Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90508 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmad
"Skripsi ini membahas proses layanan anak ditinjau dari sudut pandang pustakawan Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan, layanan, dan kendala yang terjadi pada proses layanan anak di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana sudah berjalan cukup lancar. Pustakawan telah melayani anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan visi dan misi perpustakaan yakni menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Namun menurut penulis masih dibutuhkan seorang staf yang memiliki kemampuan dan kompetensi secara khusus dalam melayani anak.

This objective of this research is to discuss about the process of childrens services that Yayasan Pustaka Kelana Library gives based on the librarian overview. The purpose of this study is to identify the opinion, services and the problem happens in the processed of children services at the Yayasan Pustaka Kelana Library. The research is a case study by using qualitative method. The data collection was taken by using participant observation, in-depth interviews and literature review. The results of this research shows that the implementation of children services in Yayasan Pustaka Kelana Library has been done fairly well. The librarians has served the children according to their needs well enough based on their library vision and mission, to gain the children's interest of reading at early age. However, the writer experienced that Yayasan Pustaka Kelana Library still requires a staff which has the good capability and competence in children serving."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mazarani Oktavia Myzar
"Penelitian ini membahas mengenai pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Program Cinta Membaca, dan mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana dalam menumbuhkan minat baca anak melalui Program Cinta Membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kategori peserta Program Cinta Membaca, proses Program Cinta Membaca, pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca, kendala pembinaan minat baca pada Program Cinta Membaca, manfaat Program Cinta Membaca dalam menumbuhkan minat baca, serta sikap gemar membaca melalui Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca mampu menumbuhkan minat baca anak melalui pembinaan minat baca dengan hadiah wisata yang menjadi motivasi eksternal anak.

This study discusses the fostering of reading interest through Program Cinta Membaca in Library of Yayasan Pustaka Kelana. The purpose of this study is to describe Program Cinta Membaca, and to know the obstacles experienced by the Library of Yayasan Pustaka Kelana in growing children 39 s reading interest through Program Cinta Membaca. This research is a qualitative research with case study method. Methods of data collection conducted by observation, interview and document studies.
The result of this research is describing the categories of participants in Program Cinta Membaca, process of Program Cinta Membaca, build interest in reading through Program Cinta Membaca, constraints in building reading interest on Program Cinta Membaca, responses of Program Cinta Membaca in growing children 39 s reading interest, and reading attitude through Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca is able to foster children 39 s reading interest through build interest in reading with educational tour prizes that become external motivation of children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Bian Alamanda
"Skripsi ini membahas mengenai seleksi bacaan anak yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan mengenai analisis seleksi bacaan anak yang terdiri dari komponen internal dan komponen eskternal buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses penyeleksian bacaan anak oleh pustakawan, penyeleksian yang dilakukan tidak berdasarkan kebijakan ataupun prosedur secara tertulis. Namun berdasarkan kebijakan lisan yang berasal dari kepala program di Perpustakaan Pustaka Kelana. Hal tersebut mengakibatkan kebijakan seleksi bacaan anak yang dilakukan di perpustakaan Pustaka Kelana berubah-ubah.

This undergraduate thesis discusses about the books selection analysis for children that was carried out by librarians in Pustaka Kelana Library. The purpose of this research is to describe about the books selection for children, covering internal components and external components. This type of research is called a qualitative research with case study method.
This result of this research shows that process the books selection for children by librarians is not using the policy or procedures writing guide. But, they were using the oral policy or procedures from head of the library programs in Pustaka Kelana Library. That rsquo s effect makes the policy about process the books selection for children in Pustaka Kelana Library is changeable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sumekar
"Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menangkap kebijakan menajemen dan aktivitas layanan anak di lima perpustakaan umum Kotamadya DKI Jakarta. Penelitian ini memberikan gambaran tentang 1) kondisi dan aktivitas layanan anak di 5 perpustakaan umum kotamadya DKI Jakarta saat ini, apakah sesuai dnegan standar IFLA dan Pedoman Perpustakaan Nasional RRI; 2) perkembangan dan aktivitas layanan anak di perpustakaan tersebut selama 5 tahun, 1990 s.d. 1994; 3) manajemen layanan anak; 4) hambatan dalam penyelenggaraan layanan anak di perpustakaan tersebut; 5) mengindentifikasi tingkat pengetahuan para pembuat keputusan di kelima perpustakan umum tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif, yakni mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan masalah penelitian, membandingkan persamaan dan perbedaan antar gejala yang ditemukan, Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan 1) Kondisi dan penyelenggaraan layanan anak di kelima perpustakaan umum Kotamadya DKI Jakarta saat ini kurang sesuai dengan standar IFLA dan Pedoman Perpustakaan Nasional RI; 2) Perkembangan layanan anak dari tahun 1990 s.d 1994 kurang berkembang, bila dikaitkan dengan pemanfaatannya dapat disimpulkan bahwa layanan anak kurang dimanfaatkan; 3) Kebijakan manajemen yang dilakukan kelima perpustakaan tersebut kurang tepat, dan tidak ditemukan konsep pemikiran responden untuk meningkatkan layanan anak; 4) secara umum hambatan yang menjadi Kendala dalam pengembangan layanan anak di kelima perpustakaan adalah faktor anggaran, SDM, dan teknik perencanaan yang statis; 5) Tingkat pengetahuan responden tentang layanan anak masih perlu ditingkatkan.
Hasil penelitian ini dikemukakan suatu konsep yang digambarkan melalui model sistem pembinaan layanan anak yang terpadu untuk tujuan meningkatkan minat baca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Kurniawati
"Sebagai bagian dari masyarakat suatu bangsa, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, pilar utama yang melanjutkan pembangunan suatu bangsa. Anak-anak harus mempunyai bekal pendidikan yang cukup agar tumbuh menjadi orang dewasa yang arif dan bijaksana serta berguna bagi bangsa. Oleh karena itu sejak dini anak harus sudah diberi pengenalan akan bahan bacaan yang dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas, sebagai salah satu sarana yang paling utama bahan bacaan merupakan sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan dan sarana rekreasi. Perpustakaan umum merupakan sarana untuk mendapatkan bahan bacaan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat secara cuma-cuma.
Layanan anak sebagai salah satu perangkat penting penunjang visi dan misi perpustakaan umum maka layanan anak harus dijalankan secara profesional sehingga menjadi layanan anak yang berkualitas baik. Layanan anak yang berkualitas baik pada perpustakaan umum akan menjadi sebuah sarana yang efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah:
a. Mengetahui pelaksanaan layanan anak di KPAK-JP dilihat dari koleksi, sasaran pengguna, pustakawan anak, ruangan dan perabot, kegiatan layanan anak serta jaringan kerjasama dengan institusi lain
b. Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan layanan anak di KPAK-JP
Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan analisis dokumen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S226
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alfian Dwi Santosa
"Skripsi ini membahas kegiatan membacakan cerita yang dilakukan oleh Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana di SDN 07 Jatinegara Kaum dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses persiapan hingga evaluasi serta pengaruh dari kegiatan membacakan cerita oleh pihak Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses kegiatan membacakan cerita oleh pendongeng yayasan pustaka kelana dilakukan sebagai program dan membatasi ruang gerak kreativitas pendongeng. Yayasan Pustaka Kelana perlu melakukan evaluasi agar kegiatan membacakan cerita lebih menarik.

This undergraduate thesis discusses about storytelling activity that was carried out by a storyteller of Library of Yayasan Pustaka Kelana at SDN 07 Jatinegara Kaum in an effort to increase children?s reading interest. The purpose of this research is to describe a process of preparation until the evaluation and the influence of the activity storytelling by Yayasan Pustaka Kelana. This type of research is called a qualitative research with a case study method. The result of this research shows that the process of storytelling by Yayasan Pustaka Kelana depends on the program and the policy of the Yayasan Pustaka Kelana. Therefore, this program needs to be evaluated more interesting storytelling activity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pipit Kesumawardani
"Skripsi ini membahas persepsi siswa sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Sampel yang diambil sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa adalah positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi positif terhadap jadwal dan durasi layanan, koleksi, petugas serta fasilitas Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana.

This thesis discussed about the perception of elementary school students towards Pustaka Kelana Mobile Library service whether positive or negative. This research is descriptive quantitative research design. Samples are taken as many as 102 students. Sampling technique is accidental sampling. The results showed that the perception of students is positive about the library service. This can be seen from the positive perception of the schedule and duration of service, collection, personnel and facilities Pustaka Kelana Mobile Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43084
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rindy Priyanka Estri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McColvin, Lionel R.
New York: UNESCO , 1986
027.625 MCC p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Hermawan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi
bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di Yayasan Kasih
Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam
menjalani pengobatannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
studi kasus. Dalam prosesnya, dilakukan analisis koleksi dengan pendekatan
pengguna dan penggunaan diukur melalui persepsi pengguna, observasi pengguna
dan pengujian atas manfaat koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi
anak yang disediakan YKAKI melalui program Sekolah-Ku didasarkan pada visi
dan misi program, perkembangan anak, pendidikan dan biblioterapi yang
diberikan melalui story telling bagi anak usia 0-6 tahun. Koleksi yang digunakan
yaitu 9,2% dari total koleksi. Namun, dalam proses pemanfaatan terdapat kendala
yaitu bahan bacaan yang dikenal masih perlu ditambah dan ditingkatkan kualitas,
menyesuaikan bahan bacaan dengan kondisi anak dan administrasi kegiatan
biblioterapi. Untuk itu, diperlukan perhatian agar membuat kebijakan
pengembangan koleksi dan ketersedian koleksi, meningkatkan pengetahuan SDM
guru/konselor mengenai manajemen koleksi anak dan laporan statistik
pemanfaatan koleksi.

ABSTRACT
This research describes about usage of child’s collection for bibliotherapy to
children with cancer in healing treatment at YKAKI. The Research conducted to
analyze the usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer in
healing treatment. The type of this research is “qualitative” by “case studying”
method. The useful of collections analysis by user and using approach and the
useful was measuredby the perception of user, user’s obsevation and the test of
The usage of collection. The result of this research shows of the child’s collection
was provided YKAKI through “Program Sekolah-Ku” based on vision and mision
program, children development, education grade and biblioteraphy has been given
through story telling for children age 0-6 years. The collection was adopted
approx 9,2% from the number of collections. The obstacle was discovered of the
usage process are the reading materies was known still need enhance and advance
the quality, adapting the reading materies to child’s condition and the
administrative of biblioteraphy activity. Based on fact was discovered during the
research, it necessary to make the policy of collection development and providing
the collection, advance the human resources knowledge (teachers or concelors)
relate to the management of children’s collection and statistic report of the
collection usage."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>