Ditemukan 36685 dokumen yang sesuai dengan query
Theodore Kenneth
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas mengenai desain pengendalian internal dari divisi penggajian PT XYZ. Divisi penggajian mengalami restrukturisasi pada awal tahun 2015 sehingga menjadi suatu isu yang krusial untuk mengadakan penilaian atas pengendalian internal yang ada dalam aktivitas penggajian PT XYZ.
Hasil evaluasi menyimpulkan mengenai pengendalian yang ada pada aktivitas penggajian sudah dapat memitigasi risiko, namun perlu perbaikan pada otomatisasi pencatatan data.
ABSTRACTThis internship report discusses about internal control design of payroll division in PT XYZ. Payroll division has been restructured in early 2015. Therefore risk assessment of internal control in PT XYZ becomes a crucial issue to see whether the internal control have been able to mitigate the risk of payroll activity.The result of the evaluation concluded that the internal control is sufficient, but it needs improvement in the automatization of data record."
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Arief Rachman Putra
"Laporan ini memaparkan proses pengendalian internal yang diterapkan pada siklus penggajian di PT AB. Proses penggajian yang dibahas mencakup pengupdate-an master file penggajian jika ada perekrutan karyawan baru, atau karyawan yang naik level atau grade, perhitungan kompensasi dan keuntungan karyawan, proses absen ke aplikasi ATA, perhitungan piutang atau pengurangan karyawan yang akan mempengaruhi potongan gajinya, perhitungan gaji karyawan, pembayaran gaji karyawan melalui bank ke rekening masing-masing, pembayaran pajak penghasilan, dan potongan jamsostek ke perusahaan asuransi. Pengendalian Internal PT AB sudah memadai, serta siklus penggajian yang diterapkan PT AB telah berjalan dengan baik.
This report describes the internal control process in payroll cycle. The payroll process consist of updating the master file of payroll if there are new employee, or employee that upgrade their level/grade, calculating employee?s compensation and benefit, calculating employee?s receivable or any deduction that have an impact to their salary, calculating employee?s salary, payment employees salary via bank to their bank account, paying employee?s income taxes, and "jamsostek" dedcution to insurance company. The internal control in PT AB is adequate, as well as the payroll cycle that applied in PT AB has gone well."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44283
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Arief Rachman Putera
"Laporan ini memaparkan proses pengendalian internal yang diterapkan pada siklus penggajian di PT AB. Proses penggajian yang dibahas mencakup peng-update-an master file pemggajian jika ada perekrutan karyawan abru, atau karyawan yang naik level atau grade, perhitungan kompensasi dan keuntungan karyawan, proses absen ke aplikasi ATA, perhitungan piutang atau pengurangan karyawan yang akan mempengaruhi potongan gajinya, perhitungan gaji karyawan, pembayaran gaji karyawan melalui bank ke rekening masing-masing, pembayaran pajak penghasilan, dan potongan jamsostek ke perusahaan asuransi. Pengendalian internal PT AB sudah memadai, serta siklus penggajian yang dterapkan PT AB telah berjalan dengan baik.
This report describes the internal control process in payroll cycle. The payroll process consist of updating the master file of payroll if there are new employee, or employee that upgrade their level/grade, calculating employee?s compensation and benefit, calculating employee?s receivable or any deduction that have an impact to their salary, calculating employee?s salary, payment employee?s salary via bank to their bank account, paying employee?s income taxes, and ?jamsostek? dedcution to insurance company. The internal control in PT AB is adequate, as well as the payroll cycle that applied in PT AB has gone well."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dissatya Nurul Bestari
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian internal atas pengeluaran kas di PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dengan berbagai layanan keuangan. Evaluasi atas aktivitas pengendalian internal terkait pemisahan tugas ditemukan bahwa satu dari empat pemisahan tugasnya, yaitu pemisahan tanggung jawab dan operasional telah dijalankan dengan baik karena adanya kesesuaian antara praktik dan standar yang yang dijalankan perusahaan. Untuk dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatan, beberapa praktik pengendaliannya telah dijalankan namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur terkait pengendalian ini. Pada pengoperasian kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan sistem imprest fund, namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur yang dapat mendukung praktik penetapan kas kecil ini. Terkait pembayaran dana kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan praktik yang sesuai dengan standarnya. Untuk reimbursement, ditemukan adanya ketidaksesuaian antara praktik dan standar perusahaan. Dari hasil evaluasi, PT. XYZ masih memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) terkait dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatannya yang dapat mendukung kinerja karyawan. Pengoperasian kas kecil juga telah dijalankan praktiknya, namun PT. XYZ memerlukan standar atau prosedur yang jelas terkait penetapan kas kecil dan disarankan untuk memperbaiki SOP terkait reimbursement agar alurnya lebih efektif dan efisien untuk diikuti oleh karyawan PT. XYZ.
This report aims to evaluate internal control activities on cash disbursement at PT. XYZ. PT. XYZ is a company engaged in insurance with various financial services. The evaluation of internal control activities related to the separation of duties found that one of the four separate tasks, namely the separation of responsibilities and operations has been carried out well because of the compatibility between the practices and standards that the company operates. For documents and records as well as physical control of assets and records, some of the control practices have been implemented but no standards or procedures related to this control have been found. In the operation of petty cash, PT. XYZ has implemented an imprest fund system, but no standards or procedures have been found that can support the practice of establishing petty cash. Regarding the payment of petty cash funds, PT. XYZ has carried out practices that are in accordance with its standards. For reimbursement, it was found that there was a discrepancy between company practices and standards. From the results of the evaluation, PT. XYZ still needs a Standard Operating Procedure (SOP) related to documents and records and physical control of assets and records that can support employee performance. The practice of petty cash has also been carried out in practice, but PT. XYZ requires clear standards or procedures related to petty cash assignments and is advised to improve SOPs related to reimbursement so that the flow is more effective and efficient for PT. XYZ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gilbert Agung
"Pengadaan merupakan salah satu kegiatan utama di sebagian besar perusahaan, dan dengan pengendalian yang efektif dalam proses pengadaan maka efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan operasional perusahaan juga akan meningkat. Perusahaan yang dipilih dalam penelitian ini merupakan distributor tunggal aksesoris dan komponen salah satu merek otomotif terbesar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah pengendalian internal dalam siklus pengadaan perusahaan sudah cukup efektif. Studi ini akan membatasi pembahasan pada beberapa aktivitas utama dalam siklus pengadaan dengan menggunakan kerangka COSO Internal Control Integrated Framework 2013 untuk menilai efektivitas pengendalian internal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Semua data yang dibutuhkan akan dikumpulkan melalui studi pustaka dan penelitian lapangan seperti observasi dan wawancara. Selama penelitian ditemukan defisiensi pengendalian internal dan indikasi lemahnya pengendalian internal. Kekurangan pengendalian yang signifikan ditemukan pada beberapa aktivitas pada siklus pengadaan.
Procurement is one of the main activities in most companies, and with an effective control in procurement processes, the effectiveness and efficiency in company’s operational activities will also improve. The company selected in this study is the sole distributor of accessories and component for one of the major automotive brands in Indonesia. The purpose of this study is to assess whether the internal control in the company’s procurement cycle has been effective enough. This study will limit the discussion on some key activities in procurement cycle by using COSO Internal Control Integrated Framework 2013framework to assess the internal control effectiveness. In this study, qualitative method is used. All the data needed will be collected through literature review and field research such as observation and interview. During the study, internal control deficiencies and indication of weak internal control are found. Significant control deficiencies are found in some activities on procurement cycle"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mega Sari Nusa
"Selama tahun 2016 hingga 2017, ditemukan adanya kasus pelanggaran prosedur dan penggelapan uang pembayaran pajak di PT XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pembayaran pajak PT XYZ dengan menggunakan 5 (lima) faktor penting dalam membentuk dan membuktikan efektifitas pengendalian internal yaitu Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review dan User Access and Rights. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada PT XYZ dengan unit analisis adalah divisi pajak perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada PT XYZ memiliki kelemahan yang signifikan pada proses pengeluaran kas pada pembayaran pajak yang membuka kesempatan terjadinya manipulasi (fraud) yang dilakukan oleh pegawai divisi pajak. Selain itu, divisi pajak berada di luar lingkup pekerjaan internal audit sehingga desain dari sistem pengendalian internal belum memadai dan efektif.
From 2016 to 2017, there was a case of procedural violations and embezzlement of tax payments at PT XYZ. This study aims to evaluate internal control in the PT XYZ tax payment cycle by using 5 (five) important factors in establishing and proving the effectiveness of internal control, namely Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review and User Access and Rights. This research is a case study with a qualitative approach conducted at PT XYZ with the unit of analysis at the corporate tax division. The data collection method was done through a semi-structured interview process and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that the internal control system at PT XYZ has a significant weakness in the cash disbursement process on tax payments which opens up opportunities for manipulation (fraud) by employees of the tax division. In addition, the tax division is outside the scope of internal audit work, so the design of the internal control system is not adequate and effective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fashadilla Khalida Susilo
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur pengendalian internal divisi keuangan Lembaga FAN. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur pengendalian internal yang dilakukan oleh divisi keuangan Lembaga FAN dan prosedur pengendalian internal yang disyaratkan oleh Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) Framework. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengendalian internal yang dilaksanakan oleh Lembaga FAN telah sesuai dengan prosedur pengendalian internal yang disyaratkan oleh COSO Framework. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri yang merupakan hasil pembelajaran berkelanjutan atas pelaksanaan aktivitas magang di Lembaga FAN.
This internship report discusses the evaluation of the internal control procedures of the FAN Institute finance division. The evaluation was carried out by comparing the internal control procedures carried out by the financial division of the FAN Institute and the internal control procedures required by the COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission) Framework. The results of the evaluation show that the internal control procedures implemented by the FAN Institute are in accordance with the internal control procedures required by the COSO Framework. This internship report also discusses self-reflection which is the result of continuous learning on the implementation of internship activities at the FAN Institute."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ahmad Zakky Ash Shidiqi
"[
ABSTRAKNama Ahmad Zakky Ash ShidiqiProgram Studi AkuntansiJudul Skripsi Analisis Siklus Pendapatan dan Pengendalian Internal PT XYZ Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ sebagai perusahaan dagang penyedia varietas benih padi hibrida Pembahasan akan lebih ditekankan pada proses penerimaan penjualan hingga pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 23 2010 serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO rsquo s Internal Control Framework Hasil analisis dan evaluasi penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ menunjukkan bahwa pencatatan pengakuan pendapatan telah sesuai dengan PSAK 23 2010 namun di dalam pengendalian internal yang telah dilakukan PT XYZ masih ada beberapa hal penting yang perlu diperbaiki Kata Kunci Siklus pendapatan pengakuan pendapatan pengendalian internal PSAK 23
ABSTRACTName Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 , ABSTRACT Name Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 ]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Tiffanie
"Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi siklus pengeluaran di PT XYZ dan menganalisis pengendalian internal terkait siklus pengeluaran di PT XYZ, sebuah anak perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan COSO Framework. Laporan ini juga memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk memitigasi risiko yang ada.
Metode analisis yang diterapkan dalam laporan ini meliputi penilaian umum terhadap siklus pengeluaran yang saat ini diterapkan oleh perusahaan, beserta sistem pengendalian internal yang diimplementasikan di dalam siklus pengeluaran tersebut. Selanjutnya, risiko yang masih ada akan diidentifikasi dan kemudian akan diikuti dengan rekomendasi terkait risiko tersebut.
Siklus pengeluaran yang terdapat di PT XYZ saat ini sudah sangat baik, namun masih ditemukan beberapa risiko terkait implementasi, seperti peraturan yang perlu disesuaikan dengan lingkungan setempat serta kapasitas sistem teknologi informasi yang masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan perusahaan, perusahaan perlu untuk memberikan perhatian lebih terhadap implementasi siklus pengeluaran beserta pengendalian internalnya agar dapat menjalankan operasi bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.
The report aims to explain the implementation of expenditure cycle in PT XYZ as well to analyze the internal controls related to expenditure cycle in PT XYZ, a subsidiary of a multinational company which operates in IT industry. The analysis was conducted by referring to the COSO Framework. Moreover, it provides specific recommendations based on the potential risks. The method of analysis used in this study includes the general assessment of current expenditure cycle applied in the company, along with the internal controls implemented within the cycles. Subsequently, the potential risks will be identified which then generates the specific recommendations. The expenditure cycle of PT XYZ is already well-implemented, yet it still comprised with potential risks such as regulations which should be adjusted with local condition as well as information system capacity in the company which should be upgraded. Hence, as the company business keeps growing, it is important to focus more on the implementation of its expenditure cycle as well as the internal control in order to achieve the most effective and efficient methods in operating the business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rohmaniyanti Tandiyani
"Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur audit internal atas pendapatan dengan standar audit internal Sawyer yang dilakukan oleh Departemen Internal Audit PT ABC kepada anak usahanya, yaitu PT XYZ untuk periode 1 Januari hingga 30 September 2021. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dengan mengelola hotel, villa, dan kawasan pariwisata. Terdapat tiga jenis pendapatan pada PT XYZ, yaitu Residensial, Infrastruktur, dan Jasa. Dari bulan Januari hingga September 2021, Pendapatan Jasa berkontribusi sekitar 90% dari total pendapatan sehingga siklus pendapatan yang dibahas dipusatkan pada Pendapatan Jasa. Evaluasi difokuskan pada prosedur vouching dan pembuatan draft laporan internal audit. Vouching bertujuan untuk mengumpulkan dan mendapatkan bukti-bukti audit dan draft laporan internal audit bertujuan untuk melaporkan hasil audit. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, didapat bahwa prosedur audit internal sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, pada laporan magang juga dibahas mengenai refleksi diri dari pengalaman atas kegiatan magang. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa kemampuan pengoperasian Microsoft Excel dan pengetahuan dasar audit dalam menjalankan aktivitas magang sudah baik. Adapun hal yang belum berjalan baik, yaitu pengetahuan audit secara praktikal dan kemampuan berkomunikasi. Laporan magang ini juga membahas mengenai rencana tindak lanjut dari refleksi diri yang telah dilakukan.
This internship report discusses the evaluation of internal audit procedures on income with Sawyer's internal audit standards carried out by the Internal Audit Department of PT ABC to its subsidiary, namely PT XYZ for the period January 1 to September 30, 2021. PT XYZ is a company engaged in the tourism sector by managing hotels, villas, and tourism areas. There are three types of income at PT XYZ, namely Residential, Infrastructure, and Services. From January to September 2021, Service Revenues contributed about 90% of total revenue so that the revenue cycle discussed is centered on Service Revenues. The evaluation focused on the vouching procedure and drafting of the internal audit report. Vouching aims to collect and obtain audit evidence and the draft internal audit report aims to report audit results. Based on the evaluation that has been done, it is found that the internal audit procedures are in accordance with applicable standards. In addition, the internship report also discusses self-reflection from the experience of internship activities. The evaluation results concluded that the ability to operate Microsoft Excel and basic audit knowledge in carrying out internship activities was good. The things that have not gone well are practical audit knowledge and communication skills. This internship report also discusses the follow-up plan of the self-reflection that has been done."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library