Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 101369 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohamad Ali Asy`ari
"[Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang baik akan berdampak pada pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel sehingga terwujud good governance dalam penyelenggaran pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kualitas sistem pengendalian intern di Biro Keuangan Sekretariat Utama Badan Pusat Statistik (BPS). Metode penelitian dilakukan melalui penyebaran angket, observasi, wawancara serta studi pustaka dan dokumen peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas sistem pengendalian intern di Biro Keuangan Sekretariat Utama BPS yang mengacu pada unsur-unsur SPIP yang terdapat dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 telah berjalan dengan baik.

A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well.;A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well., A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS). The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system in Finance Department of the Main Secretariat of Statistics Indonesia (BPS) refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well.]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gill, James O
Jakarta: PPM, 2006
657.48 GIL ft (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sherry Astro Lia
"Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Sekretariat Utama Lapan. Gambaran umum mengenai pelaksanaan SPIP diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang mengacu kepada dengan mengacu kepada parameter-parameter Pengendalian Intern pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SPIP berdasarkan penilaian 109 responden adalah 2.81 atau 70,15% dari kriteria yang diinginkan. Angka ini menunjukkan bahwa pelaksanaan SPIP telah memadai namun belum sempurna sehingga masih diperlukan penguatan dalam pelaksanaannya. Hal ini tercermin dari temuan BPK yang menyatakan masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan SPI. Tingkat kepuasan pengguna atas layanan Lapan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum Lapan adalah Baik, maka dapat dikatakan SPI di Lapan mendorong tercapainya tujuan memberikan layanan yang baik.

This research is a descriptive qualitative research, that aimed to describe the implementation of Government Internal Control System in the Main Secretariat of Lapan . An overview of the implementation of the Government Internal Control System obtained by distribusing questionnaires that refer to the reference to the Internal Control parameters on Government Regulation No. 60 of 2008 concerning the Government Internal Control System.
Based on the results of processing of questionnaires, we concluded that in general the implementation of Government Internal Control System by perceptions of 109 respondents is 2.81 or 70.15 % of the desired criteria. This figure shows that the implementation of the Government Internal Control System has been adequate and still require strengthening in the implementation. This is reflected in the findings of the Badan Pemeriksa Keuangan which states there are still weaknesses in the implementation of Internal Control System. Satisfaction with the service based survey conducted by the Public Service Board of Lapan is “Good”, it can be said that Internal Control System is support the achievement of the goal of providing a good service.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maramis, Ratna Marini W.
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdillah Rafi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris relevansi nilai pengungkapan instrumen keuangan berdasarkan PSAK 60 (2010) pada bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini juga menguji apakah terdapat perubahan relevansi nilai tingkat pengungkapan instrumen keuangan setelah penerapan PSAK 60 (2010). Sampel yang digunakan adalah bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tahun penelitian 2010-2013.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan instrumen keuangan terbukti memiliki relevansi nilai di perbankan. Selain itu ditemukan adanya penurunan relevansi nilai pengungkapan instrumen keuangan pada saat setelah penerapan PSAK 60. Penelitian ini juga menemukan tingkat pengungkapan instrumen keuangan menurut PSAK 60 mengalami kenaikan pada saat penerapan PSAK 60 diwajibkan, namun belum semua bank melakukan pengungkapan instrumen keuangan secara penuh, terutama pada komponen pengungkapan akuntansi lindung nilai.

The purpose of this research is to test empirically the value relevance of the financial instruments disclosures on the banking company in Indonesia. The reasearch also examines whether there is a change in the value relevance of financial instruments disclosure after the apdoption of PSAK 60 (2010). The sample used are banks listed in Indonesia Stock Exchange with years of research from 2010 to 2013.
The results showed that the disclosure of financial instruments shown to have value relevance in banking companies. There is also found a decrease in the value relevance after the adoption of PSAK 60. This research also found that financial instrument disclosures based on PSAK 60 increased during the adoption of PSAK 60, but not all banks do the financial instruments disclosures in fully disclosure, mainly on components for hedge accounting disclosures.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55534
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dandy Dalendrajaya Putra
"Skripsi ini berisi mengenai analisis laporan keuangan PT Food Station Tjipinang Jaya dalam rangka menjadi perusahaan go publik di Indonesia. Analisis laporan keuangan menggunakan dasar Pedoman Penilaian Tingkat Kesehatan Badan Usaha Milik Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 5 tahun terakhir terhitung mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2012, analisis perbandingan rasio keuangan tahun 2012 dengan dasar perbandingan rasio industri perusahaan sejenis yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta analisis rasio keuangan perusahaan berdasarkan perjanjian dengan kreditur. Berdasarkan hasil penelitian PT FSTJ apabila dilihat dari tingkat kesehatan perusahaan dan analisis perbandingan rasio keuangan sudah cukup layak untuk menjadi perusahan publik;This thesis contains the analysis of the financial statements of PT Food Station Tjipinang Jaya in order to become a public company in Indonesia. The analysis consisted of analysis of financial statements using the basic Guidelines for Rating provincial enterprises in Jakarta Provincial Government Environment over the last 5 years starting from 2008 to 2012, the analysis of financial ratios in 2012 on the basis of comparison of the ratio of industry who listed on the Indonesia Stock Exchange, as well as financial ratio analysis is based on an agreement with creditors. By the three types of analysis the PT FSTJ is quite feasible to become a public company

This thesis contains the analysis of the financial statements of PT Food Station Tjipinang Jaya in order to become a public company in Indonesia. The analysis consisted of analysis of financial statements using the basic Guidelines for Rating provincial enterprises in Jakarta Provincial Government Environment over the last 5 years starting from 2008 to 2012, the analysis of financial ratios in 2012 on the basis of comparison of the ratio of industry who listed on the Indonesia Stock Exchange, as well as financial ratio analysis is based on an agreement with creditors. By the three types of analysis the PT FSTJ is quite feasible to become a public company"
2014
S54334
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Siri Indah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pengendalian intern terkait temuan BPK pada pengelolaan aset tetap pada Satker Sestama BPS. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari wawancara, dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian ini yaitu cukup baiknya pelaksanaan unsur-unsur pengendalian intern. Pada lingkungan pengendalian adanya kebijakan penandatangan pakta integritas, pada penilaian risiko perlu adanya identifikasi risiko pada bagian pengelolaan aset, pada aktivitas pengendalian perlu adanya revisi Standar Operasional Prosedur terbaru mengenai pengelolaan BMN, pada informasi dan komunikasi perlu adanya sistem perlindungan pelapor pada whistleblowing system dan pada unsur pemantauan sudah berjalan dengan baik.

ABSTRACT
This research aims to analyze the implementation of internal control that related to the BPK 39 s findings in the fixed asset management at BPS sestama working group. This research uses qualitative research method. The data be are collected through interview, and literature study. The research result indicaymtes that the elements of the internal control are performing well. The control environment is the implementation pact of integrity policy. The implication in risk assessment is that asset management department must create arrange risk identification. Implication in control activity is the need for revison in SOP that related to asset management. Research implication in information and communication is the need of protection system for whistleblower on whistleblowing system, and in monitoring component is already been undertaken in an appropriate manner. "
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyan Palupi Widowati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Manajemen Risiko pada Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan Pushaka. Pushaka bertugas melaksanakan analisis, harmonisasi, dan sinergi kebijakan atas pengelolaan program dan kegiatan Menteri Keuangan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pushaka melaksanakan Manajemen Risiko sejak tahun 2008. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi dalam pemerolehan data yang diperlukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pushaka telah menerapkan Manajemen Risiko berdasarkan PMK 171 dan KMK 845, tetapi terdapat beberapa proses yang belum dipenuhi secara sempurna. Pertama, pada tahap Komunikasi dan Konsultasi, Pushaka tidak menjalankan focus group discussion FGD pada semester 1 2019. Kedua, pada tahap Penetapan Konteks, beberapa informasi belum diisikan secara tepat. Ketiga, pada tahap Identifikasi Risiko, Risiko Menteri Keuangan dan Wakil Menteri tidak mendapat bahan pada saat rapat/kegiatan perlu dipertimbangkan lagi. Risiko ini berkaitan erat dengan peran ajudan Menteri Keuangan/Wakil Menteri Keuangan. Selanjutnya, pada tahap Analisis Risiko, Pushaka tidak membuat Peta Risiko. Selanjutnya, pada tahap Evaluasi Risiko, terdapat kebutuhan untuk merevisi manual IRU, khususnya terkait analisis/kajian yang diterima oleh Menteri Keuangan. Kemudian, pada tahap Penanganan Risiko, Pushaka tidak menyusun Rencana Kontinjensi. Terakhir, dalam tahap Pemantauan dan Reviu, pegawai yang mutasi belum didokumentasikan dengan baik dalam Laporan Triwulanan.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soerjandari Anggaradhiamayanti
"Sektor pariwisata merupakan bagian dad pembangunan nasional. Sebagai salah satu sumber devisa negara dari sektor non-migas, sektor pariwisata akhir-akhir ini telah menjadi perhatian pemerintah, swasta dan masyarakat. Salah satu sub sektor pariwisata yang dimulai sejak 1974 dan selama ini masih menjadi sorotan para pengusaha adalah sektor perhotelan, sekalipun tingkat hunian turun sejak 1990. Untuk itu diadakan analisa perbandingan laporan keuangan atas ketiga buah hotel bintang lima, untuk mengetahui kinerja (performance) mereka dalam kondisi perekonomian saat itu (1991 - 1993) dan kiat-kiat yang diperlukan untuk menghadapi kompetisi pasar yang sangat ketat. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yaitu menggunakan peralatan metode analisa ratio dan komparatif atas laporan keuangan serta pengamatan lapangan. Berdasarkan hasil perbandingan angka analisa perhitungan ratio ketiga hotel obyek penelitian, serta tanpa melupakan faktor-faktor ekonomi makro, seperti peristiwa perang teluk, kebijaksanaan uang ketat, suku bunga tinggi dan penambahan pasok kamar hotel yang barn di pasar, maka untuk periode saat itu, PT. BED adalah satu- satunya dari ketiga hotel tersebut yang relatif memiliki kinerja yang baik. Perbedaan itu antara lain disebabkan karena faktor internal, dimana pada periode yang sama, PT. HSJI sedang melaksanakan renovasi kamar dan fasilitas penunjang, serta PT. BM sedang merampungkan perluasan bangunan (new wing) dan fasilitas lainnya. Dan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya kegiatan renovasi nyata-nyata akan mempengaruhi kinerja perusahaan, karena berkurangnya suasana dan pelayanan yang nyaman, akhirnya akan mengakibatkan turunnya tingkat hunian kamar maupun tingkat kunjungan tamu non-kamai, yang datang untuk sekedar mencari hiburan di dalam lingkungan fasilitas hotel, seperti pub, cafe, lounge, dan fitness centre. Dari hasil penelitian lapangan juga dapat disarankan bahwa selain kenyamanan kamar serta pelayanannya, ternyata fasilitas-fasilitas di dalam hotel seperti yang telah disebutkan itu, juga dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan tambahan yang baik, disamping sumber penghasilan utama dari penyewaan kamar."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18824
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhityawarman Menaldi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari praktik Internet Financial Reporting (IFR) terhadap market value perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 dan 2016. Hasil penelitian ini menemukan bukti empiris bahwa praktik IFR yang dilakukan perusahaan manufaktur listed di Indonesia memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap market value perusahaan sehingga dapat disimpulkan bahwa investor menjadikan IFR sebagai dasar pertimbangan dalam mencari informasi untuk menilai market value perusahaan. Hasil dari penelitian ini memiliki implikasi bagi regulator dan perusahaan mengenai pentingnya keterbukaan informasi perusahaan.

ABSTRACT
This research aims to examine the impact of Internet Financial Reporting (IFR) practice provided by Indonesian manufacturing listed companies within the year 2015 and 2016 on companies? market value. This research found an empirical evidence that IFR practices have strong positive relationship on market values over the period of research. Overall, the results indicate that investors value IFR information as a source for making equity pricing decisions. The result has implication for both national regulators and entities about the importance of information openness.
"
2016
S62935
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>