Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65412 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"The sectors within creative industry and beyond the tourism sector wouldn't develop in separately and acted as competitor, but rather than to support inter sector. Tourism sector would take benefit through other sectors in combining activities together in retain more optimal economic benefit. On this case, it needs deeply analysis on different perceptions among shareholders, and also for both tourism creative industry's policy maker. However, the mapping beyond both kinds of industries has a tremendous aspect to identify its similarity. As the consequence, it is neglectful to need more combination beyond those assets. Tourism sector and creative industry would consistent to support inter sector and other related sectors, in which to offer more diversify tourism & creative industry packages. By using tourism competitiveness indicators, the dynamism within creative industry's mapping would also stimulate the tourism's growth which represents positive impact to creative industry on specific tourism destination. "
JUKIN 5:2 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Azhari Fauzan
"Pariwisata internasional menjelma menjadi salah satu industri terbesar di dunia karena terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Melihat potensi tersebut, kini setiap negara berusaha untuk mengembangkan sektor industri pariwisata yang dimilikinya. Kekayaan alam, keragaman seni dan budaya, serta latar belakang sejarah yang panjang merupakan potensi besar sebagai objek dan daya tarik pariwisata Rusia. Namun dalam kenyataannya pariwisata Rusia masih kalah bersaing di industri pariwisata internasional. Diperlukan langkah strategis dari pemerintah Rusia, dalam hal ini Kementrian Kebudayaan Federasi Rusia untuk mengembangkan potensi pariwisata Rusia dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Rusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang menyebabkan stagnasi pariwisata Rusia dalam beberapa tahun terakhir dan strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah Rusia dalam meningkatkan daya saing Rusia di industri pariwisata internasional. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis yang bersumber kepada naskah primer dan naskah sekunder terkait topik penelitian.

International tourism was transformed into one of the largest industries in the world because it continues to experience significant growth. Seeing this potential, each country is now trying to develop its tourism sector. Natural richness, the diversity of art and culture, as well as a long historical background is a great potential as a tourist attraction of Russia. But in reality the Russian tourism still unable to compete in the international tourism industry. Necessary strategic steps from the Russian government, which is Ministry of Culture of the Russian Federation to develop the tourism potential of Russia and increase tourist arrivals to Russia. This research aims to determine the causes of the Russian tourism?s stagnation problems in recent years and Russian government?s strategies in increasing Russia's competitiveness in the international tourism industry. This research use a qualitative approach, with descriptive-analytic method that comes to primary and secondary sources related to the topic of research."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S60285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Tata Yuga
"Dinamika aliansi stratejik antara umkm dan perusahaan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Pentingnya aliansi strategis bagi UMKM sebagai sarana untuk meningkatkan pertumbuhan harus disertai dengan terciptanya kemitraan yang adil antara UMKM dan perusahaan besar"
Jakarta: The Ary Suta Center, 2020
330 ASCSM 51 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
330 ASCSM 33 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Yulianti Chansa Arfah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji daya saing komoditi kakao di Sulawesi Tengah dan melihat peran pemerintah dalam meningkatkan daya saing komoditi kakao. Data primer berasal dari observasi, wawancara dan kuesioner, sementara data sekunder berasal dari instansi terkait. Metode analisis menggunakan Policy Analysis Matrix (PAM) dan analisis sensitivitas. Penelitian ini menemukan bahwa nilai PCR Kabupaten Parigi Moutong 0,589 dan Kabupaten Sigi 0,396. Sedangkan nilai DRC Kabupaten Parigi Moutong 0,387 dan Kabupaten Sigi 0,319. Hal tersebut mengindikasikan bahwa usahatani komoditi kakao di Sulawesi Tengah memiliki daya saing, namun tidak menguntungkan secara ekonomi karena Sulawesi Tengah menghasilkan biji kakao yang tidak difermentasi akibatnya petani menerima harga rendah. Berdasarkan hasil analisis, pemerintah belum memberikan proteksi terhadap harga biji kakao dalam negeri melalui harga referensi biji kakao sehingga harga biji kakao didaerah penelitian masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan harga di pasar internasional. Sementara terhadap input, pemerintah telah memberikan kebijakan subsidi kepada petani, namun implementasinya masih perlu perbaikan terutama terkait penyaluran dan pengelolaan bantuan agar merata. Kajian ini merekomendasikan masih diperlukan kebijakan pemerintah baik terhadap input maupun output untuk meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya produksi dan menaikkan harga jual biji kakao, sehingga dapat meningkatkan daya saing biji kakao.
"
Jakarta: Sekretariat badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, RI, 2017
332 BILPDG 11:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ilham Fauzan Akbar
"Wisata halal menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan mayoritas penduduk Muslim, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata halal terkemuka di dunia. Artikel ini akan membahas tantangan, peluang, dan peran pemerintah dan industri dalam wisata halal. Masalah penelitian ini berisi tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam wisata halal serta peran pemerintah dan industri pariwisata dalam mendukung perkembangan wisata halal. Metode ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori kebijakan publik dari Hogwood dan Gunn, teori difusi inovasi dari Rogers, dan teori pola perilaku dari Ajzen. Temuan penelitian menunjukkan peluang dalam wisata halal di Indonesia meliputi tingginya potensi pasar wisatawan Muslim global, dukungan pemerintah melalui regulasi, serta berkembangnya inovasi digital untuk mempermudah akses informasi terkait fasilitas ramah Muslim. Hambatan dalam wisata halal di Indonesia meliputi kurangnya pemahaman konsep wisata halal, keterbatasan infrastruktur dan fasilitas yang sesuai, serta prosedur sertifikasi halal yang dianggap rumit. Pemerintah dan sektor swasta berkolaborasi dalam mengembangkan wisata halal di Indonesia melalui regulasi, infrastruktur, layanan berbasis syariah untuk mendorong daya saing wisata halal dan pertumbuhan ekonomi berbasis Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi masyarakat, pemerintah dan swasta dalam mengembangkan strategi wisata halal yang berkelanjutan.

Halal tourism is one of the fastest growing sectors in various countries, including Indonesia. With a majority Muslim population, Indonesia has great potential to become the world's leading halal tourism destination. This article will discuss the challenges, opportunities, and roles of government and industry in halal tourism. This research problem contains the challenges and opportunities faced in halal tourism as well as the role of the government and the tourism industry in supporting the development of halal tourism. This method uses descriptive qualitative methods. The theory used is the theory of public policy from Hogwood and Gunn, the theory of diffusion of innovation from Rogers, and the theory of behavior patterns from Ajzen. The research findings show that opportunities in halal tourism in Indonesia include the high potential of the global Muslim tourist market, government support through regulations, and the development of digital innovation to facilitate access to information related to Muslim-friendly facilities. Barriers to halal tourism in Indonesia include a lack of understanding of the concept of halal tourism, limited infrastructure and appropriate facilities, and halal certification 8 procedures that are considered complicated. The government and private sector collaborate in developing halal tourism in Indonesia through regulations, infrastructure, sharia-based services to encourage halal tourism competitiveness and Islamic-based economic growth. The results of this study are expected to provide insights for the community, government and private sector in developing a sustainable halal tourism strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Pelatihan merupakan perangkat strategik untuk menguatkan daya saing organisasi melalui pengembangan sumberdaua manusia...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
338.18 UNI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Isti Surjandari Prajitno
Jakarta: UI-Press, 2013
PGB 0336
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>