Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29158 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Condro Kartiko
"ABSTRAK
Setiap pengguna menginginkan aplikasi web yang berkualitas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pimpinan perusahaan dan tim pengembang perangkat lunak, pada PT XYZ belum memiliki acuan baku evaluasi kualitas dari aplikasi web yang dimiliki. Oleh karena itu, PT XYZ juga belum dapat menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web. Berdasarkan fakta tersebut terjadi gap antara ekspektasi pimpinan untuk memenuhi keinginan pengguna yang menginginkan produk aplikasi web berkualitas dengan belum adanya acuan baku dan kegiatan evaluasi aplikasi web pada PT XYZ. Evaluasi kualitas aplikasi web dilakukan untuk menilai tingkat capaian kualitas sebuah aplikasi web.
Evaluasi ini berfokus pada empat karakteristik yaitu usability, functionality, reliability, dan efficiency. Metode evaluasi kualitas aplikasi web ini menggunakan Web Quality Evaluation Method (WebQEM) karena bersifat obyektif. Hasil akhir dari analisis ini adalah rekomendasi strategi evaluasi kualitas produk perangkat lunak yang berguna untuk melakukan evaluasi kualitas dari aplikasi web serta dapat menjamin kualitas aplikasi web pada PT XYZ. Rekomendasi strategi yang berfokus pada empat karakteristik tersebut sudah dijalankan. Evaluasi pertama dilakukan pada empat karakteristik dan diberikan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan pada semua karakteristik untuk meningkatkan kualitas aplikasi web. Iterasi evaluasi dilakukan kembali pada empat karakteristik tersebut. Hasil yang diperoleh berdasarkan iterasi evaluasi yang dilakukan bahwa aplikasi web tersebut memperoleh peningkatan kualitas pada tiga karakteristik yaitu usability, functionality, dan efficiency.

ABSTRACT
Every user expects the qualified web application. Based on the observation results and interview with the company leader and software developer team of PT XYZ, the firm does not have the standardized reference of evaluation of the web application used. Therefore, the firm can not assess the quality of the web application. This condition leads to the discrepancy between the expectations of the board of directors to meet the expectations of users to get the qualified web applications due to unavailability of standardized reference to evaluate the web. The evaluation is considered essentials to assess the level of quality of the web application.
The evaluation is mainly focused on four characteristics. They are usability, functionality, reliability and efficiency. The evaluation method of web application uses the Web Quality Evaluation Method (WebQEM) for the objectivity nature of the method. The final results of the analysis are in the form of strategic recommendations of software quality evaluation which are useful to evaluate the quality of the web application, and also to assure the quality of the web application of PT XYZ. The strategic recommendations of these four characteristics have been implemented. The first evaluation had been done to these four characteristics and resulted on recommendations to make adjustment and improvements in all characteristics to enhance the quality of web application. The frequent evaluation was conducted as well. It found that the web application has developed the quality in three characteristics, they are usability, functionality and efficiency."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Darmawan Baginda
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas website Universitas XYZ dengan pendekatan WebQual. WebQual adalah sebuah pendekatan pengukuran kualitas website melalui persepsi pengguna berdasarkan tiga dimensi yaitu usability, information quality dan services interaction quality. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas XYZ dimana jumlah sampel diambil sebanyak 216 responden secara purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner berbasis WebQual 4.0 yang dianalisis dengan IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang merupakan gap antara kepentingan dan kinerja. Hasil uji validitas dan reliabilitasmenunjukkan keseluruhan item kuesioner valid dan reliabel karena telah memenuhi persyaratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 item yang dianalisis dengan metode IPA dikelompokkan ke dalam kuadran I (3 item), kuadran II (9 item), kuadran III (7 item) dan kuadran IV (3 item). Item yang dianggap penting dan perlu segera ditingkatkan terletak pada kuadran I yaitu kemudahan berkomunikasi melalui web, ketersediaan informasi yang cukup detail serta rasa aman dalam menyampaikan data pribadi. Hasil analisis korelasi ganda juga menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel independen dan dependen dalam penelitian ini."
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika , 2016
302 BPT 14:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Rianhar Adri Latief
"Perkembangan teknologi website telah berkembang pesat di setiap sektor manapun. Media website dalam setiap organisasi digunakan sebagai profiling sekaligus media informasi dari organisasi tersebut. Media website merupakan sarana penyebaran informasi efektif bagi pihak sektor publik/pemerintah dan swasta karena media website ini dapat diakses kapan dan dimanapun. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) adalah unit eselon 1 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memanfaatkan teknologi website untuk salah satu penerapan layanan e-government. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan kajian evaluasi kualitas website Ditjen SDA dengan mengintegrasikan dua model pengukuran kualitas website (WebQual 4.0 dan e-GovQual).
Penelitian ini berhasil mensintesis dua model pengukuran kualitas website yang kemudian digunakan dalam instrumen survei pengukuran tingkat kualitas website Ditjen SDA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei kepada para pengguna website Ditjen SDA melalui media survei cetak dan media survei on-line. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 199 data valid. Setelah data survei terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) dengan menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa information quality, reliability, usability, citizen support, dan trust yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas website Ditjen SDA. Dimensi yang memiliki pengaruh terbesar adalah information quality dan reliability. Selanjutnya disusun rekomendasi untuk tiap dimensi yang bertujuan meningkatkan kualitas website.

The development of website technology has developed rapidly in every sector anywhere. On-line media such as website in any organization has been used as well as profiling media from the organization. Website is an effective media for disseminating information to the public/government sector and the private sector and also this website media can be accessed anytime and anywhere. Directorate General of Water Resources (DG-WR) is one of echelon units in the Ministry of Public Works and Housing People which uses website technology as an implementation of e-government services. This study aimed to conduct a study evaluating the quality of the website DG-WR by integrating the two models of quality measurement for website (WebQual 4.0 and e-GovQual).
This study succeeded in synthesizing two models measuring the quality of a website which is then used in the survey instrument for measuring the quality level DG-WR website. Collecting data in this study using surveys of the users of the website DG-WR through printed media and online surveys. From the data obtained questionnaires that were collected as many as 199 data is valid. Once the survey data collected then it is analyzed using SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) using software Lisrel 8.7. The result of this study indicates that information quality, reliability, usability, citizen support, and trust have both significant and positive effect on the quality of the website DG-WR. Two dimensions have the greatest influence are information quality and reliability. Next step is to arrange recommendations on each dimension aimed at improving the quality of the website.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Paramita Putri
"Penggunaan internet membuat aliran informasi semakin mudah, menjadikan e-Commerce sebagai potensial tren yang akan terus berkembang. Fenomena e-Commerce terjadi juga pada industri penerbangan, dimana perusahaan-perusahaan penerbangan mencoba mengubah transaksi tradisional menjadi transaksi online. Penelitian bertujuan untuk memperoleh variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pelayanan website Garuda Indonesia yang diperoleh melalui evaluasi ergonomis terhadap website Garuda Indonesia, kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas website Garuda Indonesia dengan memberikan rekomendasi. Terdapat 28 variabel yang akan dievaluasi berdasarkan AWAI (Airline Website Assesment Index). Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuesioner dan eye-tracking. Hasil kuesioner dengan menggunakan analisis menunjukkan ada delapan variabel penting yang perlu ditingkatkan dan hasil eye-tracker menunjukkan bahwa variabel dengan durasi fiksasi tinggi merupakan variabel penting yang perlu diperhatikan pengembang website.

Internet usage nowadays made information relatively easily transferable, this situation could open space for e-commerce to continue, grow and develop. The e-commerce development is also happening in the Airline industry. Airline industries made alternative ways to develop the traditional transaction into online transaction through their website. This research are meant to investigate important variables that can affect Garuda Indonesia’s service by the usage of ergonomic website evaluation, this evaluation is expected to improve Garuda Indonesia's website quality. An amount of 28 variables were evaluated according to AWAI (Airline Website Assessment Index). 8 factors were derived from Analysis Factor-Questionnaire method. 28 ranked variables were determined and should be an attention to Garuda Indonesia’s website developer, variables derived from the eye-tracking method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46821
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Ramadhani
"Kompleksitas proses pengadaan dalam aplikasi e-procurement diperlukan performa yang menunjang untuk meningkatkan daya saing. Aplikasi e-procurement berbasis web yang dikembangkan pada sebuah perusahaan, akan menghasilkan data log yang terus bertambah, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal. Metode web log mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential pattern dengan framework PrefixSpan kemudian dilakukan penghitungan waktu rata-rata yang dihabiskan pada sebuah halaman sesuai sequence pattern yang terbentuk. Hasil pengolahan dan analisis menunjukkan bahwa pengembangan sistem evaluasi tersebut menghasilkan pola urutan yang kemudian digunakan untuk mengetahui urutan akses dan waktu akses antar sequence sebagai bahan analisis untuk melakukan perbaikan atau peningkatan produk. Evaluasi yang dihasilkan adalah indikasi perlunya dilakukan peninjauan query pada bagian dengan waktu memuat halaman lebih dari 10 detik serta penggabungan halaman yang memanggil log bersamaan atau simultan.

The complexity of the procurement process in e-procurement applications requires performance that supports increasing competitiveness. A web-based e-procurement application developed by a company will produce log data that continues to grow, but has not been utilized to its full potential. The web log mining method used in this study is a sequential pattern with the PrefixSpan framework and then the average time spent on a page is calculated according to the sequence pattern formed. The findings show that the development of the evaluation system produces a sequence of patterns which is then used to determine the order of access and the access time between sequences as an analytical material to make product improvements. The resulting evaluation is an indication of the need to review queries on sections with page loading times greater than 10 seconds and merge pages that call the same log simultaneously.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lettisia Gianti Tunggala
"ABSTRAK
Setiap bentuk bisnis usaha tentu memiliki tantangan dan masalahnya masing-masing dalam mengembangkan usahanya tersebut, tidak terkecuali dengan usaha mikro, kecil dan menengah UMKM . Sementara itu, untuk terus dapat bersaing dan mempertahankan keberlangsungan bisnis, para pemilik UMKM harus terus meningkatkan proses bisnis mereka dan mengembangkan strategi bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UMKM yang merupakan bengkel perawatan dan perbaikan AC Mobil, yaitu bengkel ProQ, dalam melakukan evaluasi dan pengembangan bisnis untuk mencapai targetnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan pendistribusian kuisioner kepada pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada. Dari hasil pengumpulan data dan analisis, disimpulkan bahwa perusahaan perlu mengembangkan pemasaran digitalnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan melakukan evaluasi kualitas pelayanan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan website dari segi desain, struktur dan konten, serta evaluasi kualitas pelayanan dengan metode SERVQUAL kepada pelanggan yang sudah ada.

ABSTRACT
Every form of business must have its challenge and ability in developing its business, not least with micro, small and medium enterprises MSME . Meanwhile, in order to compete and maintain the sustainability of business, the owners of MSME need to keep improving their business process and develop business strategy. The aim of this study is to help a MSME which is an auto care and service to evaluate and develop its business to find what can be improved to achieve its target. The data is collected by interviewing, observing and distributing questionnaire to its potential and existing customers. It is found that the company needs to revamp its digital marketing to boosts the numbers of customers and evaluate its service quality. Therefore, the purpose of this study is to develop the website in terms of design, structure and content, as well as evaluate its service quality with SERVQUAL method to existing customers. "
[Depok, Depok]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fahmi Stiazi
"ABSTRAK
Sistem informasi pada universitas dapat dilihat melalui tampilan Website yang mereka punya. Universitas berperan dalam memetakan dan menyediakan informasi kepada pengguna website yang mengunjungi website mereka. Keberhasilan website universitas sendiri adalah sejauh mana informasi yang disampaikan dimengerti dan memberikan keuntungan kepada pengguna website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menilai website universitas berdasarkan persepsi pengguna dan expert. Penggunaan metode pada penelitian menggunankan metode statistik untuk pengukuran data dan pengolahan data menggunakan AHP dan TOPSIS. Hasil dari pengolahan statistik menunjukan total penilaian website berdasarkan evaluasi dari pengguna dan hasil dari pengolahan TOPSIS menunjukan kriteria mana yang dipilih dan merupakan kriteria dengan prioritas paling penting dalam penilaian website.

ABSTRACT
Information System for university can be seen by website appearance that they had. University have a role as from mapping and providing information for user who had visited their website. The successfull website university is based on how far the information understand and give the user benefits from the website. This research purpose for measurement and evaluate the website university based on perception from user and expert. The method use for this research is statistic method for measurement data from user and tabulating data for expert using AHP (Analytical Hierarki Process) dan TOPSIS (Technique for Order by Similarity to Ideal Solution). The result from statistic show the value website evaluation based on user evaluate and the result from TOPSIS tabulation is showed the criteria who had the most priority from evaluated website."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ronen Tejaya, Author
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40213
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiendi Indria R.
"Seiring dengan meningkatnya tingkat penggunaan Internet di Indonesia, maka keberadaan web menjadi sangat penting tidak hanya sebagai media informasi tetapi menjadi media transaksi pembelian produk. Hal ini juga dilakukan oleh industri penerbangan. Dengan persaingan yang semakin ketat diantara website resmi perusahaan maskapai penerbangan dan website biro perjalanan yang menjual tiket secara online menuntut akan kualitas pelayanan website yang tinggi kepada pelanggannya. Transaksi tiket secara online menawarkan keuntungan kepada pelanggan yang memiliki waktu terbatas untuk membeli tiket secara offline.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas website maskapai penerbangan salah satu perusahaan maskapai penerbangan swasta nasional dalam memberikan kepuasan pelanggan dalam melihat informasi dan melakukan transaksi melalui website dengan menganalisis kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna website dengan metode e-servqual dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap penggunaan website dengan metode technology acceptance model (TAM).
Dengan menggunakan tehnik regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use dan faktor sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan website. Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai seperti komputer yang terkoneksi internet berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan website.

Along with the increasing use of Internet in Indonesia, the web presence is very important not only as a medium of information but as a medium for product purchases. This is also done by the aviation industry. With the tight competition among the company's official website and the websites of airlines that travel agents sell tickets online will require a high quality service to its customers websites. Online ticket transaction offers benefits to customers who have limited time to purchase tickets offline.
The purpose of this study to determine the quality of airline websites PT. Lion Air in providing customer satisfaction in seeing the information and conduct transactions through the website by analyzing the gap between perceptions and expectations of users of the website by e-servqual methods and test factors - factors that affect customer satisfaction and its influence on the use of websites by using technology acceptance model (TAM).
By using multiple linear regression techniques, results showed that perceived usefulness, perceived ease of use and social factors are significant positive effect to intention of the website. Conditions that facilitate the user has a significant positive towards the use of website.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52039
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadilatusifa
"Pembelajaran yang bermakna dan mendalam pada pembelajaran kolaboratif daring memerlukan suatu rancangan pemodelan pembelajaran. Kerangka kerja Community of Inquiry (CoI) berfokus pada memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna dan mendalam melalui tiga aspek kehadiran yaitu sosial, kognitif, dan pengajaran. Forum diskusi asinkron saat ini sudah banyak digunakan namun beberapa kekurangan masih dirasakan oleh peserta didik maupun pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan implementasi dan evaluasi forum diskusi asinkron berbasis kerangka kerja CoI berupa aplikasi web yang dapat digunakan secara nyata berdasarkan hasil rancangan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengadopsi metode Waterfall sebagai metode Software Development Life Cycle (SDLC). Metode Waterfall yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu design, implementation, serta verification & testing. Tahapan design menghasilkan definisi sistem secara teknis melalui rancangan Unified Model Language (UML) sistem. Tahapan implementasi menghasilkan aplikasi web yang dapat digunakan melalui kegiatan mempersiapkan tech stack, development backend, dan development frontend. Framework Django dan PostgreSQL digunakan untuk pengembangan backend dan Next.js untuk pengembangan frontend. Tahapan verification & testing menghasilkan bahwa tidak ditemukan error utama pada setiap fitur melalui pengujian User Acceptance Testing (UAT). Evaluasi dilakukan melalui survey daring yang berisi pertanyaan kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur aspek usability dan keberhasilan memunculkan kehadiran pada model CoI. Hasil usability testing memperoleh tingkat complete success sebesar 81.08%. Evaluasi nilai System Usability Scale (SUS) memperoleh nilai 78,78 yang termasuk dalam kategori “Good” dan “Acceptable”. Hasil evaluasi terhadap aplikasi web menunjukkan bahwa fitur Reaction Post, Post, Thread Diskusi, Profil Pengguna, dan Text Editor dapat memunculkan kehadiran sosial. Fitur Post, Thread Diskusi, Ringkasan Diskusi, dan Referensi Diskusi dapat memunculkan kehadiran kognitif. Fitur Thread Diskusi, Panduan Diskusi, Referensi Diskusi, Week, dan Inquiry State dapat memunculkan kehadiran pengajaran.

Meaningful and deep learning in online collaborative learning requires a learning design framework. The Community of Inquiry (CoI) framework focuses on facilitating meaningful and deep learning experiences through three aspects of presence: social, cognitive, and teaching. Asynchronous discussion forums are widely used, but some shortcomings are still felt by students and teachers. This study aims to implement and evaluate an asynchronous discussion forum based on the CoI framework in the form of a web application that can be used effectively based on the previous research design. This research adopts the Waterfall method as the Software Development Life Cycle (SDLC) method. The modified Waterfall method consists of three stages: design, implementation, and verification & testing. The design stage produces a technical system definition through Unified Modeling Language (UML) system design. The implementation stage develops a web application through activities such as preparing the tech stack, developing the backend, and developing the frontend. The Django framework and PostgreSQL are used for backend development, and Next.js is used for frontend development. The verification & testing stage confirms that no major errors were found in each feature through User Acceptance Testing (UAT). Evaluation is conducted through an online survey that includes qualitative and quantitative questions to measure usability aspects and the success of bringing presence to the CoI model. The results of the usability testing achieved a complete success rate of 81.08%. The System Usability Scale (SUS) evaluation obtained a score of 78.78, which falls into the "Good" and "Acceptable" categories. The evaluation of the web application showed that features such as Reaction Post, Post, Discussion Thread, User Profile, and Text Editor can evoke social presence. Features like Post, Discussion Thread, Discussion Summary, and Discussion References can evoke cognitive presence. Features like Discussion Thread, Discussion Guide, Discussion References, Week, and Inquiry State can evoke teaching presence."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>