Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 219366 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Retnowati
"The objective of this study is to analyze the effects of the student's belief of knowledge and learning toward the students' performance. The assumptions used are: 1) Knowledge is certain 2) Knowledge is complex 3) Learning is not fast and easy 4)Knowledge capacity is not based solely on the performace variable. The subjects for the study were students majoring in Accounting of a university located in Banten. Both the descriptive analysis method and the path analysis were used in this study to analyze the data. The result indicate that the students belief on knowledge and learning affected the students' performance, both directly and indirectly, as much as 7%."
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
TEMEN 3:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tasli
"Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kédinasan pada Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan, Departemen Keuangan R.I. yang tamatannya mernperoleh gelar Akuntan dan akan bekerja sebagai auditor pada InstansiInstansi Pemerintah serta satu-satunya lembaga pendidikan tinggi jurusan akuntansi yang memberikan mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan. Pemberian mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan didasarkan pada besarnya minat pemeriksa pada Satuan Pengawasan Intern BUNN/BUMD yang mengikuti penataran Komunikasi dan Psikologi Pemeriksaan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Akuntansi - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dengan tujuan agar kelak sebagai auditor, yang bersangkutan dapat menciptakan human relation dengan auditee. Selain itu juga untuk mengurangi kesan buruk diri auditor sebagaimana dikenukakan oleh Elbert Hubbard yang mengemukakan, bahwa tipikal auditor adalah orang yang tidak menyenangkan dan tidak manusiawi, maka kepada calon auditor diberikan pelajaran Psikologi dalam Pemeniksaan.
Belajar adalah perubahan tingkah laku yang sifatnya tetap dan bukan karena pertumbuhan, obat-obatan maupun penyakit dan kelelahan. Evaluasi terhadap hasil belajar siswa dapat ditinjau dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Da1am rangka evaluasi aspek produk, berdasarkan alat tes yang dibuat olehnya, dosen memberikan nilai yang dinyatakan sebagai tingkat prestasi yang telah dicapai siswa. Yang, dirnaksud dengan .prestasi belajar dalam penelitian mi adalah nilai akhir mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan yang .diperoleh dari Seko.Lah Tinggi 'Akuntansi Negara dan nilai akhir adalah nilai rata-rata,tertimbang dari nilai mid semester, aktivitas dan ujian akhir semester.
Nilai mahasiswa untuk mata kuliah Psikologi dalam Pemeiii riksaan cukup beragam, ada yang tinggi dan ada pula yang rendah. Hal itu mungkin disebabkan oleh sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan dan juga oleh Konsep Diri mahasiswa yang bersangkutan. Karena itu, penelitian mi selain untuk melihat sikap rnahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Megara terhadap mata kuliah Psikologi dalarn Pemeriksaan, juga ingin melihat hubungan Konsep Din mahasiswa dan Sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi dalam Pemer.iksaan dengan Prestasi Belàjar mahasiswa untuk mata kuliah yang bersangkutan. Selain nilai mata kuliah Psikologi dalam Pemeniksaan, penulis gunakan juga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai variabel kontrol.
Dalam penelitian mi Konsep Diri didefinisikan sebagai suatu kumpulan perasaan, persepsi, sikap dan keyakinan seseorang tentang keadaan dirinya pada saat mi dan bukan yang diharapkan atau yang seharusnya yang dibentuk oleh pengalarnannya dan berfungsi sebagai pengarah serta mempengaruhi tingkah lakunya. Sedangkan Sikap terhadap mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan didefinisikan sebagai kecenderungan untuk berpikir, merasakan dan berpenilaku terhadap mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan yang dapat bersifat positif dan dapat pula bersifat negatif.
Berdasarkan penelitian tersebut, disimpulkan bahwa sikap mahasiswa sekolah Tinggi Akuntansi Negara terhadap rnata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan cukup positif dan tidak terdapat hubungan Konsep Diri rnahasiswa dengan Nilai mahasiswa pada mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan serta ada hubungan sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi dalam Pemriksaan dengan Nilai mahasiswa untuk mata kuliah yang bersangkutan, tetapi sumbangan variansnya hanya 18%. Kecilnya sumbangan varians tensebut, mungkin karena faktor lain yaitu faktor intelegensi, motivasi, lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Selain itu disimpulkan juga, bahwa terdapat hubungan antara Konsep Diri mahasiswa, dan Sikap rnahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi dalam Perneriksaan dengan Nilai mahasiswa pada mata kuliah Psikologi dalam Pemeriksaan. Dalam penelitian ini juga penulis usulkan lima Saran yang ditujukan kepada Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, dan Peneliti lain untuk masa-masa yang akan datang.
Sebagai acuan dalam penelitian ini, digunakan 51 buah literatur."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
T37871
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Budiman
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar mahasiswa dan metode pengajaran dosen terhadap kinerja mata kuliah akuntansi keuangan. Kinerja yang dimaksud adalah nilai akhir mata kuliah akuntansi keuangan lanjutan 1 dan akuntansi keuangan 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei kepada 179 mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada periode 2016/2017 angkatan 2014 dan 2015. Data diolah dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa gaya belajar tidak mempengaruhi nilai mata kuliah mahasiswa di FEBUI karena mayoritas mahasiswa memiliki adaptabilitas tinggi terhadap gaya belajar jenis apapun. Dalam penelitian ini, metode pengajaran dosen berpengaruh positif terhadap nilai akhir.

The purpose of this study is to investigate the effect of students learning styles on financial accounting courses performance. Performance means the final grade of financial accounting 1 and advanced financial accounting 1. This study was conducted by using a survey to 179 accounting students on Faculty of Economics and Business University of Indonesia in the period 2016 2017 for both batch 2014 and 2015. Data processed by using multiple linear regression method. This research finds that learning style does not affect student's accounting courses performance in FEBUI, because they has high adaptability to any kind of learning style. However, teaching methods has a positive influence on student's accounting courses performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67539
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agiananta Rizyamesa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi yang ditunjukkan mahasiswa akuntansi terhadap metode collaborative learning yang diterapkan pada mata kuliah akuntansi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi S1 Universitas XYZ angkatan 2010 hingga 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik antara mahasiswa akuntansi yang cum laude dan non-cum laude, maupun antara mahasiswa akuntansi tingkat awal dan tingkat akhir. Ini berarti adanya collaborative learning tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan collaborative learning yang belum bisa optimal.

The purpose of this research is to find whether the collaborative learning will improve the studying activity significantly in accounting courses. Sample of this research consist of University of XYZ?s accounting student who still active in college. The result shows that there is no significantly different between cum laude and non cum laude student and there is no significantly different between first year student and last year student in their perception to the collaborative learning method. It means that the existence of collaborative learning doesn?t give a significant effect to the studying activity of student. Moreover, the practice of collaborative learning still should be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rikwan Effendi Salam Manik
"ABSTRAK
The purpose of this study wa to find out and analyze te influence of entrepreneurship knowledge, soft skill and family support on student entrepreneurial readiness in the Department of Accounting of Politeknik Negeri Medan. The theories used were marketing management and entrepreneurial theory related to entrepreneurial readiness, entrepreneurial knowledge, soft skills and family support. This type of resourch was quantitative descrptive and the nature of research is explanatiry. The number of samples used was 292 respondents. This study uses the stratified random sampling method. The analytical method used was multiple linear regression. The results of the study indicate that soft skill variables, entrepreneurial knowledge and family support simultaneously influence the entrepreneurial readiness of accounting students at Politeknik Negeri Medan. Partially, soft skill, entrepreneurial knowldge and family support had a significant effect on entrepreneurial readiness of accounting students and the most dominant variable influence entrepreneurial readiness is soft skill."
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rikwan Effendi Salam Manik
"ABSTRAK
The purpose of this study to find out and analyze the influence of entrepreneurship knowledge, soft skill and family support on student entrepreneurial readiness in the Department of Accounting of Politeknik Negeri Medan. The theories used were marketing management and entrepreneurial theory related to entrepreneurial readiness, entrepreneurial knowledge, soft skills and family support. This type of resourch was quantitative descrptive and the nature of research is explanatiry. The number of samples used was 292 respondents. This study uses the stratified random sampling method. The analytical method used was multiple linear regression. The results of the study indicate that soft skill variables, entrepreneurial knowledge and family support simultaneously influence the entrepreneurial readiness of accounting students at Politeknik Negeri Medan. Partially, soft skill, entrepreneurial knowldge and family support had a significant effect on entrepreneurial readiness of accounting students and the most dominant variable influence entrepreneurial readiness is soft skill."
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Khairul
"ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengungkapkan strategi/metode pembelajaran dalam upaya mencapai hasil belajar yang baik melalui peningkatan motivasi dan minat belajar serta penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dan efektif yang diterapkan melalui pendekatan modified free inquiry sebagai upaya peningkatan kemampuan divergent thinking dalam pembelajaran aplikasi pemrograman yang dilaksaksanakan pada labortorium komputer. Metode pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran modified free inquiry, Dosen memberikan suatu permasalahan dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengatasi permasalahan baik secara individu maupun kelompok. Dosen berperan memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat melakukan penyelidikan dengan tidak banyak mengalami kesalahan. Dosen dapat memberikan bantuan dalam bentuk pertanyaan yang dapat membantu mahasiswa untuk memikirkan tentang prosedur penyelidikan yang mungkin dilakukan. Pertanyaan diberikan sebagai stimulan bagi mahasiswa untuk dapat memecahkannya masalah dengan ide-ide penyelidikan yang kreatif. Peningkatan motivasi dan minat belajar serta penggunaan strategi pembelajaran melalui penerapan pendekatan modified free inquiry dapat meningkatkan kemampuan divergent thinking mahasiswa. Peningkatan kemampuan divergent thinking mahasiswa dapat dibuktikan dari adanya peningkatan nilai tes yang dilakukan sebelum dan setelah tindakan. Besarnya rata-rata nilai postest lebih tinggi daripada rata-rata nilai pretest yang menunjukkan metode atau strategi model pembelajaran modified free inquiry yang digunakan sudah tepat"
Medan: Polimedia Negeri Medan, 2018
338 PLMD 21:4 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Asmalidar
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi keuangan mahasiswa ekonomi di Politeknik Negeri Medan dan Universitas Sumatera Utara serta menganalisis pengaruh faktor jenis kelamin, usia, tahun masuk perkuliahan, indeks prestasi kuliah (IPK), kemandirian mahasiswa, pendapatan orang tua, dan asal perguruan tinggi dalam mempengaruhi tingkat literasi keuangan mahasiswa. Penelitian ini difokuskan pada dua perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Medan dan Universitas Sumatera Utara. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 200 orang yang terdiri dari 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU dan 100 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usia, dan Indeks Prestasi Kumulatif berpengaruh positip dan signifikan terhadap tingkat literasi keuangan. Semakin tinggi usia dan IPK mahasiswa maka tingkat literasi keuangan juga semakin membaik. Tempat tinggal mahasiswa dan asal perguruan tinggi mahasiswa juga berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan. Perbedaan tempat tinggal dan asal perguruan tinggi mahasiswa menyebabkan terjadinya perbedaan kemampuan pemahaman keuangan. Sementara itu, jenis kelamin, lama kuliah dan pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan mahasiswa.
"
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Enpowering information technology (IT) has revealed new dimention of ethical behavior. There are contradictions in prior research result about ethics in using IT, especially in academic scheme. Some researchers concluded that there are no different ethical behavior between IT students and general students (non-IT program) because IT could self-learned. However, other researchers concluded that there is different ethical behavior among individual who has higher IT knowledge and individual who has no or little IT knowledge. this research analyzes moral intensity and ethics in IT students and business students. There are two results from this research, they are: first, there is different perception toward ethical on IT between IT students and accounting students. Both of sample groups dissagree with unethical behavior but in different level. IT students has higher level of dissagreement of unethical on IT than accounting studens; second, unethical behavior on IT has influenced by moral intensity. These results imply that higher education intitution has important role to direct ethical behavior of their students."
657 JATI 7:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>