Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 152776 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rama Krisna Prasetia
"ABSTRAK
Layanan panggilan darurat adalah kontak yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak seperti polisi, pemadam kebakaran dan pertolongan medis atau pengangkutan evakuasi ke Rumah sakit. Salah satu faktor terpenting dalam mitigasi bencana adalah penyampaian informasi, sistem aduan yang baik dalam keadaan darurat untuk perlindungan publik sangat dibutuhkanPemerintah berencana membuat sebuah layanan panggilan darurat dengan 1 satu nomor panggil, beberapa skema penyediaannya antara lain dengan ldquo;Skenario Beli rdquo; atau ldquo;Skenario Sewa rdquo; , jumlah rata-rata panggilan digunakan untuk menentukan kebutuhan bandwidth yang diperlukan dan hasil analisa keekonomian, ldquo;Skenario Beli rdquo; lebih baik karena memliki Ratio B/C >1 lebih besar dibanding ldquo;Skenario Sewa rdquo; serta memiliki nilai Opex yang lebih rendah pertahunnya.

ABSTRACT
Emergency call services is an available contact number that can be reach by public citizent in emergency situation to accomodate services from public Instutions such as Police Departement, Fire Departement, and Medical Services nor Hospital Evacuation Services. The most important thing in disaster mitigation process is fast delivery information, the eficiency of emergency service system is the main needs of public security.The Indonesian Ministry of Communication Informatics Technology, leading the development of all emergency call services in one single number, the several schemes provide such as ldquo Buy Scenario rdquo or ldquo Lease Scenario rdquo , the average total call is used to decide the bandwidth needs, and the result statement in economic analysis. The ldquo Buy Scenario rdquo is a better option which already have B C 1 ratio is bigger then ldquo Lease Scenario rdquo which also contain the smaller opex score each year. "
2017
T46836
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gaby Rachel
"Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan layanan panggilan darurat di Universitas Indonesia 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode semi kuantitatif desain deskriptif. Penelitian ini mendapatkan hasil 55% dari penilaian siswa komponen penilaian sistem cukup baik tetapi fitur aplikasi UI Panic Button masih kurang. Dalam komponen perencanaan program 40,8% penilaian siswa menunjukkan bahwa komponennya bagus. Pilihan untuk memanggil layanan respon Layanan darurat disediakan untuk menyesuaikan ketersediaan kredit pelajar dan kuota internet namun sebagian masih menganggap penggunaan aplikasi UI Panic Button kurang efisien karena panggilan itu dia pikir akhirnya tersambung ke telepon darurat UI. 52,5% dari penilaian siswa terhadap program implementasi ditemukan baik Namun sosialisasi layanan masih kurang, terutama terkait kegunaan layanan panggilan darurat ini. Selain itu, tidak didistribusikan secara luas ke semua siswa. 38,3% Penilaian program perbaikan sudah baik dan tidak semua siswa tahu caranya penggunaannya. Dalam hal instalasi dan pengaturan perangkat, UI telah merancang prosesnya yang bertujuan untuk mempercepat waktu respons. Selain itu, pelatihan juga telah dilakukan untuk petugas terkait keadaan darurat yang dapat terjadi di kampus UI. Di program sertifikasi, 50% nilai dari siswa yang telah menggunakan layanan ini diklasifikasikan baik. Hasil penelitian menyarankan agar Universitas Indonesia menambah fitur Aplikasi UI Tombol Panik; memperluas sosialisasi layanan; membutuhkan unduhan UI Tombol panik; dan meningkatkan kualitas layanan.

This study evaluates the implementation of emergency call services at the University of Indonesia 2018-2019. This study used a semi-quantitative descriptive design. This study gets 55% results from the student assessment component of the system assessment which is quite good but the UI Panic Button application feature is still lacking. In the program planning component, 40.8% of the students' assessments indicated that the components were good. The option to call the response service Emergency services are provided to adjust the availability of student credit and internet quota, but some still consider using the UI Panic Button application to be less efficient because they think the call is finally connected to the UI emergency phone. 52.5% of students' assessments of the implementation program were found to be good. However, the socialization of services was still lacking, especially regarding the usefulness of this emergency call service. In addition, it is not widely distributed to all students. 38.3% The assessment of the improvement program is good and not all students know how to use it. In terms of device installation and setup, the UI has designed its process aimed at speeding up response times. In addition, training has also been conducted for officers related to emergencies that can occur on the UI campus. In the certification program, 50% of the scores of students who have used this service are classified as good. The results suggest that the University of Indonesia adds the Panic Button UI Application feature; expand service socialization; requires panic button UI download; and improve service quality."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mareta Maulidiyanti
"Tesis ini membahas tentang bagaimana publik menanggapi hadirnya suatu sistem transportasi baru yaitu MRT Jakarta yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Penilitian ini berupaya melihat minat publik untuk menggunakan MRT ketika sudah beroperasi kelak. Penelitian ini berpijak pada Technology Acceptance Model (TAM) dalam membangun model peneltian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TAM dapat digunanakan untuk membuktikan minat menggunakan layanan transportasi baru yang masih dalam proses perencanaan. Hanya saja Technology Accepatance Model (TAM) dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap minat menggunakan/intention to use dan tidak sampai tahap penggunaan secara nyata (actual use) karena layanan dalam penelitian belum berwujud secara nyata. Perceived Ease of Use terbukti memiki pengaruh positif terhadap Perceived Usefulness dimana keduanya juga memiliki pengaruh positif terhadap sikap. Perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan. Pada akhirnya model penelitian ini menunjukkan bahwa sikap memiliki pengaruh positif pada minat menggunakan layanan transportasi baru. Dari sisi demografi, perbedaan usia dan pengeluaran membedakan perceived ease of use, perceived usefulness, sikap dan minat menggunakan sementara pendidikan tidak.

This thesis discusses how the public respond to the presence of a new transportation system, MRT Jakarta which has never existed before in Indonesia. This research exemined the public interest to use the MRT in the future. This study based on the Technology Acceptance Model (TAM). Results of this study indicate that the overall TAM can be used to prove the acceptance of new transportation services that are still in the development process. Technology Acceptance Model (TAM) in this study is limited until exemine the intention to use and not exemine the actual use because the product is still in development phase. Perceive Ease of Use has a positive influence toward Perceived Usefulness. Perceive usefulness and Perceive ease of use has a positive influence toward attitude. Perceived usefulness show the positive influence towards intention to use. Attitudes shown a significant influence on the intention to use of new transportation services. In terms of demographics, the study results show that differences in age and social class affect perceives usefulness, perceived ease of use, attitude and intention to use new transportation services. But this study show that educational differences do not distinguish the intention to use.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wendy Extrada
"Semakin banyaknya infrastruktur permanen dapat memperluas lapisan kedap air di permukaan tanah DKI Jakarta. Sebagian besar air hujan tidak terserap tanah, tetapi menjadi run off dan langsung masuk ke sungai. Limpasan hujan yang membawa sedimen, tercampur dengan sampah yang tidak terkelola, menyebabkan alur sungai dan waduk mengalami penyempitan, pendangkalan, dan aliran limpasan yang melebihi kapasitas alur sungai tersebut dapat menyebabkan banjir di Jakarta.
Pemerintah akan melakukan pengerukan beberapa sungai dan waduk di wilayah DKI Jakarta, melalui Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP) - Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI). Pada kegiatan ini dibutuhkan pengkajian terhadap penggunaan dan kombinasi alat berat yang sesuai dengan tingkat kesulitan pada kondisi wilayah sekitar sungai dan waduk yang padat penduduk.
Kombinasi alat berat terbaik untuk sungai adalah excavator back hoe PC 220, wheel loader WA -120, dump truck kapasitas 22 m3, dan untuk waduk berupa kapal keruk Ellicott 370 HP Dragon, wheel loader WA - 120, dump truck kapasitas 22 m3. Penggunaan kombinasi alat berat yang efektif pada normalisasi sungai dan waduk dapat meminimalkan biaya dalam proyek ini sebesar 12,04 % pada waduk dan 23,78% pada sungai. Secara keseluruhan nilai rata-rata efisiensi biaya yang dihasilkan untuk JUFMP-JEDI adalah 20,65 %.

Increasing permanent buildings and infrastructures expands the impervious layer on the land surface in Jakarta. It caused most of the rain water are not absorbed by the soil. The run off will go straight into the river, along with sediment and unmanaged solid waste. The result is narrowing and silted rivers and reservoirs. Run off that exceeds the capacity of the river channel causing floods in Jakarta.
Goverment willing to execute the dredging of the rivers and reservoirs in some areas, through Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP) - Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) plan. It needs assessment of the use and combination of heavy equipment in accordance with the level of difficulty on the condition around the river and reservoirs which are densely populated.
The best combination of heavy equipment for rivers is back hoe excavator PC 220, wheel loader WA -120 and dump truck with capacity of 22 m3, while for reservoirs is Ellicott 370 HP Dragon dredger, wheel loader WA - 120 and the dump truck with capacity of 22 m3. The use of effective heavy equipment combination on rivers and reservoirs normalization are able to minimize the costs of the project amounted to 12.04% for reservoirs and 23.78% for rivers. Overall average efficiency value of JUMFD-JEDI is 20,65%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Charles
"Layanan TELKOM Metro merupakan produk komunikasi data yang dihasilkan dari infrastruktur jaringan metro ethernet dengan Ethernet over MPLS sebagai teknologi akses dan transport-nya. Layanan ini menjadi kekuatan baru bagi TELKOM untuk memberikan layanan komunikasi data berkecepatan tinggi yang menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas layanan yang tinggi. Keberadaan layanan ini sebagai respon TELKOM melalui program "New Wave - Imagine Living in The World of Tomorrow Now", untuk menghadapi tekanan persaingan khususnya persaingan di pasar komunikasi data High End Market (HEM) yang merupakan pasar pelanggan korporasi yang memberikan kontribusi besar bagi pendapatan bagi TELKOM sebagai operator layanan komunikasi data.
Pada tesis ini akan dianalisis potensi kompetitif yang dimiliki oleh layanan TELKOM Metro dengan pemodelan Porter 5 Forces serta sekaligus akan dibahas SWOT terhadap kekuatan dan kelemahan internal dengan demikian dapat digunakan dalam penyusunan strategi bersaing dan optimalisasi layanan, sehingga TELKOM Metro akan memiliki keunggulan positioning dibandingkan pesaingnya di industri metro carrier ethernet services.

TELKOM Metro service is part of TELKOM?s New Wave - Imagine Living in The World of Tomorrow Now program. This service can deliver high speed data communication with high service flexibility and scalability. This capability came from Metro Ethernet Network which chooses as service`s supporting infrastructure with Ethernet over MPLS as access and transport technology. TELKOM launch this service as response to facing competitive force especially in Corporate data communication need in High End Market that has high contribution for Telkom`s revenue.
This thesis will analyze the competitive potential of TELKOM Metro with Porter 5 Forces Model and also SWOT analysis with purpose to identify the internal strength and weakness. The result could be used by TELKOM to arrange competitive and optimize strategies to get advantage positioning for TELKOM Metro in metro carrier ethernet services industry."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24651
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Feri Firmansyah
"Location-based emergency service atau layanan darurat berbasis lokasi merupakan suatu layanan yang mampu mengirimkan informasi darurat, termasuk informasi lokasi, kepada kerabat terdekat ketika dalam situasi darurat. Walaupun jenis aplikasi ini dapat memberikan manfaat dalam menjaga keamanan pribadi, tetapi tingkat penerimaan jika dilihat dari pengetahuan faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan untuk menggunakan jenis aplikasi tersebut masih minim. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi dalam keadaan darurat. The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology UTAUT digunakan sebagai teori dasar dengan menambahkan variabel kepercayaan trust, isu privasi privacy concern dan ketakutan akan tindak kriminalitas fear of crime.
Objek penelitian yang dijadikan sebagai studi kasus adalah aplikasi X-Igent Panic Button. Diantaranya terkumpul 348 data responden sebagai sampel penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modelling SEM berbasis kovariansi dengan bantuan tools AMOS 22.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi adalah ekspektasi kinerja performance expectancy, kepercayaan trust terhadap layanan atau penyedia layanan, pengaruh sosial social influence, ketakutan terhadap tindak kriminal fear of crime dan isu privasi terhadap pengumpulan informasi privacy concern collection. Faktor-faktor tersebut menjadi prediktor dari minat behavioural intention dengan menjelaskan sekitar 60,5 dari total variasi. Selain itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan trust terhadap layanan atau penyedia layanan memiliki pengaruh positif paling besar terhadap minat dalam menggunakan aplikasi mobile berbasis lokasi dalam keadaan darurat."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ahsan Taqwim
"Latar Belakang: Dalam pemberian pelayanan kesehatan dan non kesehatan dituntut untuk melakukan sebaik mungkin. Proses peningkatan kesehatan dapat dilakukan dengan melakukan penguatan terhadap pelayanan kesehatan, yaitu Rumah Sakit. Tujuan: Tujuan dari penelitian melakukan analisis implementasi indikator SPM IGD pada KMK No. 129 tahun 2008 di IGD Rumah Sakit “Sehat” Depok. Metode Penelitian: Desain pada penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan Jenis Penelitian Rapid Assesment Procedure. Hasil: Pada komponen input, pengambilan kebijakan melalui proses multi pimpinan, SDM masih belum pernah diadakan pelatihan kegawatdaruratan yang tersertifikasi, SOP keperawatan dan medis di IGD berjumlah 116. Sarana dan prasarana IGD masih belum sesuai dengan Permenkes RI No.47 tahun 2018. Pada komponen proses terdiri dari perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Pada komponen output terdapat indikator yang belum sesuai dengan SPM, pada indikator pemberi pelayanan gawat darurat yang bersertifikat yang masih berlaku BLS/PPGD/GELS/ALS hasil capaian 71%, keterserdian tim penanggulangan bencana tersedia satu tim, namun belum ada SK dari pimpinan. Kesimpulan: Belum tercapainya keseluruhan indikator pada SPM mengindikasikan bahwasanya mutu pelayanan dasar pada IGD Rumah Sakit “Sehat” Depok belum maksimal dalam implementasi dan pelaksanaanya. Saran: Melakukan optimalisisi pada SPM dengan mengadakan pelatihan dan penurunan SK untuk tim bencana di IGD.

Background: In the term of providing both health and non-health services, we are required to do our best. The process of improving public health can be undertaken by strengthening health services in the hospitals. Objectives: The purpose of this research is to analyze the implementation of the indicators of SPM IGD in KMK No. 129 of 2008 in the emergency room of Sehat Hospital in Depok. Research Methods: The design of this study uses a qualitative approach with Rapid Assessment Procedure. Results: Based on the input component, the hospital’s policy-making through a multi-leader process, the hospital’s human resources have never been held a certified emergency training while nursing and medical SOPs in the emergency room is 116. The emergency room facilities are still not following the Minister of Health Regulation No. 47 of 2018. Based on the process component, it consists of planning, decision making, organizing, leadership, and controlling. Based on the output component, the indicators are not following the SPM, the indicators of certified emergency service providers still use BLS/PPGD/GELS/ALS, which results in 71% (standard 100%), the disaster management team is only one team and there is no a decree from the director. Conclusion: The lack of positive results of all indicators in SPM indicates that the quality of basic services in Depok Sehat Hospital’s emergency room has not been maximally implemented. Suggestion: The hospitals’ stakeholder optimizes the SPM through certified training and the director signs the decree for the disaster management team in the emergency room.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadly Alwahdy
"Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK di Provinsi DKI Jakarta dilakukan sebagai bagian dari program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Namun, implementasi BLUD SMK menghadapi tantangan dalam optimalisasi pendapatan jasa layanan, pencapaian target kinerja, dan ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas sesuai Good School Governance pada BLUD SMK Negeri Mandiri ‘X’ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat masalah operasional yang belum teratasi sepenuhnya, seperti belum adanya pemutakhiran tarif layanan unit produksi SMK yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, SMK belum memiliki Standar Pelayanan Minimal yang terbaru.

The establishment of the Regional Public Service Agency (BLUD) SMK in DKI Jakarta Province was carried out as part of the Regional Strategic Activities (KSD) Revitalization of Vocational High Schools (SMK) program, which aims to improve the quality and competitiveness of Indonesian human resources. However, the implementation of BLUD SMK faces challenges in optimizing service revenue, achieving performance targets, and the availability of competent human resources. This study aims to analyze the challenges of implementing the principles of transparency and accountability in accordance with Good School Governance at BLUD SMK Mandiri 'X' Jakarta. This research uses a case study research method. The type of data used is primary data obtained directly from informants through in-depth interviews. The analysis results show that there are operational problems that have not been fully resolved, such as the absence of updating the service rates of SMK production units stipulated in the Governor's Regulation of DKI Jakarta Province. Additionally, SMK does not yet have the latest Minimum Service Standards."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adila Nurul Ilma
"Asia Tenggara secara statistik merupakan wilayah yang paling rawan bencana di dunia, menyumbang lebih dari 50% kematian akibat bencana global. Dengan latar belakang ini, the ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER) berdiri sebagai instrumen terkait manajemen risiko bencana yang mengikat secara hukum pertama di dunia yang telah diratifikasi oleh semua negara anggota ASEAN dan mulai berlaku pada tahun 2009. Menggunakan metode penelitian hukum kualitatif dan normatif, skripsi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi AADMER sebagai kerangka kerja yang mengikat secara hukum di ASEAN dengan menggali, pertama, kekuatan mengikat perjanjian tersebut terhadap negara-negara anggotanya; kedua, mekanisme kerja AADMER, khususnya melalui mesin operasionalnya AHA Centre; dan ketiga, implementasinya dalam rezim manajemen risiko bencana domestik masing-masing negara anggota. Kemudian, skripsi ini akan mengevaluasi implementasi AADMER pada kasus Topan Haiyan yang melanda Filipina pada tahun 2013. Disimpulkan bahwa, pertama, kekuatan mengikat AADMER sebagai kerangka manajemen risiko bencana regional pada negara-negara anggota ASEAN bertumpu pada kewajiban bagi negara-negara anggota untuk menerjemahkan ketentuan AADMER ke dalam hukum domestik, dan meskipun negara-negara anggota secara umum sudah menerapkan ketentuan AADMER, hukum domestik mereka belum memperjelas peran AADMER atau AHA Centre; kedua, bahwa mekanisme kerja AADMER sangat bergantung pada Negara Terdampak, sehingga diperlukan persetujuan dan permintaan Negara Terdampak untuk memobilisasi AHA Centre; dan ketiga, implementasi AADMER pada saat Topan Haiyan 2013 belum memadai karena kurangnya koordinasi selama fase tanggap darurat bencana dan kurangnya sumber daya manusia dan finansial.

Southeast Asia is statistically the most disaster-prone region in the world, contributing to more than 50% of global disaster mortalities. Against this backdrop, The ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER) stands as the world’s first legally binding disaster risk management-related instrument that was ratified by all ASEAN member states and entered into force in 2009. Using qualitative and normative legal research, this thesis aims to analyze the implementation of AADMER as a legally binding framework in ASEAN by delving into, first, the treaty’s binding force upon its member states; second, the working mechanism of AADMER, particularly through its operational engine AHA Centre; and third, its implementation in each member state’s domestic disaster risk management regime. Then, this thesis will evaluate AADMER’s implementation during Haiyan Typhoon that hit the Philippines in 2013. From the analysis, it was concluded that, first, AADMER’s binding force as a regional disaster risk management framework upon ASEAN member states rests in the obligation for member states to translate AADMER provisions into domestic law, and while member states have generally applied AADMER provisions, none of their municipal law acknowledge AADMER or AHA Centre; second, that the working mechanism of AADMER is heavily reliant on the Affected State, so the Affected State’s consent and request is required to mobilize AHA Centre; and third, the implementation of AADMER during Haiyan Typhoon 2013 was inadequate due to the lack of coordination during the disaster response phase and the lack of financial and human resources.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Kharisma Adhiputra Suardy
"Skripsi ini membahas rancang bangun jaringan IMS yang berbasis SIP menggunakan Open IMS core serta pengimplementasian layanan video call pada jaringan tersebut. Kualitas layanan video call diukur dengan memvariasikan besarnya bandwidth jaringan, parameter QoS objektif yang diukur adalah delay dan packet loss. Dari hasil pengukuran diperoleh bahwa layanan video call ini dapat bekerja dengan baik pada bandwidth 384 kbps keatas, dimana besarnya delay dan packet loss memenuhi standard yang dikeluarkan oleh ITU-T.

The focus of this study is build and design of IMS network that based on SIP using Open IMS Core and the implementation of video call service on it. The quality of video call service was measured by varying network's bandwidth, parameters of the objective QoS that were measured are delay and packet loss. From the measurement, video call service works well on bandwidth 384 kbps and above, where delay and packet loss that occurred satisfy ITU-T standard."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51251
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>