Ditemukan 183871 dokumen yang sesuai dengan query
Jinan Khoirunnisa
"
ABSTRACTEntrepreneurial activity is essential for a country rsquo s economic growth. However, the entrepreneurial rate in Indonesia is still meager compared to other ASEAN countries. To understand the process of finding potential entrepreneurs among Indonesian university students, I use entrepreneurial potential theory. I propose that entrepreneurship course can make a career as an entrepreneur become a more desirable and feasible option, thus increase the students rsquo intention to become one. Specifically, I hypothesize that entrepreneurship course has a positive effect on entrepreneurial intention via perceived desirability and feasibility. Hierarchical regression analysis was used to test the hypotheses with a sample of 148 Indonesian university students. Only two out of five hypotheses were supported. It suggests that entrepreneurship course has no effect on perceived desirability and feasibility and entrepreneurial intention of students. However, perceived desirability and feasibility have a positive impact on entrepreneurial intention.
ABSTRAKKegiatan kewirausahaan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Namun, tingkat kewirausahaan di Indonesia masih lebih rendah dibanding negara ASEAN lainnya. Untuk memahami proses terbentuknya potensial wirausahawan di kalangan mahasiswa Indonesia, saya menggunakan teori entrepreneurial potential. Saya mengusulkan bahwa program mata kuliah kewiraswastaan dapat membuat karir sebagai pengusaha menjadi pilihan yang lebih diminati dan memungkinkan, sehingga meningkatkan niat mahasiswa menjadi pengusaha. Secara khusus, saya berhipotesis bahwa mata kuliah kewiraswastaan memiliki efek positif pada niat kewirausahaan melalui perceived desirability and feasibility. Analisis regresi hirarkis digunakan untuk menguji hipotesis dengan sampel 148 mahasiswa Indonesia. Hanya dua dari lima hipotesis yang didukung. Ini menunjukkan bahwa mata kuliah kewiraswastaan tidak berpengaruh pada keinginan dan kepercayaan diri mahasiswa untuk penjadi pengusaha dan niat menjadi pengusaha. Namun, keinginan dan kepercayaan diri mahasiswa memiliki dampak positif terhadap niat menjadi pengusaha. "
2017
S68504
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hanifa Salsabila
"Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan.
Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant."
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Edina Ayuningtyas
"
ABSTRAKPenelitian ini menganalisis hubungan antara Pendidikan kewirausahaan dan komunitas kewirausahaan terhadap niat kewirausahaan mahasiswa di Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Universitas untuk mengembangkan niat wirausaha siswa mereka. Dengan demikian, universitas dapat berkontribusi menciptakan wirausaha baru bagi pemerintah. Data dikumpulkan dengan mensurvei 58 siswa yang telah mengikuti pendidikian kewirausahaan dan memutuskan untuk berpartisipasi dalam komunitas kewirausahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan kewirausahaan dan komunitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat wirausaha. Adanya komunitas kewirausahaan sangat bermanfaat dalam membangun komunikasi antar sesama anggota yang dapat mengakibatkan peningkatan kepercayaan diri mahasiswa. Selain itu, membantu mahasiswa memahami niat menjadi wiraswasta. Sehingga Pendidikan kewirausahaan dan program yang diselenggarakan oleh komunitas wirausaha diyakini bisa menunjang niat kewirausahaan para mahasiswa.
ABSTRACTAbstract In this research, we have analyzed the relation between entrepreneurship education and entrepreneurial community with the student entrepreneurship intentions in Indonesia University. This research is aimed to assist the University Stakeholders to develop entrepreneurial intentions of their students. Thus, university can contribute to create new entrepreneurs to the government. Data were collected by surveying 58 students who have decided to participate in entrepreneurship community and studied entrepreneurshipe education. The result of this result has showed that entrepreneurship education and entrepreneurial community has a significant influence on entrepreneurial intention. The existence of entrepreneurship community is beneficial in building communication among fellow member that can result an improvement in student rsquo s confidence. Also, it helps the students to understand the intention of being an entrepreneur. Consequently, entrepreneurship education and program that is organized by entrepreneurial community believed to be able to support entrepreneurship intentions of the students."
2017
T48126
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Annisafira Lintang Lestari
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial learningdan social supportterhadap entrepreneurial intentionpada mahasiswa yang telah mempelajari mata kuliah entrepreneurship di Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi tersebut dengan total sampel sebanyak 165 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda hierarkis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari entrepreneurial learning dan social support terhadap entrepreneurial intention dan dimediasi oleh theory of planned behavior yang terdiri dari attitude towards entrepreneurship,subjective norms, dan perceived behavioral control.
This study aims to determine the effect of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention in students who have studied entrepreneurship courses at Bogor Agricultural University, Bandung Institute of Technology, and University of Indonesia. The data collection technique used was a survey by distributing questionnaires with a total sample of 165 respondents. Hypothesis testing is done by using hierarchical multiple regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention and is mediated by the theory of planned behavior consisting of attitude towards entrepreneurship, subjective norms, and perceived behavioral control.
Â
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yuniar Hastuti Sanur
"Entrepreneurial intention merupakan aspirasi pribadi pada individu untuk memulai suatu proyek atau usaha. Pentingnya aktivitas kewirausahaan dan peran mahasiswa dalam membentuk orientasi dan merangsang niat untuk menentukan karir kewirausahaan dan memulai bisnis baru di masa mendatang dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan dimana perilaku tersebut ditentukan oleh personality traits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial orientation terhadap entrepreneurial intention dengan personality traits sebagai variabel mediasi pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia dan perbedaan pengaruh tersebut pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang berasal dari jurusan bisnis dengan mahasiswa dari jurusan non-bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan bisnis dan 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel personality traits mampu berperan baik dalam memediasi pengaruh entrepreneurial orientation dan entrepreneurial intention pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia. Selain itu, seluruh hubungan antar variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan satu sama lain dan terdapat perbedaan pengaruh pada mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari jurusan bisnis dan jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia.
Entrepreneurial intention is the personal aspiration of individuals to initiate a project or business. The significance of entrepreneurial activities and the role of students in shaping orientation and stimulating the intention to pursue entrepreneurial careers and start new businesses in the future are influenced by entrepreneurial behavior, which is determined by personality traits. This study aims to analyze the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention, with personality traits as a mediating variable, among final-year students at the University of Indonesia, and to examine the differences in these influences between business and non-business majors. The research employs a quantitative approach, conducting a survey on 100 final-year business students and 100 final-year non-business students at the University of Indonesia. Data analysis is conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) with data processing performed using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that personality traits play a significant mediating role in the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention among final-year students at the University of Indonesia. Furthermore, all relationships between variables are mutually significant, and there are differences in influence between final-year students majoring in business and non-business at the University of Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sipangkar, Harry
"P2P Lending merupakan perpaduan antara inovasi keuangan dan teknologi. Mengingat pesatnya perkembangan pasar P2P Lending, ada kebutuhan untuk memahami niat investasi awal calon investor pada platform P2P Lending. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh masing-masing faktor terhadap kepercayaan awal dan persepsi risiko dan kemudian menghubungkannya kembali dengan niat investasi. Faktor-faktor dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu faktor individu yang didalamnya terdapat selera risiko dan kecenderungan untuk percaya, dan faktor platform yang didalamnya terdapat persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, persepsi reputasi, persepsi lembaga legalitas, maka kedua faktor tersebut. dimediasi oleh kepercayaan awal dan risiko yang dirasakan dan kemudian memberikan penjelasan tentang niat untuk berinvestasi di P2P Lending. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 dan SMK Universitas Indonesia sebanyak 203 mahasiswa Universitas Indonesia yang sudah mewakili seluruh fakultas yang ada. Temuan penelitian ini adalah niat investasi akan meningkat secara signifikan jika dipengaruhi oleh persepsi keamanan dan reputasi melalui kepercayaan awal pada P2P lending.
P2P Lending is a blend of financial and technological innovation. Given the rapid development of the P2P Lending market, there is a need to understand potential investors' initial investment intentions on the P2P Lending platform. The purpose of this study is to explain the effect of each factor on initial belief and risk perception and then relate it back to investment intention. The factors in this study are divided into two, namely individual factors in which there is an appetite for risk and a tendency to trust, and platform factors in which there are perceptions of ease of use, perceptions of security, perceptions of reputation, perceptions of legality institutions, then these two factors. mediated by initial trust and perceived risk and then provides an explanation of the intention to invest in P2P Lending. This study collects data using a questionnaire with purposive sampling technique in collecting the required data. The samples used in this study were undergraduate and vocational students at the University of Indonesia as many as 203 students from the University of Indonesia who already represented all existing faculties. The findings of this study are that investment intentions will increase significantly if it is influenced by perceptions of security and reputation through initial trust in P2P lending."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siti Syafira Abdullah
"Entrepreneurial intention merupakan langkah awal dalam menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi, memperkuat ekonomi, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat serta meningkatkan daya saing suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh university support dan university climate terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diberikan kepada lebih dari 300 mahasiswa dan kuesioner yang terisi sebanyak 300 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 4 untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa university support tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap entrepreneurial intention, namun university climate memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Selain itu, university climate juga ditemukan memediasi hubungan antara university support dengan entrepreneurial intention mahasiswa. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa universitas perlu mengembangkan programprogram dan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan entrepreneurial intention mahasiswa dan menciptakan university climate yang positif di lingkungan kampus.
Entrepreneurial intention is the first step in creating new jobs, encouraging innovation, strengthening the economy, and creating added value for society and increasing a country's competitiveness. This research aims to analyze the influence of university support and university climate on student entrepreneurial intention at the University of Indonesia and Bina Nusantara University. This research uses quantitative methods by collecting data through questionnaires given to more than 300 students and questionnaires filled out by 300 respondents. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 4 software to test the relationship between the variables studied. The research results showed that university support did not significantly influence entrepreneurialism. intention, but the university climate has a positive and significant influence on students' entrepreneurial intention. Apart from that, university climate was also found to mediate the relationship between university support and students' entrepreneurial intention. The managerial implication of these findings is that universities need to develop programs and policies that support the development of student entrepreneurial intention and create a positive university climate in the campus environment."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizty Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas jalinan dari N Networks , N Norms , dan T Trust sebagai elemen kapital sosial dalam CEDS UI, serta manfaat kapital sosial di CEDS UI Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari wawancara mendalam dengan lima narasumber dari anggota CEDS dan satu orang narasumber yang merupakan coach sekaligus alumnus CEDS dan studi kepustakaan. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa terjadi kondisi asimetri dalam elemen elemen kapital sosial di CEDS UI. Pertama, Jaringan yang ada di organisasi bersifat ekstensif. Kedua, norma yang dimiliki organisasi mendukung terbentuknya kepercayaan, yaitu kekeluargaan dan timbal balik namun tidak ada mekanisme sanksi untuk menegakkan norma dalam organisasi. Ketiga, kepercayaan tidak terbentuk dalam organisasi. Selain itu, ada penekanan akan penggunaan mekanisme legal formal yang melandasi kerja sama di dalam organisasi. Apabila dikaitkan dengan konsep dan elemen kapital sosial yang dikemukakan Putnam serta konsep kepercayaan yang dikemukakan Fukuyama, dapat diketahui bahwa dalam CEDS UI belum terbentuk kapital sosial secara sempurna.
The purpose of this research is to discuss the interaction of N Networks , N Norms , and T Trust as the elements of social capital and benefits of social capital for CEDS UI. This research is qualitative research. Data was obtained from in depth interviews with five speakers from CEDS members and one speaker who is a coach and CEDS alumnus , documentation, and literature study. Evidence suggests that asymmetry conditions occur in the elements of social capital in the CEDS UI. First, the existing networks in organizations is extensive. Secondly, the norms of the organization support the establishment of trust, namely kinship and reciprocity. But there is no sanction mechanism to enforce norm in the organization. Third, there is not a general belief in the organization. In addition, there is an emphasis in the use of legal mechanisms to underpin cooperation in the organization. When linked with the concept and elements of social capital presented by Putnam and the concept of trust proposed by Fukuyama, it is known that the perfectly formed social capital has not been formed in CEDS."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Marlinna Budiarti
"Kewirausahaan dipercaya sebagai kekuatan penting dalam pertumbuhan ekonomi global yang menciptakan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi dan sebagai salah satu solusi untuk masalah pengangguran. Sedangkan pendidikan kewirausahaan merupakan komponen penting dari bisnis pendidikan sekolah yang telah terbukti memberikan stimulus bagi individu dalam membuat dan atau mempertimbangkan wirausaha sebagai pilihan karir sehingga meningkatkan penciptaan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi.
Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan sebelumnya berkontribusi pada niat kewirausahaan mahasiswa dengan pendekatan dari integrasi dua teori yaitu Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) dan Theory of Planned Behaviour ( Ajzen, 1991) yang memiliki tiga konstruksi pusat ? Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship , dan Entrepreneurship Intention.
Penelitian dilakukan dengan sampel 71 responden mahasiswa PE FE UI. Survey dilakukan secara online selama bulan Mei - Juni 2012. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square. Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa Entrepreneurial Education memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Entrepreneurial Intention.
Entrepreneurship is believed to be an important force in global economic growth that creates new businesses and economic growth, and as one solution to the problem of unemployment. While entrepreneurship education is an important component of business school education has been shown to provide stimulus for the individual in making or considering entrepreneurship as a career choice that enhances the creation of new businesses and economic growth. This study was designed to see how the influence of the earlier entrepreneurial education contributed to the entrepreneurial intentions of students with the approach of integration of the two theories : Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) and Theory of Planned Behaviour (Ajzen, 1991) which has three central constructs - Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship, and Entrepreneurship Intention. The study was conducted with a sample of 71 respondents of PE FE UI students. The survey was conducted online during the month of May-June 2012. Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Square method. And analytical results obtained results that Entrepreneurial Education has a significant positive effect on Entrepreneurial Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Muhammad Zuhud Fattah
"Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai terhadap intensi berwiraswasta. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 130 responden mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan melalui e-mail selama bulan Oktober-Desember 2013. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0 yang telah banyak digunakan dalam penelitian terkait kewiraswastaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwiraswasta.
The purpose of this paper is to analyze the influence of Entrepreneurial Skills and Value Perception toward Entrepreneurial Intentions. The study was conducted with a sample of 130 respondents of Economic Faculty Extension Program of University of Indonesia students. The survey was conducted during the month of October-December 2013. Data analysis and hyphotesis testing using the Partial Least Square technique with SmartPLS 2.0 that has been satisfactorily applied on entrepreneurship studies. Analytical results obtained results that Entrepreneurial Skills and Value Perception has a positive significant effect on Entrepreneurial Intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53652
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library