Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1422 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"This book highlights the available information, with emphasis on the hydrological, chemical and biological elements interspersed in the river. Experts in the field discuss the main nutrient patterns and pollutant occurrence and the responses of the biological quality elements as well as the river ecosystem to the overall natural and man-made influences."
Heidelberg : Springer, 2012
e20405681
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Fatisya Ilani Yusuf
"Banjir yang terus melanda wilayah Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur menyebabkan banyak kerugian, terutama kerugian ekonomi yang diterima oleh masyarakat terdampak. Hal ini membuat pemerintah DKI Jakarta merencanakan normalisasi Sungai Ciliwung yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2030 dan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detil Tata Ruang RDTR.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengestimasi manfaat yang diterima masyarakat setelah proyek normalisasi sungai selesai, menghitung nilai sekarang bersih net present value dari dampak normalisasi sungai berdasarkan selisih estimasi manfaat yang diterima masyarakat setelah proyek normalisasi sungai selesai dengan biaya normalisasi sungai, dan menganalisis kelayakan proyek normalisasi sungai berdasarkan nilai sekarang bersih NPV. Pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode kuantitatif.
Hasil penelitian yaitu estimasi manfaat yang diterima masyarakat setelah proyek normalisasi adalah sebesar Rp 4 miliar. Nilai sekarang bersih net present value dari dampak normalisasi sungai adalah sebesar Rp -169,79 miliar. Dari aspek lingkungan, normalisasi sungai juga merusak ekosistem sempadan sungai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proyek normalisasi sungai yang memiliki hasil nilai sekarang bersih net present value negatif NPV < 0 , maka dapat dikatakan bahwa proyek normalisasi sungai ini tidak layak untuk dilaksanakan.

Floods continue to hit Kampung Pulo, part of Kampung Melayu village, East Jakarta and caused a lot of losses, especially economic losses which affected communities. This problem makes DKI Jakarta rsquo s goverment plan a decision to normalize Ciliwung river that contained in the Regional Regulation No. 1 2012 on Spatial Plan 2030 and Regional Regulation No. 1 2014 on Detailed Spatial Plan RDTR.
The aims of this study is to estimate benefit which accepted by communities after river normalization project, calculate the net present value NPV of river normalization based on difference between the estimated benefit which accepted by communities as a result of floods before river normalization, and to analyzed feasibility river normalization rsquo s project based on net present value NPV . This research use quantitative approach and quantitative method.
The results of this study, that estimated of the benefits received by the community after normalization project is around IDR 4 billion. The net present value NPV of the river normalization project is around IDR 169,79 billion and can be said that normalization project is not feasible. From the environmental aspect, the normalization of rivers also damaged riparian ecosystem. The conclusion of this study is the river normalization project which has the result of net present value NPV negative NPV 0 , it can be said that the normalization of the river project is not feasible.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nababan, Maria Evangelis
"Keadaan alam yang semakin buruk di Sungai Ciliwung merupakan latar belakang dari penelitian ini. Sungai yang semakin tercemar karena pengalihan fungsi DAS sungai mengubah manfaat sungai menjadi musibah yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Masyarakat yang sadar dan peduli terhadap lingkungan berkumpul dan menamai dirinya Komunitas Ciliwung Depok (KCD). Dalam pergerakannya muncul ide ekowisata sungai yang dicetuskan oleh seorang akademisi yang merupakan anggota KCD. Oleh karena itu, melalui penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap masyarakat sekitar sungai atau yang jauh dari sungai, anggota KCD, dan anak-anak yang bermain di sungai.
Tulisan ini menemukan bahwa Sungai Ciliwung cocok menjadi sebuah ekowisata. Ekowisata ini melibatkan lingkungan alam dan masyarakat, hal ini dikombinasikan oleh KCD sehingga menimbulkan efek ekonomi, sosial dan lingkungan. Efek ini bernilai positif seperti lingkungan alam yang lebih lestari baik oleh KCD, masyarakat atau wisatawan. Adanya peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan lebih dikembangankan budaya masyarakat.

The worst natural conditions in Ciliwung River is the background of this research. Rivers are increasingly polluted due to the transfer function of the river watershed transform the river into disaster that can be perceived by the public. People who are aware and concerned about the environment join together and named theirselves as Ciliwung Community Depok (KCD). During the movement came up the idea of ecotourism river idea was created by an academic who is a member of KCD. Therefore, through the study used a qualitative approach with in-depth interviews to the community around the river or far away from the river, members of KCD, and children who are playing in the river.
This writing found out that the Ciliwung River fit into an eco-tourism area. This Ecotourism involves natural environment and community, it is combined by KCD so it will give the effect to economy, social and environment. This effect valued positive such as more sustainable natural environment either by KCD, the community or tourists.There was an increasing economy for the community and more developing the community culture.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Masni Dyta Anggriani
"Tujuan utama penelitian ini adalah membangun model peningkatan resiliensi sistem sosio-hidrologis melalui tata kelola air polisentrik yang mengintegrasikan resiliensi komunitas untuk menjamin keberlanjutan fungsi ekosistem sungai di Wilayah Sungai Citarum. Metode yang digunakan adalah formula matematis untuk menghitung vulnerability index dengan menggunakan data sekunder dari berbagai institusi pengelola Wilayah Sungai Citarum, yang selanjutnya disebut sebagai WS Citarum. Hasil perhitungan vulnerability index digunakan sebagai dasar penetapan status resiliensi sistem sosio-hidrologis WS Citarum. Selain itu digunakan pula permodelan statistik Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak LISREL versi 8.7 untuk menetapkan resiliensi komunitas. Resiliensi komunitas dianalisis berdasarkan data primer hasil pengukuran modal sosial masyarakat (social capital) dan nilai, keyakinan, norma serta perilaku peduli lingkungan (values, beliefs, norms and pro-environmental behavior), individu anggota masyarakat di WS Citarum. Model konseptual upaya peningkatan resiliensi sistem sosio-hidrologis dibangun menggunakan permodelan system dynamics dengan perangkat lunak VensimPLE versi 9.3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vulnerability index (VI) di Wilayah Sungai Citarum adalah sebesar 1,80 pada Zona Citarum Hulu yang menunjukkan bahwa sistem sosio-hidrologis pada zona ini berada pada status rentan sedang (moderate vulnerability). Sedangkan pada Zona Citarum Tengah, nilai VI adalah 2,52 dan pada Zona Citarum Hilir adalah 2,06, yang menunjukkan bahwa sistem sosio-hidrologis pada kedua zona tersebut berada pada status sangat rentan (significant vulnerability). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa untuk mengatasi kerentanan sistem sosio-hidrologis di WS Citarum diperlukan implementasi model peningkatan resiliensi sistem sosio-hidrologis melalui intervensi tata kelola air polisentrik. Tata kelola air polisentrik yang didukung oleh aksi kolektif masyarakat dengan kekuatan modal sosial dan perilaku peduli lingkungan, sebagai wujud resiliensi komunitas, diharapkan dapat mencapai keberlanjutan fungsi ekosistem sungai di Wilayah Sungai Citarum.

The main objective of this research was to develop a model representing the resilience of the socio-hydrological system through polycentric water governance that integrates community resilience to ensure the sustainability of river ecosystem services in the Citarum River Basin. The method used in this study is a mathematical formula to calculate the vulnerability index using secondary data from various institutions managing the Citarum River Basin (CRB). The results of the vulnerability index calculations were used as the basis for determining the resilience of the CRB socio-hydrological system. Furthermore, statistical modeling of structural equation Modelling (SEM) using LISREL software version 8.7 is also used to assess community resilience. Community resilience was analyzed based on primary data from the results of measuring community social capital and the values, beliefs, norms, and pro-environmental behavior of individual community members in the Citarum River Basin. A conceptual model representing the resilience of the socio-hydrological system was built using system dynamics modeling with the VensimPLE software version 9.3.0. The results show that the vulnerability index (VI) in the Citarum River Basin is 1.80 in the upstream zone, indicating that the socio-hydrological system in this zone is moderately vulnerable. In the middle zone, the value of VI is 2.52 and in the downstream zone, it is 2.06, which indicates that the socio-hydrological system in the two zones is significantly vulnerable. This study concludes that to overcome the vulnerability of the socio-hydrological system in the Citarum River Basin, it is necessary to implement a model to increase the resilience of the socio-hydrological system through polycentric water governance interventions. Polycentric water governance supported by collective community action with the strength of social capital and pro-environmental behavior as a form of community resilience will achieve the sustainability of river ecosystem services in the Citarum River Basin.
"
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Holthouse, Hector
Sydney: Angus & Robertson, 1967
828.99 HOl r
Koleksi Publik  Universitas Indonesia Library
cover
Muhardiyan Erawan
"Sungai Balingara merupakan salah satu sungai dengan tipe Gravel-Bed di Indonesia. Sungai Gravel-Bed mudah berubah bentuk alurnya dalam waktu yang relatif singkat dikarenakan beberapa variabel antara lain iklim (curah hujan), debit sungai, topografi, jenis batuan, dan tutupan lahan. Untuk mengetahui perubahan alur Sungai Balingara digunakan citra landsat 7 dan 8 dan dianalisis secara planimetrik atau 2 dimensi. Parameter untuk mengetahui perubahan alur sungai antara lain Sinousity Ratio , Brice Index, luasan erosi dan deposisi. Perubahan alur sungai dihubungkan dengan perubahan tutupan lahan dan dianalisis secara deskriptif spasial dan temporal. Lokasi alur sungai yang memiliki gradien rendah pada wilayah hulu dan tengah DAS dengan jenis batuan berupa kerikil (gravel) lebih mudah berubah dibandingkan lokasi yang lainnya. Perubahan luasan erosi dan deposisi berpengaruh terhadap perubahan tutupan lahan.

Balingara River is one of the rivers with the type Gravel-Bed in Indonesia. Gravel-Bed Rivers easily deformed in a relatively short time due to several variables, that are climate (rainfall), river discharge, topography, rock types, and land cover. To determine stream channel changes in Balingara River used Landsat 7 and 8 and analyzed planimetric or two dimensions. Parameters to determine changes in the stream channel are Sinousity Ratio, Brice Index, the extent of erosion and deposition. Changes in stream channel associated with changes in land cover then analyze with descriptive analysis of spatial and temporal. The location of a stream channel has a low gradient in the upstream and middle watershed with the type of rock in the form of gravel is more easily changed than other locations. Changes in the area of erosion and deposition influence the land cover changes.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
S65977
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerlien Christle Tampilang
"Dalam melakukan pengelolaan sungai di Daerah, Pemerintah Daerah perlu untuk berkoordinasi dengan Daerah lain dan juga Pusat mengingat adanya pertemuan wilayah sungai yang berada dalam kewenangan masing-masing. Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut berkaitan dengan hal ini yang bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, antara lain kewenangan pengelolaan sungai di Indonesia, hubungan Pusat dan Daerah dalam pengelolaan sungai, dan kewenangan DKI Jakarta secara khusus dalam pengelolaan sungai. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, yang dalam hal ini penulis melakukan studi pustaka dilengkapi dengan wawancara terhadap beberapa narasumber. Hasil dari penelitian bersifat deskriptif-analitis, di mana Penulis menjelaskan kondisi pengelolaan sungai oleh Pemerintah Daerah di Indonesia, secara khusus Pemerintah DKI Jakarta. Penulis mendapati permasalahan dalam hal kesepahaman dan koordinasi yang belum sempurna dalam pelaksanaan pengelolaan sungai. Dari hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran dalam hal kesepahaman wilayah dan kewenangan, perbaikan komunikasi dan koordinasi, serta pelayanan sistem informasi yang lebih optimal demi transparansi hasil kinerja.

In carrying out regional river management, the regional government should coordinate with other regions or the central government in consideration of converged river regions. Therefore, the author felt the need to do a further research which is especially intended to find out some of the followings: the authority of river management in Indonesia, relation between the central government and regional government in river management, and the authority of DKI Jakarta specially in river management. This research exert normative-juridical method which led the author to perform some literature reviews equipped by interviews with the sources. The result of this research is analytical descriptive, in which the author explains the condition of river management conducted by the regional government in Indonesia, specially the regional government of DKI Jakarta. The author finds rudimentary understanding and coordination to be the main problems within the execution of river management. From the result of the research, the author offers some suggestions in terms of understanding the regions and authority, improving communication and coordination, and also optimizing the information-system services in the interest of transparency of performance results."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Haryono
"Sungai Jangkok adalah salah satu yang termasuk tercemar berat di NTB. Nilai BOD telah melebihi standar baku mutu air kelas II dan menurut nilai Family Biotic Index (FBI) sungai dalam kategori tercemar berat bahan organik. Tujuan penelitian adalah mewujudkan pengelolaan DAS Jangkok yang berkelanjutan sesuai dengan fungsi sungai melalui penerapan strategi pengendalian pencemaran. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara terhadap masyarakat, dan stakeholder (pemerintah dan LSM). Data kualitas air diperoleh dari DLHK NTB dan DLH Kota Mataram dan dilakukan pengambilan sampel dengan teknik composite sample. Metode yang digunakan adalah STORET, QUAL2Kw, regresi logistik dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Sungai Jangkok, Kota Mataram dalam kategori tercemar berat dari tahun 2015-2022 dengan rata-rata skor STORET adalah -79,25 dan beban pencemaran BOD, COD dan TSS yang masuk telah melebihi daya tampung beban pencemaran. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kurang baiknya persepsi masyarakat terhadap status pencemaran (67%) dan kebermanfatan sungai (59%), masih adanya perilaku membuang sampah dan/atau BAB di sungai (23%), kurang baiknya perilaku pencegahan (59%), kurang baiknya sarana pembuangan air limbah (40%) dan sampah (58%) dan masih adanya rumah yang membelakangi sungai (59%). Beberapa penyebabnya adalah belum terjadi sinergi lintas wilayah administrasi antarstakeholder, tidak ada penegakan hukum untuk masyarakat, program kerja bergantung anggaran pemerintah dan tidak ada disinsentif. Kesimpulan penelitian ini, strategi yang sesuai adalah membuat suatu program pengurangan beban pencemaran yang terintegrasi lintas kabupaten/kota, terintegrasi lintas lembaga dengan kewenangan berbeda, terintegrasi dengan masyarakat, dan sesuai dengan kondisi aktual sungai dan sosial ekonomi masyarakat.

Sungai Jangkok is one of those considered heavily polluted in NTB. The Biochemical Oxygen Demand (BOD) value has exceeded the standard for Class II water quality, and according to the Family Biotic Index (FBI) value, the river falls under the category of heavy organic pollution. The research objective is to realize sustainable management of the Jangkok Watershed in accordance with its river functions by implementing pollution control strategies. Data collection was conducted using questionnaires and interviews with the public and stakeholders (government and NGOs). Water quality data was obtained from DLHK NTB and DLH Mataram City, and sampling was carried out using the composite sample technique. The methods employed were STORET, QUAL2Kw, logistic regression, and SWOT. The research findings indicate that, in general, the Jangkok River in Mataram City falls into the heavily polluted category from 2015 to 2022, with an average STORET score of -79.25. Moreover, the pollution loads of BOD, COD, and TSS entering the river have exceeded the pollution carrying capacity. The condition is influenced by several factors, including the less favorable perception of pollution status (67%) and the usefulness of the river (59%) by the community. Additionally, the persistent behavior of littering and/or defecating in the river (23%), inadequate preventive practices (59%), insufficient wastewater disposal facilities (40%), and improper waste management (58%) are contributing factors. Moreover, the existence of houses backing up to the river (59%) also plays a role in the current condition. Some of the causes are the lack of synergy across administrative regions between stakeholders, the absence of law enforcement for the community, dependency on government budget for work programs, and the lack of incentives. The conclusion of this research suggests that the most effective strategy for taking is to develop a program for reducing pollutant loads that is integrated across districts and cities, integrated across agencies with various levels of authority, integrated with the community, and in accordance with the river's actual conditions and the socioeconomic community."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Furqoni Arief
"Perubahan penggunaan tanah menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan alur sungai. Hal tersebut disebabkan perubahan yang terjadi memberikan masukan sedimen yang besar ke dalam sungai. Akibatnya, terjadi perubahan pada alur sungai. Dengan mengambil kasus perubahan penggunaan tanah di DA Way (sungai) Sekampung. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh perubahan penggunaan tanah terhadap alur sungainya. Untuk mendapatkan data penggunaan tanah dan alur sungai dilakukan interpretasi citra Landsat on screen pada tahun 1977, 1996, 2002, dan 2013. Sinuosity index dipergunakan untuk menentukan perubahan yang terjadi pada alur sungai.
Hasil penelitian ini memperlihatkan perubahan luas hutan selama tahun 1977 - 2013 luasnya berkurang sebesar 2,77% dan luas kebun kelapa sawit bertambah 0,63% serta terjadi perubahan pada penggunaan tanah lainnya. Dampaknya terhadap alur sungai dari 37 lokasi yang diteliti, 20 lokasi menunjukan indikasi cenderung semakin berkelok yang ditandai dengan bertambahnya nilai sinuosity index, 15 lokasi menunjukan indikasi cenderung semakin lurus yang ditandai dengan berkurangnya nilai sinuosity index, dan 2 lokasi terjadi pemotongan alur sungai berupa pelurusan akibat campur tangan manusia. Meskipun demikian tidak adanya perubahan yang signifikan disebabkan karena terdapatnya 1 bendungan dan 2 bendung yang mempengaruhi hal tersebut.

Land-use change is one factor that changes of river channel. That is happened because the change given more layers of sediment into the river. Therefore, the river channel is changed. By taking the case in Way (river) Sekampung about land-use change towards the river channel. In this research, the researcher interpreted the Landsat imagery on screen from 1977, 1996, 2002, and 2013 to obtain the data of land-use and river channel. Sinuosity index used to determine the river channel change.
At the end of this research, it showed the change of forest area for period 1977 - 2013 has been reduced 2,77% and increased into 0,63% for oil palm plantations and other land-use change. The impacts on river channel from 37 locations studied, found that 20 locations showed from the increased sinuosity index value, 15 locations showed the decreased sinuosity index value, and 2 locations of cutting groove alignment because of human interventions. However, the significant change is affected by one dam and two weirs.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S57443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Tsaqib Muallif
"Integrasi antara angkutan sungai dan angkutan darat dianggap sebagai solusi potensial untuk meningkatkan minat masyarakat. Namun, proses pengambilan keputusan terkait pemilihan moda angkutan sungai yang terintegrasi ini memerlukan pendekatan yang cermat dan terinformasi. Meskipun potensi angkutan sungai telah diakui, belum ada penelitian khusus yang secara komprehensif menerapkan metode-metode dalam konteks pemilihan moda angkutan sungai yang terintegrasi dengan angkutan darat di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan moda angkutan sungai dan menganalisis probabilitas minat penggunaan moda angkutan sungai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bobot prioritas yang paling berpengaruh terhadap pemilihan moda transportasi dari Alalak Utara menuju Sungai Lulut dan sebaliknya di Kota Banjarmasin adalah urutan pertama faktor waktu perjalanan dan biaya dengan bobot 27%, di ikuti oleh faktor frekuensi perjalanan 18%, faktor kenyamanan 10%, faktor keamanan 10%, dan terakhir faktor maksud perjalanan dengan bobot 8%. Para pelaku perjalanan melakukan perjalanan dari Alalak Utara menuju Sungai Lulut atau sebaliknya akan memilih moda transportasi motor sebanyak 41%, memilih moda mobil sebanyak 31%, transportasi angkutan darat sebanyak 18% dan yang memilih moda angkutan sungai+angkutan darat sebanyak 10%. Dari grafik sensitivitas variabel dapat diketahui variabel waktu perjalanan dan biaya perjalanan memperlihatkan arah kemiringan garis negatif. Yang artinya jika selisih peningkatan nilai variabel semakin besar, maka probabilitas pemilihan moda angkutan sungai yang terintegrasi dengan angkutan darat akan semakin kecil.

Integration between river transportation and land transportation is considered a potential solution to increase public interest. However, the decision-making process regarding the choice of integrated river transport modes requires a careful and informed approach. Even though the potential of river transportation has been recognized, there has been no specific research that comprehensively applies methods in the context of selecting river transportation modes that are integrated with land transportation in Banjarmasin City. This research aims to analyze the factors that influence interest in using river transportation modes and analyze the probability of interest in using river transportation modes. The results of this research show that the priority weights that have the most influence on the choice of transportation modes from North Alalak to Sungai Lulut and vice versa in the City of Banjarmasin are the first order factor of travel time and cost with a weight of 27%, followed by the travel frequency factor of 18%, comfort factor of 10%, and safety factor. 10%, and finally the travel intent factor with a weight of 8%. Of the travelers traveling from North Alalak and Sungai Lulut or vice versa, will choose motorbike transportation as much as 41%, will choose car as much as 31%, will choose land transportation as much as 18% and will choose land + river transportation as much as 10%. From the variable sensitivity graph, it can be seen that the travel time and travel cost variables show a negative line slope. This means that if the difference in increasing variable values ​​is greater, then the probability of choosing a river transport mode that is integrated with land transport will be smaller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>