Ditemukan 131698 dokumen yang sesuai dengan query
Utami Winandaria
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
TA4075
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Fahriansyah
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak antara sustainable marketing terhadap customer loyalty dengan mediasi brand image pada toyota Indonesia. Berlandaskan dari teori triple bottom-line, penelitian ini membagi sustainable marketing kedalam tiga dimensi yang berbada yaitu economic sustainability, social sustainability, dan environment sustainability. Dari ketiga dimensi itu akan diuji keterkaitannya dengan varibel mediasi yakni brand image dan bagaimana dampaknya terhadap customer loyalty dari toyota Indonesia. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structrual Equation Modelling. Hasilnya menunjukkan bahwa praktik sustainabel marketing berpengaruh positif terhadap brand image dan customer loyalty. Selain itu, brand image bertindak sebagai perantara antara sustainabel marketing dan customer loyalty.
This research was conducted with the aim of determining the impact of sustainable marketing on customer loyalty by mediating brand image at Toyota Indonesia. Based on the triple bottom-line theory, this research divides sustainable marketing into three different dimensions, namely economic sustainability, social sustainability and environmental sustainability. The three dimensions will be tested for their relationship to the mediating variable, namely brand image and how it impacts customer loyalty from Toyota Indonesia. The data in this study were analyzed using the Partial Least Squares Structrual Equation Modeling method. The results show that sustainable marketing practices have a positive effect on brand image and customer loyalty. Apart from that, brand image acts as an intermediary between sustainable marketing and customer loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Syavira Usman Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi green marketing mix, green image, green satisfaction, dan green trust pada green customer loyalty di pasar green cosmetics lokal Indonesia. Model pengukuran dibuat berdasarkan tanggapan valid dan reliabel dari kuesioner online pelanggan produk green cosmetics terkait green marketing mix, green image, green satisfaction, green trust, dan green customer loyalty menggunakan 6-poin Skala Likert dengan bantuan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green product memiliki pengaruh positif pada green image dan green satisfaction. Green price memiliki pengaruh positif pada green image, green satisfaction, dan green customer loyalty. Green place memiliki pengaruh positif pada green image, green satisfaction, dan green trust. Green promotion memiliki pengaruh positif pada seluruh dimensi green brand equity dimana green public relation menunjukkan peran besar dalam penentuan hubungan antar keduanya. Green image memiliki pengaruh positif pada green satisfaction dan green trust. Green satisfaction memiliki pengaruh positif pada green trust dan green customer loyalty. Green trust memiliki pengaruh positif pada green customer loyalty.
This study aims to examine the impact of green marketing mix, green image, green satisfaction, and green trust on green customer loyalty in Indonesia’s local green cosmetics market. A measurement model created based on valid and reliable responses from online questionnaire from sustainable cosmetics product’s customer for green marketing mix, green image, green satisfaction, green trust, and green customer loyalty using 6-point Likert Scale with the help of PLS-SEM. The results of this study indicate that green product has a positive effect on green image and green satisfaction. Green price has a positive influence on green image, green satisfaction, and green customer loyalty. Green place has a positive influence on green image, green satisfaction, and green trust. Green promotion has a positive influence on all dimensions of green brand equity where the green public relations show a large role in determining the relationship between the two. Green image has a positive influence on green satisfaction and green trust. Green satisfaction has a positive effect on green trust and green customer loyalty. Green trust has a positive influence on green customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
; Sheila Griselda
"Maraknya fenomena live streaming commerce telah menarik kehadirannya di Indonesia karena telah mengubah cara pemasaran dari tradisional menjadi digital. Di Indonesia, ekspansi live streaming tercermin dari pesatnya pertumbuhan jumlah penjual yang masuk ke pasar dan pertumbuhan transaksi jual beli melalui live selling. Meneliti keterlibatan pelanggan dan niat membeli pada live streaming penting bagi penjual untuk mempercepat upaya pemasaran yang selaras dengan perilaku customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Customer Engagement dan Purchase Intention masyarakat Indonesia dalam berbelanja produk makanan dan minuman di TikTok live streaming dengan menerapkan teori Stimulus-Organism-Response (SOR). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan survei online dan dibagikan kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan TikTok, berusia antara 18-26 tahun dan pernah menonton produk makanan dan minuman secara live streaming minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir. Terdapat 256 responden yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor stimulus (Real-Time Interaction, Perceived Proximity, dan Perceived Authenticity) berpengaruh positif terhadap faktor organism (Emotional Support) dan berhubungan dengan faktor response (Customer Engagement dan Purchase Intention). Selanjutnya, terdapat hubungan positif antara faktor stimulus Real-Time Interaction dan Perceived Authenticity) ke Customer Engagement dan Purchase Intention yang dimediasi oleh Emotional Support. Nilai pengaruh terbesar terlihat pada Customer Engagement yang berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, sedangkan Perceived Proximity terbukti berpengaruh negatif terhadap Informational Support.
The proliferation of the phenomenon of has embraced its presence in Indonesia because it has changed the way of marketing from traditional to digital. In Indonesia, the expansion of live streaming trading is reflected in the rapid growth in the number of sellers entering the market and growth in buying and selling transactions through live streaming. Scrutinizing customer engagement and purchase intention on live streaming commerce is important for sellers to accelerate marketing efforts aligned with audience or customer behavior. This study aims to determine the factors that influence Customer Engagement and Purchase Intention of the Indonesian people in shopping for food and beverage products on TikTok live streaming by implementing the Stimulus-Organism-Response (SOR) theory. Sampling was carried out using a purposive sampling method using an online survey and distributed to the Indonesian people as TikTok users who are between 18-26 years old and have watched live streaming of food and beverage products at least once in the last three months.256 respondents were collected and then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method using PLS-SEM software. The results of this study indicate that the stimulus factor variables (Real-Time Interaction, Perceived Proximity, and Perceived Authenticity) have a positive effect on the organism factor (Emotional Support) which connects to the response factor (Customer Engagement and Purchase Intention). Furthermore, there are only two positive relationships between stimulus factors (Real-Time Interaction and Perceived Authenticity) and Customer Engagement as well as Purchase Intention mediated by Emotional Support. The biggest influence path is seen on the Customer Engagement variable which has a positive effect on Purchase Intention, while Perceived Proximity has proven to have a negative impact on Informational Support."
[Depok;Depok;Depok, Depok]: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia;Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia;Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia], 2023
S-pdf;S-pdf;S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 2008
TA1835
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Adi Kamer Putra
"Perubahan strategi pemasaran dari transactional marketing menjadi relationship marketing dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan bisnis yang berkelanjutan (suistanable). Dalam relationship marketing, perusahaan fokus pada pelanggan dengan sasaran untuk memperoleh manfaat jangka panjang. Customer Lifetime Value (CLV) merupakan salah satu metode pengukuran untuk mengetahui manfaat jangka panjang pelanggan. Nilai Seumur Hidup Pelanggan atau lebih dikenal dengan Customer Lifetime Value (CLV) merupakan salah satu pendekatan untuk mengkuantifikasi proyeksi laba (profitabilitas) yang diperoleh perusahaan dari setiap konsumennya. Nilai CLV bisa menjadi justifikasi bagi keputusan investasi perusahaan di bidang pemasaran. Customer lifetime value adalah value pelanggan saat ini dan di masa yang akan datang yang dihasilkan dari hubungan bisnis pelanggan dengan perusahaan. Untuk menghitung CLV dibutuhkan 2 (dua) informasi kunci yaitu customers?profit atau margin dan customer retention rate.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perceived value dan customer commitment terhadap customer loyalty serta pengaruh customer loyalty terhadap CLV di PTKS, perusahaan baja nasional. Penelitian dimulai dengan menyebarkan kuesioner kepada 39 pelanggan B to B dan mengumpulkan data profit margin serta menghitung CLV. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dan pengolahannya menggunakan software SmartPLS ver 2.0 M3.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa perceived value dan customer commitment secara signifikan berpengaruh positif terhadap terbentuknya customer loyalty dan customer loyalty memberikan efek yang kuat terhadap peningkatan CLV. Hasil penelitian membuktikan teori bahwa perceived value dan customer commitment mempengaruhi customer loyalty serta customer loyalty berkontribusi terhadap peningkatan CLV.
Changing marketing strategy from transactional marketing to relationship marketing is required by company to maintain its business sustainability. This is because relationship marketing focuses on customer rather than the transaction itself; hence the objective is to get long-term benefits. One of the method used to assess this long-term benefit is Customer Lifetime Value (CLV). The main objective of this research is to study the contribution of perceived value and customer commitment towards customer loyalty, as well as to see whether customer loyalty affects CLV in PTKS, the national steel company. The research started by sending questionnaires to 39 Business to Business (B-to-B) customers along with collecting profit margin and calculating CLV of them. The collected data then is analyzed by applying Partial Least Square (PLS) method. The software used for calculating PLS is SmartPLS ver 2.0 M3. The PLS analysis result indicates that perceived value and customer commitment, significantly effects customer loyalty in positive direction, as well as customer loyalty to CLV. This supports the theory which says that customer loyalty is affected by customer perceived value and commitment, and customer loyalty contributes to increasing of CLV."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Saragih, Maudy Bunga Rosmita
"Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran media sosial memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan secara langsung dalam konteks Instagram @tokopedia. Namun, variabel pemasaran media sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan melalui mediasi kepuasan pelanggan. Pemasaran melalui media sosial Instagram @tokopedia, seperti informasi mengenai cashback, diskon, gratis ongkir, dan lainnya, serta membuat konten-konten interaktif yang mengajak pengikut untuk berpartisipasi, terbukti dapat menarik pelanggan untuk puas dan menjadi loyal. Kemudian, Variabel kepercayaan merek memiliki hubungan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung ataupun dengan mediasi kepuasan pelanggan. Tokopedia telah berhasil memenuhi semua aspek dari kepercayaan merek. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dalam bentuk retensi, frekuensi pembelian, maupun WOM yang baik, adalah hasil dari meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap platform Tokopedia Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer pemasaran khususnya di bidang industri e-commerce untuk mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.
The results of the study show that social media marketing have a significant relationship to customer loyalty directly in the context of Instagram @tokopedia. However, social media marketing do not have a significant relationship to customer loyalty through the mediation of customer satisfaction. Marketing through social media Instagram @tokopedia, such as information about cashback, discounts, free shipping, and more, as well as creating interactive content that invites followers to participate, has been proven to attract customers to be satisfied and loyal. Then, brand trust has a relationship to customer loyalty either directly or by mediating customer satisfaction. Tokopedia has succeeded in fulfilling all aspects of brand trust. Thus, customer loyalty in the form of good retention, purchase frequency, and WOM is the result of increased customer trust in the Tokopedia platform. This research is expected to help marketing managers, especially in the e-commerce industry, to optimize marketing communication strategies on social media by uses an emotional approach to its customers to encourage increased customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Jala Yusuf
"Penelitian ini menganalisis pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan studi pada konsumen Pizza Hut di Margo City. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data dan informasi melalui survei dengan alat bantu kuesioner dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang merupakan konsumen Pizza Hut yang berusia 17 tahun keatas, berdomisili di Jabodetabek, dan telah melakukan pembelian minimal 2 kali di Pizza Hut Margo City. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariat dengan menggunakan Structural Equation Modelling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.
This study analyzes the influence of brand image on consumer loyalty through customer satisfaction with the customer at Pizza Hut in Margo City. This research uses quantitative approach with data and information by means of questionnaires and literature study. The sample used in this research is 100 respondents who are Pizza Hut consumers aged 17 years and over, domiciled in Jabodetabek, and have made purchases at least 2 times in Pizza Hut Margo City. In the sampling technique using purposive sampling. Data analysis used in this research is by using Structural Equation Modeling SEM . The results show that brand image has a significant influence on consumer loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67568
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 2009
TA1842
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 2009
TA1854
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library