Ditemukan 33522 dokumen yang sesuai dengan query
Eka Kurniawan
Yogyakarta: Bentang, 2016
808.835 98 EKA p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Eka Kurniawan
Yogyakarta: Bentang, 2022
899.221 EKA p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Aguk Irawan Mn., 1979-
Jakarta: Exchange, 2015
808.3 AGU p (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wira Nagara
Jakarta: Media Kita, 2019
899.221 WIR d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gibran, Kahlil, 1883-1931
Yogyakarta: Narasi, 2007
808.1 GIB t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Eka Suryana Saputra
"Penelitian ini mengulas cinta, benci, dan patah hati dalam tinjauan filsafat psikoanalisis Slavoj Žižek. Terutama berkaitan dengan kritik Žižek terhadap seruan cinta universal kepada sesama manusia yang justru menghindari pertemuan dengan sesama. Seruan cinta universal dianggap mengingkari hal-hal yang tak dapat dicintai, mungkin dibenci, dalam diri manusia. Maka penelitian ini menelaah, pertama, soal apa dan bagaimana “yang kurang” dalam seruan cinta kepada sesama manusia sehingga gagal mengatasi kebencian? Kedua, apa dan bagaimana “yang kurang” dalam kritik Žižek tentang cinta itu sendiri? Metode analisis konseptual dan struktural diterapkan sehubungan dengan acuan Žižek pada tiga tataran psikis Lacanian yang membentuk realitas dan identitas: The Imaginary, The Symbolic, dan The Real. Adapun “yang kurang” merujuk pada konsep Lacanian tentang lack sebagai kondisi dasar atau ontologis dari keberadaan manusia. Dengan pendekatan pemikiran dialektis dan interpretasi kritikal dalam bingkai psikoanalisis, didapati bahwa hal “yang kurang” dalam seruan cinta universal kepada sesama manusia adalah kesediaan untuk jatuh, terlibat dan bertemu dengan sesama—dengan kemungkinan mengorbankan segala, hingga menumbuhkan benci. Lalu, “yang kurang” dalam cinta yang jatuh dan terlibat adalah patah hati, kesediaan untuk menghadapi sakit dari hati yang tercabik.
This research analyze love, hatred, and heartbreak from the perspective of Slavoj Žižek's psychoanalytic philosophy. Especially related to Žižek's criticism of universal love towards neighbor, which paradoxically avoids encounters with others. The call for universal love is considered to deny the aspects within humans that are unlovable, and even hated. Therefore, this research examines, first, the issue of what is “lack” and how does “lack" in universal love fail to overcome hatred? Second, what and how is “lack” in Žižek's criticism of universal love itself? Conceptual and structural analysis methods are applied in connection with Žižek's reference to the three Lacanian psychic realms that shape reality and identity: The Imaginary, The Symbolic, and The Real. The “lack” refers to the Lacanian concept as a basic or ontological condition of human existence. Through a dialectical thinking approach and critical interpretation within the framework of psychoanalysis, it is found that the “lack” in the universal love is the willingness to fall, engage, and encounter others—with the possibility of sacrificing everything, even nurturing hatred. Then, the “lack” in love that falls and engages is heartbreak, the willingness to face the pain of a torn heart."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
"Urban sufism merupakan sebuah fenomena sosial yang ditandai dengan meningkatnya gairah masyarakat urban terhadap praktik-praktik sufisme, seperti dzikir secara berjamaah, istighatsah, diskusi ilmiah mengenai sufisme, dan sebagainya. Masyarakat urban, sebagai masyarakat modern yang secara langsung merasakan proses modernisasi secara cepat, tentunya merasakan apa yang diistilahkan sebagai absurditas di mana manusia merasa terasing dalam dunianya sendiri. Mereka meyakini bahwa urban sufisme dapat dijadikan sebagai jalan untuk melawan absurditas tersebut dan menemukan kembali aspek humanitas yang sudah terkikis oleh modernitas. Urban sufisme menawarkan ketenangan hati atau ketentraman jiwa bagi masyarakat urabn yang setiap hari disibukkan dengan urusan pekerjaan dan bosan dengan kebisingan hiruk-pikuk keramaian kota. Ketertarikan mereka terhadap sufisme dilatarbelakangi oleh motif-motif yang berbeda, sehingga menimbulkan kecenderungan yang berbeda pula dalam mengikuti trend urban sufisme yang sedang marak belakangan ini. Secara umum, urban sufisme terbagi dalam dua kategori, yaitu tasawuf mali dan tasawuf falsafi. Dalam konteks ke-Indonesia-an, urban sufisme dapat dipetakan menjadi tiga tipologi, yaitu tasawuf sunni, tasawuf falsafi dan tasawuf salafi. Perbedaan dalam aspek epistemologi atau rancang bangun pemikiran keagamaan menimbulkan perbedaan orientasi dalam gerakan-gerakan sufisme. Ada yang memilih jalan konvensional melalui jalan tarekat yang disebut sebagai sufisme konvensional dan ada pula yang menempuh jalur non-tarekat atau disebut dengan urban sufisme. perbedaan antara urban sufisme dan sufisme konvensional terletak pada tiga hal: (1) geneologi dan mekanisme penetapan mursyid (2) mekanisme keanggotaan (bai'at atau sumpah setiap kepada mursyid (3) praktik dan tata cara dzikir. Dalam praktik dzikir, baik urban sufisme maupun sufisme konvensional mempunyai kesamaan persepsi. Artinya, dalam dzikir harus terpenuhi lima unsur, yaitu (1) kontinuitas (2) kesadaran (3) keikhlasan (4) kebersihan niat (5) tidak bertentangan dengan ritual ibadah."
JTW 1:1 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Lester, John
Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1997
323.44 LES m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Syofni Erita
Surabaya: Mirai Publishing, 2021
920 SYO p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rayya Makarim
Jakarta: Metafor, 2003
808.82 RAY r
Buku Teks Universitas Indonesia Library