Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141002 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Nugrahanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kepribadian ekstravert dan kepribadian proaktif terhadap kesuksesan karier subjektif karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Career Satisfaction Scale untuk mengukur kesuksesan karier subjektif, IPIP versi singkat untuk mengukur kepribadian ekstravert, dan Proactive Personality Scale untuk mengukur kepribadian proaktif. Penelitian ini dilakukan pada 104 karyawan yang bekerja di bidang penjualan dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian ekstravert B = .08 [-.07, .22], SE B = .07, p > .05 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan karier subjektif karyawan bidang penjualan dan pemasaran. Selain itu, kepribadian proaktif B = .18 [.03, .32], SE B = .07, p < .05 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesuksesan karier subjektif karyawan bidang penjualan dan pemasaran. Pembahasan dan saran untuk penelitian selanjutnya didiskusikan.

ABSTRACT
The aim of this research is to examine the relationship of extravert and proactive personality toward emlopyee rsquo s subjective career success. This is a quantitative study using Career Satisfaction Scale to measure subjective career success, IPIP short version to measure extravert, and Proactive Personality Scale to measure proactive personality. This research was conducted on 104 sales and marketing employee. Result indicated that extravert B .08 .07, .22 , SE B .07, p .05 did not have any effect and proactive personality B .18 .03, .32 , SE B .07, p .05 had a positive effect to sales and marketing employee rsquo s subjective career success. Discussion and suggestion for further research are discussed."
2017
S67567
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audi Nuraini Ramadhina
"Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui peran mentoring ebagai mediator dalam hubungan antara kepribadian proaktif dan kesuksesan karier subjektif ibu bekerja. Penelitian ini menggunakan alat ukur Career Satisfaction Scale untuk mengukur kesuksesan karier subjektif, Proactive Personality Scale untuk mengukur kepribadian proaktifPartisipan terdiri atas 124 ibu bekerja penuh waktu (40 jam/minggu) yang memiliki minimal satu orang anak. Hasil analisis korelasi dan mediasi sederhana (Hayes, 2019), menunjukkan: 1) terdapat hubungan antara kepribadian proaktif dan kesuksesan karier subjektif ibu bekerja (r = 0,40, = 0,00,< 0,01) dan 2) mentoring berperan sebagai mediator yang dapat memediasi hubungan antara kepribadian proaktif dengan kesuksesan karier subjektif ibu bekerja (CI = 95%). Penelitian ini menyediakan saran untuk penelitian lanjutan, serta saran praktis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kepribadian proaktif dan mentoring untuk mencapai kesuksesan karier subjektif pada ibu bekerja.

This research is a correlational research which aim to investigate the role of mentoring as a mediator in the relationship between proactive personality and subjective career success among working mothers. This research uses measurements such as Career Satisfaction Scale to measure subjective career success, Proactive Personality Scale to measure proactive personality, and Mentoring Received Scale to measure mentoring. Participants in this study amounted to 124 full-time working mothers (40 hours/week) who had at least 1 child. The result of the correlational analysis and simple mediation model (Hayes, 2019), shows that : 1) there is a relationship between proactive personality on subjective career success among working mothers (r = 0,40, p = 0,00, p < 0,01) and 2) mentoring have a role as a mediator that can mediate the relationship between proactive personality and subjective career success among working mothers (CI = 95%). This research contributes to future studies and for practitioners to enhance their proactive personality and mentoring in order to achieve subjective career success."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Petra Jesika
"Dari banyaknya faktor yang memepengaruhi adaptabilitas karier, kepribadian proaktif memiliki peran yang cukup penting. Hal ini dikarenakan ciri kepribadian individu yang berkaitan khusus dengan karier adalah perilaku proaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier mahasiswa tingkat akhir. Asumsi yang ditegakkan adalah ketika individu memiliki kepribadian proaktif yang tinggi, maka adaptabilitas kariernya baik. Kepribadian proaktif adalah perilaku yang mempunyai sifat secara langsung mempengaruhi lingkungan. Partisipan penelitian ini adalah 206 mahasiswa tingkat akhir, berusia 18-25 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimantal dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini ialah incidental sampling menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring dengan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale untuk mengukur adaptabilitas karier dan Proactive Personality Scale untuk mengukur kepribadian proaktif. Penelitian ini menggunakan uji statistik regresi linier. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tedapat pengaruh kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier (r2 = .078, p = .000). Hasil penelitian ini berguna untuk pengembangan ilmu psikologi pendidikan dan memberikan masukan kepada konselor karier maupun pembimbing akademik untuk mempertimbangkan aspek kepribadian proaktif dalam perkembangan karier mahasiswa.

Of the many factors that influence career adaptability, proactive personality has an important role. This is because individual personality traits that are specifically related to career are proactive behavior.This study aims to examine the effect of proactive personality on final-year student career adaptability. The assumption made is when an individual have high proactive personality, then their career adaptability is good. The proactive personality is behavior that directly affects the environment. The study participants were 206 final year students, aged 18-25 years. This research is non-experimental quantitative research with a correlational research design. The data collection technique in this study was incidental sampling distributed online using Career Adapt-Abilities Scale to measure career adaptability and Proactive Personality Scale to measure proactive personality. The results of the study showed that there was an effect of proactive personality on career adaptability (r2 = .078, p = .000). The results of this study are useful for educational psychology’s development and provide input for career counselors and academic counselors to consider proactive personality aspects in college students career development"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melly Preston
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pola asuh orangtua terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier melalui mediasi kepribadian proaktif pada siswa SMA. Sebanyak 949 data responden terkumpul dengan menggunakan tiga macam skala, Career Decision Self-Efficacy-Short Form, Parental Authority Questionnaire, dan Proactive Personality Scale, yang sudah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan macro PROCESS dari Hayes. Secara keseluruhan, hasil uji menunjukkan bahwa pola asuh otoritatif dari ayah dapat berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier secara langsung maupun tidak langsung melalui kepribadian proaktif; pola asuh otoritarian ayah dan ibu, serta pola asuh permisif ibu berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier hanya melalui mediasi kepribadian proaktif; sedangkan pola asuh permisif ayah tidak dapat berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi kepribadian proaktif. Implikasi, limitasi, dan saran untuk penelitian selanjutnya didiskusikan.

ABSTRACT
This study aimed to examine the influence of parenting styles on career decision self efficacy through the mediation of proactive personality in senior high school students. A total of 949 data respondent were collected by using three scales Career Decision Self Efficacy Scale Short Form, Parental Authority Questionnaire, and Proactive Personality Scale, that have been adapted to Indonesian. The data were analyzed using macro PROCESS from Hayes. Overall, test results showed that authoritative parenting styles from father affects career decision self efficacy directly and indirectly through the proactive personality mothers rsquo authoritative parenting style affects the career decision self efficacy directly authoritarian parenting styles from both father and mother, as well as mothers rsquo permissive parenting style only affect the career decision self efficacy through the proactive personality while fathers rsquo permissive parenting style did not affect the career decision self efficacy directly or indirectly through the proactive personality. Implications, limitations, and suggestions for future study are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Halvireski
"Generasi milenial merupakan generasi yang diprediksi akan mendominasi jumlah angkatan kerja. Karakteristik milenial yang memiliki harga diri dan rasa optimis yang tinggi membuat mereka cenderung mencari pekerjaan yang mampu memberikan pengembangan, kepuasan hingga kesuksesan karier secara subjektif bagi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh optimisme dan harga diri terhadap kesuksesan karier subjektif pada karyawan milenial melalui environmental career resources sebagai mediator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 237 karyawan milenial dengan menggunakan alat ukur Subjective Career Success Inventory (SCSI), Psychological Capital Questionnaire (PCQ), Rosenberg Self-Esteem Scale dan Career Resources Questionnaire (CRQ). Pengolahan data menggunakan analisis mediasi melalui aplikasi Jamovi. Hasil penelitian ini menunjukkan optimisme dan harga diri memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan karier karyawan milenial. Akan tetapi peranan environmental career resources sebagai mediator hanya signifikan pada pengaruh optimisme terhadap kesuksesan karier subjektif. Karyawan yang memiliki perasaan optimis akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan karier dan mampu menjalin kualitas hubungan sosial yang lebih tinggi untuk menunjangnya dalam mencapai kesuksesan karier. Harga diri yang positif pada karyawan akan membuatnya memilih peranan yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan.

The millennial generation is predicted to dominate the workforce in several years. The characteristics of millennials with high self-esteem and optimism make them look for jobs that can provide development, satisfaction, and career success. This study aimed to see optimism and self-esteem's effect on career personality success in millennial employees through career environmental resources as mediators. This research is a quantitative study with a sample size of 237 millennial employees, using the Subjective Career Success Inventory (SCSI), Psychological Capital Questionnaire (PCQ), Rosenberg Self-Esteem Scale, and Career Resources Questionnaire (CRQ). Data processing uses mediation analysis through the Jamovi application. The results of this study indicate that optimism and self-esteem have a direct, positive, and significant influence on the career success of millennial employees. However, the role of career environmental resources as a mediator is only significant in the effect of optimism on subjective career success. Employees with optimistic feelings will be more confident in making career decisions and can build higher quality social relationships to support them in achieving career success. Positive self-esteem in employees will make them choose better roles to achieve success. Companies can create development programs to improve employee skills, and employees can develop social skills and expertise related to the field of work to maximize the potential of available environmental career resources."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helwa Salsabila
"ABSTRAK
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepribadian proaktif terhadap kepuasan kerja dan perceived health dengan job crafting dan karier kompetensi sebagai meditor. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Structural Equation Modeling SEM . Penelitian ini melibatkan 569 pekerja dari berbagai organisasi di kota Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepribadian proaktif memiliki pengaruh positif terhadap job crafting dan kompetensi karier, job crafting dan kompetensi karier memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan perceived health. Sedangkan kepribadian proaktif ditemukan tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja dan perceived health, namun dimediasi oleh job crafting dan kompetensi karier.

ABSTRACT
This quantitative research is aimed to analyze the mediation role of Job Crafting and Career Competencies on the Relationship between Proactive Personality, Job Satisfaction, and Perceived Health. This study involved 569 workers from various organizations in Jakarta by using Structural Equation Modeling SEM . The results of this study showed that a proactive personality has a positive effect toward job crafting and career competencies. Job crafting and career competencies has a positive effect toward job satisfaction and perceived health. Meanwhile proactive personality has no direct relationship toward job satisfaction and perceived health, but was found mediated by job crafting and career competencies."
2017
S69541
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mujiati
"Berdasarkan penelitian sebelumnya telah ditemukan bahwa kepribadian proaktif dan atribusi berkorelasi dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier (CDSE). Kepribadian proaktif dan atribusi merupakan dua variabel yang dapat membantu individu mengatasi hambatan-hambatan eksternal yang dihadapi dalam mengambil keputusan kariernya. Namun demikian belum ada penelitian yang mencoba membandingkan keduanya dan menelitinya pada siswa SMK kelas 12.
Siswa SMK memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa SMA dan mahasiswa yang menjadi partisipan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk memperluas penelitian sebelumnya dengan melihat bagaimana pengaruh kepribadian proaktif dan atribusi terhadap CDSE siswa SMK kelas 12 kemudian membandingkan di antara keduanya, variabel mana yang memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap CDSE.
Berdasarkan hasil penelitian pada 858 siswa SMK kelas 12 diketahui bahwa kepribadian proaktif dan atribusi memengaruhi CDSE siswa SMK kelas 12 di mana kepribadian proaktif memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan atribusi. Hasil penelitian nantinya dapat dijadikan sebagai landasan dalam menyusun program intervensi.

Proactive personality and attribution, based on previous research that has been found, are correlated with career decision self-efficacy (CDSE). Proactive personality and attribution are two variables that can help individuals overcome external barriers needed in making career decisions. However there are no studies comparing the variables and examining them in senior year vocational high school students.
Vocational high school students have different characteristics compared to high school and college students who are involved in previous studies. Therefore this study aims to gain new findings besides the result from the previous research by looking at how the effect of proactive personality and attribution on senior year vocational high school students CDSE then determining which variables have greater effect on CDSE.
Based on the results of the study on 858 senior year vocational high school students it is known that proactive personality and attribution affect senior year vocational high school studentsCDSE in which proactive personality have greater effect than attribution. The results of the study may later be used as a foundation in developing an intervention program.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puji Lestari Suharso
"Efikasi diri dalam keputusan karier menjadi topik yang penting dalam perkembangan karier mahasiswa karena banyak dikaitkan dengan ketidakpastian karier, kestabilan dan persistensi karier seseorang. Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dukungan kontekstual, hambatan kontekstual dan kepribadian proaktif terhadap efikasi diri dalam keputusan karier pada mahasiswa melalui self-directed learning berdasarkan Social Cognitive Career Theory SCCT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 496 mahasiswa semester 4 dari seluruh fakultas di Universitas Indonesia. Partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan dari Career Decision Self-Efficacy Short Form, Dukungan dan Hambatan Kontekstual, 17-item Proactive Personality Scale dan Student Self-Directed Learning Questionaire.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan kontekstual dan kepribadian proaktif memiliki pengaruh secara langsung maupun tidak langsung melalui self-directed learning secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Hambatan kontekstual memiliki pengaruh tidak langsung melalui self-directed learning secara negatif dan signifikan terhadap efikasi diri dalam keputusan karier terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Penelitian ini memiliki keterbatasan teoritik karena pembahasan hanya berbasis pada pandangan SCCT model pilihan karier. Padahal dalam perkembangannya teori SCCT mengembangkan beberapa model yang dapat memperluas pembahasan efikasi diri dalam keputusan karier.
Penelitian ini memiliki implikasi praktis bahwa mahasiswa yang memiliki ciri-ciri kepribadian proaktif akan tercermin pada seseorang yang memiliki ciri-ciri self-directed learning, yaitu bertanggung jawab terhadap pendidikan yang ditekuni dan dapat beradaptasi terhadap hambatan yang dijumpainya. Saran penelitian ini antara lain untuk memantapkan efikasi diri dalam keputusan karier, hambatan perlu diminimalisir dengan meningkatkan self-directed learning, membangun inisiatif mahasiswa dan meningkatkan dukungan kontekstual.

Career decision self efficacy is an important topic in the career development because it is associated with career uncertainty, stability and persistence of one 39 s career. The aim of this study is to examine the effect of contextual support, contextual barriers, and proactive personality on career decisions self efficacy through self directed learning, based on Social Cognitive Career Theory. A quantitative study is carried out, involving 496 fourth semester students from all faculties in Universitas Indonesia. Participants have to answer the Career Decision Self Efficacy Short Form Scale, Support and Barriers Contextual Scale, 17 item Proactive Personality Scale and the Student Self Directed Learning Questionnaire.
The results showed that support contextual and proactive personality has a direct and indirect effect through self directed learning in a positive and significant impact on career decision self efficacy. Contextual barriers have an indirect effect through self directed learning in a negative and significant impact on career decision self efficacy. This study has limitations because the theoretical discussion is only based on the views SCCT model of career choice. Whereas SCCT has developed several models to expand the discussion of career decision self efficacy.
This research has practical implications that students who have a proactive personality traits will be reflected as a person who has the characteristics of self directed learning, which is responsible for their education and can adapt to any obstacles encountered. The suggestion of this research is to establish career decision self efficacy, barriers need to be minimized by increasing self directed learning, build student rsquo s initiative and improve contextual support.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
D1717
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Dwi Retno Kumorosari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan needs-supplies fit dan demands-abilities fit dengan dua bentuk dari kesuksesan karier subjektif yaitu kepuasan kerja dan kepuasan karier. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Career Satisfaction untuk mengukur kepuasan karier dan Michigan Organizational Assessment Questionnaire mengukur kepuasan kerja serta alat ukur Person-Job Fit untuk mengukur needs-supplies fit dan demands-abilities fit. Penelitian ini dilakukan pada 197 responden dalam konteks organisasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa needs-supplies fit r = 0,54, p < 0,01 dan demands-abilities fit r = 0,53, p < 0,01 memiliki hubungan positif terhadap kepuasan kerja. Penelitian juga menunjukkan hasil bahwa needs-supplies fit r = 0,51, p < 0,01 dan demands-abilities fit r = 0,44, p < 0,01 memiliki hubungan positif terhadap kepuasan karier.

ABSTRAK
The aim of this study is to examine the relationship between needs supplies fit and demands abilities fit on two forms of subjective career success, which is job satisfaction and career satisfaction. This is a quantitative study using Career Satisfaction measurement to measure career satisfaction, Michigan Organizational Assessment Questionnaire to measure job satisfaction, and Person Job Fit measurement to measure needs supplies fit and demands abilities fit. This research was conducted on 197 respondents at organization context. Results indicated that both needs supplies fit r 0,54, p 0,01 and demands abilities fit r 0,53, p 0,01 were positively related to job satisfaction. Results also indicated that both needs supplies fit r 0,51, p 0,01 and demands abilities fit r 0,44, p 0,01 were positively related to career satisfaction."
2017
S67481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Amirah Fatin
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya efek mediasi kepribadian proaktif dalam pengaruh kecerdasan emosi terhadap efikasi diri keputusan karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Siswa SMK diketahui mengalami kesulitan dalam membuat keputusan karier di akhir masa studinya, padahal mereka telah menentukan kejuruan mereka sejak memasuki SMK. Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang memiliki efikasi diri keputusan karier. Untuk menanggulangi hal tersebut, efikasi diri keputusan karier siswa perlu ditingkatkan melalui faktor lain yang memengaruhinya, seperti kecerdasan emosi. Kepribadian proaktif dipilih sebagai variabel mediator. Studi kuantitatif ini dilakukan terhadap 833 orang siswa SMK kelas 12 di sembilan sekolah wilayah Depok dan Jakarta Selatan, dengan menggunakan metode non-probability sampling jenis accidental sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Career Decision Self-Efficacy Scale-Short Form (CDSES-SF), Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF), serta Proactive Personality Scale (PPS), dengan masing-masing alat ukur memiliki reliabilitas > 0,7. Analisis mediasi dilakukan menggunakan PROCESS oleh Hayes, dengan hasil kepribadian proaktif mampu memediasi pengaruh kecerdasan emosi terhadap efikasi diri keputusan karier secara partial (ab = 0,10, c' = 0,12, p<0,01). Hasil studi ini dapat digunakan pada program intervensi untuk meningkatkan efikasi diri keputusan karier siswa, dengan memperhatikan faktor kecerdasan emosi dan kepribadian proaktif pada siswa.

ABSTRACT
This study was conducted to examine proactive personality as mediator in the influence of emotional intelligence on vocational high school student's career decision self efficacy. Vocational high school students are known to have difficulty in making career decisions because they have lack on career decision self-efficacy. To overcome this, students career decision self-efficacy needs to be improved through other factors, such as emotional intelligence. Proactive personality chosen as a mediator variable. This quantitative study was conducted on 833 vocational high school students from Depok and Jakarta Selatan, and were recruited using non-probability sampling method with the type of accidental sampling. The measuring instruments are Career Decision Self-Efficacy Scale-Short Form (CDSES-SF), Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF), and Proactive Personality Scale (PPS), with a reliability of > 0.7. Mediation analysis was used as the data analysis technique, using PROCESS by Hayes. The results showed that proactive personality was partially mediate the effect of emotional intelligence on career decision self efficacy (ab = 0.10, c' = 0.12, p <0.01). The results of this study can be used in intervention programs to improve students career decision self-efficacy, taking into account emotional intelligence and proactive personality factors in students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>