Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90138 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"[Kereta Rel Listrik (KRL) disuplai tegangan 1500 V DC oleh gardu traksi yang didalamnya terdapat komponen penyearah. Penyearah ini memproduksi harmonisa yang menyuntikkan arus menuju sumber tegangan menengah 20kV PLN dan dapat menyebabkan rusaknya peralatan listrik. Hasil pengukuran distorsi harmonisa pada kubikel 20kV/1.2kV gardu traksi menunjukkan THD maksimum tegangan sebesar 1.87 % dan THD arus maksimum sebesar 63.38 %. THD maksimum tegangan masih dibawah standar IEEE (<5%) sedangkan THD maksimum arus berada diatas standar IEEE (<20%). Untuk mengurangi efek distorsi harmonisa arus, dirancang filter pasif untuk memfilter harmonisa orde ke-5,ke-7, dan ke-11. Hasil simulasi dengan ETAP 7.0.0 didapatkan hasil rancangan filter pasif optimum dapat mengurangi THD arus hingga rata-rata 6.24%., Electric train is supplied with 1500 V DC by traction substation which have components of the rectifier . This rectifier produces harmonics that inject harmonics current toward source 20kV PLN and cause the damage of electric utility. Measurement results of harmonic distortion at 20kV/1.2kV cubicles in traction substation shows that the maximum value of THD-v is 1.87% and the maximum value of THD-i is 63.38 %. THD-v is below IEEE standard (< 5 %) and THD-i is above the IEEE standard (<20 %). In order to reduce the effects of harmonics currents, passive filter is designed to filter harmonics for 5th , 7th , and 11th order. ETAP 7.0.0 simulation result obtains the optimum design of passive filter that can reduce THD-i to 6.24% average.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57222
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Zamzami
"Sistem elektrifikasi pada Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek memakai sistem arus searah 1500 volt DC. Sistem saluran atas 1.500 volt DC disuplai dari gardu traksi yang dilengkapi dengan komponen penyearah silicon rectifier. Komponen penyearah ini dapat menghasilkan harmonisa yang bisa mendistorsi sumber tegangan menengah 20 kV PLN dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan rusaknya peralatan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan dan arus harmonisa serta merancang filter harmonik pada gardu traksi KRL. Hasil pengukuran distorsi harmonisa pada kubikel 20kV/1.2kV gardu traksi dengan PQA menunjukkan THD-v maksimum sebesar 3,34% (sesuai standar IEEE) dan THD-i maksimum sebesar 94,86%. Nilai TDD maksimum 0,73% (sesuai standar IEEE), namun IHD-i orde ke-5, ke-7, dan ke-11 melebihi standar IEEE, dengan nilai masing-masing 70,4%, 43,3%, dan 21,45%. Pemasangan filter harmonisa di titik pengukuran dari hasil simulasi menggunakan ETAP 12.6.0 menunjukkan hasil yang paling optimum dengan nilai THD-i turun menjadi 0,00%.

The electrification system on the Jabodetabek Electric Train  uses a direct current system of 1500 volts DC. The 1,500 volt DC overhead system is supplied from the traction substation which is equipped with a silicon rectifier component. This rectifier component can produce harmonics that can distort the medium voltage source of 20 kV PLN and in the long run can cause damage to electrical equipment. This study aims to determine the value of the harmonic voltage and current and to design a harmonic filter on the KRL traction substation. The results of harmonic distortion measurements on 20kV / 1.2kV cubicle at traction substations with PQA show a maximum THD-v of 3.34% (according to IEEE standards) and a maximum THD-i of 94.86%.  The maximum TDD value is 0.73% (according to the IEEE standard), but the 5th, 7th and 11th IHD-i exceeds the IEEE standard, with values of 70.4%, 43.3%, and 21.45%. The design of harmonic filters using ETAP 12.6.0 shows the value of THD-i dropped to 0.00%.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astriansyah
"Kereta Rel Listrik (KRL) disuplai tegangan 1500 V DC oleh gardu traksi yang didalamnya terdapat komponen penyearah. Penyearah ini memproduksi harmonisa yang menyuntikkan arus menuju sumber tegangan menengah 20kV PLN dan dapat menyebabkan rusaknya peralatan listrik. Skripsi ini bertujuan untuk merancang filter untuk mereduksi arus harmonisa distasiun Bogor. Skripsi ini memiliki batasan masalah sebagai berikut, pertama sumber harmonisa yang digunakan adalah penyearah 1500 V DC dan beban non-linier lainya pada gardu traksi Stasiun Bogor. Kedua alat ukur yang digunakan adalah HIOKI 3169 Power Analyzer, dan ketiga jika distorsi harmonisa melebihi standar, maka dilakukan perancangan filter pasif dan akan disimulasikan dan diuji kinerjanya dengan menggunakan program ETAP Power Station 12.6.0.
Hasil pengukuran distorsi harmonisa pada kubikel 20kV/1.2kV gardu traksi dengan PQA menunjukkan THD maksimum tegangan sebesar 3,43 % dan THD arus maksimum sebesar 94,98% THD maksimum tegangan masih standar IEEE (<5%) sedangkan THD maksimum arus berada dinilai yang melebihi standar IEEE (<20%). Untuk mengurangi efek distorsi harmonisa arus, dirancang filter pasif untuk memfilter harmonisa orde ke-5,ke-7, dan ke-11. Hasil simulasi dengan ETAP 12.6.0 didapatkan hasil rancangan filter pasif optimum dapat mengurangi THD arus hingga rata-rata 5,5 %.

Electric train is supplied with 1500 VDC by traction substation which have components of the rectifier. This rectifier produces harmonics that inject harmonics current toward source 20kV PLN and cause the damage of electric utility. This paper have a conclusion to design passive filter for reduce harmonic current at Bogor station. This observation using experimental method with sequence, first literature study, second harmonic distortion measuring and analysis at traction substation in Bogor and third design passive filter will simulation with ETAP powes station 12.6.0 program.
Measurement results of harmonic distortion at 20kV/1.2kV cubicles in traction substation with PQA shows that the maximum value of THD-v is 3,43% and the maximum value of THD-i is 94,98%. THD-v is below IEEE standard (< 5 %) and THD-i is over IEEE standard (<20 %). In order to reduce the effects of harmonics currents, passive filter is designed to filter harmonics for 5th, 7th and 11th order. ETAP 12.6.0 simulation result obtains the optimum design of passive filter that can reduce THD-i to 5,5% average.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridwan Arif Cahyono
"ABSTRAK
Harmonisa memberikan dampak buruk bagi komponen elektronik. Salah satu upaya mitigasi yaitu dengan pemasangan filter pasif. Saat ini software-software yang digunakan dalam studi kelayakan filter pasif, hanya mampu mensimulasikan harmonisa berdasarkan komponen-komponen dalam library-nya bukan berdasarkan data pengukuran lapangan. Simulasi harmonisa dengan menggunakan program komputer diantaranya dengan aplikasi Matlab/Simulink, LabView, OpenDSS dan HI_Wave, memiliki kelemahan yaitu data harmonisa yang dihasilkan masih berdasar plug-in library. Pada penelitian ini akan dilakukan rancang bangun program aplikasi HFCalc Harmonic Filter Calculation berdasarkan data pengukuran lapangan. Langkah yang digunakan yaitu dengan menentukan parameter filter, melakukan pemodelan impedansi filter pasif, dan mengimplementasikan pemodelan dan penentuan filter dalam bahasa pemrograman Java. Hasil program aplikasi HFCalc yang telah dirancang mampu menghitung parameter 4 jenis filter. Program aplikasi HFCalc dibandingkan simulasi dengan PSIM memiliki nilai kesalahan rata-rata sebesar 10.95 , dengan rincian Single Tuned Filter 10.89 , Double Tuned Filter Parallel Inductor 15.97 , Damped Tuned Filter 11.26 , dan C-Type Filter 5.7 . Perbedaan hasil ini dikarenakan pada program aplikasi HFCalc harmonisa tegangan diasumsikan mendekati nol, tidak ada perbedaan fasa pada arus harmonisa, dan tidak ada tegangan awal kapasitor dan induktor. Sehingga program aplikasi HFCalc dapat digunakan untuk proses studi penentuan filter pasif harmonisa berdasarkan data pengukuran lapangan.

ABSTRACT
Harmonics are give negative impacts to electronic components. One of the mitigation tenique is by using a passive filter. Currently, the software that used in the feasibility study of a passive filter, only able to simulate the harmonics based on the components in the software library, it is not based on the data from field measurements. Simulation of harmonics by using a computer program such as by application of Matlab Simulink, LabView, OpenDSS and HI Wave, has the disadvantage of harmonics generated data is still based on the plug in library. This research will be conducted to design HFCalc Harmonic Filter Calculation application program based on field measurements data rsquo s. The moethod is determine the parameters of filters, passive filter impedance modeling, modeling and determination of the filter implemented in the Java programming language. The HFCalc application program has been designed is able to calculate the parameters of four types of filters. The HFCalc application program compared with PSIM simulation has an error value by an average of 10.95 , with Single Tuned Filter 10.89 , Double Parallel Tuned Filter Inductor 15.97 , damped Tuned Filter 11.26 , and the C Type Filter 5.7 . The difference because HFCalc application program assume that harmonic voltage is approach zero, there are no phase difference in harmonic currents, and no initial voltage of the capacitors and the inductors. So, HFCalc application program can be used to study the process of determining passive harmonic filter based on field measurements data rsquo s."
2017
T47448
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Folland, Gerald B.
Boca Raton: CRC Press, 1995
515.243 3 FOL c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hewitt, Edwin
Berlin: Springer-Verlag, 1970
R 515.2433 HEW a II
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"Banyaknya pemakaian beban tak linier di dalam konsumsi energi listrik menyebabkan tingkat kandungan harmonisa semakin tinggi dalam sistem tenaga listrik. Dewasa ini kondisi demikian sudah menjadi masalah yang sangat serius karena dapat menurunkan kualitas daya sistem tenaga listrik dan berdampak negatif terhadap peralatan yang terpasang. Tapis daya aktif telah dianggap sebagai solusi alternatif yang paling efektif sehingga banyak dihasilkan prototip baik skala laboratorium maupun implementasi lapangan. Karakteristik penapisan dari tapis daya aktif sangat ditentukan oleh metoda pengendaliannya yang umumnya memerlukan deteksi tegangan dan arus. Dari penelitian-penelitian yang telah dikembangkan dapat diketahui bahwa kondisi tegangan sumber sangat berpengaruh terhadap karakteristik penapisan. Pada makalah ini diuraikan bagaimana kondisi tegangan sumber mempengaruhi karakteristik penapisan tapis daya aktif shunt untuk sistem tiga fasa tanpa atau dengan konduktor netral.
Dalam sistem empat kawat dengan konduktor netral maka pemakaian deteksi informasi fasa dapat dipergunakan untuk mengatasi pengaruh kondisi ketidak seimbangan amplituda dan distorsi tegangan
sumber.Dari simulasi dan pengujian laboratorium diperoleh hasil yang mengarah pada kesimpulan yang sama dan metoda ini berhasil dengan baik.

Abstract
The great number use of nonlinear loads in consuming electric energy results in harmonic contained level in power system increased. Recently, such a condition has become very serious for it is able to
deteriorate power system quality and create negative impacts on installed equipments. Active power filters are alternative solutions so that they have been designed as laboratory and site scaled equipments. Filtering characteristic of active power filter is determined by its control method which commonly needs detections of voltage and current quantities. Based on the previous researches, it can be known that the filtering characteristic is significantly influenced by the source voltage condition. This paper describes
how far the source voltage condition influences the characteristic of a shunt active power filter for three-phase systems with or without neutral conductor. In four wires system with neutral conductor then the phase detection is proposed to solve the problem unbalanced and distortion source voltages. It could be shown that the result of simulation and laboratory experimental is convergence and this methode give a good results."
[Fakultas Teknik UI, Institut Teknologi Bandung. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika], 2007
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Szekelyhidi, Laszlo
"This book provides a modern introduction to harmonic analysis and synthesis on topological groups. It serves as a guide to the abstract theory of Fourier transformation. For the first time, it presents a detailed account of the theory of classical harmonic analysis together with the recent developments in spectral analysis and synthesis."
New Jersey: World Scientific, 2014
515.243 3 SZE h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Franscetaim
"Kereta Rel Listrik pada umumnya menggunakan motor listrik DC sebagai penggerak utama. Untuk mendapatkan energi listrik DC maka PT. KAI harusmengkonversi energi listrik AC menjadi energi listrik DC. Dalam proses konversiini terdapat kerja perangkat penyearah yang menggunakan prinsip switching yangsangat cepat, dan inilah yang menyebabkan terjadinya distorsi harmonik utamapada Kereta Rel Listrik. Dalam hasil pengukuran yang dilakukan pada stasiun KRLManggarai selama enam hari, didapatkan THD-v maksimum sebesar 1.23 padahari Sabtu di fasa R. Angka ini masih dalam toleransi distorsi harmonik teganganyang dikeluarkan IEEE STANDARD 519-1992. Di lain hal nilai THD-i melewatiangka toleransi di setiap hari, dimana THD-i maksimum terjadi pada hari Minggupada fasa T. Nilai THD-i secara mengejutkan berada di kisaran 400 sampaidengan 900 lebih terjadi di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Perancangan filterharmonik jenis single tuned menggunakan perangkat lunak ETAP 12.6.0menunjukan bahwa filter pada hari senin di fasa R memiliki performa menurunkandistorsi harmonik arus sampai rata ndash; rata sebesar 3 khusus hari Rabu, Kamis, danSenin. Tetapi filter ini masih belum bisa menurunkan THD-i pada hari jumat, sabtu,dan minggu sampai pada batas toleransi. Kata Kunci : Kereta Rel Listrik, Harmonik, Filter Harmonik single tuned.

The electric train railway generally using DC electric motor as a prime mover. Soto have a DC source, PT. KAI should converts AC source to DC source. In thisprocess, the work of rectifier devices which using principle of rapid switching thentrigger the harmonic distortion. Measurement location is at Manggarai Station insix days straight. The measurement result shows that maximum THD v is 1.23 falls on Saturday in Phase R. This number of THD v still in IEEE STANDARD519 1992 tolerance value. In other hand, the THD i has gone crossing the tolerancevalue on all day, which the maximum THD i falls on Sunday in Phase T.Shockingly enough, THD i is in range of 400 to over 900 falls on Friday,Saturday, and Sunday. Single tuned harmonic filter design using ETAP 12.6.0software shows that the filter on Monday in phase R has the performance ofreducing the current harmonic distortion at average of 3 only on Wednesday,Thursday, and Monday. But this filter still cannot reduce THD i on Friday,Saturday, and Monday to the IEEE STANDARD 519 1992 tolerance Keyword Electric Train Railway, Harmonic, Single Tuned Harmonic Filter."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67928
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Halomoan, Anderson Manerep
"Sumber utama penggerak Kereta Rel Listrik yaitu motor listrik DC yang disuplai oleh tegangan DC sebesar 1500 V dari hasil konversi penyearah. Penyearah terdiri daripada komponen elekronika daya yang menyebabkan timbulnya harmonisa. Hasil pengukuran distorsi harmonisa maksimum yang terjadi pada Kubikel 20 kV/ 1,2 kV menunjukkan bahwa tingkat harmonisa tegangan (THD-V) terbesar masih di bawah batas standar IEEE (<5%) yaitu 1,91 %, terjadi pada hari sabtu (19/11/2016), Pukul 04:30:00 WIB di fasa R sedangkan tingkat harmonisa arus (THD-I) terbesar sudah berada diatas standar IEEE (<20%) yaitu 206,1 % terjadi pada hari Sabtu (19/11/2016) pukul 01:31:00 WIB di fasa S. Perancangan filter harmonik dilakukan berdasarkan simualasi dan analisis setiap fasa yang dilakukan setiap hari. Hasil simulasi ETAP 12.6.0 menunjukan bahwa spesifikasi rancangan filter hari Jumat Fasa S dan T memiliki performa terbaik dan dapat mereduksi harmonisa arus hingga rata-rata 3,95 %.

The main source of Electric Train is a DC electric motor is supplied by a DC voltage of 1500 V from the conversion by rectifier. Electronics components rectifier comprised of power that causes harmonics. The results of measurements of the maximum harmonic distortion that occurs in a cubicle 20 kV / 1.2 kV showed that the level of voltage harmonics (THD-V), the largest still under the IEEE standard limit (<5%), ie 1.91%, occurred on Saturday (19 / 11/2016), at 4:30:00 pm on phase R while the level of current harmonics (THD-I) the already above the standard IEEE (<20%), ie 206.1% occurred on Saturday (19/11 / 2016) at 01:31:00 AM in phase S. Harmonic filter design is based simualasi and analysis of each phase, every day. 12.6.0 ETAP simulation results show that the design specifications of the filters on Friday in phase S and T has the best performance and can reduce the current harmonics up to an average 3.95%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S65988
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>