Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 215348 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ginting, Lora Florencia Br
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari mekanisme pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, dari sejak tahap persiapan/perencanaan kebutuhan, proses pengadaan, dan pengendalian internal pada tahap pelaksanaan pengadaan, terhadap capaian kinerja pengadaan barang/jasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perencanaan kebutuhan, evaluasi penetapan pemenang pada proses pengadaan barang/jasa, dan pengendalian internal belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini berdampak pada capaian kinerja pengadaan barang/jasa yang tidak maksimal dikarenakan terdapat beberapa output yang tidak memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga tingkat kepuasan dari pengguna tidak optimal.

The aims of this research is to analyze the impact of the mechanism of e procurement practices in governmental sector, since the preparation procurement plan phase, procurement process, and internal control on procurement process, to the performance of procurement. This research is using descriptive analysis method with study case approach. The results of this study indicate that the mechanism of procurement plan, the evaluation of bidding to conclude the tender winner, and the internal control on procurement, have not implemented optimally. This, however, have impact to the performance of the procurement which is not achieved the maximum result since some outputs are not met the specification technic required so it leads to the low rate of users satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang dijalankan di Kementerian XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengoptimalkan pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diterapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa serta temuan hasil audit berupa kelebihan pembayaran dan keterlambatan pekerjaan di tahun 2020 pada Kementerian XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari melalui studi kepustakaan dan wawancara kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal pada komponen penilaian risiko dan kegiatan pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada komponen penilaian risiko, kelemahan disebabkan Kementerian XYZ belum menjalankan identifikasi dan analisis risiko. Pada komponen kegiatan pengendalian, kelemahan disebabkan kegiatan pengendalian yang ada belum berbasis risiko sehingga reviu kinerja atas instansi, pembinaan sumber daya manusia, pengendalian fisik atas aset, pemisahan fungsi, otorisasi atas transaksi dan kejadian penting, pencatatan yang akurat dan tepat waktu atas transaksi dan kejadian, dan akuntabilitas terhadap sumber daya dan pencatatannya masih belum efektif mengatasi risiko yang ada.

The purpose of this research is to evaluate the implementation of internal control system in government procurement of goods and services at XYZ Ministry and give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that low of goods and services procurement governance index and audit findings in the form of overpayments and work delays in 2020. The method of this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained from library research and interviews with respondents such as Procurement Officer, Commitment-Making Officer and internal auditor. The results showed that still found the weaknesses in risk assessment and control activity component. In risk assessment component, the weaknesses come from XYZ Ministry has not carried out risk identification and risk analysis. In control activity component, the weaknesses are caused by existing control activities are not yet based on risk, so performance review of agencies, development of human resources, physical control over assets, segregation of duties, authorization of important transactions and events, accurate and timely recording of transactions and events, and accountability for resources and records have not been effective in overcoming the existing risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafiina Andi
"Laporan magang ini menganalisis pengendalian internal yang dilakukan oleh PT AB Tbk terhadap siklus pembelian. Analisis dilakukan menggunakan titik fokus dari prinsip-prinsip dalam komponen aktivitas pengendalian dari COSO Internal Control-Integrated Framework edisi tahun 2013. Mayoritas titik fokus yang menyusun komponen aktivitas pengendalian telah terpenuhi di dalam siklus pembelian PT AB Tbk. Namun dari titik fokus-titik fokus yang belum dipenuhi adalah titik fokus terkait penggunaan informasi dan tekonologi dalam aktivitas pengendalian siklus pembelian.

This internship report analyze internal control conducted by PT AB Tbk on its purchasing cycle. The analysis is based on focus points from control activities component in COSO Internal Control-Integrated Framework 2013 edition. The majority of points of focus from control activities component are present in purchasing cycle of PT AB Tbk. However, the points of focus that not yet present are related to the usage of information and technology in conducting control activities on purchasing cycle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arsita Putri Winanda
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peranan Bagian Pengawasan Internal serta memberikan perancangan audit kinerja di Bagian Pengawasan Internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa tingkat kapabilitas Bagian Pengawasan Internal pada peranannya dalam organisasi masih berada pada Level I. Initial yang ditunjukkan melalui sempitnya lingkup kerja audit metodologi audit yang sederhana, kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi, dan keahlian auditor serta kedudukan yang kurang independen dalam struktur organisasi Setjen DPR. Hal tersebut mengakibatkan hasil pengawasan belum memberikan kontribusi bagi keberlangsungan organisasi dalam pencapaian tujuan karena rendahnya kualitas informasi dalam laporan dan menjadikan lemahnya peranan Bagian Pengawasan Internal dalam organisasi. Untuk meningkatkan perannya Bagian Pengawasan Internal perlu untuk meningkatkan jenis layanan auditnya melalui identifikasi kebutuhan pimpinan akan informasi dan menerapkan metodologi audit kinerja dalam pelaksanaan auditnya. Dengan menerapkan audit kinerja yang didahului dengan perencanaan yang matang untuk menentukan tujuan kriteria dan program pengujian terinci auditor dapat memandang lebih luas suatu permasalahan dan menemukan masalah yang lebih krusial yang mempengaruhi kinerja baik terhadap satu unit kerja maupun pengaruhnya kepada kinerja organisasi secara keseluruhan sehingga dapat membantu auditor dalam merumuskan rekomendasi menjadi tepat sasaran dapat dilaksanakan dan bertujuan untuk perbaikan operasional sehingga dapat menyediakan informasi yang membantu pimpinan dan unit kerja dalam pencapaian tujuan.

ABSTRACT
This research aims to determine the role of Internal Control Section and provide performance audit design on Internal Control Section. This research used a qualitative approach and collect the data research through interviews and documentation studies. The results of this research concluded that the role of Internal Control Section at the level of capability is at Level 1 ndash. Initial that indicated by the narrow scope of the audit lack of audit mehodology lack of competence and skill development activities of auditors as well as lack of its positions within the organizational structure. This affect to the contribution of the audit results to organization rsquo s sustainability and organizational accomplishment due to the low quality of the information in the audit report and weaken the role of Internal Control Section To enhance its role the Internal Control Section necessary to improve the types of audit services by identifying the leaders rsquo needs for information and apply performance audit methodology in the implementation of the audit. By applying the performance audit that preceded by planning process to determine the objectives criteria and detailed test program the auditor can seek at a wider problem and find more crucial issues that affects the performance of both the unit and its influence on the performance of the organization as a whole so that the auditor can formulate better recommendations and aim operational improvements so can provide information that helps leaders and managersin the achievement of goals."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Limbong, Boy Jhoustroy
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara prosedur pengadaan barang/jasa pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Udara dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010. Selanjutnya untuk pengendalian intern terhadap pengadaan barang/jasa dengan metode penunjukan langsung, metode pengadaan langsung dan seleksi umum. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan analisis deskriptif metode kualitatif. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Udara telah melakukan semua prosedur dalam pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Untuk pelaksanaan pengadaan barang/jasa dengan metode penunjukan langsung, pengadaan langsung dan seleksi umum sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya, ini terlihat dengan adanya pemisahan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas, otorisasi setiap kegiatan dan pendokumentasian yang dimulai dari proses perencanaan umum, persiapan pengadaan, pelaksanaan pengadaan hingga proses penyerahan hasil pekerjaan telah dilaksanakan dengan baik.

This research aims to analyze correspondence between of procedures for procurement of goods/services at the Research and Development Center of Civil Aviation with presidential regulation No. 54 of 2010 and the internal control of procurement of goods/services with with a direct designation method, direct procurement method and selection of the public. This research is a case study using descriptive analysis of qualitative method. Research and Development Center of Civil Aviation has performed all the procedures in government procurement of goods/services in accordance with presidential regulation No. 54 of 2010 of Government procurement of goods/services.
For the implementation of the procurement of goods/services with direct designation method, direct procurement method and selection of the public has been running with properly, is seen by the existence of the separation of duties, authority and responsibilities are clear, authorizing any activities and documentation starting from the general planning process, preparation of procurement, the procurement until the process of transferring the results of the work has been carried out properly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S52913
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Jafarudin
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik pemerintah dan kualitas inspektorat, serta kualitas inspektorat sebagai pemoderasi karakteristik pemerintah terhadap kualitas pengendalian intern pemerintahan . Penelitian ini menggunakan observasi di 32 kementerian tahun 2012 ndash; 2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data panel, pengujian menggunakan model efek random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pemerintah yang terdiri dari ukuran dan kompleksitas memiliki pengaruh negatif terhadap kualitas pengendalian intern pemerintah, sedangkan kualitas inspektorat yang terdiri dari kualitas inspektur jenderal dan auditor internal kementerian, hanya auditor internal kementerian yang terbukti berpengaruh positif terhadap kualitas pengendalian intern pemerintah. Pada hubungan moderasi hanya auditor internal kementerian yang terbukti berpengaruh memoderasi hubungan ukuran terhadap kualitas pengendalian intern pemerintah.

The aim of this study is to analyze the governmental characteristics, inspectorate rsquo s quality, and inspectorates quality as a moderation to governmental internal control quality. Sample of this study are 32 ministries in 2012 ndash 2014. The results show that the size and complexity as the governmental characterisctis have negative effect to the quality of government rsquo s internal control. Furthermore, the quality inspectorate consisting of quality inspectors and internal auditors, internal auditors only proven effect positively to the quality of government rsquo s internal control. Nevertheless, the quality of the inspectorate is not proven to moderate the relationship of quality of government rsquo s internal control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T47491
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Jibril Guntoro
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang di bagian operasional terkait kecukupan aktivitas pengendalian di PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi dilakukan pada bagian operasional PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang berdasarkan kerangka siklus pengeluaran pada bagian pemesanan dan penerimaan barang serta kerangka Control Activities. Berdasarkan evaluasi pada siklus pengeluaran pada aktivitas pemesanan dan penerimaan, belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka dikarenakan tidak terdapat Standard Operating Procedure (SOP) pada pemesanan dan penerimaan barang. Sehingga, hal tersebut berdampak pada kurang sesuainya kecukupan dalam Control Activities pada aktivitas pemesanan dan penerimaan barang.

This internship report aims to evaluate the activities of ordering and receiving goods in the operational section related to the adequacy of control activities at PT PKN Jakarta Regional Office. The evaluation was carried out at the operational section of PT PKN Jakarta Regional Office. Evaluation of the activity of ordering and receiving goods based on the expenditure cycle framework in the ordering and receiving section of goods and the framework of Control Activities. Based on the evaluation of the expenditure cycle on ordering and receiving activities, it is not fully in accordance with the framework because there is no Standard Operating Procedure (SOP) on ordering and receiving goods. Thus, this has an impact on the lack of appropriate adequacy in Control Activities on ordering and receiving goods."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Shahnaz Diena
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan yang dilakukan oleh PT SSM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan PT SSM, mencari kelemahan yang ada dalam sistem tersebut dan memberikan alternatif solusi pada siklus pendapatan PT SSM. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengikuti proses pelelangan elektronik (eprocurement) yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa PT SSM tidak memiliki sistem pengendalian internal yang baik, dan belum melakukan pencatatan akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku. Penulis mengajukan Standard Operating Procedure (SOP) atas prosedur pengadaan barang/jasa untuk memperbaiki sistem pengendalian internal perusahaan.

ABSTRACT
This study examines the revenue cycle on goods/services procurement entities which is PT SSM. This study aims to evaluate the internal control on PT SSM's revenue cycle, point the existing shortcomings and provide the alternative solution to eliminate the shortcomings in the revenue cycle. This study was conducted by making direct observation of the business activities done by the enterprise in participating on the electronic tender process (e-procurement) held by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries.
The results showed that PT SSM does not have a good internal control system and the accounting records are not done in accordance with the applicable standards. The author propose a Standard Operating Procedure (SOP) for the goods/services procurement procedures to improve the company’s internal control system."
2014
S53180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Swastika Ariyani
"Lembaga XYZ sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan terkemuka di Indonesia sudah sepatutnya memiliki Unit Audit Internal yang efektif untuk dapat menjamin mutu pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada para peserta. Unit Audit Internal yang efektif tentu saja harus memiliki struktur organisasi dan sumber daya yang efektif dan harus mendapatkan dukungan dari Manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kedudukan Unit Audit Internal dalam perusahaan dan bagaimana dukungan Manajemen terhadap Unit Audit Internal. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan penelitian lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah Unit Audit Internal berkedudukan dibawah Direktur Utama dan tidak memiliki kewajiban pelaporan kepada organ Pengawas. Selain itu, sumber daya yang dimiliki Unit Audit Internal sangat terbatas sehingga terdapat satuan kerja yang tidak diaudit pada suatu periode audit tertentu. Secara praktik, Unit Audit Internal telah didukung oleh Manajemen namun bentuk dukungan secara resmi melalui ketentuan dan peraturan belum dilakukan secara maksimal.

The XYZ Institute as one of the leading education and training institutions in Indonesia should have an effective Internal Audit Unit to be able to guarantee the quality of education and training provided to the participants. An effective Internal Audit Unit must have an effective organizational and resource structure and must get support from Management. This study aims to see the position of the Internal Audit Unit in the company and how Management supports the Internal Audit Unit. This study uses descriptive analysis method with a case study approach and data collection methods using literature studies and field research.
The results of this study are that the Internal Audit Unit is located under the President Director and has no obligation to report to the Supervisory organ. In addition, the resources of the Internal Audit Unit are very limited so that there are divisions that are not audited in a particular audit period. In practice, the Internal Audit Unit has been supported by Management, but the form of official support through the provisions and regulations has not been carried out optimally."
Jakara: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Mubarrak
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal yang terdapat pada PT. DEF menggunakan kerangka pengendalian internal Commission of Sponsoring Organizations COSO tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pihak PT. DEF sebagai data primer dan menggunakan data-data sekunder sebagai data pendukung berupa dokumen yang terkait dengan kegiatan pengendalian internal. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui PT. DEF belum sepenuhnya menetapkan kebijakan pengendalian internal yang cukup dan memadai sesuai dengan kerangka pengendalian internal COSO tahun 2013. Dari 69 aspek yang ada di dalam kerangka, sebanyak 60 aspek telah dipenuhi dan 9 aspek belum memenuhi kerangka pengendalian internal COSO tahun 2013.

This study aims to analyze the internal control on PT DEF, using the COSO internal control framework 2013. Research method used in this study is interviewing PT DEF as the primary data and also use documents related to internal control activities as the secondary data. Based on the result of this study, PT DEF has not fully implement the sufficient internal control policy yet, in accordance to the COSO internal control framework 2013. From 69 aspects in the framework, 60 aspects are already fulfilled by the company, and 9 aspects have not fulfil the COSO internal control framework 2013."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>