Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39999 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Perilaku kupas perekat peka tekanan (PSA) berbasis karet alam yang direkatkan pada substrat stainless steel telah dianalisis berdasarkan gambar samping. Meskipun secara makroskopis kecepatan kupasnya konstan, lapisan perekat PSA mengalami regangan secara vertical dengan kecepatan yang bertambah secara linier sepanjang zona kupas. Proses peregangan tersebut dapat disimulasikan menggunakan uji taarik dengan kecepatan berakselerasi. Kemudian dengan pengintegralan nilai tegangan sepanjang zona kupas, gaya kupasnya dapat dihitung dan ditemukan setara dengan nilai pengukurannya."
MPI 9:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Boca Raton: CRC Press, 2009
R 668.3 HAN (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarmaji
"ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian pengaruh jenis inisiator, jenis surfaktan dan waktu
feeding monomer dari kopolimer Butil akrilat-Asam metakrilat terhadap kinerja
pressure sensitive adhesives berbasis air. Proses polimerisasi dilakukan
menggunakan teknik seeding melalui polimerisasi radikal bebas pada temperatur
reaksi 85±1 oC dengan kecepatan pengadukan 200 rpm.Tipe inisiator divariasi
menggunakan APS dan KPS, surfaktan menggunakan LDBS dan SLS serta
waktu feeding dibuat 2, 3 dan 4 jam. Parameter polimer PSA seperti : total
padatan, viskositas, pH, tegangan permukaan, ukuran partikel, tack, shear dan
adhesion diuji. Variasi inisiator, surfaktan dan waktu feeding tidak
mempengaruhi total padatan, viskositas, pH dan tegangan permukaan polimer
PSA. Efek variasi inisiator, surfaktan dan waktu feeding monomer
mempengaruhi ukuran dan distribusi ukuran partikel dimana ukuran partikel
paling kecil diperoleh dari kombinasi antara inisiator KPS, surfaktan SLS dan
waktu feeding 3 jam. Sedangkan kinerja secara keseluruhan dari polimer PSA
didapat dari kombinasi antara inisiator APS, surfaktan LDBS dan waktu feeding
2 jam dengan parameter tack : 4 cm, shear : 18 menit dan adhesion : 6,56 N

ABSTRACT
A research has been conducted to investigate the effect of various initiator,
surfactant and feeding time of Buthyl acrylate-Methacrylic acid copolymer on the
performance of water based pressure sensitive adhesives. Polymerization was
done by seeding technique through free radical polymerization at the reaction
temperature 85±1 oC and the speed of agitation 200 rpm. Initiator was varied by
using Ammonium persulfate and Potassium persulfate, surfactant using LDBS
and SLS then feeding time was made in 2, 3 and 4 hours. The parameter of PSA
polymer i.e solid content, viscosity, pH, surface tension, particle size, tack, shear
and adhesion were tested. The variation of initiator, surfactant and feeding time
did not effected solid content, viscosity, pH and surface tension of PSA polymer.
Variation of initiator, surfactant and feeding time influenced particle size and
distribution particle size where the smallest particle size were achieved by
combination initiator Potassium persulfate, surfactant SLS and feeding time of
monomer 3 hours. Overall, the performance of PSA polymer was achieved by
combination initiator Ammonium persulfate, surfactant LDBS and feeding time of
monomer 2 hours with parameters tack: 4 cm, shear: 18 minutes and
adhesion: 6,56 N."
2012
T 30385
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Nibrosul Mamduh
"Peningkatan kebutuhan akan kemudahan transportasi antar wilayah, memacu pemerintah Indonesia untuk membuat insfrastruktur transportasi yang lebih baik. Untuk itu, dibuatlah proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek ini menggunakan model kereta Fuxing CR400AF yang memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/jam. Pada kecepatan tersebut, muncul masalah-masalah aerodinamik, salah satunya berupa micro-pressure waves. Fenomena tersebut menjadi masalah baru di berbagai negara, karena sangat berkaitan erat dengan peningkatan kecepatan kereta. Semakin tinggi kecepatan operasional kereta, akan meningkatkan nilai micro-pressure waves, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan kekuatan konstruksi bangunan di sekitarnya. Pada penelitian ini dilakukan simulasi numerik, berupa CFD, menggunakan perangkat lunak ANSYS FLUENT. Skema pada penelitian adalah kereta melintasi sebuah terowongan, di mana fase awal micro-pressure waves terjadi saat kereta masuk terowongan. Fokus penelitian ini adalah pengukuran pressure gradient yang nilainya berkorelasi dengan micro-pressure waves. Terdapat 4 variasi tunnel portal, yaitu enlarged tunnel portal, enlarged vent tunnel portal, linear tunnel portal, dan tunnel portal walini, yang akan dibandingkan juga dengan terowongan tanpa tunnel portal. Hasil dari penelitian ini, desain tunnel portal walini memiliki maksimum pressure gradient yang paling rendah, dengan total penurunan 19,4% dibandingkan dengan variasi tanpa tunnel portal. Selain itu, juga diamati dampak perubahan variasi tunnel portal terhadap efek aerodinamik pada kereta. Hasilnya, perbedaan variasi antar tunnel portal tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, tetapi masih jauh menurun apabila dibandingkan dengan variasi tanpa tunnel portal. Variasi terbaik dapat menurunkan tekanan maksimum dan koefisien drag adalah enlarged tunnel vent portal, dengan masing-masing penurunan sebesar 19,7% dan 23,6%.

The increasing demand for interregional transportation convenience has driven the Indonesian government to establish improved transportation infrastructure, leading to the development of the Jakarta-Bandung High-Speed Train project. This project utilizes the Fuxing CR400AF train model, capable of operating speeds up to 350 km/h. At such velocities, aerodynamic issues arise, including the micro-pressure waves phenomenon. Micro-pressure waves have become a new concern in various countries as it is closely related to the increased speed of trains. The higher the operational speed of the train, the worse the impact of micro-pressure waves on human health and the structural integrity of surrounding buildings. In this study, numerical simulations (CFD) using ANSYS FLUENT software were conducted. The research scenario involved the train passing through a tunnel, where the initial phase of the micro-pressure waves occurred upon the train's entry into the tunnel. The primary focus of this study was to measure the pressure gradient, which correlates with the micro-pressure waves. Four variations of tunnel portals were considered: enlarged tunnel portal, enlarged vent tunnel portal, linear tunnel portal, and walini tunnel portal, all of which were compared to a tunnel without a tunnel portal. The research findings indicate that the walini tunnel portal design exhibited the lowest maximum pressure gradient, with a total decrease of 19.4% compared to the variation without a tunnel portal. Additionally, the study examined the impact of different tunnel portal variations on the aerodynamic effects of the train. The results showed that the variations between tunnel portals did not significantly differ; however, they still exhibited considerable decreases compared to the variation without a tunnel portal. The enlarged vent tunnel portal was the best variation, capable of reducing maximum pressure and drag coefficient, with respective reductions of 19.7% and 23.6%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
New York: North-Holland, 1984
530.4 HIG
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
New York: North-Holland, 1983
530.4 HIG
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Failure of flow a fluid from a equipment to other equipment often happen caused by significant presure drop. To ascertain pressure ability flow of fluid in piping system necessary done calculation pressure drop earlier in engineering, because pressure drop that calculated to make base generate of pipe routing correctly is connects fron nozzle of vessel to nozzle of suction compressor."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>