Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93080 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aniq Zuhri
"Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan
minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing-
masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa."
Universitas Airlangga. FISIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Reading activity especially in Indonesia
n
students
is still r
eceiving special attention from
educational institutions. It has known that schools
in Indonesia
have implemented programs in
reading activities that associate with academic activities (Traditional Instruction)
and
also
schools that
of reading activities that are not associated with aca
demic activities (Free
Voluntary Reading).
Certainly i
t has
an impact on student's reading behavior. The phenomenon
cause
attention of researchers to describe the difference between
student
?
s
behavior
who apply
FVR and student
?
s
behavior
who apply IT. This study use descr
iptive quantitative method
.
Research
location in SMAN 5 Surabaya as schools implement FVR program and SMAN 17
Surabaya
as schools implement IT programs.
Using
systematic
random sampling
with 100
respondents.
The
Results show
th
at
allocation of t
ime
in
FVR
program
reading books 1
-
2 hours
per
-
day
,
is able to read two books in one month, classified as a type of regular readers (Heavy
Readers).
While
in
IT programs
,
just spending
i
n
time
less than 30 minutes a day
to read a book
,
able to read one book within one month, classified as type readers rather routine (Moderate
Readers). Then to
reading
motivation, students have the program FVR classified as Aesthetic
Reading as a motive to leisure reading and have fun rea
ding
,
while the IT program students
classified as Efferent Reading for reading motive to understand the subject matter
.
So,
the
reading programs FVR (Free Voluntary Reading) is providing support
the
student?s
activities
reading and more likely to bring u
p
the reading habit in student?s
behavior.
Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari
pelbagai kal
angan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam
meningkat
k
an minat baca siswa
melalui
program yang dijalankan di masing
-
masing sekolah.
Beberapa
sekolah di Indonesia
ditemui telah
menerapakan p
rogram kegiatan membaca yang
di
kaitkan dengan kegiatan akademik
(Traditional Instruction)
dan
ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tid
ak di
kaitkan dengan kegiatan akademik
(Free Voluntary
Reading).
P
erbedaan p
rogram kegiatan membaca
tentunya
akan berdampak pada perilaku
mem
baca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa
dan
dampak program FVR
maupun TI
terhadap minat baca siswa
, dengan
menggunak
an
metode kuantitaif deskriptif.L
okasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya
dengan
program FVR
dan SMAN 17
Surabaya
dengan
program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan
S
ystematic
R
andom sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil
penelitian
ini
menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR
cenderung meng
alokasi
kan
waktu membaca buku 1
-
2 jam perhari
,
mampu membaca 2 buku
per
bulan
yang
tergolong tipe
pembaca rutin
(Heavy Readers.)
Sedangkan s
iswa program TI
alokasi waktu membaca buku
kuran
g dari 30 menit
perhari
, mampu me
mbaca 1 buku
per
bulan
nya
yang
tergolong tipe
p
embaca agak rutin
(Moderate Readers).
M
otivasi
membaca
siswa program FVR tergolong
Aesthetic Reading
karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan
mendapat kesenangan
.
S
edangkan siswa program TI tergolong
Efferent Reading
karena
motif membaca untuk
memenuhi tugas dari guru
dan pemahaman materi
.
H
asil
penelitian"
2016
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Adler, Mortimer Jerome, 1902-2001
Jakarta: iPublishing, 2007
418.4 ADL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Hermosa
"ABSTRAK
Kemampuan mengenali huruf pada siswa sekolah dasar dan menengah di DKI Jakarta ternyata tidak diikuti dengan pemahaman terhadap materi bacaan yang disajikan. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penelitian Dakhidae (1997, dikutip oleh Purnawan, 2001) terhadap sejumlah penduduk DKI Jakarta yang berusia 10 tahun ke atas. Sementara kemampuan tersebut sangat dibutuhkan pada pendidikan tingkat universitas, mengingat literatur kuliah banyak berisi konsep-konsep abstrak yang membutuhkan proses berpikir yang mendalam untuk memahaminya. Selain itu, tema-tema bacaan yang beredar di masyarakat memang membutuhkan kejelian pembaca untuk memilah dan memilih bacaan yang argumennya layak dipercaya. Mengingat kemampuan pemahaman bacaan yang masih minim di kalangan siswa SMU, maka peneliti merasa perlu mengajarkan serangkaian strategi membaca yang dinamakan membaca kritis yang bertujuan meningkatkan kejelasan dan pemahaman bacaan. Strategi-strategi yang dimaksud adalah skimming, marking dan annotating, outlining dan mapping, analyzing dan evaluating argument, serta making inference yang disampaikan melalui metode ceramah dan praktek langsung melalui bacaan yang diberikan.
Penelitian ini merupakan kegiatan penerapan strategi membaca yang dilakukan selama lima hari berturut-turut dengan jumlah subyek sebanyak tujuh orang. Efektivitas kegiatan diukur dengan memberikan tes pemahaman bacaan yang item-itemnya merupakan representasi dari materi yang diajarkan. Tes pemahaman bacaan ini berfungsi sebagai alat pengumpul data utama, disamping hasil integrasi keterampilan, hasil observasi, serta evaluasi peserta mengenai manfaat kegiatan yang berfungsi sebagai data tambahan.
Pengolahan data utama dilakukan dengan pengujian statistik non parametrik melalui metode Wilcoxon Signed-Rank Test, dan uji signifikansi pada level 0,05 untuk one tailed test. Untuk mengetahui proses berpikir dalam menjawab setiap item tes, peneliti juga melakukan analisis kualitatif terhadap jawaban subyek. Analisis kualititatif tersebut merupakan pendukung data kuantitatif yang diperoleh melalui pengujian statistik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : strategi membaca kritis tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan pada siswa SMU. Hal tersebut ditunjukkan dengan tidak adanya peningkatan skor tes pemahaman bacaan yang signifikan setelah mengikuti kegiatan ini. Disamping itu, analisis jawaban kualitatif menunjukkan bahwa tidak ada item yang dijawab dengan tepat oleh seluruh peserta. Namun dari segi penguasaan strategi membaca yang diajarkan, dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh strategi dikuasai oleh peserta. Hal ini disimpulkan dari penilaian terhadap hasil integrasi keterampilan dan observasi terhadap performa peserta selama kegiatan. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil tersebut peserta selama kegiatan. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil tersebut adalah perlunya dikonstruk suatu instrumen ukur yang merepresentasikan secara langsung strategi-strategi membaca yang diajarkan, pemilihan subyek yang lebih mewakili populasi, dan durasi kegiatan yang lebih lama sehingga memungkinkan penguasaan strategi yang diajarkan secara lebih baik."
2002
S2882
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Efficient reading is very useful for readers espicially for students of Universites because most books in Universities are still printed in english....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Tri Mawarni
"The urban area is synonymous with rapid development in all aspects of life, an impact on the culture of young people, including the activity in their spare time. Cultures that are typical of
today's youth is the activity of reading that has been chosen by
them to spend their spare time. Reading the many chosen by this young man was popular reading, but in the midst of an
increasingly popular reading masive still a young boy who enjoyed reading old literature, especially novels. Those who are still fond of the old literary novels are young people who are
members of the Student Organisation Extra Campus (OMEK).
Many people feel dificult when reading old literature but youth people who like old literature not feel it. They get satisfied, that
is why they like it his genre. Difference between two kind of reader related with consumtion and production meaning when they read a book. Kind of study is kualitatif study to see production
and reproduction meaning from read old literature by youth people who Join in Ekstern all. Student Organisation of University. This study use cultural studies etnography which have
central focus kualitatif eksploration of reading activity as a cultural practices. This study helped by Pierre Bordieu?s theory. Bordieu?s theory which used in this study is habitus, field, and cultural capital. This study want to know how do subject can produce and reproduce meaning and how field give cultural capital for them. This study result 3 type reader, they are common reader, contructional reader, and resis
tance reader."
Universitas Airlangga, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jennings, Paul
Bandung: Mizan Learning Center, 2006
028.53 JEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Teddy Indira Budiwan
"Proses belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada setiap orang selama hidupnya. Teori kognitif menekankan tiga aspek yang saling berhubungan di dalam belajar (Resnick, 1989). Aspek yang pertama adalah belajar adalah proses penyusunan pengetahuan, bukan hasil rekaman ataupun penghisapan (absorption). Aspek yang kedua adalah belajar tergantung kepada pengetahuan yang telah dimiliki (knowledge dependenf). Aspek yang terakhir adalah belajar tergantung kepada lingkungan belajar. Hal yang dapat menolong terjadinya proses belajar yang efektif adalah dengan penggunaan mindtools atau yang dikenal dengan cognitive tools. Mindtools merupakan alat bantu yang memfasilitasi memahami suatu konsep atau pengetahuan (Jonassen, 1996). Sebagai salah satu media pendukung belajar efektif, komputer telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan kita.
Penelitian bertujuan untuk meneliti pengaruh Concept Mapping sebagai alat bantu dalam membaca teks pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada subyek yang menggunakan CM dan yang tidak menggunakan CM setelah sebelumnya subyek diberikan bacaan. Pada subyek yang menggunakan CM, subyek diminta untuk membuat concept map sebelum menjawab pertanyaan.
Dari hasil penelitian, lebih banyak subyek yang memakai CM mengintegrasikan ide yang mereka peroleh dari bacaan dengan ide yang mereka miliki sebelumnya. Subyek yang memakai CM juga dapat mengingat lebih banyak ide tiga minggu setelah membaca bacaan.
Dari hasil ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan CM, subyek cenderung menunjukkan pemahaman yang diperoleh melalui interpretation. Namun, pada subyek yang menggunakan CM dan bekerja di dalam kelompok, kecenderungan itu tidak terlihat. CM juga tidak dapat dikatakan berpengaruh terhadap memory retention pada subyek. Subyek yang memakai CM juga banyak mengelaborasi ide yang mereka peroleh dengan pengalaman mereka sendiri atau dengan diri mereka sendiri. Subyek yang mengelaborasi ide mereka juga mempunyai ingatan yang lebih baik mengenai bacaan yang mereka baca."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
S2912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>