Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48732 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andre Pratama Perwiriyantho
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching pada PT Tidar Motor, sebuah usaha menengah yang bergerak di bidang bengkel kendaraan roda empat yang berlokasi di Cibubur. Produk utama PT Tidar Motor adalah perbaikan body mobil dan bengkel perawatan dan perbaikan mesin mobil. Permasalahan yang terjadi pada operasional bengkel ini adalah tidak adanya prosedur kerja standar dan para mekanik masih membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah mengembangkan model bisnis PT Tidar Motor dari perspektif sumber daya manusia melalui perancangan prosedur kerja standar dan analisis kebutuhan pelatihan.

ABSTRACT
This thesis discusses business coaching activity in PT Tidar Motor, a medium entreprise in four wheeled vehicle workshop located in Cibubur. Main product of PT Tidar Motor is car body repair and car engine maintenance and repair. Problems that occur in the operation of this workshop is the absence of standard operating procedures and the mechanics still need training to improve their competence. The purpose of this thesis is to develop the business model of PT Tidar Motor from the perspective of human resources through the design of standard operating procedures and training needs analysis."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sindy Millatina Putri
"ABSTRAK
Tesis business coaching ini membahas kegiatan yang dilakukan di PT Tidar Motor, bengkel mobil yang berlokasi di Cibubur dengan berbagai unit bisnis. Melalui metode exploratory research dan qualitative research, coach menemukan beberapa masalah pada fungsi keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran, sehingga value proposition untuk menjadi bengkel one-stop service sulit dicapai. Masalah tersebut dapat terjadi karena kurang optimalnya model bisnis saat ini untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Maka, melalui business coaching ini, dilakukan perbaikan, perumusan model bisnis baru, dan disertai dengan cara-cara pemenuhan yang dianggap strategis untuk mencapai kondisi yang diharapkan, yang mana fokus coach dalam model bisnis adalah pada elemen key partnership, cost structure, dan revenue stream. Action plan berupa perbaikan dan pembuatan laporan keuangan juga dilakukan dengan harapan dapat membantu meminimalkan masalah keuangan, yaitu cost yang tinggi, profit margin yang kecil, cashflow yang lambat, dan terdapatnya selisih laba di laporan keuangan dan laba riil diperoleh.

ABSTRACT
This business coaching thesis discussed the activities did at PT Tidar Motor, an automobile workshop located in Cibubur with its various business units. By doing exploratory research and qualitative research, coach found several functional problems in financial, human resources, and marketing, causing the value proposition to become a one stop service workshop difficult to be achieved. Those problems could happen because the current business model wasn rsquo t optimum to achieve the prospected condition. From this business coaching, coach did the improvement and formulation of the new business model, as well as the strategic approachment to achieve the prospected condition, in which the coach was focused on key partnership, cost structure, and revenue stream. Coach also did the action plans by reforming and making the financial statement that believed could minimize their financials problems, which were high cost, insignificant profit margin, slow cashflow, and differences between earnings after tax in financial statement and the real earnings after tax."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sindy Millatina Putri
"ABSTRAK
Tesis business coaching ini membahas kegiatan yang dilakukan di PT Tidar Motor, bengkel mobil yang berlokasi di Cibubur dengan berbagai unit bisnis. Melalui metode exploratory research dan qualitative research, coach menemukan beberapa masalah pada fungsi keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran, sehingga value proposition untuk menjadi bengkel one-stop service sulit dicapai. Masalah tersebut dapat terjadi karena kurang optimalnya model bisnis saat ini untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Maka, melalui business coaching ini, dilakukan perbaikan, perumusan model bisnis baru, dan disertai dengan cara-cara pemenuhan yang dianggap strategis untuk mencapai kondisi yang diharapkan, yang mana fokus coach dalam model bisnis adalah pada elemen key partnership, cost structure, dan revenue stream. Action plan berupa perbaikan dan pembuatan laporan keuangan juga dilakukan dengan harapan dapat membantu meminimalkan masalah keuangan, yaitu cost yang tinggi, profit margin yang kecil, cashflow yang lambat, dan terdapatnya selisih laba di laporan keuangan dan laba riil diperoleh.

ABSTRACT
This business coaching thesis discussed the activities did at PT Tidar Motor, an automobile workshop located in Cibubur with its various business units. By doing exploratory research and qualitative research, coach found several functional problems in financial, human resources, and marketing, causing the value proposition to become a one stop service workshop difficult to be achieved. Those problems could happen because the current business model wasn rsquo t optimum to achieve the prospected condition. From this business coaching, coach did the improvement and formulation of the new business model, as well as the strategic approachment to achieve the prospected condition, in which the coach was focused on key partnership, cost structure, and revenue stream. Coach also did the action plans by reforming and making the financial statement that believed could minimize their financials problems, which were high cost, insignificant profit margin, slow cashflow, and differences between earnings after tax in financial statement and the real earnings after tax.
"
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Ayu Nata Pradnyawati
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai kegiatan business coaching pada PT Tidar Motor yaitu sebuah UKM yang bergerak dibidang layanan jasa otomotif yang berlokasi di Cibubur. Tidar Motor melayani berbagai macam jenis layanan jasa otomotif, dua diantaranya adalah body repair dan engine repair dan saat ini sedang fokus pada peningkatan jumlah pelanggan umum dan instansi. Kegiatan promosi yang terbatas dan tidak diberlakukannya standar pelayanan merupakan kendala bagi Tidar Motor dalam melayani target pelanggannya. Tujuan kegiatan business coaching ini adalah untuk memberikan usulan kepada Tidar Motor agar dapat melayani segmen pelanggan yang ditargetkan serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk para pelanggan. Upaya peningkatan jumlah pelanggan umum dilakukan dengan cara sales promotion dan direct marketing dan perbaikan company profile dan personal selling sebagai upaya meningkatkan jumlah pelanggan instansi. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan diusulkan dengan menetapkan SOP pelayanan.

ABSTRACT
This thesis discusses about business coaching process in an SME named PT Tidar Motor which engaged in auto repair service located in Cibubur. Tidar Motor offers various auto repair services. Two of them are body repair service and engine repair service and is currently focused on increasing the number of non assurance residential customers and business customers. Limited promotional activities and no service standard are challenges for Tidar Motor in serving its target customers. The purpose of this business coaching are to give Tidar Motor solutions to be able to serves its target customers and improve the service quality. In an attempt to increase the number of non assurance residential customers the writer suggested to make sales promotions and direct marketings, while increasing the number of business customers could be done by renewing company rsquo s profile and personal selling. In order to improve service quality could be done by applying service standard operational procedure. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achaddiani Tjahjaningsih Mufrondhi
"Dalam rangka mencapai visi PT. XYZ menjadi retailer nomor 1 (satu) di Asia Pasifik, pengelolaan sumber daya manusia menjadi pusat perhatian dan menjadi aspek strategis di dalam perusahaan. Transfomuasi peran pengelola Sumber Daya Manusia pada PT. XYZ dari peran rutin operasional di bawah pengelolaan suatu departemen, menuju peran sebagai mitra strategis dari manajemen di bawah pengelolaan suatu divisi yang independen dan memihki wewenang yang lebih luas, membutuhkan model kompetensi yang tepat, terutama untuk pengelola Divisi Sumber Daya Manusianya. Di samping itu, diketahui pula bahwa saat ini PT. XYZ belum memiliki model kompetensi untuk pengelolaan surnber daya manusia, sehingga penyiapan dan pembuatan model kompetensi, khususnya model kompetensi dari pengelola Divisi Sumber Daya Manusia, menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian dan prioritas utama.
Dengan memiliki kompetensi yang diharapkan, pengelola Divisi Sumber Daya Manusia PT. XYZ dapat memfasilitasi perubahan di dalam organisasi. Kompetensi juga dapat digunakan sebagai patokan bagi pengelola Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. XYZ untuk meningkatkan kinerjanya dan membantu organisasi dalam mengkomunikasikan tingkah laku yang diharapkan, meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Kompetensi dapat pula digunakan untuk mendukung peran baru dari pengelola Divisi Sumber Daya Manusia yaitu sebagai strategi untuk memperkuat hubungan antara budaya organisasi, hasil dan kinerja individu; sebagai sarana untuk mendeskripsikan suatu pekerjaan dan apa yang diharapkan dari individu secara luas dan komprehensif. Untuk menyesuaikan kinerja individu dan kelompok dengan visi dan strategi organisasi, kompetensi merupakan metode yang tepat. Kompetensi pengelola Divisi Sumber Daya Manusia, haruslah sejalan dengan peran barunya dan berhubungan erat dengan struktur organisasi yang ada.
Setelah dikemukakan beberapa teori tentang kompetensi, kategori, model kompetensi dan penyusunannya, model kompetensi pengelola Sumber Daya Manusia, pengukuran kompetensi serta transformasi peran pengelola Sumber Daya Manusia (sebagai mitra strategis, ahli pengelola infrastruktur, Sumber Daya Manusia yang efisien, pendukung kontribusi karyawan, agen perubahan), dan model kompetensi pengelola Sumber Daya Manusia dalam menjalankan peran sebagai mitra bisnis, maka satran pemecahan masalah yang diusulkan pada tugas akhir ini adalah:
1. Rancangan Model Kompetensi pengelola Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. XYZ berikut langkah-langkah penyusunannya.
2. Rancangan Pengukuran Kompetensi pengelola Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. XYZ.
Diharapkan agar hasil rancangan ini dapat dikembangkan dan dipergunakan untuk pengelola Divisi Sumber Daya Manusia PT. XYZ dalam menjalankan perannya dengan baik sebagai mitra bisnis dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia dan dapat dijadikan pedoman dalam merekrut karyawan baru di Divisi Sumber Daya Manusia Serta dapat diperoleh perlakuan / treatment yang tepat yang dibutuhkan untuk pengembangan selanjutnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T38550
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Junaeda
"Pengembangan organisasi dalam suatu organisasi sangat penting untuk dilakukan dikarenakan apabila suatu organisasi tidak melakukan gerakan perubahan maka organisasi tersebut akan tetap diam ditempat tanpa adanya kemajuan. Pengembangan organisasi merupakan salah satu panduan bagi organisasi untuk melakukan perkembangan sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman yang kian selalu berkembang. Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia di instansi pemerintahan daerah tepatnya di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumbawa yang ditinjau melalui model human resource interventions. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan analisis data mixed method dengan teknik pengumpulan data survei, kuesioner dan wawancara mendalam kepada sampel yang ada di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan organisasi dalam upaya meningkatkan kinerja sumber daya manusia di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumbawa yang ditinjau melalui model human resource interventions tergolong baik yang dibuktikan dengan data yakni sebesar 67,7 persen atau sekitar 21 responden mendukung pernyataan tersebut. Sementara, sebanyak 25,8 persen atau setara dengan 8 responden merasa sangat baik. Serta 6,5 persen atau setara dengan 2 responden merasa kurang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pernyataan terkait “Pengembangan Organisasi dalam upaya Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia di Instansi BAPPEDA Kabupaten Sumbawa yang ditinjau melalui model Human Resource Interventions kurang baik” itu tidak terbukti.

Organizational development in an organization is very important to do because if an organization does not carry out a change movement, the organization will remain in place without any progress. Organizational development is one of the guidelines for organizations to carry out developments in accordance with the changes and developments of the times that are always developing. This research examines organizational development that aims to improve the performance of human resources in local government agencies, specifically in the Regional Planning, Research and Development Agency of Sumbawa Regency which is reviewed through the human resource interventions model. This study uses research methods with qualitative and quantitative approaches with mixed method data analysis with survey data collection techniques, questionnaires and in-depth interviews with samples in the Regional Planning, Research and Development Agency, Sumbawa Regency, West Nusa Tenggara. The results of this study indicate that organizational development in an effort to improve the performance of human resources in the Regional Planning, Research and Development Board of Sumbawa Regency which is reviewed through the human resource interventions model is classified as good as evidenced by the data, namely 67.7 percent or around 21 respondents support this statement. . Meanwhile, as many as 25.8 percent or the equivalent of 8 respondents felt very good. And 6.5 percent or the equivalent of 2 respondents is not good. Thus it can be concluded that the statement regarding "Organizational Development in Efforts to Improve the Performance of Human Resources of the Sumbawa Regency BAPPEDA Agency which is reviewed through the Human Resources Intervention model is not good enough" is not proven."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukidjo Notoatmodjo
Jakarta: Rineka Cipta , 2003
331.11 SOE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mursalman Ahadi
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T25094
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suryat Dedie Susena
"Tujuan tesis ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan EFAS, IFAS serta SWOT. Pendekatan tersebut akan dipergunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis, merumuskan strategi, dan selanjutnya dibuatkan program pengembangan untuk direkomendasikan sebagai perbaikan.
Hasil dari penelitian ini adalah Strategi SO sebesar 3.85, Strategi WO sebesar 3.15, Strategi ST sebesar 2.27, Strategi WT sebesar 1.57. Strategi yang dipilih adalah strategi SO sebesar 3.85, yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan (strength) yang ada untuk menangkap atau mengoptimalkan faktor peluang (opportunity). Alternatif strategi SO terdiri dari pengembangan kapasitas SDM KP baik kualitas maupun kuantitas melalui sinergitas pendidikan, pelatihan dan penyuluhan (diklatluh); Memanfaatkan teknologi tinggi dan informasi dalam pengembangan industrialisasi untuk peluang investasi (pemanfaatan potensi); Meningkatkan jaringan kerja (networking) dengan lembaga terkait.
Dari ketiga komponen alternatif strategi pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan tersebut perlu adanya suatu revitalisasi pengembangan sumber daya manusia KP. Sementara untuk positioning matrik berada pada kuadran 1, strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).

The aims of this thesis conducted to determine the human resources development strategies Maritime Affairs and Fisheries. This research is a qualitative analysis using EFAS, IFAS and SWOT. The approach will be used to identify the various factors in a systematic, formulate a strategy, and then made a development program for the recommended improvements.
The results of this study were 3.85 for SO Strategies, 3.15 for WO Strategies, 2.27 for ST Strategies, 1.57 for WT Strategies. The strategy chosen was 3.85 for SO strategy, a strategy that harnesses the power (strength) are there to capture or optimize the opportunity factor (opportunity). An alternative strategy consists of capacity building both quality and quantity through the synergy of education, training and extension (diklatluh); Utilizing high technology and information in the development of industrialization for investment opportunities (utilization of); improve networking (networking) with the relevant authorities.
Of the three components of an alternative strategy of human resource development and marine fisheries need for a revitalization of KP human resource development. As for positioning matrix is in quadrant 1, the strategy should be applied in this condition is to support aggressive growth policy (Growth oriented strategy).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T32991
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grensing-Phophal, Lin
Jakarta: Prenada, 2008
658.3 GRE h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>