Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65999 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karina Istifarisny
"[ABSTRAK
Self-esteem merupakan evaluasi diri yang penting bagi anak-anak dan orang dewasa. Self-esteem yang tinggi menyebabkan seseorang merasa bangga dan nyaman menjadi dirinya sendiri sehingga menimbulkan efek yang positif. Sementara itu, self-esteem yang rendah berhubungan dengan beragam gangguan psikologis. Resource Development and Installation (RDI) merupakan salah satu teknik yang awalnya digunakan untuk stabilisasi emosi. Dalam prosesnya terjadi penguatan pikiran positif mengenai diri yang merupakan komponen kognitif dari self-esteem. Penguatan ini dinilai mampu meningkatkan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas RDI untuk meningkatkan self-esteem anak, khususnya anak sekolah dasar kelas empat. Penelitian dirancang secara eksperimen pada 54 orang anak kelas empat sekolah dasar. Pengukuran dilakukan menggunakan Self-Perception Profile for Childer (SPPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi peningkatan self-esteem yang signifikan setelah pelaksanaan RDI.

ABSTRACT
Self-esteem is an important self evaluation for children and adult. Person with high self-esteem shows high self-worth, proud of themselves, and high subjective well-being that gives such advantages into their live. In the other hand, low self-esteem correlated with many psychological symptoms. Resource Development and Installation (RDI) used to be a technique for emotion stabilization. In the procedure, positive cognition of self was being strenghtened. Positive cognition of self is a cognitive compoent of self-esteem. Therefore, by strenghtening the positive cognitions, the self esteem will increase as well. This study aim to evaluate the effectiveness of RDI to increase self-esteem. An experimental study conducted among 54 fourth grade elementary school children. The measurement used in this study is Self-Perception Profile for Children (SPPC). The result shows there are no significant increase of self-esteem among elementary children grade fourth after RDI sessions, Self-esteem is an important self evaluation for children and adult. Person with high self-esteem shows high self-worth, proud of themselves, and high subjective well-being that gives such advantages into their live. In the other hand, low self-esteem correlated with many psychological symptoms. Resource Development and Installation (RDI) used to be a technique for emotion stabilization. In the procedure, positive cognition of self was being strenghtened. Positive cognition of self is a cognitive compoent of self-esteem. Therefore, by strenghtening the positive cognitions, the self esteem will increase as well. This study aim to evaluate the effectiveness of RDI to increase self-esteem. An experimental study conducted among 54 fourth grade elementary school children. The measurement used in this study is Self-Perception Profile for Children (SPPC). The result shows there are no significant increase of self-esteem among elementary children grade fourth after RDI sessions]"
2015
T44337
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andria Charles
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Resource Development and
Installation (RDI), sebagai tahapan stabilisasi psikologis pada anak usia 9 tahun yang
mengalami trauma pada masa perkembangan. Penelitian dilakukan dalam empat sesi
yang setiap sesinya berlangsung selama 60 menit. Teknik RDI diterapkan guna
mengaktifasi perasaan aman dan sumber daya positif pada anak. Hasil dari penelitian
menunjukan kemampuan partisipan dalam mengembangkan perasaan aman. Partisipan
menunjukan perubahan perilaku yang terlihat dalam pengukuran Child Behavior
Checklist (CBCL) sebelum dan sesudah intervensi.

Abstract
This study aims to determine the effectiveness of Resource Developmental and
Installation (RDI) technique as a psychological stabilization in 9-years-old child with
developmental trauma. The study was done in a total of 4 sessions with each session
runs for 60 minutes. RDI protocols served as activating agent in order to activate
positive resources. The results of the intervention program show positive results. The
participant was able to successfully develop a sense of security and gain positive
resource. Participant indicates behavioral changes that were reflected in the Child
Behavioral Checklist (CBCL) scores pre and post intervention."
2012
T31198
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Counterina Wandita
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas terapi Resource Development and Installation (RDI) pada remaja perempuan usia 16 tahun 10 bulan yang mengalami Traumatic Grief . RDI dilakukan dengan tiga tehnik, yaitu Point of Power, Absorption dan Four F ield. Tehnik Point of Power digunakan untuk membangkitkan resource positif yang dimiliki anak. Kemudian, tehnik Absorption digunakan untuk memroses ingatan menyedihkan tentang situasi yang mengingatkan anak pada mendiang/almarhum dan membangkitkan kekuatan anak untuk menghadapi situasi tersebut. Lalu, dilanjutkan menggunakan tehnik Four F ield untuk memvisualisasikan gambar atau bayangan yang masih mengganggu anak, tehnik ini juga bertujuan untuk mempersiapkan anak menghadapi materi traumatis di situasi sebenarnya. Tujuan dari terapi RDI adalah membangkitkan resource guna membentuk positive cognition yang akan bermanfaat untuk mengubah negative cognition pada anak.
Hasil terapi menunjukkan penurunan simptom traumatic grief yang cukup signifikan. Penurunan simptom dan tingkat ketergangguan terhadap materi trauma menjadi bukti telah terjadi pemrosesan informasi yang adaptif pada anak. Hal tersebut nampak dari perubahan perilaku anak yang tidak menampilkan hyperarousal, seperti tangisan yang tak terkendali dan kecemasan yang berlebihan. Setelah terapi, AM menjadi lebih tenang, dapat mengendalikan diri dan tidak larut dalam kesedihannya. AM juga menunjukkan indikasi pergeseran tahapan griefing menuju ke arah acceptance.

This study was conducted to determine the effectiveness of therapy Resource Development and Installation (RDI) in a 16 years and 10 months girl who suffered Traumatic Grief. RDI performed with three techniques, there are Point of Power, Absorption and Four Field. Point of Power techniques are used to awaken positive resources owned by the child. Then, Absorption techniques used to process the sad memories of situations that remind the child of the deceased and awaken the resources/power of the child to deal with the situation. Then, proceed to use the Four Field technique to visualize an image or feeling that still interfere the children, this technique also aims to prepare the child face traumatic material in the actual situation. The goal of RDI therapy is to awaken resources in order to form a positive cognition that would be beneficial to change the negative cognition in children.
Results of therapy showed a decrease in the symptoms of traumatic grief significantly. The decrease in symptoms and subjective unit of distress of the traumatic material have proved that adaptive information processing in children is occurred. It is apparent from the changes in the behavior of the child who do not show hyperarousal, such as uncontrollable weeping and excessive anxiety. After therapy, AM becomes calmer, able to control herself and not dissolve in grief anymore. AM also showed indications of a shift griefing?s stage toward acceptance."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T44155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iletta Nathania Tjioe
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan Resource Development and Installation (RDI) untuk menurunkan simtom trauma pada anak dengan Posttraumatic Stress Disorder (PTSD). Partisipan merupakan anak laki-laki usia 8 tahun yang mengalami trauma seksual. Intervensi dilakukan selama 7 sesi menggunakan 4 teknik yaitu Point of Power, Container, Pendulation Exercise, dan Four Field.
Tujuan dari penerapan teknik RDI yaitu untuk mengurangi simtom trauma dengan meningkatkan sumber daya positif dan menurunkan perasaan-perasaan negatif.
Hasil intervensi menunjukkan adanya penurunan simtom trauma, peningkatan sumber daya positif, dan penurunan perasaan negatif yang terlihat dari penurunan skor CRIES-13. Selain itu, terjadi perubahan perilaku anak menjadi lebih adaptif. Anak merasa lebih mampu meregulasi emosi negatifnya dengan menggunakan sumber daya positif yang telah dipelajarinya.

This study was conducted to determine the therapeutic application of Resource Development and Installation (RDI) to reduce trauma symptoms on a child with Posttraumatic Stress Disorder (PTSD). Participant was an 8 year old boy who?s experiencing sexual trauma. The intervention process was conducted in a total of 7 sessions using 4 RDI techniques including Point of Power, Container, Pendulation Exercise, and Four Field.
The purpose of RDI application was to reduce trauma symptoms by increasing positive resources and minimize negative cognitions.
The results showed decreasing of trauma symptoms and negative cognitions and an increase of positive resources and cognitions that is marked by lowering of scores obtained from CRIES-13. In addition, participant's behaviors were noted to be more adaptive. The participant felt that he?s able to regulate his negative emotion more using his positive resources.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Aisha
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan Cognitive Behavior Therapy CBT untuk meningkatkan self esteem Partisipan dalam penelitian ini adalah anak laki laki usia 10 tahun yang memiliki self esteem rendah Self esteem diukur dengan menggunakan skala Self Perception Profile for Children dari Susan Harter 2012 dan didukung dari hasil wawancara dengan orang tua Intervensi Cognitive Behavior Therapy CBT yang diberikan untuk meningkatkan self esteem yang rendah terdiri dari empat tahapan Tahap pertama yaitu pra intervensi dilakukan sebanyak dua sesi Tahap kedua yang berisipsikoedukasi kepada orang tua terkait dengan peran orang tua dalam mendukung intervensi CBT dilakukansebanyak dua sesi Tahap ketiga yaitu tahap intervensi terdiri dari 12 sesi Tahap keempat yaitu post intervensi diberikan sebanyak dua sesi Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan self esteem terutama pada domain kemampuan sosial kemampuan atletik penampilan fisik dan self esteem secara keseluruhan Peran orang tua yang mampu menerapkan teknik SUPPORT Show Understand Patient Prompt Observe Reward Talk diduga turut mendukung keberhasilan intervensi yang sudah dilakukan pada anak

The aim of this study was to know the effectiveness of Cognitive Behavior Therapy CBT to increase self esteem The participant of this study is a 10 years old boy who has low self esteem Self esteem was measured by Self Perception Profile for Children from Susan Harter 2012 and supported by interviewing with parents Cognitive Behavior Therapy CBT that wasdoneconsisted of four stages Stage one that was pre intervention consisted of two sessions Stage two that includedpsychoeducation to parents about their roles to support CBT to their child consisted of two sessions Stage three was the intervention to the child that consisted of 12 sessions Stage four that was post intervention consisted of two sessions The result of this study showed thatCBTcould increase self esteem especially insocial competence athletic competence physical appearance and global self esteem Parent rsquo s role to apply SUPPORT technique Show Understand Patient Observe Reward Talk was predicted supportingthe success of this intervention "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T38918
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wafa Hasanah
"Penggunaan Facebook mempengaruhi banyak aspek kehidupan seseorang, termasuk cara mereka mengembangkan identitas, persepsi tentang tubuh mereka, dan kesejahteraan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan Facebook dengan self-esteem, kepuasan penampilan tubuh, dan depresi. Hipotesis penelitian ini adalah intensitas penggunaan Facebook yang lebih besar akan menurunkan selfesteem dan kepuasan penampilan tubuh, namun di sisi lain, akan meningkatkan perasaan depresi pada seseorang. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 852, dengan rata-rata umur 28,94 tahun (SD = 13,98) yang terdiri dari 545 perempuan, 289 laki-laki, 15 non-biner, dan 3 identitas lainnya. Partisipan adalah sampel komunitas yang direkrut melalui penyebaran survei daring. Hasil penelitian ini menunjukkan kebalikan dari hipotesis yang dikemukakan sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Facebook memiliki korelasi positif dengan self-esteem, korelasi negatif dengan depresi, dan hubungan yang tidak signifikan dengan kepuasan penampilan tubuh.

The use of Facebook influence many aspects of people’s lives, including the way people develop their identity, their perception of their body, and their well-being. This study aims to investigate the relation between Facebook use with self-esteem, body satisfaction, and depression. It is predicted that greater Facebook use will decrease self-esteem and body satisfaction. On the other hand, it will increase the feeling of depression. The participants in this study including 852 participants (Mage = 28.94 years; SD = 13.98). It consists of 545 females, 289 male, 15 non-binary, and 3 other identifying. The participants are community samples who recruited through online survey deployment. The result of this study shows the opposite with the hypothesis stated earlier. It represents that Facebook uses have positive correlation with self-esteem, negative correlation with depression, and a nonsignificant relationship with body satisfaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wenny Aidina
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai efektivitas penerapan prinsip-prinsip Child-Parent Relationship Therapy (CPRT) dalam meningkatkan selfesteem pada anak usia sekolah. Penelitian ini berbentuk single-case design yang melibatkan seorang anak perempuan berusia 7 tahun 6 bulan dengan tingkat self-esteem yang rendah dan ibunya. Intervensi ini mengajarkan ibu untuk memperbaiki hubungannya dengan anak sehingga dapat meningkatkan self-esteem anak. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Porter Parental Acceptance Scale (PPAS) serta hasil observasi terhadap interaksi ibu dan anak melalui Measurement of Empathy in Adult-Child Interaction (MEACI). Keberhasilan Child-Parent Relationship Therapy (CPRT) terlihat dari perubahan skor pada Behavior Checklist Borba-Self Esteem Tally (B-SET) dan penurunan skor masalah anak pada Child Behavior Checklist (CBCL). Hasil penelitian menunjukkan penerapan CPRT efektif meningkatkan self-esteem anak usia sekolah pada seluruh komponennya.

This study was conducted to get an overview of the implementation principles of ChildParent Relationship Therapy (CPRT) in improving self-esteem in a school-aged child. This study is a single-case design involving a 7-year-6-month-old girl with low selfesteem level and her mother. This intervention teaches the mother to improve her relationship with her child to enhance her child's self-esteem. Measurement of this study conducted by Porter Parental Acceptance Scale (PPAS) and observation result of mother and child interactions through Measurement of Empathy in Adult-Child Interaction (MEACI). In addition, Successful intervention with Child-Parent Relationship Therapy (CPRT) can be seen from the changes in the Behavior Checklist of Borba-Self Esteem Tally (B-SET) and decrease on child's problem scores in Child Behavior Checklist (CBCL). The results show that the application of CPRT effectively increases the selfesteem of school-aged child in all its components."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T49051
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerry Olvina Faz
"Tesis ini membahas mengenai penerapan program cognitive behavioral therapy yang didasarkan pada program think good feel good untuk melihat peningkatan self esteem pada remaja putera dengan perilaku menarik diri. Penelitian ini merupakan penelitian single case dengan desain pre test-intervensi-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CBT ini mampu mengubah core beliefdan akhirnya meningkatkanself esteem remaja dengan perilaku menarik diri. Terdapat beberapa saran yang dikemukakan di dalam penelitian ini yaitu terkait dengan perlunya psikoedukasi bagi orangtua dan menjadikan orangtua sebagai co-terapis sehingga meski program berakhir klien tetap mendapatkan dukungan secara sosial.

The thesis deals with cognitive behavioral therapyprogram application which is based on think good feel good program in order to observe enchanced self-esteemof male adolescent with withdrawal behavior. Research currently held during the thesis preparation is of single case with pre-test-intervention-post-test design. Results obtained reveals that the CBT program is capable of modifying the core belief and thereby enhancing self-esteem of male adolescent with withdrawal behavior. Several suggestions are, then, offered, including parents requiring to have psychoeducation and act as co-therapist that will be continuously providing social support to clients despite the program is terminated."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41756
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Yasmin
"Terlepas dari keuntungan yang menjanjikan terkait dengan penggunaan situs jejaring sosial (SNS), banyak kekhawatiran telah dikaitkan dengan intensitas penggunaan SNS yang tinggi, termasuk intensitas penggunaan Facebook. Untuk menguji hubungan antara intensitas penggunaan Facebook dan kesehatan mental penggunanya (yaitu: tingkat kecemasan, depresi, dan self-esteem), kami menyebarkan kuesioner online ke 852 sampel komunitas (Musia = 28,89, SD = 13,98). Studi kami menemukan bahwa penggunaan Facebook (M = 3,39, SD = 1,62) dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan, khususnya dengan kecemasan yang lebih rendah (r = -.07, p = .041), depresi yang lebih rendah (r = -.11, p = .001), dan tingkat self-esteem yang lebih tinggi (r = .14, p < .001). Studi ini memberikan perspektif baru dalam area penelitian ini, sehingga penggunaan Facebook dengan intensitas yang rendah hingga sedang dapat meningkatkan kesehatan mental penggunanya.
.....Despite the promising advantages linked with the use of social networking sites (SNS), numerous concerns have been associated with high intensity of SNS use, including Facebook use intensity. To examine the relationship between Facebook use intensity and its users’ mental health (i.e., anxiety, depression, and self-esteem levels), we disseminated an online questionnaire to 852 community samples (Mage = 28.89, SD = 13.98). Our study found that Facebook use (M = 3.39, SD = 1.62) was associated with an overall better mental health, such that it was associated with lower anxiety (r = -.07, p = .041), lower depression (r = -.11, p = .001), and higher self-esteem levels (r = .14, p < .001). This study provides a novel perspective within this research area, such that low to moderate use of Facebook could enhance the mental health of its users."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>