Ditemukan 145592 dokumen yang sesuai dengan query
Novia Dwi Indaryani
"Artikel ilmiah ini membahas mengenai jenis pola asuh orang tua yang berprofesi guru terhadap pengembangan minat baca anak di kompleks guru Pelabuhan Ratu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi Etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan orang tua, profesi orang tua dan lingkungan di sekitar anak (keluarga) berpengaruh dalam meningkatkan minat minat baca anak. Orang tua yang berprofesi sebagai guru menggunakan jenis pola asuh otoritatif (authorative parenting) dalam membangun minat baca anak. Mereka membebaskan anaknya untuk memilih apa yang mereka minati namun dengan batasan-batasan atau peraturan yang sudah disepakati terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola asuh orang tua dalam membangun minat baca anak di lingkungan kompleks guru Pelabuhan Ratu dapat dikategorikan cukup baik dalam arti para orang tua peduli dengan minat baca dan mendukung anak dengan melengkapi fasilitas seperti bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak sehingga anak dapat menyukai kegiatan membaca.
The undergraduate thesis discusses about the type of parenting of parents working as teachers in relation to the development of chidrens reading interest at Kompleks Guru Pelabuhan Ratu. This is a qualitative research with ethnographic study approach. The result show that parents education background, profession, and childrens surrounding environment (family) are advancing childrens reading interest. Parents working as teachers use authoritative parenting method in building childrens reading interest. They let their children free to choose any reading materials they are interested in yet with boundaries or rules which have been agreed beforehand. The conclusion from this research is parentings style on increasing of children reading interest in environment of Kompleks Guru Pelabuhan Ratu are quite good in the sense of parents concerned with reading and supporting the child?s with facilities such as reading material according with age so that the child can love reading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61103
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siregar, Sandra Mumpuni Winali
"ABSTRAK Dalam pendidikan, anak perempuan berbakat harus berjuang melewati berbagai tantangan untuk bisa mengembangkan potensi terbaiknya. Untuk itu mereka harus memiliki ketangguhan agar terus dapat maju mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tesis ini membahas mengenai pengaruh gender practice guru dan pola asuh orang tua sebagai tantangan-tantangan yang dihadapi anak perempuan berbakat, serta pengaruhnya pada ketangguhan anak perempuan berbakat. Penelitian dilakukan pada 64 anak perempuan berbakat SMP. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua dengan pola asuh authoritarian (Sig. = 0.028) mempengaruhi adversity quotient anak perempuan berbakat. Sedangkan pola asuh authoritative, pola asuh permissive, dan gender practice guru tidak mempengaruhi adversity anak perempuan berbakat.
ABSTRACT Gifted girls must struggle through various challenges to develop their best potential in education. For this reason, they must have the strength to continue to get what they want. This thesis discusses the influence of teacher gender practice and parenting as challenges faced by gifted girls, and their influence on the resilience of gifted girls. The study was conducted on gifted girls (n=64) in junior high school. This research is a quantitative research with correlational studies. The results of the study show that parents with authoritarian parenting (Sig. = 0.028) have influence to gifted girls adversity quotient. Whereas authoritative parenting, permissive parenting, and gender teacher practice do not affect gifted girls adversity."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T52309
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Shinta Silviana
"Skripsi ini membahas mengenai pola asuh para orangtua yang menggunakan Perpustakaan Anak Rimba Baca sebagai upaya dalam menumbuhkan minat baca anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan dan di rumah, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jenis pola asuh orangtua merupakan pola asuh demokratis. Oleh karena jenis pola asuh tersebut, maka pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan ialah dengan memberikan kepercayaan kepada staf perpustakaan untuk membantu menumbuhkan minat baca anak melalui kegiatan perpustakaan. Sedangkan di rumah, para orangtua memberikan pengasuhan dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku.
This undergraduate thesis discusses on parenting pattern that use at Perpustakaan Anak Rimba Baca as an effort to excite children’s reading interest. The purpose of this research are to identify the parenting at library and at home, and for identify the factors to determine the parenting. This type of research is qualitative research with case study method. The result of this research indicates that the type of parenting id authoritative parenting. Therefore, that type of parenting, the pattern of parenting when the parent at library is gives confidence to library staff in order to help increasing reading interest by library activity. Whereas, at home, parents can take some time to read their children a book."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Akhirul
"Skripsi ini membahas mengenai kegiatan pola asuh orang tua terhadap pengembangan minat baca dalam rangka mendukung tujuan Pemerintah untuk mengembangkan minat baca. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi Etnografi. Temuan penelitan menunjukan bahwa sifat orang tua sangat berpengaruh dengan pengembangan minat baca anak. Orang tua pada masyarakat pesisir sebagian besar merupakan orang tua yang cuek dan tidak ingin diganggu kehidupan pribadinya dengan si anak. Namun, tidak sedikit juga orang tua yang peduli dengan perkembangan minat baca si anak tersebut.
Kesimpulan penelitiannya adalah bahwa pola asuh orang tua untuk mengembangkan minat baca terutama pada masyarakat pesisir masih dalam tahap pengembangan dan dapat dikatakan sebagai pengembangan secara lambat, karena karakteristik homogen masyarakat pesisir yang hampir sebagian besar terlalu fokus untuk mencari nafkah dibandingkan dengan mengembangkan minat baca untuk anak.
The undergraduate thesis discusses about parenting style on reading interest development to support the Government's intention to develop reading interest. This study is a qualitative research with Ethnographic study approach. Research findings indicate that parent’s natures are very influential in the development of child's interest in reading. Older people in coastal communities are mostly ignorant parents and do not want to be bothered with the child's personal life. However, many parents are concerned too with the development of the child's interest in reading. The result of the study shows that parenting parents to develop interest in reading, especially in coastal communities are still in the development stage and can be said as slow development, because the characteristics of coastal communities whom mostly are too focused to make a living than developing child’s interest in reading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45789
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marice Benga Olla
"Orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter cenderung menggunakan hukuman fisik ataupun ancaman untuk kesalahan yang anak buat. Dampak negatif yang ditimbulkan akibat penerapan pola asuh otoriter yang disertai dengan perilaku kekerasan orang tua terhadap anak harus dicegah. Desain kualitatif fenomenologi digunakan untuk melihat lebih dalam tentang pengalaman keluarga menggunakan pola asuh otoriter dalam mengasuh anak usia sekolah. Partisipan dalam penelitian ini adalah orangtua yang menggunakan pola asuh otoriter dalam mengasuh anak usia sekolah di Kabupaten Maluku Tengah. Pemilihan partisipan dengan menggunakan metode purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dianalisis dengan metode Colaizzi. Saturasi data dicapai pada partisipan keenam.
Penelitian ini menghasilkan tiga tema yaitu upaya orang tua mendidik anak dalam mencapai standar nilai dan norma keluarga, kegagalan mencapai standar nilai dan norma keluarga, dan masalah yang dialami anak sebagai akibat dari pola asuh yang digunakan. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu perlu dilakukan riset lanjutan dari perspektif nilai-nilai budaya untuk menggali dan memahami lebih jauh tentang faktor-faktor yang mendukung orang tua menggunakan pola asuh otoriter dalam mengasuh anak.
Parents who use authoritarian parenting style tends to use physical punishment or threats for children who make some mistakes. The negative impact caused by the implementation of authoritarian parenting style are accompanied with violent behavior of parents against children should be prevented. Phenomenological qualitative design was used to look more deeply about the family's experience using authoritarian parenting style in caring for school-age children. The Participants in this study were parents who used authoritarian parenting style in caring for school-age children in Central Maluku district. In selecting the participants, this study used purposive sampling. In collecting data, this study utilized in-depth interviews and analyzed by using Colaizzi method. The Saturation data was achieved in the sixth participant. This research resulted in three themes, namely the efforts of parents to educate children to reach the standard of family values and norms, failure to achieve a standard of values and norms of the family and problems experienced by children as result of parenting style used. The recommendation of this study is the need to be done further research from the perspective of cultural values to explore and understand more about the factors that support parents using authoritarian parenting style."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
T46170
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fakhri Mubin Asyraf
"
ABSTRACTSkripsi ini membahas mengenai minat baca anak pada pola asuh orangtua di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan minat baca anak dengan penerapan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa jenis pola asuh yang menunjukkan kondisi sesuai untuk minat baca anak adalah pola asuh otoritatif. Orangtua yang menggunakan pola asuh otoritatif akan menyediakan bahan bacaan berkualitas kepada anaknya seperti buku bergambar, komik, buku fiksi, dan biografi yang sesuai dengan usia anak. Dengan memberikan bahan bacaan ini akan merangsang rasa ingin tahu anak sehingga mereka tertarik untuk membaca buku. Kondisi lingkungan seperti adanya Taman Bacaan Masyarakat atau lokasi tempat tinggal yang dekat dengan perpustakaan daerah juga menjadi faktor pendukung perkembangan minat baca anak. Pada pola pengasuhan otoritatif orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang secara langsung sehingga anak berkembang menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri, penurut, dan menghargai orang lain. Sehingga orangtua dapat lebih efektif dalam meningkatkan minat baca anak.
ABSTRACTThis thesis discusses about the chlidrens reading interest through parenting in the Margahayu village, East Bekasi. This study aims to describe the childrens reading interest through the implementation of parenting. The research is qualitative research with case study method. The result of this study illustrate that kind of parenting that shows the state according to childrens reading interest is authoritative parenting style. Parents who use authoritative parenting will provide quality reading materials to their children such as picture books, comics, fiction, and biography that suits the childs age. By providing reading materials will stimulate the curiosity of children so that they are interested in reading a book. Environmental conditions such as the Community Library or the location of a place to stay that is close to local libraries also a factor supporting the development of childrens reading interest. In authoritative parenting parents give attention and affection in person the child will develop into a person who has confidence, obedient, and respect for others. So that parents can be more effective in improving childrens reading interest.
"
2016
S64516
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Natasya Anggita Kuntarto
"Pola asuh adalah suatu kegiatan di mana setiap masyarakat memiliki pandangan dan perspektif masing-masing tentang bagaimana orang tua memperlakukan anaknya dan sebaliknya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana seorang anak, khususnya perempuan dewasa, melihat orang tuanya dan pola asuhnya sebagai sesuatu yang dianggap toxic. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar berdasarkan otoetnografi dan observasi, di mana peneliti sendiri merupakan informan utama. Penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan pengendalian secara terus-menerus dari orang tua adalah alasan utama mengapa seorang anak menganggap orang tuanya toxic. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak norma budaya dan kepercayaan yang membentuk bagaimana masyarakat merespon ketika terjadi konflik orang tua dan anak yang juga memberikan tekanan bagaimana seorang anak harus bertindak dalam menghadapi toxic parenting.
Parenting is an activity in which every community has their own views and perspectives about how parents treat their children and vice versa. This research focuses on how a child, specifically an adult woman, sees her parents and their parenting ways as something that is considered toxic. The data that was used in this research is mainly based on autoethnography and observation, where the researcher herself is the main informant. This research showed that the constant pressure and control from parents are the main reason why a child thinks that her parents are toxic. This research also showed that there are many cultural norms and beliefs that shape how society responds when there’s a parent and child conflict, which also gives pressure on how a child should act in dealing with toxic parenting."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muliana
"Pola asuh merupakan serangkaian interaksi intensif yang melibatkan orang tua dan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan karakteristik orang tua dengan jenis pola asuh dalam merawat anak penyandang autisme. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan melibatkan 49 orang tua yang mempunyai anak autisme (6-12 tahun) di wilayah Jakarta Selatan. Instrumen yang digunakan adalah Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Form (PSDQ). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden (53,1%) menggunakan pola asuh permisif. Hasil uji Chi Square menyatakan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik orang tua dengan jenis pola asuh (p>0.05, α=0.05). Namun, karakteristik orang tua mungkin dapat mempengaruhi jenis pola asuh yang digunakan oleh orang tua. Perbedaan nilai-nilai budaya dan karakteristik orang tua menjadikan pola asuh dimasing-masing daerah berbeda. Penelitian ini merekomendasikan untuk diadakannya kerjasama antara pihak sekolah, klinik, dan orang tua dalam memberikan informasi terkait jenis pola asuh yang digunakan oleh orang tua dan dampaknya bagi perkembangan anak autisme.
Parenting is series of intensive interaction that involves parents and children. This study purposed to examine the relationship between parental characteristics with type of parenting style in caring for children with autism. This study used a correlation descriptive design and involved 49 samples of parents who have children with autism (6-12 years old) in South Jakarta. This study using the instruments used the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Form (PSDQ). The results of this study indicated that the majority of respondents (53.1%) using permissive parenting style. Based on Chi Square test, there was no significant relationship between parental characteristics with type of parenting style (p>0.05, α= 0.05). However, parental characteristics may influence the type of parenting style that used by parents. The difference of cultural and parental characteristics make parenting style in each of the different regions. This study recommends the holding of cooperation between the schools, clinics, and parents in providing information related to the type of parenting that used by parents and its impact on the development of children with autism."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S57147
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anita Dyah Listyarini
"Anak usia sekolah adalah kelompok anak yang berada pada rentang umur 6 sampai 12 tahun merupakan kelompok berisiko terhadap masalah yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kurang. Perawat Spesialis Komunitas mempunyai peran untuk mencegah terjadinya masalah tersebut. Karya Ilmiah Akhir ini bertujuan memberikan gambaran implementasi strategi Kolaborasi Antara Guru, Orang tua siswa dan Siswa (KO-GOS) dalam keperawatan komunitas untuk meningkatkan PHBS pada aggregate anak usia sekolah di MI “A” Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan sebesar 7,5 %; sikap 8,5 %; dan praktik 6,5 %. Rerata 90% siswa menyatakan KO-GOS bermanfaat. KO-GOS dapat diaplikasikan dalam upaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. KO-GOS disarankan menjadi program pengembangan dan pembinaan pihak sekolah, puskesmas dan dinas kesehatan.
School age children are the group of children who are in the age range of 6 to 12 years is at risk groups to the problems associated with living clean and healthy behaviors less. Community Specialist Nurses have a role to prevent such problems. Final Scientific aims to provide an overview of implementation strategies Collaboration Between Teachers, Parents and Students (KO-GOS) in the nursing community to improve PHBs in aggregate school-age children in MI "A" Curug, Cimanggis Depok. The results showed an increase in knowledge of the activities of 7.5 %; attitude 8.5%; and practice of 6,5 %.Average of 90% of students stated KO-GOS useful. KO-GOS can be applied in an effort to improve hygiene behavior and healthy at school. KO-GOS into development programs and coaching by school, Community Health Center and district health office."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Sandya Ascaryya Harnanto Ardi
"Pantauan Citra yang tersaji dalam perangkat lunak google earth di perairan Teluk Pelabuhan Ratu menunjukan adanya sebaran titik-titik putih yang setelah diverifikasi merupakan bagan penangkap ikan yang dikembangkan masyarakat lokal. Melalui survei lapangan dan pengolahan data spasial, penelitian ini mengungkapkan pola sebaran dan hasil tangkap bagan dengan menggunakan analisa tetangga terdekat dan penampalan peta untuk mencari hubungan antara hasil tangkap bagan dengan arus laut, kedalaman laut, jarak dari garis pantai, dan kepadatan bagan. Hasil analisis menunjukan bahwa distribusi bagan di perairan teluk pelabuhan ratu memiliki pola mengelompok dan pola hasil tangkap bagan mengikuti arah datangnya arus laut.
Image monitoring on Pelabuhan Ratu gulf waters which is presented in the google earth software showed that white dots are spread out there, and after being verified, those white dots are fish lift-net which is developed by the local community. By using a field survey and spatial data-processing, this research is revealing the distribution pattern and the lift-net product through the nearest neighbor analysis and map overlay to find the correlation between product result and the sea current, sea depth,the range of the lift-net from the coast line and the lift-net density. The analysis result shows that lift-net distribution in Pelabuhan Ratu gulf waters is clustering and the lift-net product is going along with the sea current."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S34114
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library