Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108616 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfia Hasanah
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor. Pada pengamatan awal, diketahui bahwa Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor memiliki program literasi informasi bagi pemustaka yang disebut Wisata Pustaloka. Berdasarkan hal itu, penting bagi pustakawan untuk menguasai keterampilan literasi informasi agar dapat memainkan peran mereka dalam membimbing dan menciptakan masyarakat Kota Bogor yang berpengetahuan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan literasi informasi pustakawan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian berjumlah enam orang yang dipilih menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pustakawan berlatar pendidikan Ilmu Perpustakaan. Model literasi informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Empowering Eight yang terdiri dari identifikasi, eksplorasi, seleksi, organisasi, penciptaan, penyajian, penilaian dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Bogor dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka sudah diterapkan yakni pada komponen identifikasi, eksplorasi, penyajian, penilaian, dan aplikasi. Namun ada beberapa kemampuan yang belum dapat diterapkan secara maksimal, diantaranya komponen seleksi, organisasi dan penciptaan informasi.

ABSTRACT
This research examines librarians rsquo information literacy skill at Bogor Public Library. In early observation, it is found that Bogor Public Library has information literacy program called Wisata Pustaloka. Based on the statement, it is important for librarians to master information literacy skill so as to be able to play their roles in guiding and creating knowledgeable Bogor society. This research aims to identify librarians rsquo information literacy skill in fulfilling library users rsquo information needs at Bogor Public Library. This research is using qualitative approach with case study method. Data for this research is collected through observation and interviews. Research informants were six people selected using purposive sampling, with the criteria librarians at Bogor Public Library with Library Science education background. Information literacy model used in this research is Empowering Eight model consisting of identification, exploration, selection, organization, creation, presentation, assessment and application. But there are some capabilities that have not been applied maximally, including components selection, organization and information creation."
Lengkap +
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Mubarak Syam
"Penelitian ini membahas tentang "Komunikasi Antarbudaya Pustakawan dan Pengguna" di Perpustakaan Umum Kota Medan, tujuannya adalah untuk memahami komunikasi antarbudaya terjadi antara pustakawan dan pengguna dan juga mengetahui faktor yang menghambat jalannya komunikasi antarbudaya antara pustakawan dan pengguna di perpustakaan tersebut agar komunikasi dapat terjalin dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman yang disebabkan oleh perbedaan budaya, sehingga kebutuhan informasi pengguna tercukupi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu menggambarkan fenomena pustakawan dalam melayani pengguna yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda sebagai pengalaman hidupnya, selain itu fenomena tersebut memiliki keunikan dan perbedaan dari setiap individu sehingga melalui pendekatan fenomenologi ini diharapkan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman pustakawan dalam berkomunikasi dan melayani pengguna yang berbeda latar belakang budaya.
Hasil yang dicapai adalah ditemukannya faktor penghambat seperti penafsiran gaya berbicara (logat) yang dinilai keras oleh sebagian pengguna kepada pustakawan begitu juga sebaliknya, dan adanya unsur diskriminatif terhadap salah satu marga atau etnis tertentu.

This research discusses about "Intercultural Communication Librarians and Users" in Public Library Medan. The goal is to understand intercultural communication that happen between librarians and users and also determine the factors that obstruct intercultural communication between librarians and users in the library so that communication can be established without misunderstanding caused by cultural differences so that the users's information needs met.
This study is qualitative research with phenomenological approach, which describes the phenomenon of librarians in serving users who have different cultural backgrounds as the experience of his life, other than that the phenomenon has a uniqueness and diversity of each individual so through a phenomenological approach is expected to a gain a deep understanding of the experience of librarians in communicating and serving users with different background culture.
The result is the discovery of inhibitng factors such as the interpretation of the style of speech (accent) were rated harsh for some users to the librarian and vice versa, and the discriminatory element to one clan or ethnic origin.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T45435
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Mubarak Syam
"Penelitian ini membahas tentang “Komunikasi Antarbudaya Pustakawan dan Pengguna” di Perpustakaan Umum Kota Medan, tujuannya adalah untuk memahami komunikasi antarbudaya terjadi antara pustakawan dan pengguna dan juga mengetahui
faktor yang menghambat jalannya komunikasi antarbudaya antara pustakawan dan pengguna di perpustakaan tersebut agar komunikasi dapat terjalin dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman yang disebabkan oleh perbedaan budaya, sehingga kebutuhan informasi pengguna tercukupi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu menggambarkan fenomena pustakawan dalam melayani pengguna yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda sebagai pengalaman hidupnya, selain itu fenomena tersebut memiliki keunikan dan perbedaan dari setiap individu sehingga melalui pendekatan fenomenologi ini diharapkan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman pustakawan dalam berkomunikasi dan melayani pengguna yang berbeda latar belakang budaya
Hasil yang dicapai adalah ditemukannya faktor penghambat seperti penafsiran gaya berbicara (logat) yang dinilai keras oleh sebagian pengguna kepada pustakawan begitu juga sebaliknya, dan adanya unsur diskriminatif terhadap salah satu marga atau etnis tertentu.

This research discusses about “Intercultural Communication Librarians and Users” in Public Library Medan. The goal is to understand intercultural communication that happen between librarians and users and also determine the factors that obstruct intercultural communication between librarians and users in the library so that communication can be established without misunderstanding caused by cultural differences so that the users’s information needs met. This study is qualitative research with phenomenological approach, which describes the phenomenon of librarians in serving users who have different cultural
backgrounds as the experience of his life, other than that the phenomenon has a uniqueness and diversity of each individual so through a phenomenological approach is expected to a gain a deep understanding of the experience of librarians in communicating and serving users with different background culture.
The result is the discovery of inhibitng factors such as the interpretation of the style of speech (accent) were rated harsh for some users to the librarian and vice versa, and the discriminatory element to one clan or ethnic origin.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuria Prasanti
"Penelitian ini membahas mengenai pengembangan koleksi anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pustakawan menerapkan kebijakan pengembangan koleksi, yaitu kegiatan seleksi, pengadaan, pengolahan, pemeliharaan, dan penyiangan di layanan anak agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka anak sehingga kendala apa saja yang dihadapi dapat diketahui.
Peneliti menyimpulkan bahwa pustakawan mengadakan pengembangan koleksi berdasarkan kemampuan dan pemahaman mereka dari kegiatan seleksi hingga penyiangan. Pedoman tertulis tidak dijadikan dasar dalam melakukan kegiatan pengembangan koleksi anak sehingga kemampuan dasar pustakawan menjadi utama agar kesesuaian koleksi anak dapat tercipta. Tidak adanya pedoman tertulis secara jelas, keterbatasan anggaran dan terbentur dengan kebijakan yang ada menyebabkan pustakawan tidak dapat secara maksimal mengembangkan mutu koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This research is about children's collection development in Bogor Public Library. This is a qualitative research and it uses case study method. The purpose of this research is to describe how librarians apply collection development policy, which is the selection, acquisition, organization, preservation, and deselection in children's service. Throughout this research, we could get the idea the obstacles in fulfilling the needs of the users, i.e. the children, in children's collection.
It is concluded that Bogor Public Library librarians held collection development based on their ability and understanding about the library activities. There is no written guideline as a basis for collection development for children's collection. So, it is very important for the librarians to have librarianship skills in developing the children's collection. Moreover, there is limited amount in budget and in the policy itself so that librarians could not do their best in improving the quality of children's collection in Bogor public library.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43039
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anisha Widyaningsih
"Skripsi ini membahas kemampuan literasi informasi pemustaka di Perpustakaan Universitas Bina Nusantara Kampus Anggrek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan literasi informasi pemustaka dan untuk mengetahui korelasi antara variabel bebas dengan kemampuan literasi pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebar ke 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi pemustaka tergolong baik berdasarkan indikator-indikator standar kompetensi literasi informasi perguruan tinggi dari ACRL namun masih ada beberapa kekurangan. Kemampuan literasi pemustaka juga dipengaruhi oleh frekuensi kunjungan ke perpustakaan dan tingkat semester pemustaka.

This research describes about information literacy skills of users at Binus University Library. The purpose of this research is to identify information literacy skills of users and to detect the correlation between independent variable and the information literacy skills of users. This research has descriptive-quantitative approach with survey method by using questionnaire which is applied to 100 respondents.
The results show that the information literacy of users is considered as good, based on Information Literacy Standards for Higher Education?s indicators (ACRL). However, this study also show that there were some drawbacks and obstacles in some items. Few items of Information literacy skills of users were influenced by user?s visiting frequency to library and their level of semester.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Hariyani
"Skripsi ini membahas mengenai kemampuan literasi informasi mahasiswa Universitas Gunadarma kampus Depok. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan standar kompetensi literasi informasi di perguruan tinggi yang dibuat oleh ACRL (2000) sebagai alat ukur tingkat kemampuan literasi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan jumlah sampel sebanyak 97 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa Universitas Gunadarma sudah baik. Namun, dalam hal strategi pencarian informasi masih kurang baik. Penyelenggaraan program literasi informasi dalam hal strategi pencarian informasi, tentunya dibutuhkan oleh mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan literasi informasinya.

This thesis discusses about the information literacy skills of students of University of Gunadarma in Depok campus. This study used Information Literacy Competency Standards for Higher Education by ACRL (2000) as measuring instruments of information literacy skill. This study uses a quantitative approach with survey research method and sample of as many as 97persons.
The result showed that their information literacy skills was good. However, in terms of information search strategy is still not good. Implementation of information literacy programme, in terms of information search strategies is needed by students to improve their information literacy skills.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47242
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Skripsi ini membahas tentang literasi informasi jurnalis majalah yaitu jurnalis LAIQA Magazine Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi literasi informasi jurnalis LAIQA Magazine dalam produksi berita Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan dengan desain deskriptif Adapun pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling Hasil penelitian ini menunjukkan literasi informasi yang dilakukan jurnalis LAIQA Magazine sesuai dengan komponen komponen yang ada dalam konsep model literasi informasi the Seven Pillars karena sifatnya yang fleksibel sehingga dapat berlangsung secara simultan atau tidak linear Penelitian ini menyarankan kepara jurnalis LAIQA Magazine untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan baik tercetak maupun digital serta memanfaatkan bantuan pustakawan meminimalkan penggunaan Wikipedia lalu memanfaatkan penggunaan cloud storage dan perangkat penyimpanan khusus untuk data yang diperoleh.

This thesis will explore the information literacy of magazine journalist particularly the journalists of LAIQA Magazine The purpose of this study is to identify the information literacy of LAIQA Magazine journalists in news production This qualitative study using case study method and descriptive design Furthermore the technique used informant selection is the purposive sampling technique Based on the results the study shows that the information literacy done by LAIQA Magazine journalists have component that are consistent to the one of the information literacy model known as The Seven Pillars due to its flexibility The results of the study suggests that the LAIQA rsquo s journalists should use both printed and digital library facilities in addition to that this method also uses the help of librarian And also minimise the use of unreliable sources such as Wikipedia Furthermore LAIQA Magazine rsquo s journalists should also make use of a special data saving tools such as cloud storage to save the collected data.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Ayu Lestari
"Penelitian ini mengenai keterampilan berkomunikasi staf layanan perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor yang meliputi keterampilan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, berkomunikasi audio visual, berkomunikasi terkomputerisasi, berkomunikasi bahasa asing, berkomunikasi interpersonal, dan berkomunikasi institusional yang mengacu pada Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Informan utama dalam penelitian ini adalah staf layanan perpustakaan dan pengguna perpustakaan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2015.
Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan bahwa keterampilan berkomunikasi staf layanan berada pada level 2 : pengetahuan praktek atau teknik yaitu mampu menerapkan keterampilan dasar berkomunikasi, dapat mengerjakan tugas khusus dan berulang, dapat bekerjasama dengan pakar subjek, dan dapat memberikan instruksi praktis.

This research is about communication skills of library services staff at Public Library in Bogor Regency which include verbal communication, written communication, audio-visual communication, computerized communication, foreign language communication, interpersonal communication, and institutional communication that refer to Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1).This is a qualitative research.
The key informants of this research are the library service staff and supported by the users of library as an additional informants. Data collection is done through interviews and observations which is conducted for approximately three months from August 19 to October 31, 2015.
The results of the research concludes that the communication skills of the library service staff are at level 2 : knowledge of practice or techniques which means they are able to use basic communication skills, they can work on specific tasks and repetitive, they can collaborate with subject experts, and they can provide practical instruction.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winarsih
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang kompetensi literasi informasi pustakawan Badan Litbang Kementerian Pertanian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui literasi informasi pustakawan dan pengelola dengan menggunakan standar Information Literacy Competency Standards for Higher Education (ACRL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survai. Responden dalam penelitian ini adalah pustakawan dan pengelola perpustakaan yang berjumlah 88 (delapan puluh delapan) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran sebagian besar pustakawan sudah melakukan hal yang sudah sesuai dengan standar kompetensi literasi informasi kecuali untuk beberapa indikator. Sedangkan berdasarkan latar belakang pendidikan, secara umum pustakawan dengan latar belakang pendidikan D3 merupakan pustakawan dengan kuantitas yang paling banyak menjawab dengan jawaban yang baik, kemudian diikuti dengan S1 dan D2. Peneliti menyarankan perlu dirancang program literasi informasi terhadap pustakawan dan pengelola perpustakaan di Badan Litbang Kementerian Pertanian. Selain itu diperlukan pendidikan tambahan bagi beberapa pustakawan untuk meningkatkan keahliannya dan Kementerian Pertanian perlu mengganggarkan dana bagi ketersediaan sarana dan prasarana perpustakaan Unit Kerja/Unit Pelayanan Teknis untuk mendukung keberhasilan visi dan misinya.

ABSTRACT
The purpose of this research was to determine librarians and library officers information literacy in Badan Litbang Kementerian Pertanian. This study aims to describe information literacy librarians by using standard Information Literacy Competency Standards for Higher Education (ACRL). This is a quantitative survey method. Respondents in this study was the librarians amount 88 (eighty-eight). The results indicate that most of the librarians have been doing indicators in accordance with the information literacy competency standards except for some indicators. While based on educational background, librarians with a background in D3 education are the the most responded with the good answer, then followed by S1 and D2. To remedy the deficiencies, the study recommends the necessary information literacy program designed to librarians in the Badan Litbang Kementerian Pertanian. To support the vision and mission of Badan Litbang Kementerian Pertanian, it also required additional education for some librarians to improve skills and also the Kementerian Pertanian should budgeting funds for infrastructure for Unit Kerja / Unit Pelayanan Teknis Badan Litbang Kementerian Pertanian."
Lengkap +
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Haryadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pengguna di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor, untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna penulis menggunakan metode LibQual+TM, dengan pendekatan empat dimensi yaitu affect of service, information control, personal control & library as place. Kemudian dilakukan analisis apakah kepuasan memiliki korelasi dengan kesetiaan pengguna untuk selalu datang keperpustakaan dengan menggunakan metode korelasi Spearman Rank. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan pada periode september-desember tahun 2017, populasi penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor. Rumus yang digunakan untuk menentukan sampel dari penelitian ini adalah rumus Slovin sejumlah 206 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. data survey dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguna perpustakaan merasa puas dengan layanan yang telah diberikan pihak perpustakaan, dan menunjukkan bahwa kepuasan mempengaruhi loyatitas pengguna. Dimensi affect of service memberikan sumbangan terbesar bagi kepuasan pengguna, hal ini mengakibatkan keinginan pengguna untuk kembali berkunjung keperpustakaan sangat tertinggi. Loyalitas pengguna Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor telah masuk pada kategori loyalitas Conative yaitu tingkatan dimana konsumen memiliki motivasi dan keinginnan yang kuat untuk melakukan kunjungan kembali. Pemustaka yang telah berkunjung dan menggunakan fasilitas yang dibutuhkan dan ditawarkan oleh perpustakaan secara teratur, memiliki kesan yang positif terhadap Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This study aims to determine the effect of satisfaction on user loyalty in the Regional Public Library of Bogor Regency, to know the level of user satisfaction of writer use LibQual+TM method, with three dimension approach that is affect of service, information control & library as place. Then analyzed whether the satisfaction has a correlation with the loyalty of users to always come keperpustakaan by using Spearman Rank correlation method. This research was conducted for one month in the period September-December 2017, The population of this study are members of the Bogor Regency Regional Public Library. The formula used to determine the sample from this study is the Slovin formula a total of 206 people. Sampling is done by simple random sampling technique. The number of respondents in this study were 206 users, survey data were analyzed by using regression analysis. The results showed that library users were satisfied with the services provided by the library, and showed that satisfaction affects the loyatitas of users. Dimensions of affect of service contributed the most for user satisfaction, This results in the highest desire of users to return to visit the library. The loyalty of users of the Bogor Regency Public Library has been included in the Conative loyalty category, namely the level where consumers have a strong motivation and desire to make return visits. visitors who have visited and used the facilities required and offered by the library on a regular basis, have a positive impression on the Bogor Regency Public Library."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>