Ditemukan 146373 dokumen yang sesuai dengan query
Detha Heidyningtias
"Penelitian ini membahas mengenai persepsi pemangku kepentingan Taman Bacaan Masyarakat TBM , yang terdiri dari pemilik, pengelola dan pengguna, terhadap TBM yang berlokasi di Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemilik dalam mendirikan TBM, mengetahui persepsi pengelola dalam mengelola atau mengoperasikan TBM, serta mengetahui persepsi pengguna terhadap eksistensi TBM. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing pemilik memiliki jenis TBM yang berbeda-beda yang menimbulkan pengelolaan dan jenis pengguna yang berbeda. Setiap TBM bertahan dengan kekuatannya masing-masing. Rumah Pintar Bhara Cendekia I bertahan karena terikat dengan instansi POLRI yang masih mempertahankan TBM-nya, TBM Bina Kreasi bertahan karena PKBM Bina Kreasi masih terus berjalan, sementara TBM Alfabet bertahan karena kesadaran diri dan tekad yang kuat dari pemilik dan pengelola.
This research discusses about the perception of TBM 39 s stakeholders, which involve the owners, the keepers and the users, towards TBMs which are all located in Depok. The purposes of this research are to find out the owner 39 s perception in establishing TBM, the keeper 39 s perception in taking care or operating TBM, and the user 39 s perception towards TBM existence. This research is a qualitative research with a case study method. The result of this research indicates that each owner has a different type of TBM, which leads to different management and different types of users from all three TBMs. Three TBMs could survive using their own powers. Rumah Pintar Bhara Cendekia I could survive since it 39 s tied to POLRI which still maintains its TBM, TBM Bina Kreasi would always exist as long as PKBM Bina Kreasi exists, and TBM Alfabet could still survive after all this time because of self awareness and strong determination that the owner and keeper have."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66034
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siti Maisyaroh
"Penelitian ini membahas tentang kegiatan promosi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alfabet dan Bina Kreasi di Depok. Tujuan penelitian adalah mengetahui kegiatan promosi dalam mempromosikan jasa dan layanan TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi serta memahami faktor yang mempengaruhinya. Teori bauran promosi yang digunakan dalam penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, publikasi/hubungan masyarakat, pemasaran langsung, interactive/internet marketing.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari kegiatan observasi, wawancara dengan lima informan. dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi telah melakukan bauran promosi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, publikasi dan pemasaran media interaktif. Dana, sumber daya manusia dan koleksi merupakan faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi di TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi.
This research discusses the promotional activities of Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alfabet and Bina Kreasi in Depok. The purpose of the research is to know the promotional activities in promoting services and service TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi as well as understand the factors that influence it. Promotion mix theory used in this research is advertising, sales promotion, personal selling, publicity/public relations, direct marketing, and interactive/internet marketing. This research is using case study method with qualitative approaches. Data collected comes from observation, interviews with five informants and document analysis. The results showed that TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi have been doing promotional mix are advertising, sales promotion, personal selling, publicity and marketing of interactive media. The factors that affecting promotion activities at TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi is funding, human resources and collections."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42260
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Aqilla Nanda Viary
"Penelitian ini membahas mengenai penerapan fungsi manajemen dalam manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Sebagai perpustakaan yang berdiri dalam suatu instansi pemerintah perlu adanya manajemen yang baik dalam mengelola perpustakaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan menggunakan dasar teori menurut George R. Terry mengenai Fungsi Manajemen (POAC) diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana penerapan fungsi manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Penelitian ini menggunan metode wawancara dengan pustakawan di Perpustakaan BNN mengenai manajamen perpustakaan yang dilakukan berdasarkan fungsi manajemen perpustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya fungsi pelaksanaan yang dipraktikkan dengan baik, namun fungsi manajemen perpustakaan lain seperti perencanaan, penggerak dan pengendalian di Perpustakaan BNN belum dilakukan secara efektif.
This study discusses the application of management functions in library management carried out by the BNN Library. As a library that stands in a government agency, it is necessary to have good management in managing the library to achieve the desired goals. By using the theoretical basis according to George R. Terry regarding Management Functions (POAC) it is hoped that it can be an illustration of how the implementation of library management functions carried out by the BNN Library. This study uses an interview method with librarians at the BNN Library regarding library management which is carried out based on the library management function. The results show that only the implementation function is well practiced, but other library management functions such as planning, organizing and controlling at the BNN Library have not been carried out effectively."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Indah Siti Rahayu
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kompetensi yang dimiliki oleh Kepala Perpustakaan Sekolah di wilayah Kelurahan Cibubur Jakarta Timur, yang dilakukan di empat 4 sekolah, yaitu: SDIA 20 Cibubur, SDN 01 Cibubur, SDN 05 Cibubur, SDN 11 Cibubur sesuai dengan Permendiknas No.25 Th.2008. Pada penelitian ini yang menjadi subjek kajian adalah kompetensi yang dimiliki oleh Kepala Perpustakaan Sekolah yang ada di wilayah Kelurahan Cibubur. Informan yang diteliti empat 4 orang Kepala Perpustakaan, dengan menggunakan teknik wawancara dengan jenis penelitian kualitatif.
Hasil penelitian adalah bahwa pencapaian Kepala Perpustakaan Sekolah di wilayah Kelurahan Cibubur belum sepenuhnya dapat menunjukan kompetensi yang baik, khususnya kompetensi pengembangan profesi, kompetensi pengelolaan informasi dan kompetensi kepribadian dan sosial. Penelitian ini menyarankan agar Kepala Perpustakaan Sekolah sebaiknya lebih merencanakan pengorganisasian sumber daya perpustakaan, mengembangkan kesadaran para pustakawan, melakukan sosialisasi lebih banyak, dan menghimbau pustakawan untuk mulai melakukan kajian-kajian ilmiah sehingga bisa memenuhi kompetensi Wawasan Kependidikan.
This research aims to explain the competence that is had by the Heads of School Libraries in the area of Kelurahan Cibubur Jakarta Timur, which is at SDIA 20 Cibubur, SDN 01 Cibubur, SDN 05 Cibubur, SDN 11 Cibubur, according to Permendiknas no. 25 of 2008. The subject of this research is the competence that is had by the Heads of School Libraries in the area of Kelurahan Cibubur. Informants of the research are four 4 Heads of School Libraries, analyzed by doing interviews with qualitative research type.The result is that the Heads of School Libraries in the area of Kelurahan Cibubur have not fully shown good competence needed, especially in terms of professional development, information management, and personal and social competence. This research suggests that the Heads of School Libraries should plan the organization of library resources more, develop the awareness of librarians, do library socialization more and urge librarians to start doing scientific studies so that it can meet the competency of Wawasan Kependidikan Educational Insight."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66036
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Julianti Maesarah
"Perpustakaan perguruan tinggi merupakan sarana yang penting dalam menunjang kebutuhan informasi penggunanya yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan di perguruan tinggi tersebut. Universitas Indonesia, sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, memiliki perpustakaan pusat universitas dan perpustakaan-perpustakaan yang tersebar di 12 fakultas yang dimilikinya. Perpustakaan fakultas tersebut berada dalam wewenang fakultas yang menaunginya, sehingga kedudukan perpustakaan dalam struktur organisasi fakultasnya pun berbeda-beda. Semua itu tergantung pada kebijakan masing_masing fakultas. Pada kenyataannya, kondisi perpustakaan fakultas tersebut berbeda-beda jika ditinjau dari segi fisik, koleksi dan sumber daya manusianya. Penelitian ini mencoba mencari pengaruh struktur organisasi terhadap pengembangan perpustakaan fakultas di Universitas Indonesia. Dalam penelitian ini, ternyata ditemukan faktor kompetensi dan sikap kepemimpinan dari kepala perpustakaan, budaya organisasi perguruan tinggi, serta faktor lingkungan dan manajemen yang ikut mempengaruhi pengembangan perpustakaan fakultas di Universitas Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel 3 perpustakaan fakultas yang ada di Universitas Indonesia, yaitu perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Iimu Politik (FISIP) dan perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, karena memberikan gambaran pengembangan perpustakaan yang terjadi di ke-3 fakultas. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, yaitu berusaha memahami dan menggali lebih dalam faktor-faktor lain yang terjadi dalam proses pengembangan perpustakaan fakultas di Universitas Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muthia Nurhayati
"Pada era reformasi birokrasi saat ini, perpustakaan selaku unit kerja yang mendukung tujuan lembaga induknya dituntut untuk menghasilkan kinerja yang optimal, lantas bagaimana seharusnya pengukuran kinerja pada perpustakaan khusus di kementerian/LPNK sebaiknya dilakukan. Balanced scorecard (BSC) merupakan salah satu management tools yang tidak hanya sekedar melakukan pengukuran kinerja pada perkembangannya. Rintisan implementasi BSC telah dilakukan oleh Kementerian Keuangan dan menjadi inspirasi bagi kementerian Keuangan dan menjadi inspirasi bagi kementerian/LPNK lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi BSC di perpustakaan khusus di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sebagai upaya penggambaran implementasi BSC, dengan pengumpulan data terutama melalui studi literatur terhadap beberapa penelitian sebelumnya mengenai implementasi BSC di perpustakaan dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi BSC di perpustakaan sudah lama diterapakan di luar Indonesia terutama di perpustakaan perguruan tinggi, adapun implementasi BSC bagi perpustakaan khusus di Indonesia belum berdiri sendiri dalam artian masih bergabung dengan implementasi BSC lembaga induknya."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2018
020 VIS 20:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Endang Fatmawati
"
ABSTRACTPenelitian ini merupakan studi tentang khalayak pustakawan dengan pendekatan analisis resepsi. Tujuan penelitian adalah mengetahui encoding tayangan bertajuk gemilang perpustakaan nasional 2016 di Tv One kepada khalayak pustakawan dan bagaimana khalayak pustakawan aktif meresepsi pesan kode dalam tayangan gemilang perpustakaan nasional 2016 di Tv One. Acara yang mengangkat topik tentang perpustakaan ini berjenis variety show. Data penelitian diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. temuan penelitian bahwa resepsi pustakawan ternyata memiliki pemaknaan masing-masing terhadap pesan yang disampaikan. Bisa saja tayangan tersebut dihadirkan untuk mendongkrak jumlah khalayak karena TV One barangkali dikenal dengan media yang anti mainstram atau sekedar spectacles TV One agar dianggap pelopor media yang peduli terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Hasil di Tvone diketahui ada tiga pembacaan. Negotiated meaning yang bernego dengan identitasnya sebagai pustakwan yang disembunyikan ketika berinteraksi dengan profesi lainnya di masyarakat (informan Dn). Decoding oposisional dimana informan Sw memahami encoding bahwa tidak mengalami perlakuan yang tidak baik dari profesi lainnya. Posisi hegemonik-dominan ketika informan Bd dan FI menerima tayangan bertajuk "gemilang perpustakaan nasional 2016" secara penuh."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2018
021 MPMKAP 25:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Yuyu Yuningsih
"Salah satu pelayanan publik digital di Puslatbang PKASN adalah aplikasi perpustakaan digital yang dimulai sejak tahun 2010. Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikembangkan secara internal dan telah dimanfaatkan selama lebih dari sepuluh tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas aplikasi tersebut, kemudian menganalisis faktor pendorong dan penghambat implementasi, serta bagaimana strategi menghadapinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan triangulasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna aplikasi perpustakaan Puslatbang PKASN untuk melihat efektivitas pelayanan perpustakaan digital, serta wawancara dilakukan kepada pustakawan Puslatbang PKASN untuk mengetahui tentang pengelolaan perpustakaan, serta faktor pendukung dan penghambat layanan perpustakaan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 93,34% pengguna merasa terbantu dengan adanya pelayanan digital perpustakaan Puslatbang PKASN. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pelayanan digital perpustakaan Puslatbang PKASN sangat tinggi. Faktor pendukung sekaligus faktor penghambat pelayanan perpustakaan Puslatbang PKASN yaitu komitmen pimpinan terhadap pelayanan perpustakaan digital. Rekomendasi bagi instansi lain yang akan mengadopsi dan/atau mereplikasi pelayanan ini, antara lain harus memperhatikan ketersediaan SDM pengelola perpustakaan yang kompeten, ketersediaan infrastruktur yang mendukung, serta adanya kebijakan pimpinan yang mendukung pelayanan perpustakaan digital."
Sumedang: Puslatbang Pkasn Lan, 2022
JWK 25:1 (2022)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Lina Rosidinawati
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan layanan multimedia yang terdapat di Perpustakaan Bank Indonesia dilihat dari pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung, sumber daya manusia, pengelolaan koleksi, dan sistem layanan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Unit dari Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Riset serta para petugas perpustakaan yang memberikan layanan multimedia.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan layanan multimedia telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik dari sisi pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung , pengelolaan koleksi, maupun sistem layanan. Namun penyediaan sumber daya manusia untuk menunjang pemberian layanan belum dilaksanakan oleh perpustakaan Bank Indonesia.
This research discusses the development of multimedia services in the Library of Bank Indonesia focused on the collection development, facilities and supporting devices, human resources, collection management, and the system services implementation. This study is a qualitative research with case study method. Data collection methods used in this study were interviews, observation and document analysis. The informants in this study were the Head Unit of the Public Library and Research Libraries and the librarians who work for multimedia services. The survey results revealed that the development of multimedia services have been implemented by Bank Indonesia Library in terms of collection development, facilities and supporting devices, collection management, and system services. However, the provision of human resources to support the provision of library services have not been implemented by Bank Indonesia Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46132
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dini Kurniasari
"Skripsi ini membahas mengenai penerapan manajemen perpustakaan di Taman Bacaan Masyarakat Anak Bangsa. Penerapan manajemen perpustakaan meliputi penerapan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, pedekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan fungsi manajemen di TBM Anak Bangsa berjalan berdasarkan hubungan antar anggota organisasi yang didominasi oleh satu orang yang disebut dengan kordinator harian. Kordinator harian dianggap memiliki pengalaman sehingga hampir keseluruhan tugas-tugas dilimpahkan kepada nya. Dengan bentuk penerapan manajemen yang seperti itu, maka kendala yang muncul yaitu berupa kurangnya tanggung jawab dari pengurus lain dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, termasuk juga tanggung jawab ketua yang bertugas sebagai pemimpin yang seharusnya mencontohkan bentuk komunikasi dan kordinasi yang dapat ditiru oleh semua pengurus yang menjadi bawahannya.
This thesis discusses the implementation of library management in the community reading center "Anak Bangsa". Library management application includes the application of management functions including planning, organizing, mobilization, and surveillance. By using qualitative research methods, case studies approach and data collection through interviews, observation, and document collection. The study concluded that the application of management functions in the community reading center "Anak Bangsa" based on the relationship between members of an organization dominated by a single person who called the daily coordinator. Daily coordinator is considered to have the experience that almost all the tasks delegated to her. With the application form such management, the problems were encountered, namely a lack of responsibility of another committee in carrying out their duties and obligations, including responsibility for serving as chairman or manager of the supposed leader exemplifies this form of communication and coordination that can be emulated by all the board subordinates."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42924
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library