Ditemukan 63920 dokumen yang sesuai dengan query
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terutama yang berkaitan kesetiaan dan kebangaan terhadap bahasa Madura. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatiff yang disertai denan penghitungan statistik secara sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara mendalam, dan observasi. Teknik wawancara dilakukan dengan wawancarai responden secara mendalam dengan tujuan agar keterangan yang diperlukan dan tidak ada dalam daftar pernyataan kuesioner dapat ditanyakan langsung kepada responden. Teori penelitian yang dipakai adalah teori sikap, sikap bahasa, dan pemilihan bahasa. Dari hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dapat dikatakan bersikap positif terhadap bahasa Madura. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan persentase dari jumlah responden yang menjawab sangat setuju dan setuju sebanyak 76,6%. Sedangkan untuk kebanggan terhadap bahasa Madura menunjukkan angka 83,6%."
Bebasan 2:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1979
499.221 MOR
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Anis Aminoedin
Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas RI, 1984
499.233 ANI k
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998
499.221 7 GEO (1)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Sri Munawarah
"Penelitian mengenai pemertahanan bahasa daerah Madura telah dilakukan di Jakarta. Tujuannya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemertahanan bahasa Madura di luar wilayah pemakaian bahasa Madura (Jakarta). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berstruktur dengan menggunakan daftar tanyaan sebagai pedoman wawancara. Wawancara dikenakan kepada 27 keluarga (51 responden) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sumenep Madura di Jakarta.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dianalisis secara kuantitatif. Analisis meliputi frekuensi pemakaian bahsa dan juga melihat hubungan antara pemakaian bahasa dengan faktor-faktor di luar bahasa.
Kesimpulan akhir dari penelitian menunjukkan bahwa pemertahanan bahasa daerah Madura di Jakarta rata-rata sebesar 35,35%. Pemertahanan tersebut dipengaruhi oleh faktor identitas kesukubangsaan, dan hubungan kekeluargaan, selain itu juga dipengaruhi faktor usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan tempat lahir responden."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1991
S11146
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1986
499.28 PEM
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Dianita Indrawati
"Makalah ini membahas refleksi konsonan Proto-Austronesia menjadi konsonan rangkap homorgan bahasa Madura dalam perspektif linguistik historis komparatif. Dalam bahasa Madura, konsonan rangkap atau gugus konsonan ada yang yang homorgan dan rangkap identik. Artinya, konsonan rangkap itu merupakan konsonan yang sama. Konsonan rangkap tersebut merupakan refleksi dari konsonan tunggal dan konsonan rangkap Proto-Austronesia. Hampir semua konsonan dalam bahasa Madura merupakan konsonan rangkap identik. Refleksi konsonan Proto-Austronesia menjadi konsonan rangkap bahasa Madura dapat melalui analogi, asimilasi, disimilasi, pewarisan linier, dan pewarisan dengan perubahan.
This paper discussdabout consonant reflection of Proto-Austronesian that became consonant cluster of homorgan Madurese language in comparative historical linguistic perspective. In the language of Madura, consonant cluster or clusters have homorgan and duplicate identical. It mean that, the double consonants are the same consonants. Consonant cluster was a reflection of a single consonant and consonant cluster Proto-Austronesian. Almost all consonants in the language of Madura was consonant cluster identity. The Reflection consonant of Proto-Austronesian which became consonant cluster ofMadurese language can be seen through analogy, assimilation, dissimilation, linear inheritance, and inheritance with the changes."
Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016
400 JIKKT 4:2 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Asis Safioedin
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1977
R 499.222 ASI k (1)
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Asis Safioedin
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1977
499.222 ASI k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta : Balai Bahasa Djawatan Kebudayaan Kementerian P dean K
050 MBM 1 (1957)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library