Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174701 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Lenita
"Tesis ini membahas tentang faktor - faktor yang menyebabkan waktu tunggu layanan Laboratorium RSUD Cengkareng tidak mencapai target dengan menggunakan konsep lean. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan kualitatif melalui observasi dan telaah dokumen, kemudian dilanjutkan dengan wawancara mendalam kepada informan. Hasil penelitian digambarkan dalam current state VSM menunjukkan bahwa 19% total waktu layanan merupakan waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan value added sedangkan 81% total waktu layanan merupakan waktu yang digunakan untuk kegiatan non value added (waste). Penelitian ini menyarankan pelaksanaan kegiatan 5S, visual mangement di laboratorium dan perencanaan pengadaan sistem yang terintegrasi serta pemanfaatan pneumatic tube.

This thesis discusses the factors that led to the waiting time Cengkareng Hospital Laboratory services do not reach the target by using lean concepts. This research is an analytical qualitative approach through the observation and study of the document, followed by in-depth interview to the informant. The results of the study are described in the current state VSM showed that 19% of the total service time is the time required for value added activities, while 81% of the total service time is the time spent on non-value added activities (waste). This study suggests the implementation of 5S, visual mangement in the laboratory , procurement planning of the integrated system and utilization of pneumatic tube."
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T53665
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supinah
"Penelitian ini menganalisis alur proses pelayanan pasien poliklinik spesialis penyakit dalam rawat jalan di RSUD Kota Bogor tahun 2016 dengan konsep lean hospital. Hasil penelitian ini value added activity sebesar 3,7 % dan non value added sebesar 96,3 % hal ini menunjukkan tingginya pemborosan. Dari analisis melalui diagram tulang ikan dan 5 Why didapatkan hambatan : lamanya menunggu di pendaftaran, keterlambatan rekam medik, hambatan pada kedisiplinan dokter, serta hambatan pada lamanya mengambil obat. Melalui design usulan perbaikan terjadi peningkatan kegiatan yang mempunyai nilai tambah bagi pasien dari 3,7 % menjadi 38,4 % dan penurunan kegiatan yang tidak mempunyai nilai tambah dari 96,3 % menjadi 61,6 %.

A study was conducted to analyze the process flow of patient internist specialist policlinic outpatient services in the Public Hospitals Bogor 2016 by concept of lean. The research showed value added activity by 3.7%, and non value added activity by 96.3% showed a high waste. Fishbone diagram and 5 why analysis obtained obstacles : the long wait at registration, medical records delays, discipline doctors, as well as constraints on the length of taking the drug. Through design improvements proposed was expected to increase value added activity from 3,7 % to 38,4 % and decline non value added activity from 96,3 % to 61,6 %."
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Riza`i
"Instalasi Gawat Darurat IGD adalah gerbang utama masuknya pasien gawat darurat,sehingga dibutuhkan pelayanan yang cepat, tepat, cermat dan alur proses yang lancardan bebas hambatan. Yang menjadi hambatan pelayanan pasien IGD adalah adanyabottleneck proses mulai dari pasien datang sampai dengan pasien keluar sehinggaberdampak pada turn arround time TAT melebihi dari standar yang dtetapkan olehrumah sakit yaitu le; 8 jam.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis alurproses pelayanan pasien gawat darurat dengan menggunakan lean six sigma tools.Desain penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan metode observational actionprocess research dan kerangka acuan DMAI Define, Measure, Analyse, Improve .Pengambilan data dengan observasi alur proses pelayanan pasien, telaah dokumen danwawancara mendalam di Instalasi Gawat Darurat RSUP Nasional Dr. CiptoMangunkusumo.
Hasil penelitian dari 369 pasien terdapat 166 44.98 memilikiTAT > 8 jam dengan rata ndash; rata waktu pelayanan pada saat datang 5.30 menit, triage4.09 menit, registrasi 7.10 menit, evaluasi dan tatalaksana awal 60.10 menit, zonapelayanan 535.14 menit, permintaan obat ke satelit farmasi 34 menit, pemeriksaanlaboratorium 66.47 menit, pemeriksaan radiologi 98 menit, dan pasien pulang 20.24menit, rawat 50.30 menit, rujuk 110 menit dan meninggal 72.50 menit. Persentase NonValue Added 59 dan perhitungan Six Sigma berada di level sigma 3 yangmemungkinkan terdapat 66.807 melebihi TAT dari 1 juta kesempatan.
Hasil analis fishbone menunjukkan adanya bottelneck di setiap proses terutama di zona pelayanandengan penyebab yaitu menunggu diperiksa, menunggu hasil pemeriksaan penunjang,menunggu alat, obat dan alat kesehatan, menunggu disposisi, menunggu discharge danmenunggu ruang rawat.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa alur proses pelayananpasien IGD tergolong un-lean dan berada di level sigma 3 sehingga diperlukan upayaperbaikan terus menerus Kaizen dengan desain ulang pelayanan mulai dari pro aktiftriage, mengaktifkan zona hijau, advanced patient tracking, ruang intermediate warduntuk pasien boarding dan layanan ambulans melalui anggota tim gerak Lean SixSigma.

Emergency Room ER is the main gate of emergency patients that required a fast,precise, and careful service. One of challenges in ER is bottleneck process start frompatients arrived until patients discharged. This may cause to the Turn Around Time TAT exceeds the standard of 8 hours.
This research aimed to analyse the flowprocess of patient's care in ER using Lean Six Sigma Tools. Design used in this studyis qualitative analysis by method of observational action process research andreference of DMAI Define, Measure, Analyze, and Improve. Data were collected byobservation to process of patient's care, document review and in depth interview inER of National Referral Hospital of Dr. Cipto Mangunkusumo.
Results of this study,166 44,98 from 369 patients have TAT 8 hours with average service time patients arrived 5.30 minutes, triage 4.09 minutes, registration 7.10 minutes,evaluation and initial treatment 60.10 minutes, service zone 535.14 minutes, takingmedicines to pharmacy 34 minutes, laboratory check 66.47 minutes, radiologyexamination 98 minutes, patients discharge 20.24 minutes, to be admission 50.30minutes, refer to another hospital 110 minutes, death 72.50 minutes. Percentage ofNon Value Added is 59 and calculation of Six Sigma is in Level Sigma 3 thatallows there to be 66,807 over TAT of 1 million occasions.
Fishbone analysis shows that there is bottleneck in each process, especially in service zone with varietiescauses of waiting to be checked assessed, waiting for laboratory check or radiologyexamination, waiting for medicines and medical devices, waiting for disposition,waiting to be discharged and waiting for admission.
This study concludes that theflow processes of patient's care in ER is classified as un lean and stand in level sigma3. Therefore it is required continuous improvement Kaizen by re design of servicesstart from pro active triage, green zone activation, advanced patient tracking, intermediate ward for boarding patients and ambulance service through Lean SixSigma team.Keyword Flow Process, Emergency Room, Lean Six Sigma.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T49469
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yenny Nariswari Harumansyah
"Penelitian ini menganalisis pemulangan pasien rawat inap. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lama waktu yang dibutuhkan dalam rangkaian proses pemulangan pasien serta mengidentifikasi kendala dan hambatan yang terjadi pada tiap tahapannya. Penelitian ini dilihat dari aspek input, proses, output. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Seluruh data yang ada dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi secara langsung, wawancara mendalam serta telaah dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pemulangan pasien rawat inap adalah 159 menit (>2jam). hal ini melebihi standar waktu yang ditetapkan yaitu 120 menit. Proses terlama terdapat pada tahapan penerbitan slip tagihan oleh penata rekening kepada keluarga pasien. Proses penyelesaian administrasi pasien rawat inap dipengaruhi oleh SDM, SOP, sarana, kebijakan yang berlaku di rumah sakit. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk proses pemulangan pasien rawat inap masih termasuk kategori lama yaitu > 2 jam.

This study analyzed about discharge process for home-hospitalized patient. This study is conducted to find the time rates of discharge process cycle and obstacles in every step. This study also describe the process from different perspective such as input, process and output. Type of the study is qualitative study. Data of the study were collected from direct observation, in-depth interview, document analysis.
The result of this study shows that the average time rate of discharge process of homehospitalized patient was 159 minutes (>2 hours). This result is longer than the standard discharge time (120 minutes). This result was influenced by many factors, such as human resources, standard operational procedure, infrastructure, policy of the hospital. In inclusion, time rate for discharge process of home-hospitalized patient is still categorized as long-awaited time which is more than 2 hours.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T45770
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Wirjanto
"Lean adalah upaya terus menerus untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk, baik barang ataupun jasa kepada pelanggan. Penelitian ini menganalisis alur proses pelayanan resep dan mendesain usulan perbaikannya dengan mengaplikasikan lean thinking. Dengan desain penelitian operational research, dilakukan observasi, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan kegiatan non value added 64% dan value added 36%. Data tersebut menunjukkan telah terjadi pemborosan (waste). Simulasi usulan perbaikan dilakukan untuk meminimalkan pemborosan dan terbukti ada peningkatan value added yang menunjukkan ada efisiensi pelayanan.

Lean is a continuous effort to eliminate waste and increase the value added of product, whether goods or services to customers. This study analyzes the service process flow of prescription and designing the proposed improvement by applying lean thinking. With the design of operational research studies, observations, in-depth interviews and review documents. The results showed non-value added activities 64% and 36% value added. The data shows there has been a waste. Simulation of the proposed improvements were made to minimize waste and proved there was an increase in the value added showed efficiency."
Lengkap +
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Relia Sari
"[ABSTRAK
Langkah awal memperbaiki mutu dan meningkatkan pelayanan laboratorium RS.
Masmitra adalah melalui metode Lean yang bertujuan meciptakan value dengan
cara mengurangi kesalahan dan waktu tunggu
Penelitian analitik dengan metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara
dan telaah data bertujuan menganalisis alur proses pelayanan laboratorium pasien
UGD RS. Masmitra dan membuat usulan rancangan perbaikan setelah
menerapkan konsep Lean Thinking
Pada Current State Value Stream Map didapati 39% kegiatan non value-added
serta 7 jenis waste dalam proses pelayanan laboratorium pasien UGD serta
melalui penerapan Lean Tools diciptakan ide-ide perbaikan dalam bentuk Future
State Value Stream Map dimana hanya terdapat 9% kegiatan non value-added
pada proses tersebut. Oleh karena itu, penerapan konsep lean thinking sangatlah
tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium RS.Masmitra.

ABSTRACT
Initial steps to improve the quality and enhance the hospital laboratory service at
Masmitra Hospital is through Lean methods which aimed then to create value by
reducing errors and waiting time.
Analytical Study with qualitative methods by taking observation, interviews and
documents analysis which aims to analyze the process flow of the ED patient
laboratory service at Masmitra Hospital and creating the improvement after
applying the concept of Lean Thinking
On the Current State Value Stream Map found 39 % of non value-added activities
as well as 7 different types of waste in the process of ER patients and laboratory
services through the application of Lean Tools which has created improvement
ideas in the form of Future State Value Stream Map where there are only 9 % of
non value- added activities to the process. Therefore , the application of the
concept of lean thinking is appropriate to improve the quality of laboratory
services at Masmitra Hospital.;Initial steps to improve the quality and enhance the hospital laboratory service at
Masmitra Hospital is through Lean methods which aimed then to create value by
reducing errors and waiting time.
Analytical Study with qualitative methods by taking observation, interviews and
documents analysis which aims to analyze the process flow of the ED patient
laboratory service at Masmitra Hospital and creating the improvement after
applying the concept of Lean Thinking
On the Current State Value Stream Map found 39 % of non value-added activities
as well as 7 different types of waste in the process of ER patients and laboratory
services through the application of Lean Tools which has created improvement
ideas in the form of Future State Value Stream Map where there are only 9 % of
non value- added activities to the process. Therefore , the application of the
concept of lean thinking is appropriate to improve the quality of laboratory
services at Masmitra Hospital., Initial steps to improve the quality and enhance the hospital laboratory service at
Masmitra Hospital is through Lean methods which aimed then to create value by
reducing errors and waiting time.
Analytical Study with qualitative methods by taking observation, interviews and
documents analysis which aims to analyze the process flow of the ED patient
laboratory service at Masmitra Hospital and creating the improvement after
applying the concept of Lean Thinking
On the Current State Value Stream Map found 39 % of non value-added activities
as well as 7 different types of waste in the process of ER patients and laboratory
services through the application of Lean Tools which has created improvement
ideas in the form of Future State Value Stream Map where there are only 9 % of
non value- added activities to the process. Therefore , the application of the
concept of lean thinking is appropriate to improve the quality of laboratory
services at Masmitra Hospital.]"
Lengkap +
2015
T42942
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Darmawati
"[ABSTRAK
Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummi (RSIA Ummi) memiliki pelayanan unggulan pada poliklinik kandungan. Jumlah kunjungan pada poliklinik kandungan RSIA Ummi terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah pasien menyebabkan waktu tunggu pelayanan menjadi semakin lama, ditambah alur proses pelayanan yang kompleks menimbulkan kebingungan pada pasien. Penelitian ini menganalisis pelayanan poliklinik kandungan di Instalasi Rawat Jalan RSIA Ummi dengan Konsep Lean Thinking. Dengan menggunakan metode Lean Thinking memperlihatkan adanya non value added activity sebesar 86% dan value added activity sebesar 14%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat cukup banyak waste (pemborosan). Selain itu dari analisis fishbone diagram menunjukkan delapan akar masalah. Usulan ide perbaikan dibagi menjadi 3 tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, yang di dalamnya terdapat juga ide perbaikan untuk mengurangi waste (pemborosan) dan membuat aliran proses menjadi lebih efektif dan efisien.
ABSTRACT
Mother and Child Hospital (RSIA) Ummi has a superior service at the obstetric and Gynecology polyclinic. The visitation number of the obstetric and Gynecology polyclinic in RSIA Ummi keep increasing every year. The increasing number of patients makes the waiting time services become longer. Beside that, the complex service flowchart causes confusion for patients. This research analyzes the content of polyclinic service at the Outpatient Installation RSIA Ummi with Lean Thinking Concept. By using Lean Thinking showed non-value added activity by 86% and value added activity by 14%. This shows that there are quite a lot of wastes. Addition of fishbone diagram analysis showed that there are eight roots of the problem. The writer proposed ideas for improvement that are divided into three stages, namely short term, medium term and long term, in which there is also the idea to reduce waste and to make the service flowchart becomes more effective and efficient.;Mother and Child Hospital (RSIA) Ummi has a superior service at the obstetric and Gynecology polyclinic. The visitation number of the obstetric and Gynecology polyclinic in RSIA Ummi keep increasing every year. The increasing number of patients makes the waiting time services become longer. Beside that, the complex service flowchart causes confusion for patients. This research analyzes the content of polyclinic service at the Outpatient Installation RSIA Ummi with Lean Thinking Concept. By using Lean Thinking showed non-value added activity by 86% and value added activity by 14%. This shows that there are quite a lot of wastes. Addition of fishbone diagram analysis showed that there are eight roots of the problem. The writer proposed ideas for improvement that are divided into three stages, namely short term, medium term and long term, in which there is also the idea to reduce waste and to make the service flowchart becomes more effective and efficient., Mother and Child Hospital (RSIA) Ummi has a superior service at the obstetric and Gynecology polyclinic. The visitation number of the obstetric and Gynecology polyclinic in RSIA Ummi keep increasing every year. The increasing number of patients makes the waiting time services become longer. Beside that, the complex service flowchart causes confusion for patients. This research analyzes the content of polyclinic service at the Outpatient Installation RSIA Ummi with Lean Thinking Concept. By using Lean Thinking showed non-value added activity by 86% and value added activity by 14%. This shows that there are quite a lot of wastes. Addition of fishbone diagram analysis showed that there are eight roots of the problem. The writer proposed ideas for improvement that are divided into three stages, namely short term, medium term and long term, in which there is also the idea to reduce waste and to make the service flowchart becomes more effective and efficient.]"
Lengkap +
Universitas Indonesia, 2016
S62284
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Ayu Lestari
"Adanya pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 menyebabkan permintaan produksi obat meningkat, hal ini juga dirasakan oleh PT. XYZ yang merupakan sebuah industri farmasi multinasional yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Adanya kenaikan produksi obat ini berimbas pada kenaikan jumlah sampel bahan baku yang diterima oleh laboratorium Quality Control PT. XYZ hingga 14,6%. Kenaikan jumlah sampel ini tidak diimbangi dengan kenaikan personil laboratorium divisi analisis bahan baku. Untuk itu, dianggap perlu untuk menerapkan prinsip lean agar didapatkan proses analisis bahan baku yang efisien secara waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan lean operations di laboratorium Quality Control divisi analisis bahan baku PT. XYZ menggunakan metode value stream mapping, mengidentifikasi aktivitas yang memberikan value dan tidak memberikan value pada proses analisis bahan baku dengan metode war of waste, dan menghitung efisiensi waktu dan biaya dari perbaikan proses yang didapat dari kedua metode tersebut. Efisiensi dari penerapan lean operations ini diukur dengan adanya penurunan throughput time analisis sebelum dan sesudah penerapan lean operations. Adanya penurunan throughput time tersebut kemudian akan dikonversi ke efisiensi biaya labor analis bahan baku. Hasil dari value stream mapping menunjukkan penurunan throughput time analisis sebesar 42,7% untuk enam parameter analis yang paling sering dilakukan di laboratorium. Selain itu didapatkan total efisiensi biaya labor analis bahan baku sebesar Rp 84.401.977. Adanya hasil ini membuktikan bahwa lean operations juga penting untuk diimplementasikan di laboratorium agar dapat membantu industri farmasi untuk menghasilkan produk obat yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

COVID-19 pandemic in early 2020 has had an impact in demand increase for drug production on pharmaceutical industries. The mentioned condition is also experienced by PT. XYZ, a multinational pharmaceutical industry located in Depok, West Java. This increase in drug production has an impact on increasing the number of raw material samples received by Quality Control laboratory of PT. XYZ up to 14.6%. Unfortunately, the increase in the number of raw material samples was not followed by an increase in the number of laboratory personnel. Thus, it is necessary to apply lean principles to obtain time and cost efficiency in raw material analysis process. This study aims to analyze the application of lean operations in raw material analysis division of Quality Control laboratory using value stream mapping method, identify added value or non-added value activities of raw material analysis process using war of waste method, and calculate time and cost efficiency of process improvements obtained from both mehods. Efficiency is measured by reducing the throughput time for raw material analysis after lean operations implementation. The throughput time reduction then converted into efficiency of labor cost. The analysis result is laboratory significantly reduces 42,7% of throughput time for top 6 parameter analysis of raw material. In addition, it reduces the cost of labor by IDR 84.401.977. These results show us the importance of implementing lean operations in laboratory to support pharmaceutical industries in producing quality and affordable drug product."
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"RSUD Cengkareng sebagai rumah sakit umum daerah milik pemerintah daerah diperuntukan untuk melayani kesehatan masyarakat secara luas. Karena itu sebagian besar pasien yang datang adalah masyarakat dari golongan menengah ke bawah, Dengan kondisi demikian maka dapat diperkirakan volume pasien yang datang akan tinggi Karena itu kecepatan pelayanan menjadi tuntutan dalam menjalankan rumah sakit ini. Segmentasi masyarakat menengah ke bawah menyebabkan kebutuhan untuk kelas 3 rawat inap menjadi tinggi. Karena itu pada rumah sakit ini kapasitas kelas 3 menjadi terbesar dan penanganan kecepatan pelayanan terfokus. untuk kelas ini mengingat jumlah pasien yang besar. Permasaiahan yang timbul dalam pelayanan rawat inap tersebut adalah lamanya proses masuk rawat inap dikarenakan tidak diketahuinya secara cepat jumlah tempat yang tersedia. tidak adanya sistem antrian reservasi. dan juga proses keluarya billing pasien saat akan keluar yang membutuhkan waktu lama. Masalah tersebut dapat diatasi dengan merancang dasar sistem inforrnasi untuk proses rawat inap dengan berbasiskan jaringan komputer. Pcrancangan ini meliputi pembuatan rancangan proses dan model data. Dalam penglolahan data juga dilakukan penentuan fungsional SDM rawat inap dan perancangan penunjang proses rawat inap yang meliputi dokumen rawat inap, penomoran tempat tidur, job description, pewarnaan rekam medis rawat inap, untuk mendukung proses yang telah dirancang"
Lengkap +
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Sari Purbandini
"ABSTRAK
Demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Pilihan terapi demam tifoid yang bisa digunakan antara lain adalah antibiotik seftriakson, siprofloksasin, dan sefoperazon. Evaluasi penggunaan obat tersebut tidak hanya dilihat secara klinis, tapi juga secara farmakoekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas-biaya seftriakson dan non-seftriakson dalam pengobatan demam tifoid. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis efektivitas-biaya AEB . Data diambil secara retrospektif dan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dengan melihat catatan rekam medik dan sistem informasi rumah sakit. Pasien yang menjadi sampel penelitian adalah pasien murni demam tifoid dan menggunakan antibiotik seftriakson atau non-seftriakson pada tahun 2016 di RSUD Cengkareng. Sampel yang dilibatkan dalam analisis sebanyak 15 pasien, yaitu 10 pasien kelompok seftriakson dan 5 pasien kelompok non-seftriakson. Efektivitas pengobatan diukur dalam efektivitas persentase pasien dengan lama hari rawat kurang dari sama dengan 5 hari . Biaya didapatkan dari median total biaya pengobatan, meliputi biaya obat, biaya alat kesehatan, biaya obat lain, biaya cek laboratorium, biaya tindakan, biaya jasa dokter, serta biaya kamar rawat. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas seftriakson 66,67 lebih besar dibandingkan efektivitas non-seftriakson 33,33 . Total biaya pengobatan seftriakson lebih rendah Rp 1.929.355,00 dibandingkan non-seftriakson Rp 2.787.003,00 . Nilai rasio efektivitas-biaya REB seftriakson lebih rendah Rp 28.938,88/ efektivitas dibandingkan non-seftriakson Rp 83.618,45/ efektivitas . Hasil akhir menunjukkan bahwa seftriakson lebih cost-effective dibandingkan non-seftriakson.

ABSTRAK
Typhoid fever is caused by bacterial infection Salmonella typhi or Salmonella paratyphi. Typhoid fever treatment which can be used such as ceftriaxone, ciprofloxacin, and cefoperazone. The evaluation of drugs not only seen by clinical aspect but also from economic aspect. The study aimed to evaluate the cost effectiveness of ceftriaxone and non ceftriaxone for typhoid fever patients. Cost effectiveness analysis CEA was chosen to be the method of this study. Data were taken retrospectively and sampling was done using total sampling based on medical records and hospital information systems. Patients who become the samples are patients diagnosed typhoid fever only and use ceftriaxone or non ceftriaxone as the antibiotics. The number of samples were 15 patients, which included 10 patients used ceftriaxone and 5 patients used non ceftriaxone. The effectiveness is measured by effectiveness percentage of LOS less than or equal to 5 days . The cost is median of total cost, summed from the cost of drug, other drugs, medical devices, laboratory tests, physician, healthcare services, and hospitalization. Based on result study, the effectiveness of ceftriaxone 66.67 is greater than non ceftriaxone 33.33 . Total cost of ceftriaxone Rp 1,929,355.00 is less expensive than non ceftriaxone Rp 2,787,003.00 . Average cost effectiveness ratio ACER of ceftriaxone Rp 28,938.88 effectiveness is lower than non ceftriaxone Rp 83,618.45 effectiveness . The final result showed that ceftriaxone is more cost effective than non ceftriaxone. "
Lengkap +
2017
S69258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>