Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang telah dilakukan oleh catering service musi dari Palembang dan strategi mana yang paling efektif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder"
657 MANDIRI 9:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Miriam Widiati Muljana
"PT Matahari Putra Prima adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha dagang eceran dengan sasaran anggota keluarga golongan ekonomi menengah, tinggal di daerah perkotaan, merupakan orang-orang yang praktis, tertarik pada mode namun tetap ingin menghemat. Struktur pasar yang dihadapi adalah struktur pasar monopolis (monopolistic competition), dimana Matahari merupakan usaha eceran lokal yang memimpin pasar. Dengan demikian Matahari sudah berada pada tingkat 'brand awareness' yang tinggi sehingga yang perlu dilakukan adalah melakukan kegiatan promosi yang bersifat mengingatkan dan meningkatkan image perusahaan. Kegiatan promosi menggunakan peralatan bauran pemasaran yang meliputi: Periklanan, yang digunakan adalah "informative advertising" dan "persuasive advertising"; Promosi penjualan, dengan special sales event dan store display; Penjualan pribadi, yang dimaksud adalah peran dari pramuniaga yang sangat mempengaruhi performa jangka pendek Matahari; Humas, ditujukan untuk meningkatkan citra perusahaan dan mengingatkan masyarakat akan keberadaan Matahari. Evaluasi efektivitas strategi promosi dilakukan dengan melihat tanggapan konsumen terhadap program promosi dan melihat pengaruh program promosi terhadap penjualan, yang keduanya dilakukan dengan menggunakan variabel media, sasaran kegiatan promosi dan jenis kegiatan promosi yang dilakukan. Dari hasil evaluasi dapat dilihat bahwa media yang paling berpengaruh positif terhadap penjualan adalah radio, kemudian diikuti oleh surat khabar, sedangkan untuk sasaran promosi yang paling berpengaruh positif adalah penjualan keperluan anak, lalu didikuti oleh keperluan wanita dan yang terakhir adalah keperluan keluarga/umum. Untuk jenis kegiatan promosi, yang pengaruhnya paling positif terhadap penjualan adalah demo, kemudian sale, diikuti oleh kontes, dan yang paling terakhir adalah pemberian hadiah. Karena metode penetapan anggaran promosi yang digunakan Matahari pada saat ini berdasarkan presentasi penjualan bersifat statis, ada baiknya jika dipertimbangkan penggunaan metode anggaran marginal (objective-task method) yang memperhitungkan bagaimana tanggapan dinamis terhadap berbagai tingkat dan bauran promosi yang berbeda."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18797
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darnil Bahromi S.
"ABSTRAK
PT Merpati Nusantara adalah salah satu perusahaan penerbangan nasional yang melayani jasa transportasi udara domestik, yang belakangan ini juga telah mulai meluaskan operasinya di penerbangan internasional. Dalam industri jasa transportasi udara domestik, ada 5 perusahaan penerbangan nasional Iainnya yang juga menyediakan jasa transportasi udara, selain PT Merpati Nusantara, yaitu: PT Garuda Indonesia, PT Sempati Air, PT Bouraq, dan PT Mandala. Masing-masing perusahaan penerbangan nasional tersebut akan memperebutkan pasar domestik yang ada untuk jasa yang sama. Dengan demikian bagi para calon penumpang tersedia banyak pilihan rute dan jadwal penerbangan yang ditawarkan. Dengan kondisi yang demikian, persaingan dalam industri jasa transportasi udara domestik semakin ketat dan ke enam perusahaan penerbangan nasional tersebut berada dalam kondisi ter-fragmentasi dalam target pasarnya.
Dengan kondisi persaingan jasa transportasi udara yang demikian ketat, ditambah lagi dengan krisis manajernen dan keuangan yang dialami oleh PT Merpati Nusantara pada bulan April 1997 yang lalu, mengakibatkan daya saing semakin lemah. Krisis tersebut, juga dipengaruhi oleh beberapa keadaan internal perusahaan, seperti: penundaan (delay) jadwal keberangkatan pesawat, pembatalan (Canceled) keberangkatan pesawat, seringnya kecelakaan atau jatuhnya pesawat, armada pesawat yang relatif sudah tua, dan menurunnya motivasi kerja para karyawannya. Akibatnya, mempengaruhi kualitas jasa transportasi udara yang dihasilkan, sehingga citra perusahaan (corporate image) PT Merpati Nusantara turun di mata para pengguna jasanya.
Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan citra perusahaan di mata pengguna jasanya adalah dengan promosi melalui penayangan iklan produk PT Merpati Nusaritara, khususnya melalui media televisi, yang mempunyai kelebihan dibandingkan media promosi lainnya (selain sebagai sarana informasi, dapat menyampaikan pesan ke target pasar yang ingin dituju tanpa keridala geografi dan kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak).
Permasalahan yang dihadapi oleh PT Merpati Nusantara dalam melaksanakan program Promosi, khususnya untuk penayangan iklan produk PT Merpati Nusantara di media televisi swasta adalah terbatasnya anggaran yang tersedia. Hal ini disebabkan adanya krisis keuangan dan manajemen pada tahun 1997, sehingga terjadi pemotongan anggaran, termasuk anggaran promosi. Di sisi lain, promosi melalui media televisi membutuhkan biaya yang rukup besar. Akibatnya, dari hasil temuan (finding) yang didapatkan oleh penulis menunjukkan bahwa penayangan ikian pada media televisi muncul pada acara televisi yang tidak sesuai dengan segmen pasar, target pasar, posisi pasar, dan pesan yang ingin disampaikan menjadi tidak jelas. Hal inilah yang diperkirakan merupakan sumber keraguan dari pihak manajemen PT Merpati Nusantara untuk memulai Iangkah promosinya melalui kiat periklanan di media televisi secara lebih gencar. Dengan demikian dipenlukan suatu strategi promosi. khususnya dalam upaya memilih jenis acara televisi yang tepat untuk menayangkan ikian tersebut, berdasarkan anggaran promosi yang tersedia. Pemilihan jenis acara televisi ini, dilakukan melalui suatu analisis menggunakan metode AHP (Anlytical Hierarchy Process) dengan berbantuan perangkat lunak Expert Choice.
Berdasarkan hasil analisis dengan metode AHP, prioritas utama dari pemilihan beberapa jenis acara televisi untuk mempromosikan produk PT Merpati Nusantara melalui penayangan ikian di media televisi swasta adalah sponsorship, untuk acara-acara kuis maupun sinetron. Biaya yang diperlukan untuk kegiatan promosi ini relatif lebih murah, dan efektifitasnya dalam menjangkau pemirsa atau target pasar yang ingin dituju cukup tinggi. Dan efektifitasnya tersebut tergantung pada jenis kuis ataupun sinetron yang dipilihnya. Agar hasil analisis tersebut diatas dapat mencapai efektifitas yang diinginkan, maka perlu didukung oleh mutu jasa transportasi udara yang dihasilkan. Untuk itu, penulis menyarankan kepada pihak PT Merpati Nusantara untuk mempunyai komitmen total di setiap unit kegiatan usaha, yang secara terus menerus memperbaiki dan meningkatkan (continous improvement) mutu jasa transportasi udara yang dihasilkan, sesuai dengan kebutuhan (need) dan keinginan (want) para pengguna jasanya. Selain itu, walaupun dengan kondisi anggaran yang terbatas, aktifitas promosi tidak perlu dikurangi, apalagi sampai dihilangkan. PT Merpati Nusantara dapat menggunakan media promosi lainnya, disamping media Televisi, yaitu melalui jaringan internet yang dapat menekan biaya (murah), namun efektif. Melalui jaringan internet, PT Merpati Nusantara dapat membina hubungan baik dengan para pelanggannya (relationship marketing) yang saat ini menjadi trend baru. Dengan jaringan internet, PT Merpati Nusantara dapat melakukan aktifitas promosi dengan menjelaskan profil perusahaan, jasa transportasi udara yang dihasilkan, dan dapat berkomunikasi timbal balik dengan para pengguna jasanya.
"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Sabrina Nurmanthias
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18191
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Puguh Permana
"League merupakan produsen produk-produk olahraga yang berasal dari Indonesia dan memiliki kualitas produk yang sangat bagus dan tidak kalah dengan produk-produk sejenis dari luar negeri, serta memiliki harga yang sangat terjangkau. Namun brand awareness League ini masih kurang, informasi tentang produk ini pun masih sulit ditemukan pada media cyber (internet) dan akan mengakibatkan kurang maksimalnya penjulan produk tersebut. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti menyusun program-program untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk tersebut.
Dalam pembuatan program-program ini, penulis menitik beratkan program-program tersebut dengan mengoptimalisasikan media cyber. Pemilihan penggunaan media cyber ini didasari oleh kekuatan media cyber yang sangat tinggi dalam menjangkau khalayak yang sangat luas, serta kekuatannya dalam mengubah opini masyarakat atau target khalayak dari program-program tersebut.Namun penggunaan media konvensional tetap digunakan dalam melaksanakan program-program tersebut.Hal ini dilaksanakan untuk menjangkau masyarakat yang tidak aktif menggunakan media cyber agar mereka juga terterpa program-program promosi dari League.

League is a manufacturer of sports products from Indonesia and has very good quality product and is not inferior to similar products from abroad, and has a very affordable price. But the League's brand awareness is still lacking and information about this product is still hard to find in the cyber media (internet) and will result in maximal sales of the product. Departing from these problems, researchers compiled programs to increase brand awareness and sales of these products.
In making these programs, the authors emphasize programs to optimize the cyber media. The selection is based on the use of cyber media because cyber media power is very high in a very wide audience reach, and power in changing society opinion or the target audience of these programs. However, the use of conventional media still used in implementing these programs. This is done to reach people who are not actively using the cyber media that they are exposed to promotional programs of the League.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
cover
TEMEN 6 (1-2) 2011
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Dorce Yopin
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
TA1855
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wiandi Halisantoso
"ABSTRAK
Dalam penulisan Karya Akhir ini, penulis mencoba untuk menganalisis strategi promosi
yang efektif dan efisien bagi industri furnitur di Indonesia, khususnya untuk produk XYZ.
XYZ merupakan pendatang baru dalam industri furnitur di Indonesia, dengan segmen pasar
kelas menengah ke atas dan harga yang lebih tinggi dari pesaing utamanya. Pesaing utamanya
sendiri telah memiliki brand image, brand awareness dan pangsa pasar yang tinggi. Sehingga
XYZ harus memilih bauran pemasaran yang tepat agar bertahan hidup. Salah satu kunci
suksesnya adalah menentukan bauran promosi yang efektif dan efisien. sehingga terbentuk
brand image dan brand awareness bagi XYZ, dan dapat meningkatkan omset penjualannya.
Kiat-kiat promosi yang dapat dipllih dalam perancangan bauran promosi XYZ meliputi
periklanan melalui media cetak (advertorial), media televisi (sponsor kuis), media radio
(wawancara dan kuis) dan media luar ruang (papan nama, selebaran, brosur dan
uxnbul-umbui); publisitas, promosi penjualan (potongan harga langsung dan hadiah yang
berkaitan dengan uang serta pameran); dan penjualan personal.
Disarankan kepada XYZ agar sering mengikuti pameran yang diselenggarakan di lokasi
yang tepat dengan segmen pasar yang dituju, menambah jumlah ruang pamernya;
menggunakan biro iklan yang handal agar iklan komersialnya dapat dikomunikasikan dengan
efektif merekrut membina dan melatih jumlah tenaga penjual internal yang lebih banyak
secara rutin mempromosíkan produk dan ruang pamernya melalui penyebaran selebaran dan
brosur; pemasangan papan nama disemua lokasi penjualan; dan promosi penjualan (memberi
Potongan harga dan hadíah yang berkaitan dengan uang) pada musim dimana permintaan
furnitur sedang meningkat yang disertai dukungan promosi perikianan.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>