Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159073 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadhila Mardhyati Adryan
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh mental intangibility dan kesulitan evaluasi (evaluation difficulty) yang dapat mempengaruhi munculnya risiko yang terpersepsikan (perceived risk) oleh konsumen online travel agent serta peran consumer knowledge dalam mengurangi risiko yang terpersepsikan konsumen saat membeli jasa secara online dan peran consumer knowledge dalam mengurangi perceived risk, perusahaan dapat mengetahui strategi apa saja yang tepat digunakan dalam pemasaran. Perceived risk yang terpersepsikan konsumen antara lain seperti perceived finansial risk, perceived social risk, perceived psychological risk, perceived performance risk, perceived physical risk, perceived time risk dan perceived privacy risk.
Dalam mengolah data di penelitian ini, digunakan SEM-PLS dengan aplikasi WrapPLS 3.0. Kuesioner penelitian disebar pada 207 responden yang berlokasi di Jabodetabek yang pernah membeli jasa online travel agent. Hasil dari penelitian adalah bahwa mental intangibility dan evaluation difficulty mempengaruhi dimensi perceived risk dan consumer knowledge dan menjadi moderasi untuk mental intangibility dan dimensi perceived risk.

This study aimed to identify the relationship between mental intangibility and evaluation difficulty which could impact on the consumer of online travel's perceived risk as well as the role of consumer knowledge in reducing such risk. By knowing kinds of perceived risks exist in consumer mind along with the role of their knowledge in reducing those risks, online travel businesses can determine and produce a better marketing strategy. Perceived risks experienced by consumers are for instance: financial, social, psychological, performance, physical, time, and privacy.
SEM-PLS with WrapPLS 3.0 application was used for data processing. Questionnaire was distributed to 207 respondents who had purchased online travel services and were located in Jabodetabek. The result of the study illustrated that mental intangibility together with evaluation difficulty did influence consumer's perceived risk, along with consumer knowledge that could also moderate on mental intangibility and dimensions of perceived risk.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M.G. Prawinar Dwiindra P.
"Saat ini terdapat banyak lembaga bahasa yang menyediakan jasa kursus bahasa, salah satunya adalah Institut Français D'Indonésie (IFI) yang menyediakan kursus bahasa Perancis. Dalam melakukan suatu keputusan pembelian (purchase decision) yang dilakukan konsumen, salah satunya dipengaruhi oleh motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi dan perceived risk sebagai variabel moderasi terhadap penggunaan jasa kursus bahasa Perancis di IFI Jakarta. Terdapat dua dimensi motivasi dalam penelitian ini, yaitu internal dan eksternal stimuli. Selain itu, perceived risk memiliki 6 komponen, yaitu social risk, financial risk, physical risk, performance risk, time risk, dan psychosocial risk.
Pada penelitian ini dengan alat bantu statistik SPSS 19.0, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, hierarchical regression, Moderated Regression Analysis (MRA), serta selisih nilai mutlak. Kemudian diketahui bahwa motivasi berpengaruh terhadap purchase decision, namun jika dilihat menjadi dimensi motivasi internal stimuli serta eksternal stimuli, maka hanya internal stimuli yang berpengaruh terhadap purchase decision. Ditemukan juga bahwa perceived risk tidak memoderasi motivasi dengan penggunaan jasa kursus bahasa Perancis di IFI.

Nowadays, there are many institutions that provide language courses; one of them is the Institute Français d'Indonesie (IFI) which provides French language courses. The purpose of this study is to find out the effect of motivation and perceived risk as a moderating variable of consumer decision on French course at IFI Jakarta. There are two dimensions of motivation in this study; there are internal and external stimuli. Perceived risk has 6 components: social risk, financial risk, physical risk, performance risk, time risk and psychosocial risk.
In this study using SPSS 19.0 as a statistical tool, the method of analysis used is simple linear regression analysis, multiple linear regression, hierarchical regression, Moderated Regression Analysis (MRA), and the difference in absolute value. It indicates that motivation has positive effect on purchase decision, but if we observed the motivation into two dimensions, internal and external stimuli, only internal stimuli affect the purchase decision. It was also found that perceived risk did not moderate the motivation to use services at the IFI French course.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitio, Monica Dian Permata Sari
"Di Indonesia, meningkatnya pendapatan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir memicu bergesernya pola konsumsi dari barang-barang kebutuhan pokok ke gaya hidup, salah satunya adalah kebutuhan untuk berlibur. Dalam perjalanan liburannya, para traveller dapat menggunakan layanan travel agent. Berbeda dengan travelling sendiri, melakukan perjalanan dengan menggunakan layanan agen perjalanan akan lebih tersistematis. Keuntungan dalam hal waktu, serta jaminan keamanan dan kenyamanan akan diberikan melalui berbagai produk perjalanan yang ditawarkan para pelaku agen perjalanan, dimulai dari akomodasi, transportasi, dan pemandu tur yang akan mendampingi sampai akhir perjalanan wisata. Reputasi travel agent yang baik menjadi salah satu alasan traveller mau memberikan kepercayaan pada agen perjalanan untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan perjalanannya. Selain itu, rekomendasi dan opini dari lingkungan sekitar menjadi sangat penting bagi konsumen sebagai sebuah input dalam pengambilan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini akan melihat seberapa besar reputasi yang dimiliki travel agent akan mempengaruhi perilaku rekomendasi konsumennya, dengan mempertimbangkan tour leader performance sebagai moderator. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan insight baru dalam konteks industri agen perjalanan. In Indonesia, the increase of peoples income in recent years has triggered a shift in consumption patterns from basic needs to lifestyle. Consumption for lifestyle takes many different forms, one of which is vacation. In order to attain the best experience possible, a lot of these people takes option in using travel agent services. As travel agents provides more systematic agendas for the consumers trips in contrast to traveling alone. This behavior is affected by the benefits which travel agents offer to provide, such ass efficient time management and guarantee for consumers safety and comfort. All of which can be found in their various travel product, including accommodation, transportation, and tour guides who will accompany them to the end of the tour. The reputation of a good travel agent is one of the reasons travelers are willing to puttheir trust on the travel agents to arrange everything related to their travels. In addition, recommendations and opinions from the surrounding environment is very important for consumers as an input in making their purchasing decisions. This study looks at how much reputation a travel agent has will affect the behavior of consumer recommendations, by considering tour leader performance as a moderator. This research is expected to provide new insights in the context of the travel agent industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djayadi
"ABSTRAK
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisa bagaimana inovasi konsumen dapat digunakan sebagai variabel mempengaruhi adopsi online banking baik secara langsung dan mengurangi persepsi risiko konsumen. Hasil penelitian menunjukkan inovasi konsumen berpengaruh signifikan terhadap penggunaan online banking. Beberapa dimensi variabel persepsi risiko yaitu keamanan, privasi, kinerja, waktu dan sosial ikut membetuk persepsi risiko. Persepsi risiko konsumen memiliki pengaruh negatif terhadap penggunaan online banking. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya pengaruh negatif inovasi konsumen terhadap persepsi risiko konsumen. Namun hasil penelitian ini memiliki perbedaan dimana inovasi konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi risiko.

ABSTRACT
The purpose of this paper is to analyze how the consumer innovativeness can be used as a variable influencing online banking adoption both directly and reduce perceived risk. The results showed a significant effect on consumer innovativeness to online banking adoption. Some dimensions of perceived risk variables security, privacy, performance, time loss and social involved perceived risk. Perceived risk has a negative effect to online banking adoption. Past research has shown the negative influence of consumer innovativeness to consumer risk perception. However, the results of this study have different consumer innovativeness no significant effect to perceived risk."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Arsya Rakhmada
"Jumlah pengguna internet di Indonesia telah tumbuh pada tingkat yang luar biasa. Tidak terkecuali dengan tingkat pertumbuhan pengguna online travel agent di Indonesia. Ketika melakukan transaksi online, termasuk juga transaksi dengan online travel agent, konsumen dihadapkan pada situasi yang tidak pasti. Situasi yang tidak pasti dapat menjadi semakin buruk ketika konsumen harus berbagi informasi pribadi yang sensitif dalam proses transaksi. Dalam konteks ini, pentingnya membangun dan mempertahankan kepercayaan menjadi sangat penting bagi pemasar online karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kurangnya kepercayaan adalah salah satu alasan utama keraguan konsumen untuk berbelanja online. Bukti telah menunjukkan bahwa kepercayaan dapat mengurangi risiko yang dirasakan dan dengan demikian menentukan keberhasilan atau kegagalan vendor online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis anteseden dari niat dan perilaku konsumen terhadap perusahaan online travel agent. Juga untuk melihat apakah terdapat perbedaan dalam proses terbentuknya kepercayaan antara generasi X dan Millenial dengan vendor online. Penelitian ini didasarkan pada survei online yang dilakukan dengan sampel dari dua generasi yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepercayaan awal terhadap online travel agent dengan niat dan perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua generasi pada proses terbentuknya kepercayaan terhadap niat dan perilaku konsumen. Baik Gen X dan Millennial melihat risiko dan kepercayaan dalam menggunakan online travel agent dengan cara yang sama. Kedua generasi bersedia memberikan informasi pribadi kepada online travel agent.

The number of internet users in Indonesia has grown at the unbelievable rate. There is no exception with the growth rate of the online travel agent users in Indonesia. When making online transaction, including via online travel agent, consumers are faced with uncertain situations. The uncertain situations could grow increasingly critical when consumers have to share sensitive personal information in the transaction process. In this context, the importance of building and maintaining trust becomes very important to online marketers as numerous studies have shown that the lack of trust is one of main reasons for consumers' hesitancy to online shopping. The evidence has shown that trust could reduce the perceived risks and thereby determines success or failure of e-vendors. The research objective is to analyze the antecedents of behavioral intentions on online travel agent company. Also to see whether the trust formation between generation X and Millennial has difference. The research is based on online surveys conducted with convenience samples from two different generation. The results have shown a strong relationship between initial trust towards online travel agent and consumers' behavioral intentions. The results suggest that there's no difference between two generations on the formation trust and behavioral reactions. Both Gen X and Millennial seen the risks and trust of using online travel agent in the same way. Both generation willing to give personal information to online travel agent."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ali Zaenal Abidien
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komitmen afektif (tinggi vs rendah) dalam situasi pembelian produk fashion mempengaruhi pilihan saluran konsumen (online vs offline) yang dimediasi oleh perceived hedonic benefit dari pembelian di dalam konteks multi-channel di Indonesia. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan between-subject design dengan 2 kondisi komitmen afektif. Dua skenario dirancang untuk masing-masing kondisi komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion (tinggi dan rendah). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan SurveyMonkey dan didapatkan 80 partisipan yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, dimana 40 partisipan secara acak mendapatkan skenario kondisi komitmen afektif tinggi dan 40 partisipan secara acak mendapatkan skenario kondisi komitmen afektif rendah. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 27. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah binary logistics regression, chi-square test, independent sample t-test, dan regression bootstrapping procedure dalam PROCESS module (model 4). Penelitian ini menemukan bahwa ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion meningkat, konsumen akan lebih memilih berbelanja secara offline daripada online. Sementara ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion menurun, konsumen akan lebih memilih berbelanja secara online daripada offline. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion yang tinggi, maka perceived hedonic benefit dari pembelian akan lebih besar dibandingkan dengan komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion yang rendah. Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan bahwa perceived hedonic benefit dari pembelian memediasi pengaruh komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion terhadap pilihan saluran konsumen.

This study aims to analyze the impact of affective commitment (high vs low) in fashion product purchase situation affect consumer’s channel choice (online vs offline) that mediated by perceived hedonic benefit from the purchase on productive workers in Jabodetabek. This study used an experiment with between-subject design with 2 affective commitment’s condition. From the collected data, 80 participants met criteria. 40 participants had scenarios with high affective commitment condition and 40 participants had scenarios with low affective commitment condition. The hypotheses in this study are tested using binary logistics regression, chi-square test, independent sample t-test, and the regression bootstrapping procedure in the PROCESS module (model 4). This study found that when affective commitment in fashion product purchase situation increasing, consumers will prefer to make a purchase on offline rather than online. Meanwhile when affective commitment in fashion product purchase situation is declining, consumers will prefer to make a purchase on online rather than offline. This study also found that when the affective commitment in fashion product purchase situation is high, perceived hedonic benefit from the purchase will be higher than when the affective commitment in fashion product purchase situation is low. Furthermore, this study also found that perceived hedonic benefit from the purchase mediate the impacts of affectice commitment in fashion product situation to consumer’s channel choice. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septi Hardiyanti Riana
"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat, dilihat dari munculnya mobile commerce yang bermunculan salah satunya Raena sebagai mobile commerce yang bergerak pada penjualan produk kosmetik dan/atau perawatan diri kemudian menyebabkan timbulnya online impulse buying behavior karena pengaruh consumer perceived value dan interpersonal influence. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior melalui interperosnal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang disadasarkan oleh metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 162 yang dijaring melalui online quesionnaire menggunakan Google Form. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior namun tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior yang dimoderasi oleh interpersonal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini bermanfaat untuk menyusun strategi memaksimalkan online impulse buying behavior dalam Aplikasi Raena melalui rangsangan consumer perceived value. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan penggunaan variabel moderasi lain selain interpersonal influence yang dapat memoderasi hubungan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior.

In last few years, technological advances have developed rapidly, seen from the emergence of mobile commerce, one of which is Raena as a mobile commerce engaged in selling cosmetic and/or personal care products which causes online impulse buying behavior due to influenced of consumer perceived value and interpersonal influence. The purpose of this study was to analyze the effect of consumer perceived value on online impulse buying behavior through interpersonal influence on users of Raena application. The study used a quantitative approach with a survey method on purposive sampling. The number of respondents in this study wes 162 obtained through online questionnaire using Google Form. Data processing was performed using SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that there is an significant influence between consumer perceived value on online impulse buying behavior but there is no significant influence on consumer perceived value on online impulse buying behavior which is moderated by interpersonal influence on users of the Raena application. This research is useful for developing strategies to maximize online impulse buying behavior in Raena application trough consumer perceived value simulation. Based on the results of this study, further research can consider the used of ither moderating variabels besides interpersonal influence which can moderate the relationship between consumer perceived value and online impulse buying behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Dwi Handayani
"Peluang bisnis yang cerah dari sektor pariwisata mengakibatkan persaingan di hampir setiap sektor industri ini semakin meningkat Sebelum memilih destinasi wisata wisatawan biasanya mencari informasi untuk mendukung pengambilan keputusan mereka Saat ini banyak sarana yang bisa digunakan dalam pencarian informasi mengenai destinasi wisata salah satu media informasi modern yang sedang diminati saat ini adalah penyebaran e WOM dengan media Travel Blog Konten blog merupakan faktor penting untuk diketahui dan dipelajari agar dapat diketahui sifat konten seperti apa yang akan memberikan kenyamanan bagi pembaca Sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog yang berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian dilakukan dengan sampel 105 responden yang pernah membaca travel blog Survey dilakukan secara offline dan online selama bulan April ndash Juni 2015 Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square PLS Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa understandability dan interestingness memiliki pengaruh positif terhadap blog usage enjoyment dan blog usage enjoyment memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention.

Bright opportunity from tourism sector affects competion in most of every sector in this industry increase Before selecting destination most of tourist find information for support their decion makin process Today there are many channel that can be used to find information about travel destination one of them is Travel Blog Blog contents are important factor to be known and learned so what kind of blog that can give enjoyment to their reader can be identified That blog content factor that can drive their reader to the enjoyment when reading blog are novelty reliability understandability and interestingness from their blog This study was designed to see the inflence of blog usage enjoyment that came from novelty reliability understandability andinterestingness from that blogs content The study was designed to see how blog content factors can influence their readers enjoyment that come from novelty reliability understandability and interestingness from that blog content The study was conducted with a sample of 105 respondents of people that have experience use travel blog The survey was conducted offline and online during the month April ndash June 2015 Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Sqare method And analytical results obtained results that understandability andinterestingness have a significant positive effect on blog usage enjoyment and blog usage enjoyment has a significant positive effect on behavioral intention K."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61025
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizkyandri Navielia
"Penelitian ini membahas tentang faktor yang memengaruhi niat pembelian kembali pada Online Travel Agent OTA . Responden penelitian ini berjumlah 225 orang dan merupakan orang yang sudah pernah memesan hotel secara online melalui situs Traveloka dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dengan wilayah cakupan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pengolahan data menggunakan program LISREL 8,51.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa product related factors berpengaruh positif pada niat pembelian kembali, begitu juga dengan channel related factors yang terbukti berpengaruh positif pada niat pembelian kembali, serta channel related factors berpengaruh positif pada niat pencarian informasi, penelitian ini juga menemukan bahwa product related factors tidak berpengaruh pada niat pencarian informasi, dan niat pencarian informasi tidak berpengaruh pada niat pembelian kembali.

This research studies the factors that affect repurchase intention on OTAs Online Travel Agent. This research sampled 225 respondents, which are people who have booked hotel stays through the website app Traveloka in the past three months, living in areas of Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. The data was processed using the software LISREL 8.51.
This research shows that Product Related Factors have positive effect on Repurchase Intention, and Channel Related Factors have positive effect on Repurchase Intention, also Channel Related Factors have positive effect on Information Search Intention. This research also shows that Product Related Factors has no positive effect on Information Search Intention and Information Search Intention has no positive effect on Repurchase Intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68026
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raisha Putri Aprilia
"Seiring berjalannya waktu, persaingan antara perusahaan transportasi online di Indonesia semakin sengit. Perusahaan saling berlomba dalam meningkatkan keterikatan merek kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bahwa brand attachment tidak hanya mempengaruhi perilaku positif (brand loyalty) saja, tetapi juga perilaku negatif (oppositional brand loyalty), seperti trash-talking, schadenfreude, dan anti-brand actions pada industri ride-hailing di Indonesia, seperti Go-Jek dan Grab. Metode purposive sampling digunakan untuk penelitian ini dengan 357 responden dan dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM).
Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa brand attachment memiliki pengaruh terhadap brand loyalty, trash-talking, dan anti-brand actions namun tidak pada schadenfreude. Selanjutnya, variabel moderasi attachment anxiety meningkatkan hubungan antara brand attachment dengan trash-talking dan anti-brand actions sedangkan attachment avoidance tidak memoderasi hubungan tersebut. Implikasi manajerial serta rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibahas dalam penelitian ini.

Over time, competition between online transportation companies in Indonesia is increasingly fierce. Companies compete with each other to increase brand attachment to consumers to get higher profits. This study aims to understand that brand attachment not only affects positive behavior (brand loyalty), but also negative behavior (oppositional brand loyalty), such as trash talking, schadenfreude, and anti-brand actions in the ride-hailing industry in Indonesia, such as Go-Jek and Grab. The purposive sampling method was used for this study with 357 respondents and analyzed using structural equation modeling (SEM).
The findings of this study reveal that brand attachments have an influence on brand loyalty, trash-talking, and anti-brand actions but not on schadenfreude. Furthermore, the attachment anxiety moderation variable increases the relationship between brand attachment and trash-talking and anti-brand actions while attachment avoidance does not moderate the relationship. Managerial implications and recommendations for further research are discussed in this study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>