Ditemukan 42187 dokumen yang sesuai dengan query
"Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir (CCTL). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kapontori dan SMPN 1 Batauga Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pada setiap sekolah diambil dua kelas (eksperimen dan kontrol) secara acak. Siswa kelas eksperimen mendapat pembelajaran CCTL dan siswa kelas kontrol kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan hasil wawancara dengan siswa dan guru. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji-t dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran CCTL secara signifikan lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa daripada pembelajaran konvensional."
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Estimasi adalah salah satu topik matematika, terutama untuk SD. Topik ini berguna tidak hanya untuk matematika canggih tetapi untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Guru jarang mengajarkan topik ini karena mereka hanya melewatkan materi ini atau materi ini tidak dibahas dengan baik oleh penulis. Penelitian ini melaporkan kemampuan guru SD dalam membuat estimasi dan hubungan antara kemampuan komputasi. Penelitian deskriptif ini dilakukan terhadap 15 guru SD. Kemampuan pada perhitungan adalah 18 poin lebih tinggi daripada estimasi. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memcahkan tugas komputasi secara mekanis daripada secara bermakna. "
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"The research purpose was to describe the succesulness of Realistic Mathematic Education Model which was based on the completion aspect of students' learning result, students' actively level, teacher's ability to manage learning, and students' response toward the model applied in this research. This research was conducted toward the third year students of SD Islam Terpadu which consist of 25 students. In gathering data, pen and paper test technique was used to measure students' achievement. Observation was done to know the students' activities and teacher's ability in manage learning. Questioner was also given to know the students' perceptions toward the model applied. Statistic and descriptive analysis were used to analyze the data. The research finding showed that the students' activities were not effective, while the teacher's ability in managing learning was effective. In the end, standard for students' achievement were not reached. On the other hand, students' responses toward the model applied were positive."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"This study attemps to determine impact of the implementation of Realistic Mathematics Education (RME) model on the improvement of deductive reasoning ability, and to describe the perceptions of teachers and students of secondary schools toward the RME model. A quasi-experiment with pretest-postest non-equivalent group as research design was employed into 2 groups of research subjectL the experimental group and the control group and each was treated under RME and conventional teaching model. A number of 44 students of SMPN1 Parung and 20 students of SMP Islam Terpadu Jabon Mekar in Parung district were chosen as research subjects. Quantitative data obtained through questionnaries and written test were analyzed using student-t test. While qualitative information gathered through responses to personal interview and observations was analyzed using qualitative-naturalistics method. Findings reveals that learning mathematics using the RME model impacts on increasing students' deductive learning ability in both schools with amount of increase is 30.7 for SMP Islam Terpadu and 44.8 for SMPN1 Parung. RME model also impacts on developing students' positive attitude of students toward mathematics as seen in the number of students who liked mathematics lesson, that is 100% for SMP Islam Terpadu and 97% SMPN 1 Parung. The perceptions of teachers and students in both schools toward the RME Model are positive. Application of learning mathematics using PMR model becomes more enjoyable and students become more active."
JPUT 11:1 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauh menyusun kurikulum program pendidikannya berbeda dengan perguruan tinggi yang mempunyai sistem belajar tatap muka. Mahasiswa UT diberikan kebebasan dalam memilih dan menentukan mata kuliah untuk diregistrasikan pada satu semester. Dalam kurikulum program studi di UT terlihat bahwa terdapat mata kuliah yang mempunyai hubungan keterkaitan materi antarmata kuliah. Hubungan tersebut digambarkan sebagai hubungan prasyarat antarmata kuliah. Untuk membuat rencana studi, mahasiswa perlu mengetahui hubungan keterkaitan materi antarmata kuliah tersebut sehingga dapat menentukan mata kuliah yang akan diregistrasi pada satu semester. Artikel ini mengidentifikasi keterkaitan materi antarmata kuliah untuk dipetakan dalam rencana studi. Untuk memetakan mata kuliah berprasyarat tersebut perlu dilakukan optimasi pemetaan mata kuliah. Tujuan pengembangan model optimasi ini adalah untuk memaksimalkan hubungan keterkaitan materi dengan memetakan mata kuliah berprasyarat secara berurutan. Hal ini juga berarti meminimalkan jarak antarsemester urutan mata kuliah berprasyarat. Model optimasi yang dikembangkan berupa Integrasi Linear Programming. Model tersebut kemudian diimplementasikan pada kurikulum Program Studi Matematika FMIPA UT. Hasil simulasinya berupa rencana studi bagi mahasiswa program studi tersebut. Dari analisis hasil simulasi diperoleh rencana studi dengan jumlah maksimal 21 dan 23 SKS per semester merupakan pilihan terbaik bagi mahasiswa."
JMSTUT 14:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dewi Murniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
370 JPP 46:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Gila Hanna
"This book, resulting from the 19th ICMI Study, brings together a variety of viewpoints on issues such as : (1) the potential role of reasoning and proof in deepening mathematical understanding in the classroom as it does in mathematical practice, (2) the developmental nature of mathematical reasoning and proof in teaching and learning from the earliest grades, and (3) the development of suitable curriculum materials and teacher education programs to support the teaching of proof and proving."
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400684
eBooks Universitas Indonesia Library
"This experimental study was conducted to investigate students' mathematical communication and problem solving abilities by using problem based learning (PBL). The subjects of this study were 67 student teachers from a State University in Bandung. Instruments of this study were a mathematical communication test and a mathematical problem solving test. The data were analyzed by using one and two path ANOVA, Mann Whitney test and chi square test. The study found that: (1) Students' mathematical communication and problem solving abilities in PBL were higher than those of students of conventional classroom; (2) The advantage of PBL were also supported by the findings that mathematical communication and problem solving abilities students with low initial ability were higher in PBL classroom compared to those of conventional classroom; (3) There was significant correlation between mathematical communication and problem solving abilities; (4) There were no interaction between teaching approaches and prior mathematics ability on student's mathematical communication and problem solving abilities. "
JPUT 11:2 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fransisca
"Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan apakah pemberian intervensi individual berupa aktivitas motivasional dan strategi membaca BaTaRang Baca, Tanya, Rangkum dapat meningkatkan motivasi membaca dan kemampuan pemahaman bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain subjek tunggal pada siswa SMP dengan slow learner. Program diberikan selama 10 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi membaca dan kemampuan pemahaman bacaan pada subjek setelah program diberikan.
The objective of this research is to examine whether individual intervention which consist of motivational activity and RAP Read, Ask, Put reading strategy can increase reading motivation and reading comprehension. This research is conducted using single subject design on middle school student with slow learner. The program was administered for 10 meetings and the result of this research show that by providing motivational activity and RAP reading strategy can increase the subject rsquo s reading motivation and reading comprehension."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47025
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
"Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa yang kajiannya difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, meliputi kompetensi guru, komitmen mengajar, dan efektifitas proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh kompetensi guru dan komitmen mengajar terhadap efektifitas proses pembelajaran serta implikasinya pada hasil belajar siswa baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey method dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori likert terhadap 60 orang guru SMA di Kota Tasikmalaya. Teknik ini digunakan untuk mengetahui hubungan langsung dan tak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa, efektifitas hasil pembelajaran, kompetensi guru dan komitmen mengajar guru SMA di Kota Tasikmalaya termasuk dalam kategori tinggi dan terdapat pengaruh kompetensi guru dan komitmen mengajar terhadap hasil belajar siswa melalui efektifitas proses pembelajaran."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library