Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 207738 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asrie Rahmiatie
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi silabus yang saat ini digunakan dan menghasilkan silabus baru untuk mata pelajaran bahasa Jepang pada Program Akomodasi Perhotelan di sebuah SMK Pariwisata di Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Saya mengevaluasi dokumen silabus yang digunakan saat ini, kemudian merancang silabus baru dengan langkah-langkah dari teori Yalden 1987 . Langkah penelitian diawali dengan survei kebutuhan melalui teknik wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi kelas. Hasil survei menunjukkan bahwa siswa perlu silabus yang seimbang antara struktur dan fungsi bahasa. Silabus baru diharapkan dapat memberikan masukan kepada penyusun silabus di SMK ini.

ABSTRACT
This research was conducted to evaluate the syllabus currently used and to design a new syllabus for Japanese of the Hotelier Program in a Tourism Vocational School in Jakarta. It is a qualitative research with descriptive design. I evaluated the syllabus currently used and design a new syllabus using the stages proposed by Yalden 1987 . The stages start with a needs survey through interviews, questionnaires and classroom observation. The needs survey results suggest that students need a proportional syllabus focusing on both structure and function. It is hoped that the new syllabus can be useful for the syllabus designer in this school."
2017
T49121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Hafitatul Aini
"Karya Proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris I untuk Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Penulis menggunakan langkah-langkah perancangan silabus yang dikemukakan oleh Jordan (1997). Dalam perancangan silabus ini, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap silabus lama mata kuliah Bahasa Inggris I dan kurikulum Jurusan Budidaya Pertanian. Tes diagnostik penulis berikan kepada mahasiswa semester dua yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris I pada semester pertama yang selama ini dilakukan dengan menggunakan silabus yang lama. Survei selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan fakultas, pengajar, ketua prodi, ketua jurusan, dan pemelajar di Jurusan Budidaya Pertanian. Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa Inggris yang saat ini ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan kedepannya. Data yang diperoleh dari hasil survei tersebut, dianalisis guna merumuskan tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. jenis silabus yang digunakan adalah silabus berbasis keterampilan. Keterampilan yang akan digunakan adalah pada keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan hal utama yang harus dilakukan mahasiswa untuk kepentingan akademis mereka selama dalam masa perkuliahan. Silabus baru mata kuliah Bahasa Inggris I yang berbasis pada keterampilan membaca, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris I di Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh.

This project is intended to design an English syllabus for Agriculture Faculty of Malikussaleh University. The writer used the steps recommended by Jordan (1997) in designing syllabus. In designing the syllabus, the writer first analyzed the English syllabus used for English I subject and the curriculum of Agriculture Faculty. A diagnostic test was administrated to the students of the second semester in order to find out the effectiveness of the teaching and learning of English I subject in the first semester, which has been conducted using the old syllabus. Further survey was done by distributing questionnaires and conducting an interview with the head of Faculty, the teachers, the head of program study, the head of department, and the students in Agriculture department. These were done to find information about the current condition of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning English at the Faculty in the future. Data from the two surveys were then analyzed to formulate the goal of the subject, and the type of the syllabus. The type of the syllabus used is a skill based syllabus which would focus on reading skill. Being skillful in reading is necessary for student in relation to their academic needs during their study. The new skill based syllabus for English I subject hopefully can accommodate students? needs, beneficial for teaching and learning of English I subject in Agriculture Faculty of Malikussaleh University."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24427
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Keating, Sarah B
Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2006
610.730 71 KEA c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Academic Press, 1986
370.973 NEW
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hannah, Larry S.
Reading, Mass.: Addison-Wesley, 1977
371.26 HAN c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Soetarjono
Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Kurnia
"Tesis ini berisi tentang studi kurikulum tersembunyi madrasah. Studi ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Assubkiyah, yang merupakan salah satu Sekolah Islam Unggulan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data-data yag dikumpulkan dalam studi ini berasal dari wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Dengan menggunakan kerangka teori praktik Piere Bourdieu, pembahasan kurikulum tersebunyi dikaitkan dengan posisi objektif agen-agen madrasah yang ditentukan berdasarkan modal yang dimiliki juga terkait dengan habitus agen-agen madrasah yang memberikan pengaruh terhadap implementasi kurikulum tersembunyi madrasah serta produk yang dihasilkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam implementasi kurikulum tersembunyi madrasah.
Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa kepala madrasah memiliki posisi dominan dalam konteks implementasi kurikulum tersembunyi madrasah karena memiliki modal yang relatif besar dibandingkan dengan guru dan orang tua yang berada dalam posisi marjinal. Dominasi tersebut, pada gilirannya, mengontrol skema tindakan agen-agen madrasah lainnya kendati dalam berbagai prosesnya dibuka berbagai ruang partisipasi yang memungkinkan agen-agen marjinal mengambil peran dalam proses pendidikan madrasah yang dapat meminimalisasi tensi-tensi yang dapat menyebabkan konflik di antara mereka. Skema tindakan tersebut merupakan habitus agen-agen madrasah yang lebih menekankan pada aspek keislaman kendati masingmasing agen tersebut memiliki bobot yang berbeda terkait dengan aspek keislaman tersebut.
Lain dari itu, bahwa dominasi kepala madrasah secara tidak sadar ditentukan juga oleh keengganan agen-agen marjinal untuk mengambil peran dalam proses pendidikan karena berbagai alasan yang memungkinkan agen-agen marjinal bertahan dan dapat menjaga kepentingannya. Namun demikian, adanya dominasi itu juga tidak serta merta menjadikan kepala madrasah semena-mena dalam menjalankan proses pendidikan. Bahkan, dominasi tersebut berujung pada beban kerja kepala madrasah yang lebih banyak ketimbang agen-agen madrasah lainnya agar tidak keluar dari nilainilai keislaman yang merupakan habitus madrasah dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh negara.
Dominasi tersebut juga memungkinkan agen dominan untuk melakukan barbagai penyesuaian aturan main yang didasarkan pada habitus keislaman madrasah untuk meminimalisasi konflik di antara para agen madrasah dan sebagai strategi untuk meningkatkan posisi tawar madrasah di masyarakat dan negara. Hasil dari semua itu, terjadinya proses pendidikan yang sepenuhnya fokus pada penanaman aspek-aspek keislaman tetapi masih dapat memenuhi berbagai kebijakan-kebijakan negara terkait kurikulum yang telah ditetapkan. Bahkan, mencapai hasil yang relatif baik.

This thesis contains a study of the hidden curriculum of madrasah. This study was conducted at Madrasah Ibtidaiyah Assubkiyah, one of excellent Islamic Schools in Bekasi, West Java. By using a qualitative approach with case study, the data collected in this study came from in-depth interviews, observation and document study. By using Piere Bourdieu's practice theory framework, the discussion of hidden curriculum is connected to the objective position of madrasah agents determined based on the owned capital and also related to madrasah agents habitus giving influences upon the implementation of the hidden curriculum of madrasah and the products produced from various dynamics occurring in the implementation of madrasah hidden curriculum.
Based on the result of the study, it is found that the principal has a dominant position in the context of the implementation of madrasah hidden curriculum because he has relatively large capital compared to teachers and parents existing in a marginal position. The domination, in turns, controls the action schemes of other madrasah agents even though in the various processes, various spaces of participation allowing marginal agents to take part in the education process of madrasah that can minimize tension that can lead to conflicts among them is opened. The action scheme is madrasah agents habitus providing more emphasis on Islamic aspects although each agent has different weights dealing with the Islamic aspects.
Furthermore, the domination of the headmaster is unconsciously determined also by the reluctance of marginal agents to take part in the education process for various reasons allowing marginal agents to survive and maintain their interests. However, the domination does not necessarily make the headmaster run the educational process arbitrarily. In fact, the domination leads to the workload of headmaster more than the other madrasah agents so that it is not out of Islamic values as madrasah habitus and in accordance with the rules set by the state.
The domination also allows dominant agents to perform various rule adjustments based on madrasah Islamic habitus to minimize conflicts among the madrasah agents and as a strategy to improve the bargaining position of madrasah in the community and the state. The overall result, the educational process is fully focused on the growing of Islamic aspects but still can meet various state policies dealing with the curriculum that has been established. In fact, it achieves relatively good results.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35130
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Davies, Ivor K.
London: McGraw-Hill, 1976
375.001 DAV o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>