Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17532 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Boy Subirosa Sabarguna
Jakarta: UI-Press, 2012
362.1 BOY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Anak Agung Gde Muninjaya
Jakarta: EGC, 2004
362.1 Mun m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Gde Muninjaya
Jakarta: EGC, 2004
362.106 8 GDE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Gde Muninjaya
Jakarta: EGC, 1999
362.1 GDE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hidayah
"Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam menerima Informasi Kesehatan Individu pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Dengan demikian, tenaga medis menjadi faktor penting dalam menjaga keamanan SIMRS. Studi sebelumnya menunjukkan banyak masalah kelalaian dari tenaga medis yang mengakibatkan kebocoran data. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kesadaran keamanan, serta aspek dan profil kelompok mana yang perlu lebih ditekankan untuk memahami standar keamanan. Penilaian menggunakan HIPAA Security Rule sebagai acuan dan terbagi atas aspek administrasi dan fisik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesadaran yang tidak memadai dari tenaga medis dengan nilai 2,588 dari target nilai <2. Selanjutnya, teridentifikasi bahwa aspek tidak memuaskan yang harus diatasi, yaitu, Cyber threat types, dan Device and Media Controls. Studi ini juga menguji berdasarkan pengalaman kerja dan menganalisis bahwa tenaga medis dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan kurang dari dua tahun memiliki kesadaran yang tidak memadai tentang standar Keamanan. Diketahui pula bahwa rumah sakit swasta memiliki tingkat kesadaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah sakit pemerintah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa grup yang berbeda memerlukan prioritas aspek pembelajaran yang berbeda pula pada modul pelatihan kesadaran keamanan.

Medical personnel is the front-liner in receiving the electronic Protected Health Information (ePHI). Thus, they become a crucial factor in preserving the security of ePHI in HIS. Previous studies exhibit numerous negligence issues from medical personnel resulting in data leakage.  Therefore, this study is conducted to analyze the security awareness level, and which aspects and profile groups need more emphasis on understanding the security standard.  The assessment uses the HIPAA Security Rule as a reference and is divided into administrative and physical aspects. The results illustrated an inadequate understanding of the medical personnel with score of 2,588 from the target <2. It was further identified that unsatisfactory aspects must be addressed, i.e., Cyberthreat types, Device and Media Controls. The study also assesses the work experience groups and perceived that the medical personnel with more than 15 years of experience and less than two years of experience have insufficient awareness of Security standards. It is also derived that private hospital has higher awareness level compared to public hospitals. It was concluded that different group requires different aspects priority on the security awareness training module. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Agustina
"Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia hingga saat ini masih merupakan permasalahan yang belum kunjung usai. Sebanyak 57,6% penduduk Indonesia yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulutnya, baru terdapat 10,2% penduduk yang memperoleh perawatan dari tenaga medis gigi. Tesis ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kepemilkan jaminan kesehatan meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut ke tenaga medis gigi di Indonesia tahun 2018. Penelitian ini menggunakan data Riskesdas terintegrasi Susesnas tahun 2018 dengan desain studi potong lintang. Permodelan menggunakan instrumental variabel digunakan karena adanya endogenitas pada variabel kepemilikan jaminan kesehatan. Hasil penelitian turut membandingkan besaran pengaruh antara kepemilikan jaminan kesehatan JKN dan Non-JKN.

Dental and oral health in Indonesia is still an unsolved problem. As many as 57.6% of the Indonesian population who have dental and oral health problems, only 10.2% of the population receive treatment from dental medical workers. This thesis aims to prove that health insurance ownership increases the utilization of dental and oral health services to dental medical workers in Indonesia in 2018. This study uses integrated data from Riskesdas and Susesnas 2018 with a cross sectional study design. For modeling, instrumental variables is used because of the endogeneity of the health insurance ownership variable. The results of the study also compare the magnitude of the effect between the JKN and Non-JKN health insurance ownership."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McMahon, Rosemary
Jakarta: EGC, 1999
362.106 8 MCM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eufrasia Victa Swastika Anggriasti
"Penelitian ini mengkaji dampak aplikasi digital terhadap manajemen pengaduan pasien di Rumah Sakit Premier Bintaro. Seiring dengan semakin banyaknya organisasi kesehatan di seluruh dunia yang mengadopsi solusi digital untuk meningkatkan pengalaman pasien dan efisiensi operasional, penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas sistem manajemen komplain untuk pasien dalam lingkup Rumah Sakit. Aplikasi baru yang dikembangkan dirancang untuk merampingkan proses manajemen pengaduan, memfasilitasi respons tepat waktu, dan menyediakan data yang dapat dianalisis untuk peningkatan kinerja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menganalisis data kuantitatif dari aplikasi dan data kualitatif dari wawancara dengan para pemangku kepentingan dan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi digital telah memberikan dampak positif yang signifikan dengan memungkinkan penyelesaian masalah dengan cepat, meningkatkan transparansi, dan mendorong budaya yang lebih berpusat pada pasien. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan tantangan, seperti perlunya pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi staf serta upaya optimalisasi lainnya guna pengembangan sistem di masa depan.

This study examines the impact of a digital application on patient complaint management at Premier Bintaro Hospital. As healthcare organizations worldwide increasingly adopt digital solutions to enhance patient experience and operational efficiency, this research aims to evaluate the effectiveness of a patient complaint management system within a hospital setting. The newly developed application is designed to streamline complaint management processes, facilitate timely responses, and provide analyzable data for performance improvement. Employing a mixed-methods approach, this study analyzed quantitative data from the application and qualitative data from interviews with key stakeholders and patients. The findings indicate that the digital application has had a significant positive impact, enabling rapid issue resolution, enhancing transparency, and fostering a more patient-centered culture. However, the study also revealed challenges such as the need for ongoing staff training and support, as well as the importance of further optimization efforts for future system development."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>