Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30896 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safitri Ayu Lestari
"Penelitian ini mengenai keterampilan berkomunikasi staf layanan perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor yang meliputi keterampilan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, berkomunikasi audio visual, berkomunikasi terkomputerisasi, berkomunikasi bahasa asing, berkomunikasi interpersonal, dan berkomunikasi institusional yang mengacu pada Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Informan utama dalam penelitian ini adalah staf layanan perpustakaan dan pengguna perpustakaan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2015.
Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan bahwa keterampilan berkomunikasi staf layanan berada pada level 2 : pengetahuan praktek atau teknik yaitu mampu menerapkan keterampilan dasar berkomunikasi, dapat mengerjakan tugas khusus dan berulang, dapat bekerjasama dengan pakar subjek, dan dapat memberikan instruksi praktis.

This research is about communication skills of library services staff at Public Library in Bogor Regency which include verbal communication, written communication, audio-visual communication, computerized communication, foreign language communication, interpersonal communication, and institutional communication that refer to Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1).This is a qualitative research.
The key informants of this research are the library service staff and supported by the users of library as an additional informants. Data collection is done through interviews and observations which is conducted for approximately three months from August 19 to October 31, 2015.
The results of the research concludes that the communication skills of the library service staff are at level 2 : knowledge of practice or techniques which means they are able to use basic communication skills, they can work on specific tasks and repetitive, they can collaborate with subject experts, and they can provide practical instruction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Josan Kusuma
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan umum Kabupaten Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Indikator yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna didasarkan kepada lima dimensi SERVQUAL, yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 80 responden yang dilakukan pada bulan November 2013. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan skala likert dan diubah ke dalam persentase untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari penghitungan tersebut akan dibandingkan dari masing - masing kelima dimensi kualitas layanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir seluruh responden merasakan sangat puas terhadap layanan perpustakaan di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuria Prasanti
"Penelitian ini membahas mengenai pengembangan koleksi anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pustakawan menerapkan kebijakan pengembangan koleksi, yaitu kegiatan seleksi, pengadaan, pengolahan, pemeliharaan, dan penyiangan di layanan anak agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka anak sehingga kendala apa saja yang dihadapi dapat diketahui.
Peneliti menyimpulkan bahwa pustakawan mengadakan pengembangan koleksi berdasarkan kemampuan dan pemahaman mereka dari kegiatan seleksi hingga penyiangan. Pedoman tertulis tidak dijadikan dasar dalam melakukan kegiatan pengembangan koleksi anak sehingga kemampuan dasar pustakawan menjadi utama agar kesesuaian koleksi anak dapat tercipta. Tidak adanya pedoman tertulis secara jelas, keterbatasan anggaran dan terbentur dengan kebijakan yang ada menyebabkan pustakawan tidak dapat secara maksimal mengembangkan mutu koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This research is about children's collection development in Bogor Public Library. This is a qualitative research and it uses case study method. The purpose of this research is to describe how librarians apply collection development policy, which is the selection, acquisition, organization, preservation, and deselection in children's service. Throughout this research, we could get the idea the obstacles in fulfilling the needs of the users, i.e. the children, in children's collection.
It is concluded that Bogor Public Library librarians held collection development based on their ability and understanding about the library activities. There is no written guideline as a basis for collection development for children's collection. So, it is very important for the librarians to have librarianship skills in developing the children's collection. Moreover, there is limited amount in budget and in the policy itself so that librarians could not do their best in improving the quality of children's collection in Bogor public library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43039
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Haryadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pengguna di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor, untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna penulis menggunakan metode LibQual+TM, dengan pendekatan empat dimensi yaitu affect of service, information control, personal control & library as place. Kemudian dilakukan analisis apakah kepuasan memiliki korelasi dengan kesetiaan pengguna untuk selalu datang keperpustakaan dengan menggunakan metode korelasi Spearman Rank. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan pada periode september-desember tahun 2017, populasi penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor. Rumus yang digunakan untuk menentukan sampel dari penelitian ini adalah rumus Slovin sejumlah 206 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. data survey dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguna perpustakaan merasa puas dengan layanan yang telah diberikan pihak perpustakaan, dan menunjukkan bahwa kepuasan mempengaruhi loyatitas pengguna. Dimensi affect of service memberikan sumbangan terbesar bagi kepuasan pengguna, hal ini mengakibatkan keinginan pengguna untuk kembali berkunjung keperpustakaan sangat tertinggi. Loyalitas pengguna Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor telah masuk pada kategori loyalitas Conative yaitu tingkatan dimana konsumen memiliki motivasi dan keinginnan yang kuat untuk melakukan kunjungan kembali. Pemustaka yang telah berkunjung dan menggunakan fasilitas yang dibutuhkan dan ditawarkan oleh perpustakaan secara teratur, memiliki kesan yang positif terhadap Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This study aims to determine the effect of satisfaction on user loyalty in the Regional Public Library of Bogor Regency, to know the level of user satisfaction of writer use LibQual+TM method, with three dimension approach that is affect of service, information control & library as place. Then analyzed whether the satisfaction has a correlation with the loyalty of users to always come keperpustakaan by using Spearman Rank correlation method. This research was conducted for one month in the period September-December 2017, The population of this study are members of the Bogor Regency Regional Public Library. The formula used to determine the sample from this study is the Slovin formula a total of 206 people. Sampling is done by simple random sampling technique. The number of respondents in this study were 206 users, survey data were analyzed by using regression analysis. The results showed that library users were satisfied with the services provided by the library, and showed that satisfaction affects the loyatitas of users. Dimensions of affect of service contributed the most for user satisfaction, This results in the highest desire of users to return to visit the library. The loyalty of users of the Bogor Regency Public Library has been included in the Conative loyalty category, namely the level where consumers have a strong motivation and desire to make return visits. visitors who have visited and used the facilities required and offered by the library on a regular basis, have a positive impression on the Bogor Regency Public Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfia Hasanah
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor. Pada pengamatan awal, diketahui bahwa Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor memiliki program literasi informasi bagi pemustaka yang disebut Wisata Pustaloka. Berdasarkan hal itu, penting bagi pustakawan untuk menguasai keterampilan literasi informasi agar dapat memainkan peran mereka dalam membimbing dan menciptakan masyarakat Kota Bogor yang berpengetahuan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan literasi informasi pustakawan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian berjumlah enam orang yang dipilih menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pustakawan berlatar pendidikan Ilmu Perpustakaan. Model literasi informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Empowering Eight yang terdiri dari identifikasi, eksplorasi, seleksi, organisasi, penciptaan, penyajian, penilaian dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka sudah diterapkan yakni pada komponen identifikasi, eksplorasi, penyajian, penilaian, dan aplikasi. Namun ada beberapa kemampuan yang belum dapat diterapkan secara maksimal, diantaranya komponen seleksi, organisasi dan penciptaan informasi.

ABSTRACT
This research examines librarians rsquo information literacy skill at Bogor Public Library. In early observation, it is found that Bogor Public Library has information literacy program called Wisata Pustaloka. Based on the statement, it is important for librarians to master information literacy skill so as to be able to play their roles in guiding and creating knowledgeable Bogor society. This research aims to identify librarians rsquo information literacy skill in fulfilling library users rsquo information needs at Bogor Public Library. This research is using qualitative approach with case study method. Data for this research is collected through observation and interviews. Research informants were six people selected using purposive sampling, with the criteria librarians at Bogor Public Library with Library Science education background. Information literacy model used in this research is Empowering Eight model consisting of identification, exploration, selection, organization, creation, presentation, assessment and application. But there are some capabilities that have not been applied maximally, including components selection, organization and information creation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diki Lukman Hakim
"Penelitian ini membahas tentang makna dari sikap pustakawan dalam berkomunikasi kepada pemustakanya pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna di balik sikap pustakawan dalam berkomunikasi di layanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metodologi dan disain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Untuk menguji kebenaran data yang telah didapat dilakukan dengan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga pustakawan yang menjadi objek penelitian ini, mereka memperlihatkan sikap yang berbeda-beda dalam berkomunikasi kepada pemustaka di Perpustakaan Umum Jakarta Barat. Perbedaan dikarenakan adanya kepentingan yaitu mempertahankan kinerja mereka masing-masing, walaupun ada sedikit perbedaan latar belakang motivasi mengapa bersikap seperti itu. Penelitian ini menyarankan agar pihak manajemen perlu memperhatikan sikap pustakawan dalam berkomunikasi yang baik, dilakukan pelatihan khusus tentang bagaimana berkomunikasi kepada pustakawan, serta menempatkan pegawai sesuai dengan kriteria. Selain itu, dari sisi pustakawan juga sebaiknya bersikap proaktif dalam melayani pemustakanya.

Kata Kunci: Makna, Sikap Pustakawan, Komunikasi, Pelayanan, Sirkulasi, Perpustakaan Umum.


This research discusses the meaning of the attitude of librarians in communicating to their users on circulation services at the West Jakarta Public Library. The purpose of this study was to find out the meaning behind the attitude of librarians in communicating in circulation services at the West Jakarta Administration City Library and Archives Office. The research approach used in this study is a qualitative approach with a phenomenological research methodology and design. Data collection techniques used are observation techniques, in-depth interviews, and documentation. To test the correctness of the data that has been obtained, it is done by using data triangulation techniques. The results showed that the three librarians who became the object of this research, they showed different attitudes in communicating to the users at the West Jakarta Public Library. The difference is due to their interest in maintaining their respective performance, even though there is a slight difference in the motivational background of why they behave like that. This study suggests that the management needs to pay attention to the attitude of librarians in good communication, conduct special training on how to communicate to librarians, and place employees according to the criteria. In addition, from the librarian's point of view, they should also be proactive in serving their users.

Key words: Meaning, Librarian Attitude, Communication, Service, Circulation, Public Library."

Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanka Adyannisa
"Penelitian ini membahas mengenai modal sosial yang terbentuk dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok berdasarkan pada unsur kepercayaan, jaringan dan norma. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan modal sosial dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok dan memahami interaksi yang terjadi antara pustakawan dan pemustaka pada aktivitas layanan Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Informan penelitian ini adalah pustakawan yang terlibat interaksi dalam layanan perpustakaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian, dari ketiga unsur modal sosial, jaringan sosial menjadi unsur paling dominan karena interaksi pustakawan dan pemustaka dalam layanan perpustakaan mampu membentuk kerjasama antara perpustakaan dengan sekolah, menjadi tempat untuk berdiskusi, dan melakukan kerja kelompok bagi pemustaka pelajar, serta menjadi tempat untuk hiburan keluarga yang mengedukasi. Sementara norma sosial berada di posisi terakhir, terlihat bagaimana pemustaka kurang mempedulikan aturan dan patuh kepada pustakawan, sehingga pustakawan memberikan teguran kepada pemustaka dan melakukan kerjasama agar pemustaka mematuhi norma sosial di perpustakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap norma sosial agar tercipta rasa saling menghargai antara pemustaka dengan pustakawan sehingga hubungan antara kedua pihak dapat terjalin dengan baik dan peraturan yang ada dapat dipatuhi dan dipahami bersama.

This study discusses social capital of library service at of Depok Public Library based on elements of trust, networks and norms. The purpose of the research is to describe the process of forming social capital at Depok Public Library services and understand the interactions that occur between librarians and users in library service activities. This research uses qualitative approach with ethnography method. Data collection techniques that are used involving observation, interviews, and document analysis. The informants of this research are librarians who are involved in interaction in library services using purposive sampling technique. The results of the study, of the three elements of social capital, social networks become the most dominant element because from the interaction of librarians and users in library services, they are able to form collaboration between libraries and schools, a place for discussion, and group work for student users, as well as a place for family entertainment that educates. Meanwhile, social norms are placed in the last position, therefore it can be seen how users ignore the rules and obey librarians, so librarians give warnings to users and collaborate so that users comply with social norms in the library. Therefore, more attention is needed to social norms in order to create mutual respect between librarians and uso that the relationship between the two parties can be well established and the existing regulations can be adhered to and understood together."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hania Amani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemeliharaan arsip vital di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pemeliharaan arsip vital dan upaya perlindungan dari faktor penyebab kerusakan dan kemusnahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis terhadap pemeliharaan arsip vital yang mencakup perlindungan, pengamanan, serta pemulihan akibat kerusakan yang terjadi pada arsip vital. Hasil penelitian menunjukan suatu organisasi perlu memiliki perencanaan pemeliharaan pada arsip vital yang dimiliki.

ABSTRACT
This research discusses the vital process of maintenance records at the Archives Office and Library Area of Bogor Regency which aims to describe the implementation of the maintenance of vital records and the safeguard of the factors causing damage and obliteration. This research used a qualitative approach with case study method. Analysis on the maintenance of vital records which includes the protection, security, and recovery from the damage caused to vital archives. The results showing an organization needs to have a plan of maintenance on vital records."
2016
S65277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Aria Candra
"Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan terus berkembang seiring denganmeningkatnya tingkat pendidikan dan status kehidupan sosial. Untuk meningkatkanpelayanan kesehatan yang bermutu, nyaman, dan berorientasi pada kepuasan konsumen,pemerintah sebagai penyedia layanan kesehatan dituntut untuk membenahi sistempelayanan yang bersifat layanan publik. Untuk mendukung program pembangunankesehatan dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka dibentuk BadanLayanan Umum BLU di setiap Puskesmas. Di kabupaten Bogor pada tahun 2017sudah ditetapkan 19 puskesmas untuk dilakukan penilaian adminsitratif sebagai syaratpenetapan menjadi Badan Layanan Umum Daerah BLUD . Penelitian ini bertujuanuntuk melihat kesiapan Puskesmas dari segi masukan yaitu sumber daya yang dimiliki,yaitu sumber daya manusia, anggaran, sarana, serta peraturan untuk ditetapkan menjadiBLUD. Selain itu, dilakukan juga analisis untuk mengetahui bagaimana manajemenpuskesmas berupa proses pengaturan organisasi dan penetapan tujuan dalam persiapanpenetapan BLUD. Faktor luar puskesmas juga mempunyai pengaruh dalam kesiapanpuskesmas dalam penerapan BLUD. Dari hasil penelitian ini akan diketahui informasimendalam tentang kesiapan administratif penerapan BLUD Puskesmas, serta faktor apasaja yang menjadi penghambat dalam proses persiapan dalam penerapan BLUDPuskesmas di Kabupaten Bogor.

Public awareness of the importance of health continues to grow along with increasinglevels of education and social life status. To improve the quality of health services,comfortable, and consumer oriented, the government as a healthcare provider isrequired to fix the service system that is public service. To support health developmentprograms by improving services to the community, a Local Public Service BLU isestablished in every Public Health Puskesmas . In Bogor regency in 2017, there are 19public health centers have been set up for administrative assessment as a condition ofdetermination to become the Local Public Service Agency BLUD . This study aims tosee the preparedness of Puskesmas in terms of input that is resources, namely human,budget, facilites, and regulations to be established into BLUD. In addition, analysis isalso conducted to find out how the management of puskesmas in the form oforganizational arrangement process and goal setting in preparation of the determinationof BLUD. The outside factors of the puskesmas also have an influence in the puskesmasreadiness in applying BLUD. From the results of this study will be known in depthinformation about the administrative readiness of the application BLUD Puskesmas, aswell as any factors that hamper the preparation process in the application of BLUDPuskesmas in Bogor Regency. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T53636
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Natasha
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas perilaku staf perpustakaan di Perpustakaan XY
Rawamangun dalam melakukan pekerjaannya selama mereka melayani pengguna
perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana staf
perpustakaan berperilaku, diamati dari cara mereka berinteraksi dengan pengguna
perpustakaan dan sesama rekan kerja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
mendalam. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa memahami
perilaku rekan sekerja bagi para staf adalah penting untuk menjadi motivasi dan
aktualisasi diri dalam melakukan pekerjaan di perpustakaan.

ABSTRACT
The focus of this study is library staff behaviour in XY Rawamangun Library
when doing their jobs, included giving services to library users. The purpose of
this study is to understand how each library staff behave when they are interacting
to library users and to fellow co-worker. This research is qualitative based
research using case study design. The data were collected by means of deep
interview. The findings of this study indicate that understanding the behaviour of
fellow co-worker for the staff is important to be motivation and self-actualization
in doing their jobs in the library."
2015
S58040
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>