Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 58925 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Yunia Fauzia
";;;"
Jakarta: Kencana, 2014
297.5 IKA e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"This article is motivated by an imbalance between the econimic development of the people of the lower class and the upper middle class. Competition particularly among distributors is now increasingly imbalance between small retailers and retailers with self-service system. Related to this, there has actually been written rules of the government Indonesian Presidential Regulation No 112 of 2007 regulates the mnagement and Development of Traditional Markets, Shopping Centers, and Modern Stores. In addition, local regulation which is tailored to each region set on the protection, empowerment of traditional market, and the modern market planning and control. Islamic business ethics has also arranged the competition in terms of trade. Basically islamic business ethics serves to help businesses (merchants) to solve moral problems in their business practice. Islamic business ethics explained that the competition in a business should be run fairly among competitors in order win-win solution could happen."
AHKAM 1:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Khayyath, Abdul Aziz
Jakarta: Gema Insani Press, 1994
297.5 ALK e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Sondang P.
Jakarta: LPPM, 1996
174.4 SIA e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
174.4 KER e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
300 RJES 15:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mafri Amir
Jakarta: Logos, 1999
297.5 MAF e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eggi Sudjana
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999
344.06 Sud p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Siti Lestari
"Terdapat hubungan yang erat antara etika bisnis dan persaingan usaha. Terdapatnya aspek hukum dan aspek etika bisnis sangat menentukan terwujudnya persaingan yang sehat. Munculnya persaingan yang tidak sehat disebabkan karna peranan hukum dan etika bisnis dalam persaingan usaha belum berjalan sebagaimana mestinya. Dalam bisnis, terjadi persaingan yang ketat, yang kadang-kadang menyebabkan pelaku usaha menghalalkan segala usaha untuk memperoleh keuntungan usaha dan memenangkan persaingan.
Etika bisnis adalah perwujudan dari nilai-nilai moral. Hal ini disadari oleh sebagian besar pelaku usaha, karena mereka akan berhasil dalam kegiatan bisnisnya jika mengindahkan prinsip-prinsip etika bisnis. Jadi penegakan etika bisnis penting artinya dalam upaya menegakkan iklim persaingan sehat yang kondusif di Indonesia, penegakan etika bisnis dalam persaingan usaha semakin berat. Kondisi ini semakin sulit dan komplek, karena banyaknya pelanggaran terhadap etika bisnis oleh para pelaku bisnis itu sendiri, sedangkan pelanggaran etika bisnis tersebut tidak dapat diselesaikan melalui jalur hukum karena sifatnya yang tidak mengikat secara hukum.
Kondisi etika bisnis di kalangan pengusaha Indonesia sangat memprihatinkan seperti misalnya tampak pada adanya keserakahan, kolusi, korupsi, dan nepotisme yang menyebabkan timbulnya pengusaha besar atau kelompok pengusaha besar atau konglomerat, yang mengalahkan pengusaha kecil dan konsumen. Timbullah praktek bisnis curang seperti monopoli, oligopoli, kartel, dan sebagainva.
Upaya ke arah terbentuknya persaingan sehat dan penegakan etika bisnis, telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan mengeluarkan dua buah undang-undang, yaitu Undang-Undang Anti Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Persaingan usaha yang sehat akan menjamin keseimbangan antara hak-hak produsen dan konsumen. Indikator dari persaingan sehat adalah tersedianya banyak produsen, harga pasar yang ditentukan berdasarkan keseimbangan antara permintaan dan penawaran, dan peluang yang sama dari setiap usaha, dalam bidang industri dan perdagangan.
Adanya persaingan usaha yang sehat, akan menguntungkan semua pihak termasuk konsumen dan pengusaha kecil, dan produsen sendiri, karena akan menghindari terjadinya konsentrasi kekuatan pada satu atau beberapa usaha tertentu. Tanpa kepastian hukum, maka mekanisme pasar akan terancam. Adanya hukum yang pasti akan memelihara ketertiban pasar dan menjamin transparansi pasar.
Tesis ini bertujuan untuk mengkaji relevansi etika bisnis dengan persaingan usaha di Indonesia, dan apa aspek hukum dari adanya persaingan tidak sehat terhadap konsumen dan pengusaha kecil Iainnya. Juga bagaimana aspek hukum yang timbal dengan diundangkannya Undang-Undang Anti Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat dan Undang-Undang tentang Perlindungan Konsuumen yang akan diberlakukan pada tahun 2000 yang akan datang. PeneIitian ini bersifat yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2000
T3913
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>