Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tommy Limes
"Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Kapal rescue merupakan kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi dan olah gerak yang baik dalam operasionalnya sehingga pemilihan jumlah mesin dan propeller sangat berpengaruh terhadap performa kapal. Kapal ndash; kapal cepat pada umumnya menggunakan sistem propulsi bermesin ganda untuk dapat memperoleh kecepatan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem propulsi twin screw pada kapal rescue basarnas tipe 40 meter baik dari segi teknis maupun segi ekonomis tanpa mengubah bentuk lambung kapal. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mesin yang diperlukan untuk mencapai kecepatan kapal yang diinginkan adalah mesin dengan spesifikasi 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM dan propeller yang digunakan adalah propeller dengan 4 daun, diameter sebesar 1345,23 mm, pitch sebesar 1506,66 mm, pitch ratio sebesar 1,12, expanded area ratio sebesar 1,117 dan berat sebesar 265,4 kg. Secara ekonomis ditinjau dari konsumsi bahan bakar sistem propulsi twin screw memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem propulsi triple screw.

Propulsion system is one of the main components in a ship designing process. Rescue boat is a ship that needs to have high speed and good maneuverability, therefore the main engine and propeller chosen for the ship is very influential to the ship's performance. High speed craft usually uses more than one engine to achieve high speed. The purpose of this research is to analyse the twin screw propulsion system for the Indonesian National Search and Rescue ship technically and economically without any changes in ship rsquo s hull. The results obtained shows that the engine required to achieve the desired velocity is two engines with specification of 2159 HP, 1610 kW, 1800 RPM and the propeller used is a 4 bladed propeller with diameter of 1345.23 mm, pitch of 1506.66 mm, pitch ratio of 1.12, expanded area ratio of 1.117, and approximate weight of 265.4 kg. Economically, reviewed from the fuel consumption, twin screw propulsion system is proven to be more efficient than triple screw propulsion system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66698
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reno Purnomo Asmoro
"Perkembangan teknologi sistem propulsi telah melahirkan alternatif dari sistem propulsi yang sudah ada. Perkembangan teknologi sistem propulsi ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem yang efisien dan dapat diandalkan. Namun pengaplikasian sitem propuisi baru ini di Indonesia belum terlalu luas Permasalahan inilah yang kemudian menjadi alasan perlu adanya suatu kajian tentang pertimbangan pemilihan mesin yang paling tepat.
Penelitan ini terbatas untuk studi perbandingan jenis sistem propuisi untuk kapal patroli tipe 28 meter dari aspek teknis dan ekonomis. Kegiatan pengkajian ini dimulai dengan studi literatur dan studi lapangan untuk menentukan kapal yang akan dianalisa serta jenis sistem propulsinya. Selanjutnya adalah memilih sistem propuisi lainnya yang paling memungkinkan untuk digunakan pada kasus tersebut.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa hasil perbandingan dari aspek teknis dari penggunaan sistem propuisi dengan menggunakan Arneson Surface Drive sebagai pengganti Conventional System yang terdapat pada kapal tersebut.

Technological growth of propulsion system is make new kind of propulsion system. The new kind propulsion system invented to get more efficient and more reliable propulsion system. But a new kind of propulsion system is not familiar in Indonesia. This problems later, then become reason need existence study about consideration of most machine election precisely.
This research limited for study of comparison of type of propulsion system for patrol boat 28 metre type from technical and economical aspect. This study activity started with study of literature and field study to determine ship to be analysed and also type of propulsion system. Then selected most other propulsion system enable to be used at the case.
End result from this research in the form of comparison result from technical aspect the than use of propulsion system by using Arneson Surface Drive in the place of Conventional System that found on the ship.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38081
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathir Fauzi
"ABSTRAK
Kapal ikan merupakan alat apung yang dipergunakan untuk melakukan penangkapan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan, pelatihan perikanan, dan penelitian/eksplorasi perikanan. Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama dalam perancangan sebuah kapal. Saat ini sistem propulsi yang mayoritas digunakan pada kapal ikan yaitu, sistem propulsi konvensional BBM . Penelitian ini dilakukan untuk merancang kapal ikan dengan sistem propulsi hybrid dan menganalisis perbandingan penggunaan antara sistem propulsi bahan bakar dengan sistem propulsi hybrid. Setelah dari perancangan awal dan analisis di dapatkan bahwa sistem propulsi elektrik secara efisiensi dan ramah lingkungan lebih baik dari sistem propulsi bahan bakar. Namun dari segi berat maka sistem propulsi bahan bakar lebih baik disbanding sistem propulsi elektrik.

ABSTRACT
Fishing vessel is a floating tool used for fishing, fish transportation, fish processing, fisheries training, and fisheries research exploration. The propulsion system is one of the main components in the design of a ship. Currently the propulsion system that is mostly used in fishing vessels is conventional propulsion system BBM . This research was conducted to design fish vessels with hybrid propulsion system and analyze the comparison of use between conventional propulsion system with hybrid propulsion system. After the initial design and analysis it was found that the electric propulsion system is better in an efficient and environmentally than the conventional propulsion system. But in terms of weight, the conventional propulsion system is better than the electric propulsion system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saeful Rohman
"Tesis ini merupakan bahasan hasil penelitian fabrikasi material nanokomposit dengan perbaikan pada proses fabrikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik dan termal dari material nanokomposit nanoclaypolipropilena melalui peningkatan panjang screw dalam mesin twin screw extruder (TSE). Screw pendek yang digunakan memiliki panjang 300 mm, sedangkan screw panjang ukurannya 600 mm. Formulasi dari nanokomposit adalah 3,5 % nanoclay dalam matrik polipropilena dengan aditif kompatibiliser 5 % PP-g-MA. Hasil pengamatan struktur mikro nanokomposit menggunakan scanning electron microscope (SEM) dan scanning probe microscope (SPM) menunjukkan bahwa hasil fabrikasi nanokomposit menggunakan mesin pencampur TSE screw panjang memiliki sebaran/dispersi nanoclay yang lebih baik dibanding hasil fabrikasi menggunakan screw pendek. Dari hasil pengujian sifat mekanik nanokomposit yang dilakukan yang meliputi kekuatan tarik, modulus kekakuan, kekerasan, ketahanan aus dan ketangguhan menunjukkan bahwa nanokomposit hasil fabrikasi menggunakan screw panjang sifat mekaniknyalebih baik. Modulus kekakuan meningkat 34 %, ketangguhan dan kekerasan meningkat 1 %,. Dampak positif dari penelitian ini adalah meningkatnya sifat termal nanokomposit hasil fabrikasi menggunakan screw panjang dari pada hasil fabrikasi menggunakan screw pendek, sifat termal yang dianalisis meliputi: temperatur dekomposisi, temperatur defleksi, kecepatan bakar dan temperature leleh. Bila dibandingkan dengan polipropilena, maka nanokomposit memiliki peningkatan sifat sdiantaranya termal defleksi 7 %, termal dekomposisi 2 % dan ketahanan bakar 8 %.

This thesis is a discussion of material manufacturing nanocomposites with improvements in the manufacturing process. This research aims is to improve the mechanical and thermal properties of nanoclay-polypropylene nanocomposites material through the longer screw in the twin screw extruder (TSE) mixer machine. Short screw used own length of 300 mm, while the other screw length of 600 mm in size. Formulation of nanocomposites is 3.5% nanoclay in polypropylene matrix with compatibilizer of 5 % PP-g-MA. The results of micro structure of nanocomposites observed by scanning electron microscope (SEM) and scanning probe microscope (SPM) showed that the nanocomposites manufacturing using a long screw found that the dispersion of nanoclay in nanocomposites is better than fabricated using a short screw. The mechanical testing of nanocomposites materials includes a tensile strength, elastic modulus, hardness, impact, and wear resistance the results showed that the nanocomposites manufacturing use longer screw have increased of mechanical properties, elastic modulus improve 34 %, impact charpy and hardness improve 1 %,. The side effect of this research is thermal properties of nanocomposites manufacturing use long screw was increased compared nanocomposites manufacturing using short screw. The thermal properties has analysed by flammability, thermal decomposition, thermal deflection, and melting temperature. Compare to polypropylene, the nanokomposites as manufacture has improve thermal deflection 7 %, thermal decomposition 2 % and flame retardant 8 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T41233
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Saeful Rohman
"Tesis ini merupakan bahasan hasil penelitian fabrikasi material nanokomposit dengan perbaikan pada proses fabrikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik dan termal dari material nanokomposit nanoclay- polipropilena melalui peningkatan panjang screw dalam mesin twin screw extruder (TSE). Screw pendek yang digunakan memiliki panjang 300 mm, sedangkan screw panjang ukurannya 600 mm. Formulasi dari nanokomposit adalah 3,5 % nanoclay dalam matrik polipropilena dengan aditif kompatibiliser 5 % PP-g-MA.
Hasil pengamatan struktur mikro nanokomposit menggunakan scanning electron microscope
Dari hasil pengujian sifat mekanik nanokomposit yang dilakukan yang meliputi kekuatan tarik, modulus kekakuan, kekerasan, ketahanan aus dan ketangguhan menunjukkan bahwa nanokomposit hasil fabrikasi menggunakan screw panjang sifat mekaniknyaiebih baik. Modulus kekakuan meningkat 34 %, ketangguhan dan kekerasan meningkat 1 %,.
Dampak positif dari penelitian ini adalah meningkatnya sifat termal nanokomposit hasil fabrikasi menggunakan screw panjang dari pada hasil fabrikasi menggunakan screw pendek, sifat termal yang dianalisis meliputi: temperatur dekomposisi, temperatur defleksi, kecepatan bakar dan temperatur leleh. Bila dibandingkan dengan polipropilena, maka nanokomposit memiliki peningkatan sifat sdiantaranya termal defleksi 7 %, termal dekomposisi 2 % dan ketahanan bakar 8 %.

This thesis is a discussion of material manufacturing nanocomposites with improvements in the manufacturing process. This research aims is to improve the mechanical and thermal properties of nanociay-polypropylene nanocomposites material through the longer screw in the twin screw cxtruder (TSE) mixer machine. Short screw used own length of 300 mm, while the other screw length of 600 mm in size. Formulation of nanocomposites is 3.5% nanoclay in polypropylene matrix with compatibilizer of 5 % PP-g-MA.
The results of micro structure of nanocomposites observed by scanning electron microscope (SEM) and scanning probe microscope (SPM) showed that the nanocomposites manufacturing using a long screw found that the dispersion of nanoclay in nanocomposites is better than fabricated using a short screw, The mechanical testing of nanocomposites materials includes a tensile strength, elastic modulus, hardness, impact, and wear resistance the results showed that the nanocomposites manufacturing use longer screw have increased of mechanical properties, elastic modulus improve 34 %, impact charpy and hardness improve 1 %,.
The side effect of this research is thermal properties of nanocomposites manufacturing use long screw was increased compared nanocomposites manufacturing using short screw. The thermal properties has analysed by flammability, thermal decomposition, thermal deflection, and melting temperature. Compare to polypropylene, the nanokomposites as manufacture has improve thermal deflection 7 %, thermal decomposition 2 % and flame retardant 8 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25991
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Ibrahim
"Berdasarkan adanya Permen KP No. 57/2014 berdampak pada banyaknya kapal angkut ikan yang tidak dapat beroprasi sehingga diperlukan modifikasi guna utilitasi kapal angkut ikan menjadi kapal angkut barang dan penumpang. Modifikasi dilakukan dari segi fungsi, rute dan teknis. Salah satu aspek yang mengalami perubahan yaitu kecepatan. Kecepatan harus ditingkatkan tanpa adanya perubahan pada mesin utama dan shaft.
Untuk memenuhi perubahan tersebut maka salah satu langkah yang bisa diambil adalah pengurangan hambatan dengan cara penurunan draft pada kapal dan rancangan ulang pada propeller. Perhitungan hambatan dilakukan dengan 3 metode yaitu : metode Yamagata, permodengan menggunakan software maxsurf dengan metode Holtrop, dan uji tarik. Hambatan berkurang 15,6 kN menurut Metode Holtrop, berkurang 29,92 kN menurut metode yamagata dan berkurang 148,47 kN dari hasil uji tarik.

According to Permen KP No. 57/2014 that effects on the number of not operating fishing vessel, that leads to the urgency of modification to utilize such vessel into cargo and passenger vessel. This modification consist of function, route, and technical specification. One of modified aspec is speed. This aspec must be increase without any changes of main engine and shaft.
In order to fulfill such change, the redaction of ship resistance shold be done by decreasing draft of the ship and redesign of the existing propeller. Resistance will be calculate using 3 methods, such as: Yamagata Method, Modelling and Visualisation with Holtrop Method in Maxsurf, and Towing Test. Resistance decreased 15,6 kN based on Holtrop Method, decreased 29,92 kN based on Yamagata Method and decreased 148,47 kN based on Towing Test.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridho
"Sebuah kapal hydrofoil dengan kecepatan tinggi diperlukan untuk menjadi alat transportasi terkini sebagai sarana transportasi penumpang antar pulau. Ketika kapal meningkatkan kecepatannya, hydrofoil memproduksi gaya angkat sehingga lambungnya terangkat dan keluar dari air dan menyebabkan pengurangan gesekan dan peningkatan dalam kecepatan. Skripsi ini membahas tentang analisis kinerja mesin propulsi kapal hidrofoil dengan menggunakan penggerak waterjet pada kapal hydrofoil dimulai dari perhitungan hambatan, pemilihan mesin penggerak, hingga pemilihan waterjet yang sesuai. Didapatkan dari data perhitungan bahwa main engine yang digunakan untuk menjadi mesin penggerak utama kapal adalah turbin gas yang memiliki daya 4000 kW dan putaran 14200 RPM. Sedangkan untuk pemilihan waterjet, yang digunakan adalah Waterjet dari Wartsilla dengan putaran maksimum 2000 RPM.

An hydrofoil ship with high speed needs to be the latest transportation vehicle on sea. When the ship increases the speed, the hydrofoil produce lift so that the hull of the ship is lifted out of the water and decreases the friction causes the increases of speed. This thesis explains the analysis performance of propulsion engine with the waterjet system as the propulsor starts with drag calculation, prime mover and waterjet selection. From the calculation data, it can be conclude that gas turbine with 4000 kW is the prime mover and waterjet with 2000 RPM maximum speed is the propulsor system."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hamnah Ayuningtyas
"ABSTRAK
Waterjet propulsion pada kapal unmanned surface vehicle adalah sistem propulsi dengan prinsip kerja yang menggunakan sistem semburan air sebagai media pendorong. Gaya dorong yang dihasilkan bergantung oleh pasukan air yang tersedia. Semburan air pada nozzle dihasilkan dari saluran masuk pada bagian dasar kapal yang dibantu dengan pompa pada waterjet. Pada bagian saluran masuk ini akan berpengaruh terhadap distribusi aliran yang akan melewat pompa dan akhirnya keluar melalui nozzle. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis inlet-passage pada waterjet yang divariabelkan dengan inlet velocity ratio agar mendapatkan nilai efisiensi yang maksimal dari waterjet propulsion system. Pengerjaan skripsi ini menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD) dan perhitungan secara analitik. Inlet velocity ratio divariasikan dari 0,54 , 0,59 , 0,67 , 0,78 , 0,94 , 1,18 , 1,64 , dan 2,38 yang nantinya akan dibandingkan hasilnya. Dari hasil analisa akan didapatkan volume yang keluar dari waterjet dan hasilnya akan didapatkan nilai thrust. Nilai thrust tertinggi yang didapatkan berdasarkan variasi nilai IVR sebesar 2,38 , dan nilai efisiensi yang maksimal sebesar 98%.

ABSTRACT
Waterjet propulsion on the unmanned surface vehicle ships is a propulsion system with a working principle that uses a water spray system as a propelled. The thrust generated depends on the available water. The spray of water in the nozzle are generated from the inlet at the bottom of the ship which is assisted by a pump on the waterjet. In this part of the inlet will affect the distribution of the flow that will pass the pump and finally exit through the nozzle. The purpose of this thesis is to analyze the inlet-passage on the waterjet which is varied with the inlet velocity ratio to get the maximum efficiency value from the waterjet propulsion system. This thesis works using the computational fluid dynamics (CFD) method and analytical calculations. Inlet velocity ratio is varied from 0.54, 0.59, 0.67, 0.78, 0.94, 1.18, 1.64, and 2.38 which will be compared to the results. From the results of the analysis we will get the volume coming out of the waterjet and the results will get the thrust value. The highest thrust value obtained is based on variations in the IVR value of 2,38, and the maximum efficiency value of 98%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqianda Fadlurrahman
"Kenaikan harga BBM membuat biaya operasional kapal menjadi semakin tidak terjangkau merupakan akar masalah dari kemiskinan yang dialami oleh nelayan kecil. Hal ini mengindikasikan perlunya solusi untuk mengurangi ketergantungan pada BBM. Energi listrik sebagai alternatif memiliki potensi karena lebih murah dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kapal ikan untuk mengevaluasi dan mengoptimasi performa sistem propulsi dengan mengatur putaran BLDC Motor dan memilih sistem transmisi untuk performa kapal yang optimal.Dua tahap pengujian dilakukan: tahap pra optimasi menggunakan transmisi gearbox dan pulley belt dengan rasio 1:7,07, dan tahap pasca optimasi menggunakan transmisi pulley belt dengan rasio 1:1,6. Analisis data berfokus pada hubungan kecepatan putaran motor listrik dengan arus, daya dan kecepatan kapal menunjukkan peningkatan performa sistem propulsi kapal secara keseluruhan. Optimasi performa sistem propulsi telah berhasil dilakukan ditandai dengan meningkatnya kecepatan maksimum kapal, dari pengujian tahap pra optimasi yaitu 3,24 knot pada 3487,57 RPM, menjadi 4,14 knot pada 715,96 RPM saat pengujian pasca optimasi, sehingga parameter kecepatan kapal telah tercapai.

The increase in fuel prices, making the operational costs of ships increasingly unaffordable, is the root cause of the poverty experienced by small-scale fishermen. This indicates the need for solutions to reduce dependence on fuel. Electric energy as an alternative has potential because it is cheaper and environmentally friendly. In this study, tests were conducted on fishing vessels to evaluate and optimize the performance of the propulsion system by regulating the rotation of the BLDC motor and selecting the transmission system for optimal vessel performance. Two stages of testing were conducted: the pre-optimization stage using gearbox and pulley belt transmission with a ratio of 1:7.07, and the post-optimization stage using pulley belt transmission with a ratio of 1:1.6. Data analysis focused on the relationship between the speed of the electric motor, current, power, and vessel speed, showing an overall improvement in the vessel's propulsion system performance. The optimization of the propulsion system performance was successfully achieved, as indicated by the increase in the vessel's maximum speed from 3.24 knots at 3487.57 RPM in the pre-optimization test to 4.14 knots at 715.96 RPM in the post-optimization test, thus achieving the vessel speed parameters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riaz Fachrizal Muzadi
"

Pembangunan Ibu Kota Negara yang terletak di Kalimantan Timur mengusung konsep Future Smart Forest City. Untuk mendukung pembangunan konsep kota ini diperlukan integrasi antara konstruksi dengan digitalisasi seperti teknologi Digital Twin. Namun konsep Digital Twin ini masih dalam tahapan pengembangan di seluruh dunia dan belum banyak diketahui efek dan manfaatnya pada tahapan konstruksi terutama pekerjaan monitoring. Oleh karena ini, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apa saja perbedaan yang terdapat pada monitoring konvensional dengan monitoring digital untuk kemudian dilihat seberapa besar efektivitas waktu dan efisiensi biaya yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis studi literatur dari penelitian yang telah ada dan penyesuaiannya dengan pembangunan IKN yang kemudian didiskusikan dan validasi oleh pakar/ahli melalui wawancara. Diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa perbedaan yang terdapat antara kedua jenis monitoring ditinjau dari tahapan Construction Progess Monitoring. Dari perbedaan tersebut juga diperoleh daftar tenaga ahli atau SDM yang digunakan serta peralatannya. Tenaga ahli dan peralatan yang digunakan pada kedua jenis monitoring kemudian di analisis dengan hasil yaitu efektivitas waktu sebesar 68.97-78.57% serta efisiensi biaya sebesar 58.55-71.60%.


The development of the Ibukota Negara which is located in East Kalimantan carries the concept of the Future Smart Forest City. To support the development of this city concept, integration between construction and digitalization is needed, such as Digital Twin technology. However, the Digital Twin concept is still under development throughout the world and not much is known about its effects and benefits at the construction stage, especially monitoring work. Because of this, this research was conducted with the aim of finding out what are the differences between conventional monitoring and digital monitoring and then seeing how much time effectiveness and cost efficiency are used. This research was carried out using the method of analysis of literature studies from existing research and its adjustments to the development of IKN which were then discussed and validated by experts through interviews. The results show that there are several differences between the two types of monitoring in terms of the Construction Progress Monitoring stage.. From these differences also obtained a list of experts or human resources used and the equipment. The experts and equipment used in both types of monitoring were then analyzed with the results of time effectiveness of 68.97-78.57% and cost efficiency of 58.55-71.60%.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>