Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 98753 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ritami
"ABSTRAK
Car Free Day CFD merupakan salah satu cara untuk membentuk kebiasaan hidup sehat masyarakat ibukota Jakarta. Antusiasme masyarakat yang begitu besar menjadikan jalur CFD bertambah fungsi dan semakin banyak variasi penggunaan ruang yang terjadi. Penerapan ruang informal olahraga pada CFD tidak memiliki pengaturan khusus sebagai fasilitas joging. Oleh karena itu skripsi ini membahas pemaparan terkait kualitas ruang kota yang dapat mendukung dalam memperoleh aspek kenyamanan dan memberi pengalaman menyenangkan dalam berjoging. Dengan studi kasus yang secara tidak sengaja sudah teraplikasikan kualitas tersebut pada elemen arsitektural di ruang kota dalam hal ini CFD Sudirman-Thamrin, Jakarta. Penelitian dilakukan secara deskriptif diawali dengan mengkaji teori dari literatur yang terkait dengan berjoging, dalam hal ini pejoging sebagai pengguna ruang dan kualitas lingkungan di ruang kota yang memberi kenyamanan saat berjoging. Kemudian dilakukan analisis berdasarkan literatur dan pengamatan secara visual dari kumpulan foto. Kesimpulannya adalah terdapat dua faktor kualitas lingkungan di CFD Sudirman-Thamrin yaitu, faktor yang menentukan kenyamanan determinan seperti: kualitas permukaan pengalas, batas vertikal ruang, serta keramaian, dan faktor yang mendukung kenyamanan modifier seperti: variasi, dan kekayaan stimulus indera. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi satu sama lain guna menciptakan kualitas ruang kota yang dapat mengakomodasi pengguna ruang tepatnya pejoging.

ABSTRACT
Car Free Day CFD is one of the ways to establish healthy living habits of Jakarta rsquo s capital community. The enormous enthusiasm of the community makes the CFD path increased functionality and the more varied use of space. The informal sport spaces on CFD does not provide a special setting as a jogging facility. Therefore this study is explane the quality of urban space that can support in provide the comfort aspect and joyful experience in jogging. With case study that have inadvertently applied these qualities to architectural elements in urban space, CFD Sudirman Thamrin, Jakarta. Research done descriptively begins by studying the literature reviews related to jogging, especially the environmental quality in the urban space that gives comfort when jogging, then continued with observations from the field and documented through series of photos. The conclusion of this study is that there are two factors of environmental quality in CFD Sudirman Thamrin, that determine comfort such as the quality of horizontal surface, and vertical boundary including human crowd, and factors that support the comfort modifier such as variations of space and the wealth of sensory stimuli. Both of these factors affect each other to create the quality of the urban space that can accommodate the user space especially joggers.Keywords Jogging Environmental Quality Car Free Day Sudirman Thamrin"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heidy Octaviani Rachman
"

Proses pembentukan ruang publik di kota dilakukan oleh tiga pemerintah, pebisnis dan masyarakat. Dalam mewujudkan kota yang berkeadilan, setiap pemerintah memiliki kontrol terhadap ruang berupa kebijakan (top-down), sedangkan pebisnis dan masyarakat melakukan necessary dan optional activity-nya masing-masing dalam ruang kota sebagai tindakan dari sisi bottom-up. Fenomena terjadinya pembentukan ruang publik oleh ketiga aktor tersebut dapat ditinjau dengan metode placemaking. Studi kasus yang diambil untuk penelitian ini adalah CFD Sudirman-Thamrin, DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme pemerintah dalam membentuk ruang CFD serta menganalisis proses pembentukan ruang publik melalui placemaking oleh pebisnis dan masyarakat pada kegiatan CFD. Untuk mengetahui kondisi lapangan, peneliti melakukan observasi partisipatif. Selanjutnya dilakukan wawancara secara mendalam dan observasi lanjutan, serta analisis data secara deskriptif dan spasial. Masing-masing dinas/pemerintahan melakukan pengontrolan atas ruang sesuai tugasnya, tetapi belum dalam kerangka besar mewujudkan ruang publik untuk masyarakat. Adanya masyarakat yang melakukan necessary dan optional activity-nya menarik partisipan lainnya untuk berpartisipasi dalam ruang publik. Ruang publik pada saat pelaksanaan CFD telah menjadi ruang aktivitas sosial yang yang inklusif dan atraktif. Kekayaan aktivitas ruang publiknya yang terbukti dalam tinjauan The Power of 10 Places and Things to do, menjadi modal sosial dan ekonomi yang baik untuk masyarakat perkotaan.

 


The process of making public spaces in the city is carried out by three main actors that are governments, business people and community. In the making of equity city, every government has control over space in with their policies (top-down action), while businesses and communities do necessary and optional activity in the city space as a bottom-up action. The phenomenon of making public spaces by the three actors can be reviewed by the method of placemaking. The case study taken was CFD Sudirman-Thamrin, DKI Jakarta. This study aims to identify government mechanisms in making CFD space and analyze the process of making public spaces through placemaking by business people and the communities in CFD. To find out the field conditions, researchers conducted the participatory observation. Furthermore, in-depth interviews and follow-up observations were carried out, as well as descriptive and spatial data analysis. The findings are each department/government controls the space according to its duties, but it is not in the big framework of making places or public space for the community yet. The existence of communities that does necessary and optional activity attracts other participants to participate in public spaces. Public spaces at the time of CFD implementation have become spaces of social activity that are inclusive and attractive. The wealth of public space activity that is evident in the review of The Power of 10 Places and Things to do, is a good social and economic capital for urban communities.

 

"
2019
T53562
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Wirastomo
"Kota Tua Jakarta di tengah fungsinya seba gai tempat hidup manusia dalam melakukan kegiatan kota, juga menjadi tempat kegiatan-kegiatan perayaan. Hal ini terjadi karena Kota Tua Jakarta berisi oleh peninggalan-peninggalan arsitektur kolonial dan kebudayaannya pada masa itu sehingga menarik minat manusia untuk melakukan kegiatan wisata, salah satunya kegiatan perayaan. Tempat kegiatan perayaan yang berlangsung di ruang-ruang terbuka umun dan frekuensi kegiatannya yang tidak berlangsung setiap hari menimbulkan permasalahan perancangan sehingga perlunya ada sebuah usulan mengenal ruang yang bersifat fieksibel yang mampu menampung kegiatan perayaan, sekaligus dapat berfungsi kembali sebagai ruang kehidupan keseharian manusia di Kota.

Jakarta Old Town (Kota Tua Jakarta) has been a place for daily-urban-living. It also a place for festival activities. This is because Jakarta Old town is fulfilled by colonial architecture heritage which attracted people to do activities there, festival activity is one of them. The Festival activities are placed in public and outdoor areas and happen only on special occasions. That will cause a architectural problem which has to be solved with a flexible place that has two functions, a place for festival and every-day-living.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24279
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Fitrisari
"Ruang kota adalah ruang yang tersusun dari batas-batas antarbangunan dan segala elemen yang mengisi diantaranya, serta kegiatan yang terjadi di dalamnya. Pada sebuah Kota di negara berkembang yang selalu berubah keadaanya tiap tahun, tentu keadaan ruang kotanya juga berubah. Selain pembangunan gedung, perkembangan dalam transportasi juga merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi perubahan ruang kota. Sejak abad ke-20 isu sustainability merupakan masalah yang sering menjadi perhatian masyarakat untuk mendukung keberlanjutan generasi kita di masa depan. Konsep sustainability ini mulai diterapkan di berbagai aspek dalam kehidupan, termasuk transportasi. Berbeda dengan sistem transportasi lain, transportasi berkelanjutan tidak hanya diwujudkan untuk memecahkan masalah mobilisasi saja namun juga untuk menjaga keberlangsungan lingkungan, ekonomi, dan sosial sebuah kota agar tidak memberikan dampak buruk kedepannya. Rangkaian dari transportasi dan fasilitas pendukungnya ini akan menimbulkan pola pergerakan dan aktivitas baru dalam kota, yang tentunya dapat berpengaruh pada ruang sebuah kota. Begitu juga yang terjadi di Jakarta. Dengan maraknya isu kemacetan dan polusi udara di Jakarta, sejak masa pemerintahan Sutiyoso telah dilakukan percobaan untuk menerapkan transportasi berkelanjutan, salah satunya dengan menggunakan desain transportasi PTM (Pola Trasnsportasi Makro) yang terdiri dari Busway, MRT, dan LRT, serta penataan jalur pejalan kaki di sekitarnya yang membentuk sebuah sistem sustainable movement di Jakarta. Karya tulis ilmiah ini akan membahas bagaimana sustainable movement berada di dalam ruang kota, khususnya di Jakarta.

Urban space is a space that consists of many boundaries between buildings, the elements that occupy it, and the activity that happens in it. The urban space condition of a city always changes as times goes by, especially in a developing country. Beside a building construction that happens in a city, the transportation development in a city is also a big factor that affects the condition of an urban space. Since the 20th century, the issue of sustainability has become the focus of discussion around the world to maintain the continuation of our future generation. Since then, the concept of sustainability has been applied in many aspects in the world, such as transportation. The sustainable transportation not only solves the mobilization problem, but can also help us maintain th state of our environment, economic, and social condition for our future generation. So it needs different facilities than a normal transportation. The sequence between these facilities and their sustainable transportations can create a different, more sustainable movement and activities pattern in a city. This different in transportation, facilities, and the activities happens in there is the cause of urban space change in a city. This thing also happens in Jakarta. Because of the issue of traffic jam and air pollution, since the government of Sutiyoso there are many attempt to apply the concept of sustainability in Jakartas transportation, such as the application of PTM (Pola Transportasi Makro) transportation design that consist of Busway, MRT, LRT, and pedestrian approach that creates a sustainable movement in Jakarta. This scientific paper will discuss the sustainable movement and how it exist in urban space, especially in Jakarta. "
Depok: 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Fadilah
"ABSTRAK
Memori dan sejarah kerap dikaitkan satu sama lain karena berkaitan erat dengan waktu, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Sebuah kota yang berdiri sejak dahulu, mengalami berbagai kejadian pada setiap waktunya sehingga memiliki memori dan sejarahnya sendiri yang membuat kota tersebut berbeda dari yang lainnya. Dalam hal ini keduanya berperan dalam membangun ruang urban dalam sebuah kota. Tetapi dalam perwujudannya, seringkali hanya menjadi representasi tanpa ingatan dari masyarakat pada kota tersebut, bahkan seringkali hanya menjadi ldquo;pemanis rdquo; bagian komersial, atau memori kolektif dari sebuah kota sudah tergantikan oleh memori personal dari masyarakat. Namun apakah penggunaan memori di dalam ruang urban masih relevan?Dalam skripsi ini saya mempertanyakan kembali apakah penggunaan memori dalam kota masih relevan atau tidak. Kebanyakan masyarakat Jakarta dengan rentang usia 17-26 tahun tidak mengetahui sejarah dan tujuan pembangunan Bundaran HI, terdapat dua kemungkinan dalam pelupaan yang terjadi di dalamnya, apakah karena rentang waktu yang memang terlalu jauh tetapi juga dapat disebabkan rancangan kota yang ada di dalamnya tidak mendukung proses pengingatan terjadi. Dalam skripsi ini saya mencoba melihat Bundaran HI melalui teori Rossi, Boyer, dan Borden, bagaimana keterkaitan antara lokasi yang dipilih dengan makna yang ada di baliknya, keterkaitan antara jalan dengan lokasi-lokasi lainnya, dan juga perkembangan dari monumen itu sendiri, apakah mendukung proses pengingatan tersebut atau tidak sama sekali.

ABSTRACT
Memory and history are often linked to each other because they are related to time eventhough they are slightly different. Since the time it was built, a city has been experiencing various of events so it has its own memory and history that makes the uniqueness of the city. Both history and memory have their roles to build urban space in the city. But in its constructing process, the city often just a mere representation without the memory of the society, and often used for an ldquo additional sweetener rdquo of the commercial part, or replaced the collective memory the city has had to personal memory of individual in society. But is using memory in urban space still relevant In this thesis, I seek for the use of memory in the city, whether if it rsquo s still relevant or not relevant. Most of Jakarta youngsters aged 17 26 years do not know the history and the meaning behind the construction of Bundaran HI, and there are two possibilities why are they forgetting the history whether they are not yet existed when it happened, or because the design itself doesn rsquo t support people to remember its history. Therefore, I try to see the design of Bundaran HI through the theory of Rossi, Boyer, and Borden how the location linked to its meaning, to the link between the street and other locations, and to the monument itself, whether the design supports the remembering process, or the design gives no chance to be remembered."
2017
S67692
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Wulan Febrianto
"Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia tetapi kebutuhan akan rumah tinggal tidak sebanding dengan kemampuan masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni sehingga menyebabkan penurunan kualitas lingkungan dan peningkatan kawasan kumuh khususnya di kota-kota besar. Untuk memeratakan pemenuhan kebutuhan pokok akan perumahan yang layak dengan harga terjangkau oleh daya beli masyarakat sekaligus meremajakan permukiman, pemerintah mendorong pembangunan rumah susun-rumah susun murah.
Pemindahan penghuni, dari rumah horizontal yang lebih individu ke rumah susun tentu diikuti permasalahan baru sehingga penghuni harus melakukan penanggulangan (coping) terhadap kondisi baru tersebut. Dalam disiplin ilmu Psikologi Lingkungan dikenal dua jenis coping, yaitu adaptasi (penyesuaian diri terhadap lingkungan) dan adjustment (penyesuaian keadaan lingkungan terhadap kondisi individu). Adjusment perlu dilakukan oleh penghuni terhadap keterbatasan ruang hunian karena melalui adaptasi saja tidak mungkin dapat menyelaraskan keterbatasan dimensi satuan rumah susun (unit) dengan kebutuhan ideal penghuninya, berupa tuntutan privacy, ruang pribadi dan teritorialitas. Tetapi ternyata adjustment yang dilakukan penghuni, membuat lingkungan menjadi tidak teratur dan kumuh kembali. Karena dilakukan dengan mengambil ruang publik, yang mengakibatkan rusak dan hilangnya ruang-ruang hijau permukiman dan ruang publik lainnya sehingga tidak dapat diakses oleh publik. Karena itu perlu diketahui karakteristik penghuni dan karakteristik hunian yang ada hubungannya dengan adjustment penghuni terhadap ruang publik. Karakteristik penghuni yang dimaksud adalah jumlah penghuni, usia penghuni. struktur keluarga, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengeluaran keluarga. Sedangkan yang dimaksud dengan karakteristik hunian adaiah tipe unit, posisi lantai dan posisi unit pada bangunan. Selain itu juga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola adjustment terhadap ruang publik yang berlangsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, dan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi untuk melengkapi data-data tersebut. Desain penelitian adalah deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling. Populasi penelitian adaiah penghuni yang bukan penyewa sehingga jumlah sampel seluruhnya adalah 70 responden atau 20% dari populasi, dan disebarkan pada seluruh blok yang ada di RSKK (8 blok).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, didapat hasil penelitian berupa karakteristik penghuni yang ada hubungannya dengan adjustment penghuni terhadap ruang publik adalah jumlah penghuni dan struktur keluarga. Sedangkan karakteristik hunian, seluruh sub variabelnya ada hubungan dengan adjustment terhadap ruang publik, yaitu tipe unit, posisi lantai dan posisi unit pada bangunan. Jadi adjustment terhadap ruang publik lebih didorong oleh kesempatan dan potensi tata letak hunian terhadap blok RSKK.
Penelitian ini juga menghasilkan gambaran pola adjustment yang ada terentang antara bentuk melakukan adjustment terhadap ruang publik dan mampu beradaptasi (maladjustment -- well adaptive), tidak melakukan adjustment tetapi mampu beradaptasi (well adjustment - well adaptive), dan melakukan adjustment terhadap ruang publik tetapi tidak beradaptasi (maladjustment-maladaptive).
Jika adjustment tidak diredam dapat mendorong terjadinya konflik sosial berupa perebutan lahan dan terjadinya kekumuhan kembali di wilayah tersebut karena itu perlu diatur mengenai jumlah anggota keluarga dan struktur keluarga yang disesuaikan dengan luas unit, penegakan peraturan mengenai pemanfaatan ruang publik untuk kepentingan bersama jika perlu meremajakan kembali RSKK. Usulan bagi pihak yang terkait dengan rumah susun adalah, sebaiknya unit rumah susun tidak diperjualbelikan melainkan disewakan, sosialisasi kepada para calon penghuni mengenai seluk beluk kehidupan di rumah susun. Usulan dalam mendesain rumah susun selanjutnya adalah, sirkulasi vertikal (tangga) sebaiknya diletakkan di ujung bangunan, hal ini untuk mencegah pengambilan ruang publik di area tersebut, dan lantai dasar digunakan seluruhnya untuk kepentingan umum.
Sebagai bahan diskusi, perlu adanya penelitian lanjutan mengenai persepsi penghuni terhadap ruang publik yang dikaitkan dengan kondisi hunian mereka sebelum tinggal di rumah susun. Hal ini untuk mempelajari lebih dalam lagi hal-hal yang mendorong mereka mengambil ruang publik. Sehingga diperoleh gambaran yang lebih akurat tentang pengalaman ruang penghuni sebelum menghuni rumah susun.

Housing is the very basic need of people's living necessity; although such need does not necessarily on the same wavelength with their purchasing power, and because of this reason, there has been diminishing quality on public space an ever-increasing worrying growth of slums on almost every corner of the city. To provide and accommodate this particular need of affordable housing and to rejuvenate public residences, the government has set in motion the concept of vertical housing.
The allocation of tenants from a more individual horizontal housing will probably generate new problems as well, which requires new tenants to perform coping to new living conditions. Environmental Psychology recognize 2 categories of coping, which is adapting (individual to environment); and adjustment (modification of environment to individual condition). Adjustment is required to be acted upon by the tenants towards their living space, since adapting alone will not be suffice to harmonize the space limitation in the architectural design of the Vertical Housing Unit to match their ideal living space (such as privacy and territory). The physical alterations done by the tenants prove to have significant consequence to the disorganizing of the environment mentioned above. This occurred due to the adapting and adjusting process usually claims the public space. Therefore, this has cause the loss and diminishing of green area and makes some public space inaccessible.
Therefore, the characters of tenant and housing play major role in the tenants' adjustment on public space. Tenant's characters comprises: the number of family member, age, family structure, genders, education level, expenses. In contrast, housing characters are: unit type, floor position and unit position in the building. The research is conducted to explore the pattern of ongoing adjustment on public space.
The method used in this research is: the quantitative and qualitative method, and also descriptive research design. Data collection is acquired from the utilization of 70 questionnaires, interviews and observation. In which the data obtained is processed using the SPSS 14 analysis program for windows.
Base on analysis results and discussions, the research provide evidence that the number of family members and family structure are the tenant's characters which have direct correlation to tenant's adjustment on public space. While the housing character with all its sub variables that provide direct correlation to the adjustment on public space are: unit type, floor position and unit position in the building. Accordingly, adjustment on public space is driven by the opportunity on the housing design potentials on RSKK block.
This research also provide a clear picture on adjustment pattern that stretched into form of maladjustment - well adaptive, well adjustment - well adaptive, and maladjustment maladaptive. If these adjustments are not restrained, it will generate social conflict such as space dispute and the forming of slums on the area. Therefore, reorganization on the number of family members and family structure is required, which will adjust to the unit size and regulation enforcement on the utilization of public space based on common interest, and also to rejuvenate RSKK. The application of this idea is: to rent the unit instead of selling it. Impose the living rules and customs to new tenants. Next is the proposed ideas on design are: vertical circulation (stairs) are better to be positioned on every corner of the building, hopefully this will help prevent public space invasion on the area, and that ground floor are to be put to better use for public affairs.
For discussion matters, it is necessary to have further research on tenant's perception on public space relevantly to their pre-living conditions. This way, we will be able to delve deep on the things that encourage them to invade public spaces. Therefore, we will have clearer understanding and more accurate picture on the tenant's space experience before living in RSKK.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T18139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Ummul Khair
"Tulisan ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan peran PKL dalam ikut serta membentuk ruang publik dengan melihat pola visual ruang pedagang kaki lima pada konteks kota. Pedagang kaki lima sebagai sebagai inisiator terjadinya urban interior merupakan aktor dari suatu fenomena di ruang kota yang membawa keberagaman di ruang-ruang kota saat ini. Penelitian ini ingin melihat peran dan sumbangan ruang pedagang kaki lima dalam membentuk ruang-ruang kota. Untuk dapat melihat peran tersebut  digunakan pendekatan visual merchandising dengan elemen-elemennya yang lazim digunakan dalam perancangan interior.  Elemen ini berupa elemen dasar visual yaitu garis, warna dan prinsip pengelompokan. Penelitian ini mengungkap adanya peran dan hubungan komposisi tata letak pedagang kaki lima terhadap pembentukan ruang kota di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan observasi , dan studi literatur.

This paper aims to describe the role of street vendors in participating in shaping public space by looking at the visual patterns of street vendor space in city relations. Street vendors as urban interior initiators are actors of a phenomenon in urban space that brings diversity in current urban spaces. This study wants to see the role and contribution of street vendors in designing urban space. To be able to see the role used related to visual merchandising with its elements that are commonly used in interior design. This element consists of visual basic elements namely lines, colors and grouping principle. This study revealed the role and relationship of street vendor layout to the formation of urban space on Jalan Sultan Alauddin, Makassar. This research uses qualitative methods, collects data by observation, and studies of literature."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anzalika Tri Pujayana
"Urban Sketching merupakan aktivitas membuat sketsa secara langsung di lokasi. Dalam proses melakukan urban sketching, sketchers menjadi pengamat yang mengamati ruang urban dan karakteristik visual pemandangan perkotaan yang ada. Saat membuat sketsa secara langsung, banyak faktor yang mempengaruhi prosesnya, salah satunya adalah townscape yang ada di ruang urban. Townscape menerangkan pentingnya elemen-elemen visual dalam menciptakan pengalaman visual yang memuaskan. Saat suatu kelompok urban sketcher berada dalam satu kawasan yang sama, pemandangan yang ditangkap ke dalam sketsa dapat berbeda, hal itu dapat terjadi karena cerita personal yang ingin dituangkan ke dalam sketsa saat mengamati ruang, cerita tersebut selalu memiliki komponen townscape pada ruang urban yang dapat dieksplorasi dan dituangkan dengan berbagai cara berbeda ke dalam bentuk sketsa. Pada skripsi ini dilakukan studi kasus di area semi outdoor untuk pejalan kaki, yaitu Gading Walk, dan membandingkan elemen townscape yang ada di setiap sketsa.

Urban Sketching is an activity to make sketches directly on location. In the process of urban sketching, sketchers become observers who observe urban space and the visual characteristics of existing urban scenery. When sketching directly on the location, many factors influence the process, one of which is the townscape of urban spaces. Townscape explains the importance of visual elements in creating a satisfying visual experience. When a group of urban sketchers are in the same area, the scenery captured in the sketches can be different, this can happen because of the personal story that they want to put into the sketch when observing spaces, the story always has townscape components in urban space which can be explored and poured in many different ways into sketches. In this thesis, a case study is carried out in a semi-outdoor pedestrian area, namely Gading Walk, and compares the townscape elements in each sketch."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Defta Ina Mustika
"Perempuan cenderung memiliki persepsi aman yang rendah ketika mengakses ruang publik. Hal ini terjadi karena tingginya tindakan kriminal terhadap perempuan, termasuk pelecehan seksual di mana perempuan merupakan korban terbesar. Rasa aman taman sebagai ruang publik dapat diwujudkan melalui desain ruangnya. Faktor personal (seperti pengalaman, frekuensi kunjungan, keberadaan teman, dan presensi orang asing) dan faktor lingkungan (visibilitas, penjagaan, dan pengawasan) membentuk persepsi aman seseorang serta mempengaruhi keputusannya dalam menggunakan ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesiskan persepsi aman pengunjung berdasarkan kondisi lingkungannya, serta mengelaborasi perbedaan persepsi yang ditemukan berdasarkan faktor personal informan. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh melalui observasi lapangan, pemetaan partisipatif, dan wawancara semi terstruktur kepada 16 informan.  Hasil pengumpulan data kemudian diolah berdasarkan tema yang dikembangkan dari konsep rasa aman. Hasil pengolahan data selanjutnya disintesiskan sehingga menghasilkan persamaan dan perbedaan ruang berdasarkan rasa aman sesuai dengan karakteristik faktor personal informan, berupa informasi profil demografi, maupun aktivitas baik pasif maupun aktif yang dilakukan oleh informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi aman dapat mempengaruhi keputusan pengunjung dalam menggunakan ruang untuk beraktivitas. Tingkat keramaian pengunjung serta perbedaan pencahayaan pada pagi/siang dan malam hari memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi aman pengunjung. Pengunjung mengasosiasikan ruang yang memiliki pemicu aktivitas, terbuka, dan terang dengan persepsi aman. Perbedaan faktor personal, khususnya pengalaman dan frekuensi kunjungan  berhubungan dengan keputusan pengunjung untuk menggunakan ruang maupun menghindarinya. Persepsi aman dalam suatu ruang akan berpengaruh terhadap aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung, pengalaman yang menyenangkan akan memicu ragam aktivitas pengunjung, sedangkan pengalaman buruk akan membatasi pergerakan dan aktivitas pengunjung dalam ruang tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain ruang berpengaruh terhadap rasa aman yang diwujudkan dalam pemilihan ruang untuk beraktivitas.

Women tend to have a low perception of safety when accessing public spaces. This is due to high levels of criminal activity, including sexual harassment where women are the biggest victims. The sense of safety of a park as a public space can be realized through its spatial design. Personal factors (such as experience, frequency of visits, presence of friends, and presence of strangers) and environmental factors (visibility, vigilance, and surveillance) shape person's perception of safety and influence their decisions in using space. This research aims to synthesize visitors' safety perceptions based on environmental conditions and elaborate on differences in perceptions found based on informants' personal factors. This research uses data obtained through field observations, participatory mapping, and semi-structured interviews with 16 informants. The results of data collection are then processed based on themes developed from the concept of feeling safe. The results of data processing are then synthesized to produce similarities and differences in space based on a sense of security in accordance with the informant's personal characteristic factors, in the form of demographic profile information, as well as passive and active activities carried out by the informant. The results of this research indicate that perceptions of safety could influence visitors' decisions in using space for activities. The level of visitor density and differences in lighting in the morning/afternoon and evening have a significant influence on visitors' perceptions of safety. Visitors associate spaces that trigger activity, and are open, and bright with the enhanced perception of safety. Differences in personal factors, especially experience and frequency of visits, are related to visitors' decisions to use or avoid a space. The perception of safety in a space will influence the activities carried out by visitors, a pleasant experience will trigger various visitor activities, while a bad experience will limit visitors' movements and activities in that space. The conclusion of this research shows that space design influences the perception of safety which is manifested in the choice of space for activities."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Siswi Hariyani
"Laporan ini dilatarbelakangi isu spasial perkotaan yang berhubungan dengan pengaruh keberadaan kampus terhadap ruang umum di sekitarnya. Kajian spasial dilakukan pada akses-akses masuk kawasan kampus yang berupa penggal jalan. Keberadaan kawasan kampus yang direncanakan terhadap perkembangan kawasan sekitamya, memunculkan proposisi yang berkaitan dengan pembentukan ruang urban di sekitar kawasan kampus. Perkembangan ruang-ruang umum pada penggal jalan di sekitar kawasan kampus diperkirakan terjadi karena tidak ada perencanaan sebelumnya. Dengan mengajukan rumusan permasalahan, metode penelitian yang diterapkan secara umum adalah kualitatif. Dari proses analisis, didapat hasil bahwa keberadaan Kampus UGM berpengaruh terbentuknya ruang urban oleh deretan bangunan yang mengapit akses-aksesnya, tetapi tidak menciptakan karakter enclosure. Rasio ruang yang terbentuk oleh lebar bangunan terhadap tinggi bangunan adalah 1,6:1 hingga 2,5:1. Selain itu karena tidak ada kansep pengembangan kawasan yang jelas terhadap kawasan di sekitar kampus UGM, maka proses pengembangan dan perubahan yang terjadi di ruang-ruang urban menghasilkan ruang urban dengan kualitas ruang yang rendah. Ruang urban yang terbentuk di sekitar kampus UGM memiliki grain halus/kecil. Hal ini dipengaruhi oleh lokasinya yang dekat dengan kawasan kampus sehingga pengguna ruang urban didominasi oleh mahasiswa yang memiliki keterbatasan pendapatan. Dengan demikian gugus bangunan yang terbentuk bukan bangunan besar yang mewadahi bisnis skala besar. Skala yang terbentuk masih memiliki skala yang manusiawi. Hal ini dibuktikan oleh lebar jarak antar bangunan dan tinggi bangunan yang rata-rata memiliki rasio 1,9:1 atau 23 m:12m. Pola ini ditemukan pada penggal jalan yang menjadi akses utama dan akses internal. Namun, ketika pengguna tidak didominasi lagi oleh mahasiswa dan bercampur dengan masyarakat umum, gugus bangunan menjadi bervariasi, besar dan kecil. Hal ini disebabkan karena masyarakat penggunanya memiliki tingkat ekonomi yang bervariasi. Dengan demikian, gugus bangunan yang mewadahi kegiatan komersial mengikuti variasi tersebut. Skala yang terbentuk pada beberapa tempat dengan gugus bangunan yang besar sudah bukan skala manusiawi lagi. Hal ini dibuktikan oleh lebar jarak antar bangunan dan tinggi bangunan yang bisa mencapai lebih dari 1:2. Pala ini ditemukan pads penggal jalan yang menjadi akses umum.

The study background is raised from urban spatial issues, that relates to a campus influence on urban space. The study is about urban space on streets, a street as an access to campus. Propotition of study is the result of urban spaces surround campus is caused by no planning that anticipates development process. Generally, problems solved by qualitative research methode. The findings is UGM campus shapes urban spaces, that surrounds it. Urban spaces is shaped by buildings, which lay between street. The layout of buildings does not create enclosure character, because urban space ratio result is 1,6:1 to 2,5:1. Urban space ratio is distance between buildings related to height of building. There is no concept for development area surround UGM campus, it makes urban space quality result is poor. Urban spaces surround UGM campus, have a fine grain. It is caused by its location near to campus and urban user. The urban user is dominated by students, who has limited income. Thus, urban grain is shaped by small bisnis scale and urban space results human scale. On this case, it is proved by urban space ratio, that result is 1,9:1 or 23 m:12m. This pattern is located on main access and internal access. But, when urban space is used by students and public, urban grain result more varied, big to small. It is caused by variation of income level. Thus, urban grain result is varying. On this case, urban space does not result human scale. It is proved by space scale, that result is more than 1:2. This pattern is located on public access.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16928
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>