Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 258 dokumen yang sesuai dengan query
cover
James, Henry, 1843-1916
Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 2016
813.4 JAM d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
James, Henry, 1843-1916
Jakarta: Balai Pustaka , 1975
808.303 JAM d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mitchell, W. O.
Toronto: McMilland , 1984
819.3 MIT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mina Elfira
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Griselda Tassa Hosiana
"Karakterisasi negatif pada karakter perempuan dalam karya sastra tidak dapat dipisahkan dari pengaruh masyarakat patriarki yang terjadi sejak terbentuknya suatu sistem masyarakat. Dalam masyarakat patriarkal, seorang wanita harus memenuhi peran tradisionalnya agar dapat dikatakan sebagai seorang wanita yang ideal. Sebaliknya, apabila seorang wanita tanpa karakteristik yang tidak biasa, dia akan dinilai negatif. Dalam tulisan ini, saya meneliti karakter tokoh Daisy Buchanan dalam film berjudul The Great Gatsby. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Scott Fitzgerald pada tahun 1925. The Great Gatsby menceritakan kehidupan seorang pria muda kaya bernama Jay Gatsby yang mengejar cinta sejatinya, Daisy Buchanan. Daisy Buchanan merupakan karakter yang penuh tantangan untuk dianalisa karena karakternya terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Ada banyak penilaian negatif sebelumnya melawan karakternya, namun penilaian tersebut sebagian besar berasal dari perspektif pria yang didasarkan pada stereotip tradisional gender. Oleh karena itu, makalah ini bertujuan untuk menganalisa stereotip karakter wanita melalui karakter Daisy Buchanan. Dia karakter yang menarik dan terdiri dari karakteristik yang berbeda. Meskipun pada banyak penelitian dan karya ilmiah lain menitikberatkan Daisy Buchanan sebagai tokoh antagonis, dia sebenarnya korban dari stereotip pada masyarakat patriarkal.

Negative portrayal of women characters in literary works cannot be separated from the patriarchal influence that has occurred since the society first begun. In a patriarchal society, a woman has to fulfill traditional gender roles to be categorized as an ideal woman. In contrast, without the unusual characteristics, she will be negatively judged. In this paper, I examine Daisy Buchanan character from the movie entitled The Great Gatsby. The movie was adapted from a novel with the same title written by Scott Fitzgerald in 1925. The story was about a young wealthy man named Jay Gatsby who pursues his true love, Daisy Buchanan. She is a challenging character to identify because her character is full of layers. There are many previous negative judgments against her character, yet those judgments mostly come from the male perspectives which are based on the false stereotypes of gender roles. Therefore, this work is aimed to analyze the false stereotype of female characters through the character of Daisy Buchanan. Her character is intriguing and consists of different layers. Even though many previous studies have portrayed Daisy Buchanan as a devilish figure, she is actually a victim of the patriarchal society.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiyah Nurunnisa
"Skripsi ini membahas proses tumbuhnya cinta dalam film Indonesia yang berjudul Heart dan Daisy yang merupakan film Korea. Proses tumbuhnya cinta yang dibahas merupakan cinta segitiga yang terjalin pada tiga tokoh utama masing- masing film. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan pendekatan psikologi sastra untuk mengetahui sisi psikologi tokoh yang sangat berperan besar dalam proses tumbuh kembangnya cinta dalam cerita kedua film ini. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa kedua film yang sama-sama mengangkat tema cinta segitiga dengan penyajian yang mirip ini tidak ada hubungan saling mempengaruhi karena rasa cinta bersifat universal, bisa dialami siapa saja dan kapan saja.

This research discusses the emerging process of love in Indonesian movie entitled Heart and Korean movie entitled Daisy. The discussed love process is considered as love triangle involving the three main characters in each movie. This research uses descriptive analysis method and literary psychology approach to observe the psychological side of the characters whose role are very important in the emerging process of love in each story. The result of the research shows that the two movies, of which love triangle becomes the main theme, are not related and have no influence to one another. It is because the feeling of love is universal; love can be felt by anyone and it can emerge anytime."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47556
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya Abrinta Debora
"Film sebagai wacana sinematik dapat menjadi media untuk membahas hasil kerja sistem linguistik, fitur audio-visual, dan efek visual lainnya dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Makalah ini bertujuan menganalisis wacana sinematik sebuah film dokumenter berjudul Audrie and Daisy, yang menggambarkan kronologi perundungan dan kekerasan seksual yang dialami oleh dua siswi sekolah menengah bernama Audrie dan Daisy, dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Makalah ini menjelaskan bagaimana sistem linguistik yang berkaitan dengan penggunaan bahasa pada wawancara dan investigasi, sinematografi, dan mise-en-scene pada film berhubungan satu dengan yang lain sehingga menjadikan pesan dan isi cerita menjadi bermakna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan gambaran dan pemahaman mengenai unsur-unsur penting dalam film. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya untuk menunjukkan fitur-fitur wacana sinematik tetapi juga untuk menjelaskan makna tersirat dari fitur-fitur tersebut dalam film dan menganalisis tata organisasi film. Dalam pendekatan pragmatik dan wacana sinematik, gagasan mengenai verbal (suara diegetik) dan non-verbal (suara non-diegetik) berkaitan dengan multimodalitas film yang menjadikan pesan menjadi bermakna. Selain itu, hasil penelitian memperlihatkan bahwa film ini menggunakan pendekatan monochronicity untuk menyusun dokumen sinematografi.

This study aimed to determine whether A movie as a cinematic discourse can be a medium for examining the work of linguistic system, audio-visual features, and other visual effects by using the pragmatic approach. This paper aims to analyze the pragmatic and cinematic discourse in a documentary movie Audrey and Daisy, which portrays the chronology of bullying and sexual assault experienced by high school students, Audrie and Daisy. This paper describes how the linguistic system which are related to the language use in the interview and investigation, the cinematography, and mise-en-scene of the movie can link to one another to make the message and the content of the story meaningful. This study employs a qualitative research method to gain insight and understanding of the significant elements of the movie. The purpose of this research is not only to point out the features of cinematic discourse but also to explain the meaning of the features in the movie and analyze the organization of this movie. Within the framework of pragmatic and cinematic discourse, the notion of verbal (diegetic sound) and non-verbal (non-diegetic sound) are connected to the multimodality of the movie to make a message purposeful. Also, the findings show that this movie utilizes the monochronicity approach to compose the cinematography document."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Depok : FS UI, 1992
12 Elf pe
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Laras Adinda Nabila
"Perempuan yang menjadi penyintas kekerasan dalam pacaran (KDP) yang dipaksa melakukan aborsi tidak aman oleh pasangan atau mantan pasangannya mengalami berbagai lapisan viktimisasi dalam hidupnya atau viktimisasi berlapis. KDP, kekerasan reproduksi, kehamilan tidak diinginkan (KTD), dan pemaksaan aborsi sebagai lapisan viktimisasi dalam ranah domestik. Lapisan viktimisasi selanjutnya yaitu viktimisasi dalam ranah lingkungan sekitar (stigma, diskriminasi, victim blaming) atas KDP dan KTD (di luar nikah) terhadap penyintas perempuan. Penelitian ini menjabarkan mengenai pengalaman viktimisasi berlapis 3 (tiga) perempuan penyintas KDP yang dipaksa aborsi secara tidak aman dengan metode kualitatif feminist narrative analysis. Dengan teori feminis radikal dan perspektif viktimologi feminis, dapat membantu menganalisis pengalaman viktimisasi berlapis penyintas perempuan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa sistem patriarki merupakan akar dari terjadinya viktimisasi berlapis terhadap perempuan penyintas KDP yang dipaksa aborsi oleh pasangan/mantan pasangan. Salah satu lapisan viktimisasi yaitu kekerasan domestik merupakan bentuk dari kekerasan berbasis gender (KBG) yang melanggengkan subordinasi terhadap perempuan. Meskipun perempuan ter-opresi atas viktimisasi yang dialami, perempuan tetap melakukan perlawanan (resistensi) sebagai bentuk penolakan dominasi laki-laki.

Women who become survivors of intimate partner violence (IPV) are coerced into unsafe abortions by their partners or ex-partners experience various layers of victimization in their lives, known as multiple victimization. IPV, reproductive violence, unwanted pregnancy (UP), and forced abortion constitute layers of victimization within the domestic realm. Another layer of victimization involves the surrounding environment (stigma, discrimination, victim blaming) towards survivors of IPV and UP (outside of marriage). This research outlines the experiences of three women survivors of IPV who were forced into unsafe abortions using qualitative feminist narrative analysis. Employing radical feminist theory and a feminist victimology perspective helps analyze the layered victimization experiences of women survivors. The findings of this study reveal that the patriarchal system is the root cause of layered victimization against women survivors of IPV who are forced into abortion by their partners/ex-partners. One layer of victimization, domestic violence, is a form of gender-based violence (GBV) that perpetuates the subordination of women. Despite being oppressed by the victimization they experience, women continue to resist as a form of rejecting male dominance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carson, Neil
London: Macmillan, 1982
812.52 CAR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>