Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140229 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Senditia Dilang Ramadhan
"[ABSTRAK
Tingginya jumlah penduduk, mengakibatkan peningkatan permintaan akan barang di kota Jakarta. Hal ini akan meningkat pula kebutuhan akan sarana dan prasarana transportasi dalam mengantarkan barang yang diminta, termasuk kebutuhan terhadap keberadaan Terminal Angkutan Barang Tanah Merdeka. Saat ini kondisi parkir di terminal Tanah Merdeka terlihat kurang layak, serta banyak kendaraan tidak layak jalan yang menggunakan fasilitas terminal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir terminal, menganalisa kelayakan parkir ,dan merencanakan solusi perbaikan dalam upaya mengoptimalkan fungsi parkir terminal. Metode survey yang digunakan adalah dengan cara mencatat nomor plat kendaraan yang masuk dan keluar terminal secara berkala dengan selang waktu tertentu. Berdasarkan hasil analisis, pengguna didominasi oleh truk besar, terminal banyak digunakan pada siang hari dengan V/C Ratio 101,02%. Nilai ini semu karena mempertimbangkan keberadaan kendaraan tidak layak jalan. Terdapat 2 skenario perbaikan. Skenario 1 meliputi perencanaan pola parkir dan pembuatan zona parkir khusus kendaraan tidak layak jalan. Skenario 1 menurunkan kapasitas statis, namun meningkatkan V/C ratio sebesar 85%. Skenario 2 meliputi perencanaan pola parkir dan larangan parkir kendaraan rusak di dalam terminal. Skenario 2 meningkatkan kapasitas statis hingga 90% dan V/C ratio meningkat hingga 89%. Hal ini menunjukkan bahwa terminal masih dapat ditingkatkan utilisasinya.Tingginya jumlah penduduk, mengakibatkan peningkatan permintaan akan barang di kota Jakarta. Hal ini akan meningkat pula kebutuhan akan sarana dan prasarana transportasi dalam mengantarkan barang yang diminta, termasuk kebutuhan terhadap keberadaan Terminal Angkutan Barang Tanah Merdeka. Saat ini kondisi parkir di terminal Tanah Merdeka terlihat kurang layak, serta banyak kendaraan tidak layak jalan yang menggunakan fasilitas terminal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir terminal, menganalisa kelayakan parkir ,dan merencanakan solusi perbaikan dalam upaya mengoptimalkan fungsi parkir terminal. Metode survey yang digunakan adalah dengan cara mencatat nomor plat kendaraan yang masuk dan keluar terminal secara berkala dengan selang waktu tertentu. Berdasarkan hasil analisis, pengguna didominasi oleh truk besar, terminal banyak digunakan pada siang hari dengan V/C Ratio 101,02%. Nilai ini semu karena mempertimbangkan keberadaan kendaraan tidak layak jalan. Terdapat 2 skenario perbaikan. Skenario 1 meliputi perencanaan pola parkir dan pembuatan zona parkir khusus kendaraan tidak layak jalan. Skenario 1 menurunkan kapasitas statis, namun meningkatkan V/C ratio sebesar 85%. Skenario 2 meliputi perencanaan pola parkir dan larangan parkir kendaraan rusak di dalam terminal. Skenario 2 meningkatkan kapasitas statis hingga 90% dan V/C ratio meningkat hingga 89%. Hal ini menunjukkan bahwa terminal masih dapat ditingkatkan utilisasinya.

ABSTRACT
The huge population of Jakarta, results in an increase in demand for goods. It also increases the need for transportation infrastructure in goods movement, including the need for the existence of Tanah Merdeka (TM) freight terminal. Currently, parking performace at TM terminal is at the insufficient condition, at which many inoperative vehicles occupy the terminal area. The purpose of this study are to determine the characteristics of the terminal parking, to analyze its feasibility, and to improve the its utilization. The data inquiry is carried out using license plate method to the vehicles parking at the terminal. Based on the analysis, the vehicles are dominated by large trucks, and the terminal is extensively used in the daytime with the V/C ratio of 101.02 %. This value is apparent due to the existence of inoperative vehicles. It is proposed 2 scenarios of parking improvement. Scenario 1 includes the design of parking layout and allocating special parking zone for inoperative vehicles. Even though the Scenario 1 reduces the static capacity it could increase the V/C ratio by 85%. Scenario 2 involves design of parking layout and the restriction of the inoperative vehicles. Scenario 2 increases the static capacity up to 90% and the V/C ratio to 89%. Both indicate that the utilization of the terminal still can be improved., The huge population of Jakarta, results in an increase in demand for goods. It also increases the need for transportation infrastructure in goods movement, including the need for the existence of Tanah Merdeka (TM) freight terminal. Currently, parking performace at TM terminal is at the insufficient condition, at which many inoperative vehicles occupy the terminal area. The purpose of this study are to determine the characteristics of the terminal parking, to analyze its feasibility, and to improve the its utilization. The data inquiry is carried out using license plate method to the vehicles parking at the terminal. Based on the analysis, the vehicles are dominated by large trucks, and the terminal is extensively used in the daytime with the V/C ratio of 101.02 %. This value is apparent due to the existence of inoperative vehicles. It is proposed 2 scenarios of parking improvement. Scenario 1 includes the design of parking layout and allocating special parking zone for inoperative vehicles. Even though the Scenario 1 reduces the static capacity it could increase the V/C ratio by 85%. Scenario 2 involves design of parking layout and the restriction of the inoperative vehicles. Scenario 2 increases the static capacity up to 90% and the V/C ratio to 89%. Both indicate that the utilization of the terminal still can be improved.
]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S57646
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afief Riyadi
"ABSTRAK
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa karakteristik perjalanan primer (point to point) dari truk angkutan barang di kawasan Tanjung Priok, dengan memilih angkutan yang menggunakan Terminal Angkutan Barang (TAB) Tanah Merdeka dan TAB Pulo Gebang sebagai tempat perhentian sementaranya. Analisa terhadap karakteristik ini ditujukan untuk mendapat gambaran tentang produktivitas angkutan barang serta menggunakannya sebagai bahan untuk memperbaiki logistik kota yang ada saat ini. Produktivitas perjalanan angkutan barang sangat terkait dengan kegiatan “bergerak” dan “diam”. Oleh karenanya, produktivitas digambarkan oleh indikator kecepatan untuk kondisi truk bergerak dan indikator waktu untuk kondisi truk dalam keadaan diam. Melalui Travel Diary Survey diperoleh kesimpulan bahwa persentase waktu diam truk ternyata lebih lama dibandingkan waktu bergeraknya (52.15% untuk TAB Pulo Gebang dan 52.21% untuk TAB Tanah Merdeka), dimana porsi terbesar waktu diam terjadi di area pabrik atau industri untuk melakukan bongkar muat. Upaya perbaikan dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem penjadwalan bongkar muat di pabrik maupun pelabuhan serta pengurangan kemacetan, yang kesemuanya dapat mengurangi waktu siklus truk hingga 19,80% per perjalanan dari waktu eksisting.

ABSTRACT
This study is aimed to analyze the characteristic of primary trip (point to point) of freight trucks in Tanjung Priok area, particularly the ones who use Tanah Merdeka Freight Terminal and Pulo Gebang Freight terminal as their transit point. The analysis is intended to get the overview of truck productivity, and then use it for further improvement on city logistic system. Trip productivity is related to the activities of “moving” and “stay”. Hence, trip productivity is described by the speed indicator to represent the trucks on moving, and time indicator to represent the stay condition. The Travel Diary Survey shows that the portion of idle time is bigger than the one of movement time (52.15% and 52.21% are idle times for Pulo Gebang and Tanah Merdeka, respectively), where the biggest portion of the idle time occurred at the industry and factoy area for loading unloading acitivities. Improvement can be made by improving the scheduling system of load /unload in factory/industry and port area, and reducing the congestion. They are expected to reduce the truck cycle time up to 19.80% per trip.
"
2015
S61190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Arika Hapsari
"Tesis ini berisi analisis tentang pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan yang terdiri dari parkir on street lingkungan dan on street non lingkungan. Tujuannya untuk menganalisis pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teori parking management yang dikembangkan oleh Kodransky dan Hermann yang meliputi empat strategi antara lain: mekanisme tarif, pengaturan, desain fisik, serta kualitas layanan kontrak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan post positivis, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir on street lingkungan Mayestik berjalan cukup baik walaupun masih dalam proses perbaikan infrastruktur dan fasilitas serta pengawasan dalam hal pungutan ganda. Permasalahan infrastruktur dan fasilitas dapat dilihat dari kondisi jalan di kawasan parkir on street yang masih kurang layak, yakni berlubang dan becek ketika hujan, serta penataan perparkiran yang masih belum rapi. Kemudian banyaknya Pedagang kaki lima yang berimbas pada semakin berkurangnya lahan parkir on street sehingga mengurangi potensi retribusi yang diterima oleh UP Perparkiran. Selanjutnya pada pemungutan retribusi masih dikeluhkan adanya pungutan ganda yang dilakukan oleh petugas parkir di lingkungan Mayestik sehingga pengguna jasa parkir merasa telah membayar biaya parkir dua kali. Pengelolaan yang cukup baik bisa dilihat dari peningkatan pendapatan retribusi yang diterima oleh Unit Pengelola Perparkiran sejak Kawasan Mayestik menggunakan sistem parkir terpadu dengan Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Metroland. Sementara itu, pengelolaan parkir on street non lingkungan belum berjalan baik karena belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti masih minimnya pengawasan dari aparat terkait tentang ketentuan tarif yang harus dibayar oleh pengguna jasa parkir.

The thesis consists of an analysis of On Street Parking Management in Mayestik Area, South Jakarta. The purpose of this thesis is to analyze on street parking management in Mayestik Area, South Jakarta. This research applied the parking management theory that was developed by Kodransky and Hermann. This theory has four strategies, as follows: tariff mechanism, regulation, physical design, and the quality of service contract. Method and techniques that used in this research is Post Positivist approach with qualitative descriptive method, and implemented indepth interview, and literature study. On street parking divided into two parts, which are environmental on street parking and non-environmental on street parking.
The result showed that the management of the environmental on-street parking went quite well, although some improvements still needed particularly in the term of infrastructure, facilities and supervision to reduce the double-tax policy. Infrastructure and facilities problems can be seen from the condition of roads in the area of on-street parking, which is perforated and muddy while it rains and less arrangement of the parking area. The amount of peddler also decreases the area that supposed to be on street parking area. This condition brings the new problem, which is the reduction of potential retribution, that soon will be gathered by a parking institution. The characteristic of well-managed parking management in Mayestik area can be seen through the rise of retribution income, since there is a contract agreement between the local parking institution and PT Metroland. While in the other hand, the non-environmental on street not run well because it is not fit to the regulation applied. The cause can be lack of supervision from the government about the fare regulation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benita Safitri
"Skripsi ini berisi analisis tentang pengelolaan parkir on street oleh Unit Pengelola Perparkiran DKI Jakarta di Melawai yang terdiri dari parkir on street lingkungan dan non lingkungan. Tujuannya untuk menganalisis pengelolaan parkir on street oleh Unit Pengelola Perparkiran di Melawai. Penelitian ini menggunakan teori parking management oleh Kodransky dan Hermann dengan pendekatan positivis, deskriptif, cross sectional, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir on street lingkungan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya kesepuluh indikator yang digunakan. Sementara itu, pengelolaan parkir on street non lingkungan belum berjalan dengan baik. Dari sepuluh indikator, hanya satu indikator yang terpenuhi sedangkan sembilan indikator lainnya tidak terpenuhi.

The thesis contains of analysis about on street parking management by the Jakarta City Government through the Parking Service of Technical Implementation Unit in Melawai, which consists of inside parking lot and outside. The purpose of this research is to analyze on street parking management by the Parking Service of Technical Implementation Unit in Melawai. This research uses theory of parking management by Kodransky and Hermann with positivist approach, descriptive design, cross sectional study, in-depth interview, observation and literature study.
The result shows that inside on street parking lot management in Melawai has running well. This can be seen from the ten indicators that used in this research, all being fulfilled. Meanwhile, the outside on street parking lot management has not running well. From the ten indicators, only one has being fulfilled, nine indicators have not being fulfilled.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Kristianto
"ABSTRAK
Performa logistik Indonesia di tahun 2018 berada di peringkat ke-46 di dunia, dan ke-5 di wilayah ASEAN, dengan sub-indikator infrastruktur berada di peringkat dua terbawah dari enam sub-indikator lainnya. Pemerintah menambahkan 200 kilometer ruas tol baru ke jalan tol Trans-Jawa dengan total panjang 700 kilometer. Ruas tol ini akan dilengkapi dengan 61 tempat istirahat (rest area) sepanjang jalan. Di libur Idul Fitri, ketika lalu lintas meningkat hingga 460%, tempat istirahat menjadi penuh, mengakibatkan kemacetan di ruas tol. Dalam penelitian ini, metode optimasi programa linear integer digunakan untuk memodelkan tata letak area parkir untuk menentukan sudut parkir yang optimal serta jumlah lot parkir. Fungsi tujuan adalah memaksimalkan kapasitas area parkir. Variabel penentu adalah jumlah basris parkir (Xet,θ, Xep,θ, Xe,θ, Xip,θ, Xi,θ) dan jumlah kendaraan parkir (Net,θ, Nep,θ, Ne,θ, Nip,θ, Ni,θ), dengan keduanya berdasarkan pada lima sudut parkir yang berbeda (0°, 30°,45°,60°,90°). Variabel pembatas yaitu lebar area parkir (W), panjang (L) dan panjang area di bagian tengah (L) dan pembatas non-negatif. Penelitian dilakukan di tempat istirahat Km 207a tol Palikanci. Area parkir saat ini dibagi menjadi 15 area untuk dapat dimodelkan. Hasil optimasi menunjukkan bahwa programa linear integer dapat meningkatkan kapasitas parkir, dari 41 ke 105 bus/truk dan 258 ke 473 mobil.

ABSTRACT
Indonesias logistic performance index in 2018 was ranked 46th in the world, and 5th in the ASEAN region, with the infrastructure sub-indicator was the second lowest of six others. The government added new 200 to the 760 kilometres Trans-Java toll road. It will be equipped with 61 rest areas along the road. In Eid al-Fitr holiday, where traffic increased up to 460%, rest areas were full, resulting in heavy congestion. In this research, Integer Linear Programming (ILP) is used to model the parking layout to determine the optimal parking angle and the parking lot number. The objective is to maximize the parking area capacity. The decision variables are the number of parking rows (Xet,θ, Xep,θ, Xe,θ, Xip,θ, Xi,θ) and the number of parking vehicles (Net,θ, Nep,θ, Ne,θ, Nip,θ, Ni,θ) both based on five parking angles (0°, 30°,45°,60°,90°). The constraints are the width of the parking lot (W), the length (L), and length of area in the middle line (L) and non-negative constraints. The study was conducted at rest area km 207A in Palikanci toll road. The existing parking area was divided into 15 areas to fit the model. The result showed that Integer Linear Programming can enhance the parking capacity, from 41 to 105 buses/trucks and 258 to 473 cars
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Yunitasari
"Salah satu pusat kegiatan ekonomi di kota Jakarta dengan aktivitas parkir yang tinggi adalah Pasar Meester Jatinegara. Hal ini terlihat dari diberlakukannya regulasi pelarangan parkir on-street pada hari kerja, dan juga volume kendaraan angkutan barang yang cukup tinggi (48.54%) bila dibandingkan jumlah kendaraan non angkutan barang (51.46%). Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis karakteristik parkir off street, dalam upaya untuk meningkatkan efektifitas pengaturan ruang parkir yang ada. Dari pengamatan selama 10 jam pada kondisi setelah diberlakukannya pelarangan parkir on-street diperoleh nilai Pergantian Parkir sebesar 0.30, Indeks Parkir rata-rata 0.86, Indeks Aktifitas Parkir (IAP) 0.06, serta V/C ratio sebesar 1.44, dengan durasi rata-rata berturut-turut 5.04 jam dan 3.90 jam, untuk angkutan barang dan non angkutran barang. Parameter-parameter ini menunjukkan bahwa pengaturan area parkir Pasar Meester Jatinegara perlu diperbaiki, walaupun kondisi ini terlihat lebih baik dibandingkan sebelum pelarangan. Mengingat volume dan durasi angkutan barang cukup tinggi, upaya perbaikan dilakukan dengan pengaturan porsi ruang parkir untuk mobil barang dan mobil non barang secara terpisah, selain upaya penggunaan parkir ganda (double parking) di area yang masih memungkinkan, serta upaya penerapan sistem pentarifan parkir yang ditujukan untuk mengurangi durasi parkir.

One of the centers of economic activities with intensive parking activities in Jakarta is Pasar Meester Jatinegara. It can be seen from the regulation on the prohibition of on-street parking on weekdays and the fact that the volume of freight vehicles (48.54%) is almost similar to the volume of non freight vehicles (51.46%). From 10 hour observation it shows that the Parking Turn Over is 0,30; Parking Index 0.86; Parking Activity Index is 0,06; and the V / C ratio is 1,44, with average duration is 5.05 hours for freight vehicles and 3.90 hours for non freight vehicles. These parameters indicate that arrangement of parking area of Meester Jatinegara market needs to be improved; even it looks better than the the condition of before the prohibition of on-street parking on weekdays. Considering the volume and duration of freight vehicles is quite high,the proposed improvement is carried out i.e setting the portion of parking spaces for freight vehicles and non freight vehicles separately, along with the use of double parking and the implementation of parking tariff regulation which can restraint the the parking duration."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfi Muzaffar Abdoelkadir
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan parkir di Pasar Santa Kota DKI Jakarta dari perspektif pengguna, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian melibatkan penggunaan lima dimensi SERVQUAL, yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, untuk mengevaluasi kualitas pelayanan parkir. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas pelayanan parkir di Pasar Santa DKI Jakarta dapat dikategorikan sebagai baik. Analisis berdasarkan dimensi SERVQUAL mengindikasikan bahwa setiap dimensi, termasuk Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, berada dalam kategori baik. Temuan ini menggambarkan bahwa persepsi pengguna terhadap kualitas pelayanan parkir di Pasar Santa secara umum positif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mendalam mengenai persepsi pengguna terhadap kualitas layanan parkir, dan hasilnya dapat menjadi landasan bagi pengelola pasar dan pihak terkait untuk meningkatkan aspek aspek tertentu dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan parkir di Pasar Santa Kota DKI Jakarta.

This research aims to analyze the quality of parking services at Santa Market in DKI Jakarta from the users' perspective, utilizing a quantitative approach. The research methodology involves the application of the five SERVQUAL dimensions, namely Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy, to assess the parking service quality. Data were collected through questionnaires distributed to 100 respondents. The research findings indicate that overall, the quality of parking services at Santa Market DKI Jakarta can be categorized as good. Analysis based on the SERVQUAL dimensions suggests that each dimension, including Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy, falls within the good category. These results portray a generally positive user perception of the parking service quality at Santa Market. This study contributes to a deeper understanding of user perceptions regarding parking service quality, and its outcomes may serve as a foundation for market management and relevant stakeholders to enhance specific aspects in the effort to improve parking service quality at Santa Market in DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shita Azalia Husain
"Penelitian ini membahas pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung dengan menggunakan teori administrasi pendapatan asli daerah yang dikemukakan McMaster dan mendeskripsikan apa saja tantangan dan peluang yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan post-positivist dengan studi kepustakaan dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan analisis data kualitatif dalam teknik menganalisis data.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung belum dilaksanakan sesuai dengan teori administrasi pendapatan asli daerah menurut McMaster, peluang yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung adalah optimalisasi pendapatan retribusi parkir dan adanya kepastian bagi wajib retribusi, sedangkan tantangan yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir kota Bandung adalah tidak ada peraturan yang khusus mengatur, kurangnya pengawasan, dan kurangnya sosialisasi dalam pelaksanaan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung.

The focus of this research is to analyze management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality. The puposes of this research are analyze management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality based on theory of local owned revenue management by McMaster and also describes opportunities and threats in managing trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality. This descriptive research used post-positivist approach with literature research and in-depth interview as datacollection techniques.
The result of this research are management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality has not been carried out in accordance with theory of local tax and charge management by McMaster, the opportunities of this system are parking charges revenue optimization and certainty for parking charges user whereas the threats are no special rules set, lack of supervision, and lack of socialization in managing trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S58688
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiyana Brotoadi
"Angkutan Barang berperan sangat penting dalam kegiatan ekonomi, namun jika tidak diatur dengan baik akan berdampak buruk terhadap lingkungan (kemacetan, polusi, kecelakaan dll). Tujuan penelitian adalah pengembangan model optimasi pengaturan ruang parkir off street dengan simulasi dinamis. Metode pengembangan model optimasi ruang parkir didasarkan pada pembagian ruang parkir atas ruang untuk angkutan barang dan ruang untuk non angkutan barang. Optimasi bertujuan meminimalkan nilai fungsi gabungan dari indek parkir angkutan barang dan indek parkir non angkutan barang. Pemberian bobot diberikan kepada indek parkir keduanya untuk merepresentasikan tingkat kepentingan terhadap kedua jenis kendaraan tersebut. Ruang parkir keduanya diatur secara dinamis tiap interval waktu tertentu, berdasarkan pada besarnya arus kendaraan masuk dan keluar pada waktu sebelumnya. Indek Parkir dibatasi oleh indek parkir maksimal yang diinginkan pengelola. Berdasarkan uji t terhadap varian nilai indek parkir gabungan, hasil aplikasi terhadap data parkir di Jatinegara Trade Center (JTC) memperlihatkan bahwa solusi model memberikan nilai indek parkir yang lebih baik dibandingkan nilai indek parkir aktual (tanpa optimasi).

Freight very important role in economic activity, but if are not well regulated will have a negative impact on the environment (congestion, pollution, accidents, etc.). The purpose of the research is the development of models optimization setting parking space off street with dynamic simulation. Development Method parking space optimization model is based on division of the parking space to freight and space for non-freight . Optimization aims to minimizing value of the combined function of freight parking index and nonfreight parking index. The weighting is given to parking index both to represent interest levels of both types of vehicles. Parking spaces are both set dynamically for each specified time interval, based on the magnitude of vehicle flow in and out at the previous time, where the parking index is restricted by parking index maximum who desired manager. Based t test to variance values parking index combined, the results of the application to data of parking in Djatinegara Trade Center (JTC) shows that model solution gives value parking index is better than value the actual parking index (without optimization)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radhi Izhar Akbari
"Skripsi ini berisi analisis mengenai faktor-faktor yang memengaruhi implementasi kebijakan parkir dengan sistem park and ride di terminal Kampung Rambutan, karena dalam penerapannya, park and ride di terminal Kampung Rambutan masih memiliki beragam permasalahan sehingga belum berjalan dengan baik. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori kebijakan publik, implementasi kebijakan publik, faktor-faktor yang memengaruhi implementasi kebijakan publik menurut Edwards III, serta konsep perparkiran dan park and ride. Pendekatan yang digunakan adalah post positivis, deskriptif, cross sectional, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, studi kepustakaan, serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan tersebut dipengaruhi empat faktor, yaitu komunikasi, sumber daya kebijakan, disposisi, serta struktur birokrasi. Adapun faktor lain yang ditemukan di luar empat faktor tersebut yaitu faktor sumber dana atau keuangan.

This research containing an analysis about affecting factors to park and ride parking sistem policy in Kampung Rambutan Terminal, because in its implementation, the park and ride sistem in Kampung Rambutan Terminal still had some problems and so it doesn?t going well. The goal is to find out what factors can affect that policy implementation. The theory this research using are public policy, policy implementation, policy implementation affecting factors, and concepts about parking and park and ride. The approach for this research is post positivis, descriptive, cross sectional, using in-depth interview, literature study, and observation. This research results shows that the implementation has been affected by four factors: communication, policy resources, tendencies, and bureaucratic structures. Also another factor outside of those four, it is financial factors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>