Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181550 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarah Dwi Septyani
"Brand berperan dalam membantu konsumen untuk membangun identitas diri mereka Escalas dan Bettman, 2003 sehingga brand yang dipilih konsumen dinilai memiliki nilai yang jauh lebih dari sekedar nilai fungsional McDonald dan Wilson, 2011 . Menurut Schau dan Gilly 2003 , social networks memungkinkan seorang konsumen untuk menunjukkan sebuah 'ideal self' mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-expressive brands inner dan social self yang ada pada Facebook terhadap brand love, brand advocacy word of mouth, dan brand advocacy acceptance. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna Facebook yang pernah melakukan 'like', 'comment' dan 'share' terhadap suatu brand page tertentu yang ada di Facebook dalam kurun enam bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-expressive brands inner self dan self-expressive brands social self berpengaruh positif terhadap brand love. Lalu, brand love memiliki pengaruh signifikan yang bersifat positif terhadap brand advocacy word of mouth dan brand advocacy acceptance. Selain itu, self-expressive brands inner self berpengaruh positif terhadap brand advocacy acceptance namun tidak berpengaruh terhadap brand advocacy word of mouth. Sebaliknya, self-expressive brands social self berpengaruh positif terhadap brand advocacy word of mouth namun tidak berpengaruh terhadap brand advocacy acceptance.

Brand has a role to help consumer in developing their self identity Escalas and Bettman, 2003 so the consumer selects particular brand far beyond its functional benefit McDonald and Wilson, 2011. Schau and Gilly 2003 found that social networks allow consumer to show their 'ideal self'. This study aims to analysis the effect of self expressive brands on Facebook towards brand love, brand advocacy word of mouth, and brand advocacy acceptance. Samples in this study are Facebook user who had already given their like, comment and share for a particular brand within six months. The data was processed by using Structural Equation Modeling SEM.
The result of this study found that both self expressive brands inner self and self expressive brands social self have positive effect to brand love. Brand love has positive effect to brand advocacy word of mouth and brand advocacy acceptance. This study also found that self expressive brands inner self has positive effect to brand advocacy acceptance, but it doesn't have effect to brand advocacy word of mouth. On the other hand, self expressive brands social self has positive effect to brand advocacy word of mouth, nevertheless it doesn't have effect to brand advocacy acceptance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68584
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marsha Windira
"Skripsi ini membahas tentang keterlibatan terhadap merek (brand engagement) pada Facebook. Ketertarikan merek dalam menggunakan Facebook sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka kian meningkat. Merek telah menyadari peran dari Facebook adalah untuk membangun engagement dan awareness. Pada Facebook, jumlah ?like?, komen, dan share adalah manifestasi untuk brand engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap konsumen yang terlibat terhadap sebuah merek melalui "like" pada Facebook dan mengetahui pengaruhnya terhadap brand outcome yang berupa Brand Love, Word of Mouth, dan Brand Acceptance. Penelitian ini mengambil studi kasus merek Dove Indonesia yang merupakan salah satu merek yang aktif di Facebook dan memiliki pengikut yang banyak. Dengan mengambil sampel penelitian dari 150 responden, data hasil penelitian diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterlibatan konsumen dengan sebuah merek memiliki pengaruh terhadap terbentuknya Brand Love dan memediasi hubungan antara self expressive brand terhadap Brand Advocacy yang berupa Word of Mouth dan Brand Acceptance
This study examines brand engagement on Facebook. The growth of interest in the use of Facebook as part of brand's marketing strategy is increasing. Brands have embraced Facebook as a key marketing channel to drive engagement and brand awareness. On Facebook, the number of "like", comment and share a brand?s page receives are a manifest variable for brand engagement. This research is to identify consumer behaviour which are involved with a brand through ?like? on Facebook and to identify its relationship towards brand outcome in the form of Brand Love, Word of Mouth and Brand Acceptance. This research utilises case study of brand Dove Indonesia, an Indonesian brand that is most active on Facebook and has plenty of followers. By acquiring a sample of 150 respondents, gathered data on this research was processed by using Structural Equation Modelling. The result of this research shows that consumer involvement with a brand has impact towards Brand Love and mediating the relationship between Self-Expressive Brand and Brand Advocacy in the form of Word of Mouth and Brand Acceptance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60862
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wikrama Suryawardhana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor Hubungan Brand dengan customer-nya yakni involvemnet, commitment, dan satisfaction terhadap kesetiaan customer terhadap brand tersebut Brand Loyalty dan perilaku word of mouth dari customer tersebut yang dimediasi oleh Brand Trust serta penelitian ini dilakukan pada brand ZARA di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Method SEM dengan data primer yang dikumpulkan peneliti melalui kuesioner yang disebar di internet.
Penelitian ini menemukan bahwa involvement dan commitment tidak berhubungan positif signifikan dengan Brand Trust. Selanjutnya, satisfaction memiliki pengaruh positif signifikan dengan Brand Trust. Penelitian ini juga menemukan bahwa involvement, commitment, dan satisfaction berhubungan positif signifikan secara langsung terhadap brand loyalty dan word of mouth. Sementara itu, brand trust tidak berhubungan secara positif signifikan terhadap brand loyalty dan word of mouth.

This study aims to examine the influence of three components of customer brand relationship which are involvement, commitment, and satisfaction towards brand loyalty and word of mouth also mediated by brand trust among ZARA users in Indonesia. This study use Structural Equation Modelling SEM by collecting data with online administered questionnaire.
The results of this study show that involvement and commitment are insignificantly influencing brand trust. this study also show that involvement, commitment, and satisfaction significantly influencing brand loyalty and word of mouth. In the other hand, brand trust insignificantly influencing brand loyalty and word of mouth.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Tasya Saraswati
"This study aims to examine and analyze the influence of electronic word of mouth EWOM, brand awareness and brand image on purchase intention of online transportation in Indonesia. The research data is based on 338 respondents who have taken the online questionnaire, and are those who have not yet used online transportation in Indonesia, but have obtained information about it through online media. Purposive sampling method has been used in this research where population members selected to participate in this research is based on the authors judgment. The analysis method used is structural equation model SEM through AMOS software.
The result shows that there is a positive and significant influence of electronic word of mouth, brand awareness, and brand image on purchase intention with brand image as a mediator between electronic word of mouth, brand awareness and purchase intention variables. This research certainly has several limitations, thus future research may include other variables in order to obtain new knowledge and understanding in the context of online transport.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh electronic word of mouth, brand awareness, dan brand image terhadap purchase intention pada transportasi online di Indonesia. Data penelitian berdasarkan 338 responden yang berpartisipasi melalui kuisioner online, dan responden yang belum pernah menggunakan transportasi online di Indonesia, tetapi pernah membaca informasi terkait transportasi online via media online. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan beberapa kriteria tertentu/ Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation model SEM dengan bantuan software AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel electronic word of mouth, brand awareness, brand image terhadap purchase intention, serta brand image berperan sebagai mediator antara electronic word of mouth, brand awareness dan purchase intention. Penelitian ini tentunya memiliki beberapa keterbatasan, sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel penelitian lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru dalam konteks transportasi online.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firdiyah Melati Wahyu Analita
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana pengalaman gamification marketing activities dapat mempengaruhi loyalitas merek, word of mouth positif dan resistensi terhadap informasi negatif pada pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan metode conclusive descriptive cross-sectional dan kuesioner disebar kepada 333 pengguna aplikasi Shopee yang pernah berpartisipasi dalam permainan in-app games Goyang Shopee. Dengan analisis menggunakan structural equation modelling (SEM), penelitian ini menemukan bahwa pengalaman gamifikasi dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang diinginkan dalam hal ini loyalitas merek, word of mouth positif dan resistensi terhadap informasi negatif secara tidak langsung. Gamifikasi mempengaruhi perilaku konsumen melalui nilai hedonik dan utilitarian. Nilai hedonik dan utilitarian secara positif dapat mempengaruhi kepuasan. Nilai hedonik dan kepuasan juga ditemukan signifikan dalam mempengaruhi brand love sementara nilai utilitarian tidak
memiliki pengaruh terhadap brand love. Selanjutnya brand love ditemukan signifikan dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Gamifikasi sendiri telah menjadi strategi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam suatu layanan. Memahami implementasi dari gamifikasi akan membantu manajer untuk memprediksi perilaku konsumen terutama pada aplikasi mobile shopping. Oleh karena itu pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh manajer serta saran bagi penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
This study discusses how the experience of gamification marketing activities can influence brand loyalty, positive word of mouth and resistance to negative information on Shopee Apps users. This study used a conclusive descriptive cross-sectional method and the questionnaire was distributed to 333 Shopee Apps users who had participated in the in-app game called Goyang Shopee. By analyzing using structural equation modeling (SEM), this study found that the experience of gamification indirectly influences desired consumer behavior in case of brand loyalty, positive word of mouth and resistance to negative information. Gamification influences consumer behavior through hedonic and utilitarian values. Hedonic and utilitarian values can positively influence satisfaction. Hedonic values and satisfaction are also found to be significant in influencing brand love while utilitarian values have no influence on brand love. Furthermore, brand love is found to be significant in influencing consumer behavior. Gamification itself has become a strategy to increase customer engagement with a product or service. Understanding the implementation of gamification will help
managers to predict consumer behavior, especially in mobile shopping applications. Therefore, in this study there are also managerial implications that can be carried out by managers and suggestions for further research."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Galuh Komalaningdias
"Tesis ini membahas Hubungan Electronic Word of Mouth, Product Attributes,
Service Quality dan Price terhadap Brand loyalty, Studi pada Holycow
Steakhouse by Chef Afit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif.
Responden adalah pelanggan Holycow Steakhouse yang bekerja di daerah Jakarta
Selatan yang berjumlah 175 orang. Metode analisa data dilakukan dengan statistik
analisa deskriptif dan Korelasi Spearman untuk membuktikan hipotesis dalam
penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
positif, kuat dan signifikan antara Electronic Word of Mouth dengan Brand
Loyalty, Product Attributes dengan Brand Loyalty, Service Quality dengan Brand
Loyalty serta Price dengan Brand Loyalty

ABSTRACT
This Study conducted to found the Relationship between Electronic Word of
Mouth, Product Attributes, Service Quality and Price to Brand loyalty. This
study used a quantitative explanative method with a questionnaire survey through
a 175 loyal customers of Holycow Steakhouse which works at South Jakarta
Area. The Analysis method presents a descriptive statistical analysis and
Spearman’s Correlation to prove the research hypothesis. The result showed that
there is a positive, strong and significant Relationship between Electronic Word of
Mouth and Brand Loyalty, Product Attributes and Brand Loyalty, Service Quality
and Brand Loyalty, Price and Brand Loyalty;"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2015
T43742
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Ahmad Razzaq Fadillah
"Industri NFT merupakan industri yang sempat memiliki peminat investor yang sangat tinggi di kalangan pengguna internet. Namun demikian, literatur terkait pemasaran pada industri ini masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dari konsumen secondary market industri NFT melalui mediasi variabel Brand Image, terutama pada Marketplace OpenSea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada konsumen industri NFT, khususnya secondary market OpenSea. Melalui metode survei, sampel pada penelitian ini berjumlah 153 dengan ketentuan responden tersebut pernah bertransaksi pada secondary market OpenSea dan menggunakan media sosial Discord dan/atau Twitter. Hipotesis diuji dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dari konsumen industri ini, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan pengaruh mediasi variabel Brand Image.

NFT is an industry which attract many investor from the internet community. However, there are barely any literatures about the marketing in this sector. This research aimed to analyze the impact of Electronic Word of Mouth on Purchase Intention through Brand Image as the mediating variable in the NFT's Secondary Market, especially on the OpenSea Marketplace. This research used a quantitative approach with a purposive sampling technique on consumers in the NFT industry, specifically the OpenSea secondary market. Using a survey method, the sample in this research consisted of 153 respondents who had previously conducted transactions on the OpenSea secondary market and used social media platforms Discord and/or Twitter. The hypotheses were tested using the Structural Equation Modelling (SEM) method. The results of this research showed that Electronic Word of Mouth significantly affected Purchase Intention from consumers in this industry, both directly and indirectly through the mediating effect of the Brand Image variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lusita Vebrianti
"Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan hubungan konsumen-merek (consumer-brand relationship) telah menjadi fokus teori branding dalam banyak literatur pemasaran dalam menghadapi lingkungan usaha yang semakin kompetitif. Brand love disebut sebagai salah satu alat ukur yang baik dalam menganalisis hubungan antara konsumen dan merek (Caroll & Ahuvia, 2016).  Penelitian ini didorong oleh fakta bahwa ikatan cinta antara konsumen dengan merek akan berpengaruh terhadap loyalitas dan kepuasan mereka sehingga meningkatkan keterlibatan konsumen dalam melakukan word of mouth yang baik pada konsumen lain (Batra et al., 2012). Penelitian ini mencoba untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi brand love serta melihat bagaimana pengaruh brand love terhadap word of mouth melalui brand loyalty dan brand satisfaction.  Peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan survei hasil olahan 200 responden pengguna produk kosmetik halal (make up dan perawatan tubuh) di Indonesia yang dipertimbangkan untuk analisis data. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) untuk melihat hubungan antarvariabel dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan ikatan cinta yang dimiliki oleh konsumen dipengaruhi oleh brand image dan self-congruence. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa brand love memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty dan brand satisfaction. Selanjutnya, kedua variabel ini juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel word of mouth. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa brand love merupakan variabel penting dalam menentukan word of mouth konsumen melalui brand loyalty dan brand satisfaction pada produk kosmetik halal.

Over the last few years, the consumer-brand relationship has become the focus of branding theory in several marketing literatures to overcome the increasingly competitive business environment. Brand love is an excellent measuring tool for analyzing the relationship between consumers and brands (Carroll & Ahuvia, 2016). This research is driven by the fact that the bond of love consumers own would affect their loyalty and satisfaction and could increase consumer involvement in spreading good word of mouth to other consumers (Batra et al., 2012). This study tries to analyze the factors that can influence brand love and see how brand love influences WOM through brand loyalty and brand satisfaction. The writer conducted a quantitative research with surveys of processed results of 200 respondents using halal cosmetic products (make-up and body care) in Indonesia who were selected for data analysis. The analytical method used in this study is the Structural Equation Model (SEM) to see the relationship between variables using the Smart PLS 4 application. The results show that brand image and self-congruence influence the consumers' bond of love. The results of this study also show that brand love has a positive influence on brand loyalty and brand satisfaction. Furthermore, these two variables also positively and significantly influence word of mouth. Therefore, the interpretation is that brand love is essential in determining consumer word of mouth through brand loyalty and brand satisfaction with halal cosmetic products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sabtani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka konsep yang menjelaskan pengaruh product placement merek lokal Indonesia di drama korea terhadap brand recall dan word of mouth yang diadopsi dari kerangka sosialisasi konsumen (peer communication dan media exposure) untuk menilai sikap dan perilaku audiens. Pada penelitian ini, penulis menggunakan non-probability sampling dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk pengolahan data. Responden pada penelitian ini merupakan orang yang menonton drama korea, sadar adanya product placement merek lokal Indonesia di drama korea yang ditonton dan berdomisili di Indonesia. Data sebanyak 187 responden yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square- Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 4 dari total 6 hipotesis berpengaruh signifikan dimana peer communication dan acceptability berpengaruh positif terhadap attitude towards product placement. Secara lebih lanjut, ditemukan bahwa attitude towards product placement mampu memberikan pengaruh positif terhadap word of mouth dan brand recall audiens. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan marketer dalam penyusunan strategi pemasaran melalui product placement di drama korea.

This study aims to develop a conceptual framework that explains the influence of local Indonesian brand product placement in Korean dramas on brand recall and word of mouth adopted from the consumer socialization framework (peer communication and media exposure) to assess audience attitudes and behavior. In this study, author used non-probability sampling with the Structural Equation Modelling (SEM) method for data processing. Respondents in this study were people who watch Korean dramas, aware of the product placement of local Indonesian brands in Korean dramas that are watch and domiciled in Indonesia. Data from 187 respondents in the main study were processed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that as many as 4 out of a total of 6 hypotheses have a significant effect where peer communication and acceptability have a positive effect on attitude towards product placement. Furthermore, it was found that attitude towards product placement can have a positive influence on the word of mouth and brand recall of the audience. The results of this research can be used by marketers in formulating marketing strategies through product placement in Korean dramas."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Diva Herwanti
"Gamifikasi pada industri e-commerce sudah menjadi tren sejak tahun 2019. Merujuk pada riset Snapcart, gamification di dalam aplikasi menjadi dasar oleh konsumen untuk mengakses ke platform e-commerce terlebih selama bulan ramadhan dan pandemi Covid-19. Skripsi ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari pengalaman gamification marketing activities terhadap loyalitas merek, positive word of mouth dan resistensi terhadap informasi negatif melalui nilai utilitarian, nilai hedonik, kepuasan dan brand love pada pengguna Tokopedia Games. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 218 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Dengan analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman gamification marketing activities berpengaruh signifikan terhadap utilitarian value dan hedonic value, kemudian utilitarian value dan hedonic value berpengaruh signifikan terhadap satisfaction. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara hedonic value terhadap brand love tetapi untuk utilitarian value tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand love, kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara satisfaction dengan brand love yang kemudian brand love menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, positive word of mouth dan resistance to negative information. 

Gamification in the e-commerce industry has been a trend since 2019. According to Snapcart research, gamification in applications are the basis for consumers to access e-commerce platforms, especially during the month of Ramadan and the Covid-19 pandemic. This thesis aims to analyze how the influence of the experience of gamification marketing activities on brand loyalty, positive word of mouth and resistance to negative information through hedonic values, utilitarian values, satisfaction and brand love on Tokopedia Game users. This study uses a quantitative approach through a survey method based on purposive sampling. The number of respondents in this study were 218 respondents obtained through an online questionnaire. By analysis using structural equation modeling (SEM), this study shows that the experience of gamification marketing activities has a significant effect on utilitarian value and hedonic value, then utilitarian value and hedonic value significantly affect satisfaction. This study also shows a significant effect between hedonic value on brand love but for utilitarian value it does not have a significant effect on brand love, then there is a significant relationship between satisfaction and brand love which then brand love shows a significant influence on brand loyalty, positive word of mouth and resistance. to negative information."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>