaan dalam hal arah aliran jet sintetik terhadap media yang akan didinginkan berupa heatsink. Modus eksitasi yang dipergunakan untuk menghasilkan aliran jet sintetik tersebut menggunakan sinyal listrik berupa gelombang sinusoidal, square dan triangular dengan variasi frekuensi 80 Hz, 120 Hz dan 160 Hz. Sinyal listrik tersebut dihasilkan oleh sweep function generator.
Hasil yang diperoleh dari kajian komputasional dan eksperimental tersebut memberikan informasi bahwa jet sintetik mampu memberikan efek pendinginan pada objek yang akan didinginkan. Parameter dari variasi frekuensi eksitasi jet sintetik dan arah aliran jet sintetik memberikan efek yang beragam dalam hal pendinginan. Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut diperoleh modus eksitasi yang paling baik menggunakan gelombang eksitasi square 120 Hz untuk model jet sintetik impinging kemudian kombinasi gelombang eksitasi sinusoidal 120 Hz dan square 80 Hz memberikan efek pendinginan yang paling optimum untuk tipe jet sintetik cross flow. Konsumsi energi yang dibutuhkan oleh jet sintetik sebanyak 1,78 joule untuk menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C sedangkan kipas menghabiskan konsumsi energi sebanyak 142,2 joule untuk dapat menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C.

The development of the electronics industry for high performance products are characterized by the emergence of electronic devices minimalist size and low power required to use a cooling system that is reliable and efficient thus able to operate at its optimum. In this study, the technology used to cool electronic devices such components using synthetic jet which utilizes a continuous membrane movement by generating vortek ring to accelerate the process of heat transfer. Research conducted in this study aimed to explore the value of frequency, type of wave excitation, as well as the shape of the synthetic jet orifice produces good cooling performance for the model synthetic jet impinging, collision distance for influence synthetic jet impinging on the rate of convection heat transfer to the cooling process, looking for synthetic jet impinging cavity models and synthetic jet cross flow which has reliability in the process of cooling.
The study is done using the method of using computational and experimental approaches. In the computational approach used CFD (computational fluid dynamics) software which defines the boundary conditions assuming a synthetic jet moving wall model with k-omega SST (Shear Stress Transport) turbulence. Then test the model using the experimental model of type impinging synthetic jet and model of synthetic jet cross flow type. The models differ in terms of synthetic jet flow direction of the media that will be cooled heatsink. Mode excitation is used to produce the synthetic jet flow using electrical signals in the form of waves sinusoidal, square dan triangular with variations in frequency of 80 hz, 120 hz and 160 hz. The electrical signals generated from the tool named sweep function generator.
Results obtained from the computational and experimental information that synthetic jets can provide a cooling effect on the object to be cooled. Parameters of synthetic jet excitation frequency variation and direction of flow of synthetic jet placement varied effects in terms of cooling. From the results of the research conducted most excitation modes obtained using either 120 hz square wave excitation for the type of impinging synthetic jet models then the combination of 120 hz sinusoidal excitation wave and 80 hz square provide the most optimum cooling effect for condition type cross flow model of synthetic jet. Energy consumption required by the synthetic jet 1.78 joules to lower the temperature of 53°C - 48.2°C while fans spend energy consumption 142.2 joule to be able to lower the temperature of 53°C-48.2°C.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D1899
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Idrus Alhamid
"Sektor bangunan di Indonesia membutuhkan sistem pendingin udara untuk menciptakan zona kenyamanan termal. Secara umum, energi listrik berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, adalah bentuk energi tidak terbarukan dan memiliki masalah lingkungan. Di Indonesia, energi matahari dapat dimanfaatkan sepanjang tahun. Pemanfaatan energi matahari untuk sistem pendingin oleh panas memiliki keuntungan yang signifikan; yaitu sumber energi bersih, tersedia tanpa biaya langsung dan dapat diakses secara proporsional ketika beban pendinginan meningkat. Energi matahari untuk sistem absorption chiller di Indonesia adalah salah satu teknologi yang menjanjikan yang dapat memecahkan masalah energi dan lingkungan. Bekerja bersama Kawasaki Thermal Engineering dan Waseda University, Universitas Indonesia telah merancang dan membangun Solar Thermal Cooling System (STCS) pertama di Indonesia. Sistem ini menggunakan mesin chiller penyerapan efek-tunggal-ganda; terletak di gedung Manufactur Research Center (MRC), Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dari tipikal data uji lapangan, STCS dapat mengurangi konsumsi energi primer antara 11 dan 48% dibandingkan dengan kompresi uap dengan COP 3,1. Selain itu, disain dan penelitian ini juga memprediksi kinerja sistem ini di enam kota besar di Indonesia berdasarkan data uji lapangan: Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan Bali. Rata-rata dalam satu bulan untuk enam kota adalah 25,8 MWh pengurangan konsumsi gas setara dengan pengurangan 13,8 ton emisi CO2.

Building sector in Indonesia requires air conditioning systems to create comfort zones. Generally powered by fossil fuel combustion, electricity poses environmental issues as a non-renewable form of energy. In Indonesia, solar energy remains accessible throughout the year. Utilizing solar energy for heat-driven cooling systems offers significant advantages: a clean energy source, available at no direct cost, and proportionally accessible with increased cooling demand. Solar energy for absorption chiller systems in Indonesia presents a promising technology to address energy and environmental concerns. In collaboration with Kawasaki Thermal Engineering and Waseda University, the University of Indonesia has designed and constructed Indonesia's first Solar Thermal Cooling System (STCS). This system uses a double-effect absorption chiller, located at the Manufactur Research Center (MRC) building, Faculty of Engineering, Universitas Indonesia. Field test data indicates that the STCS can reduce primary energy consumption between 11 and 48% compared to vapor compression systems with a COP of 3.1. This design and research predict the system's performance in six major cities in Indonesia—Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Makassar, and Bali. On average, for these six cities in a month, there's a reduction of 25.8 MWh in gas consumption, equivalent to a decrease of 13.8 tons of CO2 emissions."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Azharrisman
"Penelitian ini membahas mengenai perancangan dan perhitungan palka ikan untuk kapal ikan 30 GT menggunakan kapal yang dirancang khusus. Pada penelitian ini pendinginan palka ikan menggunakan sistem refrigerasi untuk mengoptimalkan volume ruangan palka karena, dalam pengoperasiannya palka berpendingin es membutuhkan 50% dari kapasitas ruang palka untuk memuat es. Dalam penelitian ini, dilakukan studi literatur guna menentukkan parameter perhitungan, desain geometrik palka, dan dilakukan simulasi CFD menggunakan Ansys Fluent untuk menilai bentuk aliran fluida pendingin dan waktu pendinginan produk, lalu dilanjutkan dengan perhitungan beban pendinginan dan kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan untuk sistem pendingin yang telah dirancang. Berdasarkan hasil simulasi didapatkan waktu pendinginan paling cepat terjadi ketika kecepatan inlet fluida pendingin 8 m/s pada kapasitas pemuatan 100% dengan waktu pendinginan ikan dari 27°C sampai 0°C membutuhkan waktu selama 4 jam 15 menit, serta kebutuhan daya total untuk sisterm refrigerasi yaitu 5,88 kW.

This study discusses the design and calculation of fish hold for 30 GT fishing vessels using specially designed vessels. In this study, fish hold cooling uses a refrigeration system to optimize the volume of the hold because, in its operation, the ice-cooled hatch requires 50% of the capacity of the hold to load ice. In this study, a literature study was conducted to determine the calculation parameters, geometric design of the hold, and a CFD simulation was carried out using Ansys Fluent to review the shape of the cooling fluid flow and product cooling time then continued with the calculation of the cooling load and the electrical power required for the cooling system has been designed. Based on the simulation results, the fastest cooling time occurs when the cooling fluid inlet velocity is 8 m/s at a loading capacity of 100% with a cooling time of fish from 27°C to 0°C which takes 4 hours 15 minutes, as well as the total power requirement for the refrigeration system is 5.88 kW."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Harits Muttaqin
"Penggunaan energi yang tidak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara secara perlahan telah membawa dunia ini ke dalam krisis energi, sehingga diperlukan upaya penghematan energi. Isu dunia mengenai penghematan energi tersebut sangat berkaitan erat dengan industri otomotif. Industri otomotif dituntut untuk menghasilkan produk dengan emisi kendaraan yang rendah dan kendaraan yang hemat bahan bakar. Material TWDI (thin wall ductile iron) yang dapat dilakukan pemrosesan lanjut menjadi TWADI (thin wall austempered ductile iron) menjadi kandidat yang paling menarik karena sifat mekanisnya yang baik serta biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan aluminium. Tantangan yang dihadapi pada proses pembuatan material TWDI saat ini yaitu kecenderungan terbentuknya lapisan kulit (skin effect) pada permukaan logam hasil pengecoran yang dapat menurunkan sifat mekanis.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan isolator berupa glasswool, kayu, dan rockwool dengan ketebalan 40 mm terhadap kecepatan pendinginan. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia, pengamatan makro, pengamatan struktur mikro, dan pengujian tarik. Pengamatan struktur mikro dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, dengan bantuan program image analysis. Sedangkan analisis kecepatan pendinginan didapatkan secara kualitatif.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kecepatan pendinginan merupakan fungsi dari jumlah nodul, karbida, nodularitas, dan diameter rata-rata nodul. Kecepatan pendinginan tercepat hingga terlambat yaitu pada penggunaan isolator rockwool (P9M1), kayu (P8M1), dan glasswool (P6M1). Untuk ketebalan lapisan kulit rata-rata terbesar hingga terkecil yaitu P8M1 32,58 μm, P9M1 25,59 μm, dan P6M1 25,45 μm. Dari karakteristik nodul, P8M1 memiliki nodularitas tertinggi sebesar 81% lalu diikuti P6M1 sebesar 79% dan P9M1 sebesar 76%. P6M1 memiliki 1605 nodul/mm2, P9M1 1274 nodul/mm2 dan P8M1 1141 nodul/mm2. Sedangkan, diameter nodul P6M1 10,20 μm, P8M1 9,71 μm, dan P9M1 9,09 μm. Matriks yang didapatkan adalah ferit dan karbida dengan tingkat keparahan karbida tertinggi hingga terendah yaitu P9M1, P8M1, dan P6M1. Nilai kekuatan tarik P6M1 367 MPa, P9M1 329 MPa, dan P8M1 146 MPa. Sedangkan elongasi P6M1 2%, P9M1 1,1%, dan P8M1 1%. Sifat mekanis yang didapatkan masih berada di bawah nilai standar.

Nowadays, the use of unsustainable energy such as petroleum and coal subsequently has brought us to the energy crisis. So that the effort of saving energy is crucial. World issues regarding energy savings is very closely related to the automotive industry. The automotive industry is required to produce products with lower emissions and fuel-efficient vehicles. TWDI (thin wall ductile iron) which can be processed to TWADI (thin wall austemperd ductile iron) became the best candidate due to good mechanical properties and lower cost comparing to aluminum. The challenge confronted in the process of TWDI making is the tendency of skin formation on the surface of the metal casting reduced its mechanical properties.
This research is conducted to obtain the effect of insulators utilization such as glasswool, wood, and rockwool with the thickness of 40 mm towards the cooling rate. Methods performed are chemical composition, visual observation, microstructure observation, and tensile testing. While, microstructure observation is conducted qualitatively and quantitatively using image analysis program, the analysis of the cooling rate is obtained qualitatively.
The cooling rate, from the fastest to the slowest, is rockwool (P9M1), wood (P8M1), and glasswool (P6M1). Where as, for the average skin thickness, from the biggest to the smallest, is P8M1 32.58 μm, P9M1 25.59 μm, and P6M1 25.45 μm. For nodule characteristics, P8M1 has the 81% nodularity and then followed by P6M1 with 79% and P9M1 with 76%. While, P6M1 has 1605 nodule/mm2, P9M1 and P8M1 has 1274 and 1141 nodul/mm2, respectively. While, the biggest nodule diameter is P6M1 with 10.20 μm, the next is P8M1 with 9.71 μm and then P9M1 with 9.09 μm. Ferrite and carbide is found in the matrix. The severity level of carbide, from the highest to the lowest, is P9M1, P8M1 and P6M1. From mechanical aspects, the highest ultimate tensile strength is obtained by P6M1 with 367 MPa, then followed by P9M1 with 329 MPa and P8M1 with 146 MPa. Where as, for the elongation, P6M1 is 2%, P9M1 is 1.1% and P8M1 is 1%. The mechanical properties obtained don't fulfill the standardfollowed by P6M1 with 79 and P9M1 with 76 While P6M1 has 1605 nodule mm2 P9M1 and P8M1 has 1274 and 1141 nodul mm2 respectively While the biggest nodule diameter is P6M1 with 10 20 m the next is P8M1 with 9 71 m and then P9M1 with 9 09 m Ferrite and carbide is found in the matrix The severity level of carbide from the highest to the lowest is P9M1 P8M1 and P6M1 From mechanical aspects the highest ultimate tensile strength is obtained by P6M1 with 367 MPa then followed by P9M1 with 329 MPa and P8M1 with 146 MPa Where as for the elongation P6M1 is 2 P9M1 is 1 1 and P8M1 is 1 The mechanical properties obtained don rsquo t fulfill the standard.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernard Zaimi Pratama
"Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis dalam penerapan regulasi BKI terkait Cooling System, Fuel System pada Kapal Yacht terhadap kesesuaiannya pada kondisi aktualnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengecualian-pengecualian terhadap kapal yang telah beroperasi yang akan didaftarkan pada klasifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana regulasi tersebut akan dibandingkan dengan kondisi aktual dari kapal tersebut dan regulasi lain dari anggota IACS. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan beberapa pengecualian-pengecualian dan saran penambahan peraturan untuk regulasi BKI.

The issues which examined in this research is to analyze the application of BKI Regulation about Cooling system, fuel system for Yacht based on suitability to actual condition. The research aimed to know the exceptions for operated Yacht that want to register to Classification. The Methods which used in this research is qualitative method where that regulation will be compared with actual conditions from that ship and other regulation from other IACS member. According to the result of the research, there are some exceptions and additional advice for BKI regulation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Thooriq Ramadhan
"Menara pendingin adalah suatu unit yang membantu proses pembuangan kalor. Maka, efektivitas thermal adalah sebuah variabel yang vital untuk performa dari menara pendingin. Presipitasi kerak dapat menjadi faktor yang sangat mengganggu efektivitas thermal dari unit penukar kalor karena sifat natural nya yang mempunyai resistansi thermal yang tinggi. Proses ozonasi diharapkan dapat menurunkan potensi presipitasi kerak yang mana meningkatkan performa thermal menara pendingin. Air pendingin pada menara disirkulasikan lalu diaplikasikan dengan ozon dan sinar UV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik efek ozonasi terhadap total resistansi thermal fouling dari menara pendingin forced draft - counter flow - sistem tertutup serta kualitas air sirkulasi melalui metode Practical Ozone Scaling Index dan Langelier Saturation Index. Metode yang digunakan dalam mengetahui kualitas air menara pendingin sistem tertutup adalah dengan melakukan uji laboratorium seperti AAS, Titrimetric, Gravimetrik, dan Spectrophotometric. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan aplikasi ozon, total resistansi thermal menara pendingin sistem tertutup menurun sebesar 7 x10-6 m2K/W. Ozon juga dapat meningkatkan kualitas air sirkulasi menara pendingin sistem tertutup.

Cooling tower is a unit that helps heat dissipation process. Thus, thermal effectiveness is a vital variable for performance of the cooling tower. Scale precipitation can be a very disturbing factor to the thermal effectiveness of the heat exchange unit due to its natural properties which have high thermal resistance. The ozonation process is expected to decrease the potential of precipitation of the scale which improves the cooling tower thermal performance. The cooling water is circulated from the tower, then applied by ozone and UV ray. This study aims to determine the characteristics of the effects of ozonation on the overall thermal fouling resistance of forced draft type ndash counter flow closed system cooling towers and the quality of water circulation through Practical Ozone Scaling Index and Langelier Saturation Index methods. Water quality of closed system cooling towers is determined by conducting laboratory tests such as AAS, Titrimetric, Gravimetric, and Spectrophotometric. The results obtained from this study indicate that by the presence of ozone, the overall thermal tower resistance of the closed system cooling towers reduced by 7 x10 6 m2K W. Ozone can also improve the water quality of closed system cooling towers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>