Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153854 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fahri Ali Imran
"Pembaraan atau smoldering merupakan tipe pembakaran yang unik, karena merupakan tipe pembakaran yang tidak memiliki lidah api. Fenomena smoldering dapat menjadi bahaya, karena dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama sebelum bertransisi menjadi flaming combustion. Sehingga smoldering menjadi sumber bahaya, terutama dalam keberadaan material organik, yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan / wildland fire. Salah satu bentuk pembakaran smoldering juga dapat dilihat pada rokok, terutama rokok kretek. Rokok kretek adalah tipe rokok dengan campuran tembakau dan cengkeh. Penelitian mengenai proses pembakaran smoldering pada rokok diharapkan dapat menjadi batu loncatan untuk penelitian fenomena smoldering lainnya. Dengan menggunakan parameter berupa sudut, tulisan ini menganalisis hubungan sudut dengan static burn rate dan mass loss rate. Selain itu, eksperimen dilanjutkan dengan melihat interaksi antara rokok dengan material uji berupa kertas. Hasil dari eksperimen ini adalah, sudut sangat berpengaruh dalam proses smoldering, karena posisi dari rokok menentukan oxygen attacknya. Sudut 270º merupakan sudut dengan static burn rate dan mass loss rate paling cepat. Sedangkan, pada eksperimen interaksi dengan kertas, didapatkan penyebaran luasan kertas yang terbakar dengan rokok, dengan parameter sudut kontak. Didapatkan bahwa sudut 50º memiliki luasan area bakar paling besar, hal ini diakibatkan besarnya kontak area antara rokok dengan kertas uji.
Smoldering has long been a unique type of combustion. Its self sustained, slow, and flameless form of burning, can be extremely hazardous in certain situations; especially in the presence of organic matters. Peat and wildland fire, for example, usually occur as an aftermath of smoldering of organic matter. Another example of smoldering combustion is the burning process of a cigarette, namely Kretek Cigarette, a type of cigarette with a mixture of tobacco and clove. Experimentation about the smoldering combustion of a kretek cigarette is expected to be a stepping stone towards a thorough analysis about smoldering combustion as a whole. With inclination as the main parameter, the experiment conducted are aimed towards the the relation between inclination and smoldering combustion, with static burn rate and mass loss rate as the main data gathered. Further more, an analysis about the interaction of cigarette an paper as contacting materia are conducted. The results showed that smoldering combustion are affected by inclination, due to the positioning of the cigarette, and the allowance of oxygen attack. The results showed a cigarette in a 270º position has the fastest static burn rate and mass loss rate. Another result showed that propagation of burned area, caused by a burning cigarette, are influenced by contacting angle, and contacting surface area. The results showed that a 50º angle of cigarette and paper contact produced the largest burned area propagation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59067
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Duhita Anindyajati
"Pembakaran smoldering adalah tipe dari pembakaran yang unik, ditandai dengan pembakaran yang berkelanjutan, lambat, dan tanpa adanya lidah api. Smoldering menimbulkan ancaman serius, karena mampu menyalakan sumber panas yang lemah di sekitarnya yang dapat menyebabkan pembakaran flaming. Salah satu contoh yang paling umum dari pembakaran smoldering adalah rokok. Rokok juga merupakan salah satu penyebab utama kebakaran rumah, 20% kebakaran rumah di Amerika Serikat sekitar tahun 1992-1996 dimulai oleh rokok. Dengan demikian, kita perlu analisis karakterisasi rokok. Ketika dibakar pada kemiringan tertentu, rokok akan menunjukkan beberapa karakteristik. Laju pengurangan massa tercepat ditemukan di kemiringan 270˚, sedangkan laju yang paling lambat ditemukan di kemiringan 0˚. Hal ini disebabkan efek buoyancy yang membantu penyebaran pembakaran, yang mencapai tingkat maksimum pada kemiringan 270˚. Juga, perambatan api smoldering tercepat ditemukan di kemiringan 270˚. Karakteristik interaksi rokok dengan kain sangat dipengaruhi oleh sudut yang dibentuk oleh kain. Semakin kecil sudut, area yang terbakar akan lebih besar. Hal ini disebabkan permukaan kontak yang besar, dibentuk oleh sudut kain. Dengan demikian, daerah yang memiliki luasan area terbakar yang terbesar ditemukan di sudut 50˚.

Smoldering combustion is a unique type of combustion, characterized by flameless, self-sustained, and slow form of burning. Smoldering poses a serious threat, as it is able to ignite weak heat source around it that leads to flaming combustion. One of the most common examples of smoldering combustion is cigarette. Cigarette is also one of the leading causes of residence fire, as 20% residential fire in USA around 1992-1996 was started by cigarette. Thus, we need to analyze its characteristic. When burned on certain inclination, cigarette will show some characteristic. The fastest mass loss rate was found at 270˚ inclination, while the slowest is found at 0˚ inclination. This is due to buoyancy effect that helped the propagation of combustion that reached its maximum rate at 270˚ inclination. Also, the fastest smoldering propagation was found on 270˚ angle. The characteristic of cigarette interaction with fabric is heavily influenced by angle formed by the fabric. The smaller the angle, the bigger burned area would be. This is due to bigger contact surface caused by the angle of the fabric. Thus, the biggest burned area was found on 50˚ fabric.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59248
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Pamungkas
"Sebagaimana telah diketahui secara umum, bahwa exhaust system atau lazim disebut knalpot, merupakan bagian vital dari sebuah kendaraan bermotor.Karena hal itulah di bidang otomotif produk ini mengalami perkembangan pesat dan mempunyai pelanggan yang semakin meningkat. Fungsi knalpot adalah menambah kecepatan, memperindah bentuk dan mendapatkan suara yang enak didengar dan yang paling utama untuk menaikan performa mesin. Namun, hingga saat ini penelitian tentang knalpot masih jarang sehingga orang-orang pada umumnya belum mengetahui parameter apa saja yang mempengaruhi baik-buruknya suatu sistem gas buang.
Penelitian ini dilakukan dengan pengujian langsung model knalpot yang sama dengan tipe mesin yang berbeda tujuannya untuk mengetahui hubungan antara tingkat kebisingan, insertion loss, kecepatan suara, tekanan balik dan debit aliran sehingga nantinya bisa menjadi acuan untuk pengembangan lebih lanjut. Hasil penelitian dicapai pengunaan model knalpot standar lebih cocok dipakai pada mesin motor 125cc dibandingkan pada mesin motor 100cc.

As is well known, that the exhaust system or muffler is a vital part of a motor vehicle. Because it's in the field of automotive products have experienced rapid development and increasing customer. Function of the muffler is picking up speed, shape and beautify a pleasant voice and most of all is to increase engine performance. However, up to date research on the muffler is still rare that people do not know what the parameters affecting the merits of an exhaust system.
The research was conducted by direct testing of the same exhaust model with different types of engines aim to determine the relationship between level of noise, insertion loss, speed of sound, backpressure and flow rate so that later can be could be a reference for further development. The results achieved are standard muffler models more suitable for use on a 125cc motorcycle engine than on a 100cc motorcycle engine.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42691
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Azimil Gani Alam
"Penelitian mengenai pengaruh aliran asap akibat intervensi semburan kabut air dilakukan untuk mengetahui bagaimana fenomena penurunan asap berlangsung. penelitian ini membahas pengaruh tirai kabut air tersebut dengan distribusi temperatur serta kerapatan optis asap pada ketinggian dan jarak yang berbeda untuk mengukur hasil asap pembakaran bahan bakar dalam suatu model kompartemen berukuran 2.5 m x 1.25 m x 4.25 m. Kolam Api yang berdiameter 10 cm berlangsung hidup namun tidak mencapai titik padam. Cara eksperimen adalah dengan mendapatkan data proses produksi asap tanpa adanya gangguan tirai kabut. setelah itu barulah eksperimen yang sama diulang dan diberikan intervensi kabut air dengan variasi waktu aktivasi nosel berbeda dan tekanan operasi nosel yang berbeda pula. Simulasi piranti lunak FDS dilakukan dengan mengkondisikan seperti kondisi alat eksperimen hingga hasil simulasi nanti akan dikomparasikan pada hasil eksperimen. Tren grafik yang keluar diharapkan dapat menjadi hasil utama penarik kesimpulan bahwa ada percepatan smoke downward akibat momentum dorongan nosel semburan. Dengan data kuantitatif yang ada, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kabut air sebagai pemadaman.

Research on the influence of haze caused by bursts of fog water interventions performed to determine how the phenomenon of smoke reduction takes place. this study discusses the effect of the water mist curtains the temperature distribution and the optical density of smoke at different heights and distances to measure the smoke of burning fuel results in a compartment model 2 m x 1.5 m x 4.25 m. fire doesn’t extinguished within pool fire 100 mm of diameter although its position is under the nozzle activity on 3.5 meter height. experimentation is the way to get the data production process without any interruption curtain of smoke haze. and then, the experiment going to be repeated as same as last experiment bit the situation are given within water mist intervention with time start activation and nozzle operating pressure variation. FDS simulation software has been ran as same as experimental conditions and the result of simulation will be compared among the experimental data results. trend chart that comes out is expected to be the main result of towing the conclusion that there was smoke downward acceleration due to momentum thrust nozzle bursts. with the existing quantitative data, it can be concluded that the use of water mist fire suppression is not effective because of the damage of smoke distribution as well as its height downward.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isnan Rifani
"Pengurangan hambatan karboksimetil selulosa dalam larutan air telah dipelajari sebagai fungsi konsentrasi dengan menggunakan pipa kotak 6x6 mm. Percobaan dilakukan dengan mengukur tekanan jatuh (pressure drop). Tujuan penelitian ini untuk meneliti pressure drop dalam pipa kotak 6x6 mm dengan penambahan konsentrasi karboksimetil selulosa dalam larutan air. Pipa kotak berdimensi 6x6 mm digunakan dalam penelitian ini dengan variasi larutan karboksimetil selulosa konsentrasi 200 ppm, 400 ppm dan 600 ppm. Percobaan dilakukan hingga bilangan Reynolds 28000. Rasio penurunan hambatan (drag reduction) maksimum yaitu 51,63% pada bilangan Reynolds 25500. Penurunan koefisien gesek mengindikasikan keefektifan fluida uji karboksimetil selulosa yang dapat dilihat dari grafik koefisien gesek terhadap garis grafik Blasius."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56213
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Pratama Akbar
"Terdapat tiga macam pipa kalor yang ada saat ini, diantaranya ada pipa kalor konvensional, pipa kalor datar dan pipa kalor melingkar. Pipa kalor melingkar memiliki sistem yang berbeda dari pipa kalor lainnya. Pipa kalor melingkar memiliki pendsitribusian jalur fluida yang terpisah yaitu liquid line dan vapour line. Pada pipa kalor sering kita temukan fenomena dry out yang mana kalor yang masuk terlalu besar. Untuk mengantisipasinya digunakan pompa diafragma untuk mempercepat hasil kondensasi ke evaporator.
Beberapa variasi telah dilakukan untuk mencegah terjadinya dry out, diantaranya dalah dengan dilakukannya pemvariasian mass flow rate kondensat dan pembebanan input power. Variasi mass flow rate kondensat yang dilakukan adalah 100 ml/min, 150 ml/min, dan 400 ml/min. Dan variasi pembebanan input power dilakukan pada 45 W, 55 W, dan 65 W. Percobaan ini dilakukan dengan fluida kerja aquadest, filling ratio70% dan temperatur set point nyala pompa pada 80oC. Dari pengujian ini didapatkan hasil yang berbeda-beda dengan distribusi temperatur yang berbeda, start-up boling point yang berbeda, serta terjadinya peristiwa dry out pada beberapa variasi percobaan.

There are three kinds of heat pipe, there are straight heat pipe, vapor chamber, and loop heat pipe. Loop heat pipe has a different system than the others. Loop heat pipe have two line to distribute the working fluid inside the heat pipe, there are Liquid line and vapour line. There was a phenomenon in a heat pipe that made the vapour can?t turn back into liquid because the heat was too high to absorpted. This phenomenon was called Dry-Out. To anticipate it, we used a diaphragm pump to make the condensation faster.
Some variations have been taken to prevent the dry out. Variations of the mass flow rate condensate that have taken are 100 ml/min, 150 ml/min, and 400 ml/min. It also used for the variations of the charging input power. Variations have been taken are 45 W, 55 W, and 65 W. The experiment was carried out with distilled water working fluid, filling ratio70% and the pump temperature set point at 80 ° C. The results of these tests showed different action with different temperature distribution, different start-up boiling point, and also some dry out phenomenons in some variations of the experiment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62441
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seto, William W.
Jakarta: Erlangga, 1985
620 SET t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nyayu Aisyah
"ABSTRAK
Dalam beberapa tahun terakhir, pembahasan mengenai kebutuhan akan energi yang terus meningkat yang disertai dengan dampak penggunaan energi terhadap lingkungan, terutama energi fosil meliputi perubahan iklim, penipisan lapisan ozon dan pemanasan global menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Upaya untuk menjaga ketersediaan energi dalam batas aman serta mengurangi permasalahan lingkungan akibat penggunaan energi disebut sebagai tantangan yang harus dihadapi menuju masa depan yang berkelanjutan. Hingga saat ini sistem refrigerasi dan heat pump yang ramah lingkungan dinilai dapat menjadi salah satu teknologi yang menjanjikan untuk dikembangkan agar dapat mengatasi kedua persoalan tersebut. Pada penelitian ini dilakukan suatu kajian dan pemodelan serta studi eksperimental sistem refrigerasi dan heat pump dengan menggunakan refrigeran yang ramah lingkungan dan menggunakan solar kolektor sebagai energi input. Refrigeran yang digunakan pada penelitian ini adalah R1224yd. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software Matlab 2017b dan REFPROP versi 10. Kemudian dilakukan analisis terhadap nilai energi, exergy, ekonomi dan dampak sistem terhadap lingkungan. Selanjutnya dilakukan optimisasi dengan menggunakan multi objective genetic algorithm untuk memperoleh kondisi optimum dari sistem yang dimodelkan.

ABSTRACT
In recent years, energy issues related to the use of fossil energy sources and renewable energy, as well as their impact on the environment which includes climate change, ozone layer depletion and global warming become hot topics to be discussed. Maintaining energy availability within the safe limits and reducing the contribution of energy use to environmental problems is a big challenge that must be faced towards a sustainable future. The use of environmentally friendly refrigeration technology could be an option in order to solve the energy and environmental problem. In this research, a modeling and an experimental study of refrigeration system are proposed. Modeling conducted by using Matlab 2017b and REFPROP version 10 software. Refrigerant used in this study is an environmentally friendly refrigerant R1224yd and solar collector as the energy input. Then analyses of energy, exergy, economic and the environmental impact are conducted. Further, optimization procedure is conducted by using multi objective genetic algorithm to obtain optimum condition from the modeled system.

"
2019
D2634
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusfiat Fitriani
"[ABSTRAK
Material Bake Hardening merupakan material yang memiliki sifat mudah dideformasi sebelum diberi perlakuan panas dan sulit dideformasi setelah diberi perlakuan panas. Material ini merupakan material baru yang digunakan pada industri otomotif untuk digunakan pada kerangka mobil dan badan mobil. Material ini akan disambungkan menggunakan mesin Resistance Spot Welding. Resistance Spot Welding merupakan salah satu jenis pengelasan yang banyak digunakan di industri otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari parameter kuat arus dari mesin resistance spot welding pada material bake hardening. Penyambungan material bake hardening ini dilakukan dengan menggunakan mesin resistance spot welding dengan pemberian kuat arus 8kA, 9kA, 10kA, 11kA dan 12kA. Pengujian yang dilakukan antara lain pengujian kekerasan, geser, pengamatan SEM, dan metalografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan optimum yaitu 5,68kN dan kekerasan optimum yaitu 237,34 VHN didapat pada sampel yang diberi kuat arus sebesar 11kA. Pemberian kuat arus diatas 11kA akan menyebabkan penurunan pada kekuatan dan kekerasan. Pola penjejakan kekerasan menunjukkan bahwa daerah nugget memiliki kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan base metal. Struktur mikro juga menunjukkan bahwa semakin ke daerah nugget, butir semakin membesar dan fasa bainite bertambah banyak.

ABSTRACT
Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase.
;Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase., Bake Hardening material is a material that is easily deformed before being given a heat treatment and become a hard deformed after being heat-treated. This material is a new material used in the automotive industry for car frame and car body. This material will be welded using Resistance Spot Welding machine. Resistance Spot Welding is one type of welding that is widely used in the automotive industry. This study aims to determine the effect of the current welding parameters of resistance spot welding to bake hardening material. The joining of bake hardening material is performed using resistance spot welding machine with current 8kA, 9kA, 10kA, 11kA and 12kA. Tests performed include hardness testing, shear, SEM and metallography. The results showed that the optimum tensile strength is 5,68kN and optimum Vickers hardness is 237.34 VHN samples were obtained at a current of 11kA. Giving current 11kA above will cause a decrease in tensile strength and Vickers hardness. Hardness distribution of Vickers hardness shows that nugget area has a higher hardness than the base metal. Microstructure also shows that the area to the nugget, grain growing and increasing bainite phase.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S61921
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wilis Kurniawan
"Pengujian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara temperatur pengeringan dengan laju pengeringan pada pengering semprot di Laboratorium Perpindahan Kalor dan Massa Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia. Variasi laju aliran udara sebesar 17,1; 24,2; dan 29,6 [m³/jam] diujicobakan bersama dengan tekanan nozzle 1 [bar], laju aliran bahan 0,15 [l/jam] , 0,3 [l/jam] dan 0,45 [l/jam] , dewpoint 10 , 17 , dan 23 (ambient) [0C], sebanyak 27 proses untuk vitamin C.
Dari percobaan yang sudah dilakukan, ternyata laju aliran udara mempengaruhi temperatur minimum pengeringan semakin besar laju aliran udara, maka semakin rendah temperatur pengeringan. Pada percobaan vitamin C pun laju aliran udara, dewpoint serta laju aliran bahan masuk mempengaruhi temperatur pengeringan dan kinerja pengeringan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui masalah - masalah apa saja yang timbul.

Tests conducted to determine the relationship between the drying temperature with air flow rate on the spray drying in Laboratory Mass and Heat Transfer Department of Mechanical Engineering, University of Indonesia. Variation of air flow rate of 17,1; 24,2; dan 29,6; [m³/hour] tested along with pressure pneumatic nozzle 1 [bar] 0,15 fuel flow rate [l/hour] 0,3 [l/jam] dan 0,45 [l/jam], dewpoint 10 , 17 , and 23 (ambient) [0C], 27 process for vitamin C.
From the experiments that have been carried out on the water, it turns the air flow rate affects the minimum temperature the greater the drying air flow rate, the lower the drying temperature. Then experiments on vitamin C, intake air flow, dewpoint of air and flow rate of vitamin C, also affects the drying temperature. This test aims to determine any issue that arises.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>