Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61480 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khairunnisa Adlina
"ABSTRAK
Telah terjadi perubahan pilihan orangtua pada pendidikan di masyarakat muslim kelas menengah melalui meningkatnya kecenderungan orangtua untuk mengirim anaknya sekolah pada sekolah berbasis agama. Hal ini disebabkan karena berjamurnya institusi pendidikan dengan label Islam. Studi sebelumnya menjelaskan bahwa peningkatan tersebut disebabkan karena faktor ekonomi dan sosial. Namun penulis berargumen bahwa peningkatan orangtua untuk mengirim anaknya sekolah pada sekolah berbasis agama karena adanya budaya konsumer terhadap institusi pendidikan berbasis Islam yang merupakan hasil dari komersialisasi pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif yaitu observasi dan wawancara mendalam terhadap pengelola, pengajar dan orangtua. Hasil temuan yang berhasil didapat adalah perubahan makna pendidikan bagi orangtua khususnya muslim kelas menengah atas. Terlihat bahwa orangtua memasukkan anaknya ke institusi pendidikan Islam yang mahal bertujuan untuk menunjukkan identitas serta membentuk ikatan sosial dengan sesama muslim kelas menengah atas sebagai hasil adanya budaya konsumer.

ABSTRACT
AbstractThere are several changes for parents to choose their children education in middle upper class Moeslem Society through the tendency of parents to send their children to the school based on religion schools has increased. It is caused by the emergence of an educational institution with the label of Islam. The previous studies explained that the increase was due to the economic and social factors. But the authors argue that the increasing of parents sending their children to the school based on religion schools for their consumer culture against Islam based educational institution that is the result of the commercialization of education. The study uses the descriptive study using qualitative methods of observation and in depth interviews with administrators, teachers and parents. The result of this study is there are several changes of parents rsquo educational intention, especially for middle to upper class Moeslem Society. The reason why some parents send their children to Islamic School is demonstrate the identity and establish social ties with fellow Muslim upper middle class as a result of the consumer culture."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Chalula Quraina Noorinsani
"Aspirasi orang tua memiliki peranan dalam mencapai mobilitas pendidikan. Selain sebagai sumber motivasi, aspirasi juga memengaruhi keputusan orang tua dalam mengalokasikan sumber daya untuk pendidikan anak mereka. Aspirasi ini dipengaruhi oleh nilai-nilai dan norma, termasuk faktor religiositas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aspirasi orang tua serta religiositas terhadap pencapaian pendidikan anak, dengan mempertimbangkan pengaruh budaya gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel IFLS 4 dan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspirasi orang tua memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap probabilitas anak mencapai pendidikan tinggi, tetapi orang tua memiliki aspirasi yang berbeda antara anak laki-laki dan perempuan. Dimana aspirasi orang tua diketahui lebih tinggi terhadap anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Parental aspirations play a role in achieving educational mobility. In addition to being a source of motivation, aspirations also influence parents' decisions in allocating resources for their children's education. These aspirations are influenced by values and norms, including factors of religiosity. This study aims to analyze the influence of parental aspirations and religiosity on children's educational achievement, considering the influence of gender culture. The method used in this study is panel data from IFLS 4 and 5. The results show that parental aspirations have a significant positive influence on the probability of children achieving higher education, but parents have different aspirations for boys and girls. It is found that parental aspirations are higher for boys compared to girls."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Audia Mahira
"ABSTRAK
Penelitian ini fokus membahas peran Majelis Agama Islam dalam perkembangan pendidikan Islam di wilayah Pattani. Makalah ini didasarkan pada penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur. Kajian terdahulu Joseph C. Liow mengemukakan dua tokoh penting dari Pattani terhadap reformasi dan pendidikan Islam di Pattani, pada penelitian ini akan membahas peran lembaga Islamnya. Permasalahan penelitian adalah apa saja yang dilakukan oleh Majelis Agama Islam dalam pengembangan Pendidikan Islam di wilayah Pattani dan bagaimana hubungannya dengan pemerintah. Dengan menggunakan teori peranan, ditemukan bahwa majelis tidak membuat norma secara tertulis untuk dipatuhi lembaga pendidikan. Majelis melakukan beberapa kegiatan terkait Pendidikan Islam yaitu dengan menjaga dan menambah pustaka di Pattani, meningkatkan kualitas guru, dan menaungi langsung sekolah Mahad Darul Maarif. Majelis Agama Islam Pattani berusaha untuk bersikap netral dan berpikiran hubungan institusional dengan masyarakat sekitar dan pemerintah. Sehingga kedudukan Majelis Agama Islam saat ini adalah sebagai lembaga yang diberikan kewenangan penuh untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan Islam dengan pemerintah.

ABSTRACT
This study focuses on discussing the role of the Islamic Religious Council in the development of Islamic education in the Pattani region. This paper is based on descriptive qualitative research with interview data collection techniques, field observations, and literature studies. Previous studies Joseph C. Liow revealed two important figures from Pattani for reform and Islamic education in Pattani, in this study will discuss the role of Islamic institutions. The research problem is what is done by the Islamic Religious Council in the development of Islamic Education in the Pattani region and how it relates to the government. Using role theory, it was found that the assembly did not make written norms for educational institutions to adhere to. The Assembly carried out several activities related to Islamic Education, namely by maintaining and adding literature in Pattani, improving the quality of teachers, and directly overseeing the Mahad Darul Maarif school. The Pattani Islamic Council seeks to be neutral and think of institutional relations with the surrounding community and the government. So that the position of the Islamic Religious Council at this time is as an institution that is given full authority to take care of matters relating to Islam with the government."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Iit Iriyana Mukhlisoh
"Skripsi ini membahas bagaimana perkembangan salah satu pondok pesantren tertua di Tambakberas, Jombang, Jawa Timur mampu bertahan keberadaanya di tengah semakin dikekangnya keberadaan pondok pesantren oleh pihak kolonial. Usaha untuk merevitalisasi pondok pesantren dilakukan oleh salah satu pimpinan pondok tersebut yaitu K.H. Wahab Hasbullah dengan mendirikan madrasah Mubdl Fan. Hal ini bertujuan agar keberadaan pondok pesantren ini tetap menjadi tempat menggali ilmu bagi masyarakat sekitarnya. Dari awal kepemimpinan K. H. Wahab Hasbullah, pondok pesantren ini mengalami perkembangan dan pembaruan baik dari segi fisik maupun non fisik.

The focus of this study about development one of the oldest boarding school in Tambakberas, Jombang, East Java. This boarding school able to maintance its existence in the middle of the limitation by the Dutch Colonial. Efforts to revitalize the boarding school conducted by one of the leaders, K.H. Wahab Hasbullah. He built madrasah Mubdl Fan intended that the existence of the boarding school remains a place to explore the science surrounding communities. From the beginning of leadership K.H. Wahab Hasbullah this boarding school is experienced growth and change in bot physical and non-physical."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hasim A. Rachmat
"Skripsi ini memaparkan secara umum dinamika sistem pendidikan pesantren di Bekasi pada masa Orde Baru 1967-1998. Pemaparan dikhususkan kepada penjelasan mengapa sistem pendidikan pesantren tradisional bisa dapat bertahan dalam tekanan sistem pendidikan umum yang lebih modern yang lebih sejalan dengan format pembangunan yang digalakkan rezim Orde Baru selama kurun waktu tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar sistem pendidikan pesantren di Bekasi tetap mempertahankan sistem pendidikan pesantren tradisional, namun juga merespon sistem pendidikan umum dengan mengembangkannya sistem klassikal, silabus dan kurikulum yang lebih terarah, dan menambahkan ilmu-ilmu non-agama kedalam pesantren.
Hasilnya adalah sistem pendidikan pesantren tradisional yang berdampingan dengan sistem pendidikan umum atau disebut dengan sistem pendidikan pesantren semi-modern.
This thesis descrides aboutthe dynamics of pesantren education system in Bekasi on the New Order era, 1967-1998. This thesis focuses on the explanation why does the traditional pesantren education system still stand againts the pressure of modern education system fobbed by the New Order era.
This theses shows that the pesantren in Bekasi, beside their traditional education system, they also responded the modern education system by applying the classical system, syllabus, more directed curriculum, and add non-religion majors.
The result is a new system called semi-modern pesantren education system, a joint of pesantren and modern education system.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42836
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abuddin Nata
Jakarta: Rajawali, 2012
297.77 ABU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Ramdoni
"Skripsi ini menjelaskan tentang pengaruh pemikiran Ahmad Surkati terhadap perkembangan pendidikan Islam Indonesia pada tahun 1911-1943. Fokus utama dari skripsi ini menitikberatkan pada pengaruh pemikiran pendidikan Islam dari Ahmad Surkati. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan sejarah, melalui tahapan heuristik, kritik, eksplanasi dan kausalitas serta historiografi. Dari penelitian ini, terbukti bahwa pemikiran Ahmad Surkati memiliki pengaruh terhadap perkembangan pendidikan Islam Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan pemikiran pembaharuan Islam Ahmad Surkati, khususnya tentang revolusi pendidikan yang diterapkan di madrasah Al-Irsyad.

This research describes the influence of Ahmad Surkati’s thoughts to the Islamic education development (1911-1943). The main focus of this research emphasizes Ahmad Surkati’s points in viewing the development of Islamic education. This research uses historical, heuristic steps, critics, explanation and causality, along with historiography approaches. Through this research, it is proven that Ahmad Surkati’s thoughts have some influences to the Islamic education development. The influences are proven by Ahamd Surkati’s thoughts of Islamic renewals, especially about the education revolution which emerges in his Madrasah Al Irsyad.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57548
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abuddin Nata
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001
297.07 ABU p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad D. Marimba
Bandung: Almaarif, 1962
297 AHM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>